percetakan
30 Aug 2023

7 Kiat Mudah Sukseskan Bisnis Percetakan agar Semakin Untung

Bisnis percetakan adalah usaha yang menjanjikan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pesaing yang menawarkan berbagai kelebihan untuk konsumen. Nah, kamu juga dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis ini dengan kredit tanpa agunan. KTA bisa menjadi dana pendukung pengembangan bisnis percetakan.

Percetakan memiliki konsumen yang luas. Mulai perkantoran, UMKM, mahasiswa dan pelajar sekolah membutuhkan jasa ini. Walaupun begitu, sangat penting untuk menjaga bisnis agar semakin maju dan memiliki lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, ayo ketahui kiat-kiatnya di sini.

Terapkan Kiat-Kiat Mengembangkan Bisnis Percetakan

Percetakan atau digital printing merupakan proses mengubah gambar digital ke dalam berbagai media. Percetakan digital digemari karena proses yang cepat dan lebih murah. Terlebih, pelanggan dengan permintaan konstan membuat bisnis semakin menjanjikan.

Namun, bisnis percetakanmu dapat tersisih oleh pesaing yang menawarkan berbagai kelebihan untuk konsumen. Seperti variasi produk, harga hingga kualitas. Lalu bagaimana agar tetap bersaing? Mari intip informasi berikut:

●       Memperbanyak Produk Percetakan

Semakin lengkap jasa percetakan yang ditawarkan, maka semakin besar peluang bisnis untuk berkembang. Tidak hanya terpaku pada media kertas seperti poster, pamphlet ataupun banner, terdapat beberapa produk yang harus ditambahkan. Contohnya cetak gambar pada mug, pin, kalender, label, kaos hingga id card.

Bahkan, produk percetakan dengan ukuran besar seperti A1 dan A0 kian banyak dicari kalangan mahasiswa. Digital printing dengan variasi produk yang banyak membuat konsumen mudah untuk memesan berbagai pilihan dalam satu tempat.

●       Melakukan Pembaruan atau Upgrade Peralatan

Peralatan digital printing mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Kamu perlu memperbarui alat-alat secara berkala agar tidak kalah bersaing. Lantaran peralatan terbaru memiliki sejumlah kelebihan, maka memilikinya dapat menghasilkan kualitas produksi yang lebih baik dan tentunya efisien waktu.

Pembaruan alat-alat akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Alat yang bekerja lebih cepat juga memungkinkan kamu menerima banyak orderan. Hal ini membuat bisnis semakin maju dan memiliki reputasi baik di mata konsumen.

Peralatan printing bukanlah hal yang sulit didapatkan. Banyak outlet dan distributor yang menyediakan dan kamu dapat memilih alat terbaik. Selain upgrade alat percetakan, perawatan juga harus dilakukan secara berkala.

●       Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Dalam bisnis percetakan, pelayanan karyawan berdampak besar pada kepuasan pelanggan. Pelayanan yang baik meliputi keramahan dan kemudahan dalam memesan produk digital printing. Terkadang, terdapat pelanggan yang harus dibantu sejak awal pembuatan desain.

Oleh karena itu, kamu dapat menambahkan layanan pembuatan desain, edit desain hingga proses eksekusi desain yang sudah final. Dengan begitu, konsumen tidak mengalami kebingungan untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan.

Layanan ini tentu akan menjadi poin plus bagi bisnismu. Besar kemungkinan konsumen akan kembali jika pelayanan memuaskan dan memudahkan.

●       Memaksimalkan Promosi Bisnis

Agar semakin berkembang, kamu tidak harus menunggu konsumen mendatangi tempat percetakan. Terdapat media promosi yang dapat dimaksimalkan. Kamu dapat membuat media sosial dan menyediakan katalog produk beserta harganya. Biasanya, pelanggan lebih tertarik apabila informasi yang tertera lengkap dengan harga produk.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan bisnis melalui online shop. Banyak percetakan yang telah menawarkan jasanya via online. Pelanggan yang tidak ingin ribet menunggu tentu akan memesan lewat online dan mengambil pesanan ketika selesai. Bahkan, akan lebih baik jika percetakanmu menawarkan jasa kirim.

●       Membuka Cabang

Jika percetakanmu sudah berkembang dengan baik dan memiliki reputasi yang bagus, tidak ada salahnya untuk membuka cabang. Perlu kamu ketahui, cabang baru akan membesarkan nama percetakanmu dan memperoleh lebih banyak pelanggan.

Membuka cabang tentu harus dilakukan dengan matang. Pastikan lokasi bisnis strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, pastikan setiap cabang memiliki pelayanan yang stabil dan tidak menurun.

Agar berhasil menarik pelanggan, promosi pembukaan cabang juga harus dilakukan dengan baik seperti tempat utama berbisnis. Bila perlu, kamu dapat menawarkan promo dan diskon di awal pembukaan.

●       Menjalin Kerjasama

Kerjasama dengan pihak lain sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Contohnya, kamu dapat bermitra dengan produsen kertas, mug atau merchandise sebagai bahan utama produk. Selain menjadi produsen, kamu bisa menjalin kerjasama dengan UMKM tertentu untuk menangani packaging produk.

Dengan kerjasama, kamu dapat memiliki pelanggan tetap dengan permintaan yang konstan. Upaya mengembangkan bisnis ini juga membuat nama percetakkan dikenal lebih banyak orang.

●       Membuat Bisnis Lebih Efisien

Bisnis percetakan juga harus mengikuti perkembangan zaman. Setelah menghasilkan variasi produk atau jasa, kamu juga perlu menambah alternatif pembayaran. Terlebih di kota besar, pembayaran cashless melalui credit card, QRIS dan dompet digital lain banyak digunakan.

Pilihan pembayaran ini akan memudahkan pelanggan dan membuat bisnis lebih efisien. Pencatatan keuntungan bisnis juga bisa dilakukan dengan mudah.

Itulah upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis percetakan. Kamu dapat mewujudkannya dengan kredit tanpa jaminan. Tidak perlu khawatir, syarat kredit tanpa agunan terbilang praktis dan sesuai untuk mengembangkan bisnis.

Menambah produk, meningkatkan pelayanan, memperbarui peralatan, membuka cabang dan langkah-lain dapat terlaksana dengan dana sebesar Rp200 juta dari DBS KTA. Ini merupakan solusi untuk mengembangkan bisnis dengan syarat e-KTP tanpa memerlukan berkas fisik.

Bersama DBS KTA, bisnismu bisa semakin berkembang dan tidak kalah dalam bersaing. Kredit ini juga menawarkan berbagai keunggulan dan kemudahan. Tunggu apalagi? Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Kredit tanpa agunan DBS KTA dapat menjawab kebutuhan pengembangan bisnismu. Ayo ajukan sekarang.

 

 

Apply digibank KTA