usaha bakery
30 Jan 2024

8 Strategi Memajukan Usaha Bakery dengan Konsep Kekinian

Dalam dunia bisnis, persaingan antara bisnis satu dengan bisnis lain merupakan hal wajar. Hal ini berlaku juga pada ranah bisnis bakery, di mana tingkat persaingan pada bisnis ini bisa dikatakan sangat kompetitif. Pastikan kamu memiliki konsep bisnis yang unik apabila berencana mengembangkan usaha bakery.

Bicara soal mengembangkan bakery, salah satu strategi yang bisa dipertimbangkan supaya bisnismu dapat bersaing, yaitu dengan menerapkan konsep kekinian. Untuk bisa menerapkan konsep kekinian pada bakery, kamu dapat memanfaatkan pinjaman bunga rendah sebagai solusi pendanaannya.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang strategi bisnis yang bisa diaplikasikan untuk memajukan usaha bakery. Ikuti pembahasan berikut!

Tips dan Strategi Memajukan Usaha Bakery

Ketika menjalankan sebuah bisnis, seperti misalnya bisnis bakery, pastinya kita ingin bisnis yang dirintis tersebut berkembang. Namun di tengah ketatnya persaingan, perkembangan bisnis bisa saja mengalami hambatan.

Untuk itu, berikut akan dibahas tentang tips dan juga strategi yang sekiranya dapat kamu terapkan apabila ingin memajukan usaha bakery:

●       Memastikan Memiliki Modal yang Cukup

Apabila kamu menginginkan bisnis bakery yang telah dirintis mengalami kemajuan, maka kamu juga perlu mempersiapkan modal untuk mewujudkannya. Modal ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan mengembangkan bakery.

Dengan kamu memiliki modal yang cukup, kamu jadi bisa memanfaatkan dana tersebut entah untuk kebutuhan membuka cabang baru maupun sekadar melakukan kegiatan promosi.

Bicara soal modal untuk mengembangkan bisnis, saat ini sudah ada pinjaman bunga rendah yang dapat kamu ajukan untuk memenuhi kebutuhan ini, lho! Opsi ini dapat dijadikan pilihan yang tepat apabila kamu membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis bakery dengan konsep kekinian.

●       Membangun Cabang Baru

Membangun cabang baru pasti menjadi salah satu impian dari pegiat bisnis. Pasalnya dengan memiliki banyak cabang, bisnis tersebut jadi bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Tidak hanya itu saja, memiliki beberapa cabang bisnis juga bisa menjadi pertanda bahwa bisnis yang dijalankan telah mengalami perkembangan yang baik.

Oleh karena itu apabila dirasa bisnis bakery-mu telah menerima banyak permintaan bahkan sampai ke luar daerah, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk membuka cabang baru di wilayah lain. Namun pastikan kamu tidak gegabah dan telah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang agar bisa meminimalisir terjadinya kerugian.

Salah satu rekomendasi ide kekinian yang bisa diaplikasikan ketika membuka cabang baru, yaitu kamu perlu mendekorasi bakery-mu dengan interior yang aesthetic.

●       Menawarkan Menu Baru

Strategi lainnya agar usaha bakery-mu bisa maju dan berkembang, yaitu kamu bisa memulainya dengan membuat menu baru untuk ditawarkan. Memiliki variasi menu baru setiap beberapa periode tertentu bisa menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pelanggan setia dari bisnismu terus menerus merasa penasaran.

Tidak hanya itu, membuat menu baru secara berkala juga bisa dijadikan sebagai media survei untuk menentukan menu mana yang paling menarik minat pelanggan.

Kreasi menu baru ini bisa dilakukan dengan beberapa cara mulai dari membuat produk bakery dari berbagai ukuran, bentuk, atau cita rasa.

Beberapa ide kreasi menu yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditawarkan di bisnis bakery kekinian yang kamu rintis, yaitu garlic bread, toast, cromboloni, opera cake pastry, dan masih banyak lagi.

●       Mengedepankan Kualitas Produk

Agar bisa memajukan usaha bakery, salah satu strategi untuk bisa mencapai tujuan tersebut, yaitu dengan mengedepankan kualitas dari produk bakery-mu. Dengan kamu berfokus membuat produk berkualitas, maka pelanggan akan sendirinya berdatangan.

Hal ini disebabkan karena pada bisnis di bidang kuliner, faktor kualitas produk bisa dibilang merupakan kunci utama. Dengan menjamin kualitas produk dari bakery, maka hal ini bisa dijadikan sebagai ciri khas dari bisnismu.

●       Mendengarkan Pelanggan

Masukan dari pelanggan juga perlu didengarkan apabila kamu ingin bisnis bakery-mu terus maju. Hal ini dikarenakan pelangganlah yang menikmati produk yang dijual. Maka dari itu agar supaya mereka merasa nyaman dan bisa menjadi pelanggan setia, kamu bisa mendengarkan saran-saran yang berdatangan.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus menelan mentah-mentah semua masukan dari pelanggan. Pertimbankan dengan baik masing-masing dari masukan pelanggan tersebut dan wujudkan saran yang menurut kamu bisa menguntungkan dan membuat bisnis menjadi lebih maju.

●       Gencar Berpromosi

Promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan apabila kamu berniat membuat bisnis bakery yang dijalankan menjadi lebih berkembang. Peran promosi ini bisa sangat berpengaruh ke bisnis apabila kamu melakukannya dengan tepat.

Dengan melakukan kegiatan promosi, kamu jadi menyebarluaskan informasi tentang bisnis bakery-mu ke lebih banyak orang. Salah satu strategi promosi yang bisa kamu lakukan di tengah gempuran teknologi, yaitu memanfaatkan sosial media.

Dengan membuat akun sosial media terkait bisnis bakery-mu, maka tidak hanya bisa menarik lebih banyak orang tetapi kamu juga bisa berinteraksi dengan pelanggan setia bisnis kamu di sana.

Namun meski sudah jamannya digitalisasi, bukan berarti kamu harus berhenti melakukan promosi secara konvensional. Kamu tetap bisa melakukan promosi dengan menyebarkan pamflet dan membagikannya pada orang-orang sekitar.

Agar dampaknya bisa maksimal, kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman bunga rendah sebagai tambahan dana untuk mendukung kegiatan promosi bisnis bakery-mu.

●       Membuat Rencana Pemasaran

Tips berikutnya agar usaha bakery kekinian kamu dapat maju dan berkembang, yaitu kamu perlu membuat rencana pemasaran dengan matang. Agar kegiatan pemasaran bisa sukses, kamu bisa mencoba melakukan riset terlebih dahulu.

Riset dan rencanakan pemasaran dengan baik agar bisa menghasilkan strategi yang memberikan dampak pelanggan baru dapat berdatangan dan pelanggan kamu sebelumnya bisa menjadi pelanggan setia. Strategi pemasaran kekinian yang bisa kamu lakukan antara lain, Buy 1 Get 1, promosi di hari khusus (misalnya natal, imlek, ramadhan, valentine), giveaway, rewards untuk pembeli dengan minimal belanja, dan gratis ongkir untuk area tertentu.

●       Melakukan Kerja Sama

Strategi berikutnya yang juga tak kalah penting untuk dilakukan apabila kamu berniat untuk memajukan bisnis bakery, yaitu kamu bisa membangun kerja sama dengan beberapa pihak.

Dalam rangka membuat bisnis menjadi lebih besar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak mulai dari dengan pihak bisnis kuliner lain, pihak catering, maupun pihak influencer untuk hal pemasaran.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kolaborasi saling menguntungkan dengan penyelenggara event dan memperkenalkan produk bakery kamu di acara tersebut.

 

Sama seperti bisnis di bidang lain, ketika ingin membuat usaha bakery menjadi lebih maju dan berkembang, maka diperlukan tips dan strategi yang dijadikan sebagai acuan.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk bisa membuat usaha bakery dikenal oleh lebih banyak orang, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat cabang baru, menawarkan menu yang bervariasi, memastikan kualitas produk terbaik, dan tentu saja memiliki modal yang cukup.

Dengan mengandalkan pinjaman digibank KTA, kamu bisa mendapatkan dana berlimit hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Kamu juga tidak memerlukan dokumen fisik untuk apply. Selain itu, cicilan pun bisa kamu atur hingga 36 bulan.

Tertarik untuk memajukan usaha bakery berkonsep kekinian dengan memanfaatkan digibank KTA? Dapatkan informasi tentang pinjaman bunga rendah digibank KTA dengan klik di sini!