dapur
30 Aug 2023

6 Inspirasi Dapur Minimalis, Bersih dan Cantik

Dapur merupakan sebuah ruang di rumah yang perlu didesain dengan menarik dan fungsional. Dengan memiliki dapur yang memadai, maka kualitas masakan yang dihidangkan bisa lebih optimal.

Untuk bisa mewujudkan dapur impian, saat ini kamu dapat mengajukan pinjaman bunga rendah untuk digunakan sebagai modal pembangunannya.

Bicara soal dapur impian, pada artikel ini akan dibahas mengenai rekomendasi desain dapur minimalis yang bisa diaplikasikan pada hunianmu.

Tentunya agar kondisi dapur minimalis tersebut bisa tetap dalam kondisi terawat, artikel ini juga akan memberikan tips-tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihannya.

Pembahasan lebih lanjut mengenai inspirasi desain dapur minimalis beserta tips untuk merawatnya dapat kamu temukan pada poin-poin di bawah ini.

Intip Inspirasi Dapur Minimalis

Memiliki dapur dengan desain yang minimalis belakangan ini banyak diminati oleh para ibu rumah tangga. Pasalnya bukan hanya desainnya yang sederhana dan praktis saja, tetapi dapur minimalis juga membuat ruangan jadi lebih menampilkan kesan rapi.

Nah berikut ini akan diberikan beberapa desain dapur minimalis yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasi. Pilihan desain tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

●       Dapur Minimalis dengan Material Kayu

Salah satu inspirasi desain dapur minimalis, yaitu kamu bisa memanfaatkan material kayu untuk digunakan pada interiornya. Dengan begitu, dapur milikmu jadi bisa menampilkan kesan alami.

Beberapa inspirasi interior dapur yang bisa menggunakan material kayu antara lain seperti pada kabinet, meja hingga kursi. Untuk melengkapinya, kamu juga bisa menambahkan tanaman di sudut untuk mempercantik tata ruangan.

●       Dapur Minimalis Bergaya Rustic

Inspirasi desain dapur minimalis berikutnya yang juga bisa kamu terapkan di rumah, yaitu dapur bergaya rustic. Gaya rustic pada sebuah ruangan umumnya menonjolkan sisi natural dan alami.

Pilihan warna yang bisa digunakan pada interior dapur bergaya rustic biasanya menggunakan warna-warna yang juga menampilkan kesan unfinished.

●       Dapur Minimalis dengan Aksen Tumbuhan

Dapur minimalis sebenarnya dapat didesain semenarik mungkin tergantung selera masing-masing. Apabila kamu ingin memiliki dapur dengan suasana yang asri, maka kamu bisa menambahkan beberapa tanaman di sudut ruangan untuk menghiasinya.

Untuk tanamannya sendiri, kamu bebas menentukan ingin menggunakan tanaman asli maupun tanaman plastik.

●       Dapur Minimalis Terbuka

Apabila ukuran rumahmu kecil, maka kamu bisa mengakali untuk membuat dapur minimalis terbuka. Dengan mengaplikasikan desain ini, maka ruangan jadi bisa terlihat lebih luas.

Supaya ruangan tetap terlihat rapi dan tidak berantakan, kamu bisa memanfaatkan rak gantung maupun kabinet tertutup sebagai ruang penyimpanannya.

●       Dapur Minimalis dengan Bar Mini

Inspirasi desain lainnya yang juga bisa kamu tiru untuk diaplikasikan pada dapur rumahmu, yaitu dapur minimalis dengan menambahkan bar mini. Supaya bisa dimanfaatkan dengan baik, kamu bisa memilih menggunakan bar yang multifungsi.

Sehingga selain bisa digunakan sebagai tempat untuk menyantap makanan, meja bar di dapur tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti misalnya bekerja dan sebagainya.

●       Dapur Minimalis Monokrom

Untuk memaksimalkan konsep dapur minimalis, kamu bisa melakukannya dengan memainkan pemilihan warna yang digunakan di area dapur.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan warna monokrom pada beberapa interior yang diletakkan di dapur seperti pada kabinet, meja, kursi, wallpaper maupun pada perabotannya.

Nah itu dia beberapa referensi desain dapur minimalis yang bisa kamu tiru untuk diterapkan di rumahmu. Apabila kamu tertarik untuk mewujudkannya, kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah sebagai solusi pendanaannya.

Tips Merawat Dapur Agar Tetap Bersih Dan Cantik

Setelah mengetahui beberapa inspirasi desain dari dapur berkonsep minimalis, pada poin ini akan dibahas mengenai tips-tips yang bisa diaplikasikan untuk merawat kondisi dapur agar tetap bersih, rapi dan juga cantik.

Nah apa saja tips yang dimaksud tersebut? berikut ini uraian penjelasannya.

●       Memanfaatkan Kabinet dengan Tutup

Salah satu tips yang bisa kamu aplikasikan untuk menjaga dapur agar tetap terlihat bersih dan juga rapi, yaitu kamu bisa memanfaatkan kabinet dengan tutup sebagai ruang penyimpanan di dapur.

Dengan kamu menggunakan kabinet tertutup, maka peralatan maupun bahan-bahan masakan yang ada tidak terlihat berserakan di luar.

Sehingga tidak ada potensi yang membuat dapur terlihat berantakan. Dengan begitu dapur jadi menampilkan kesan rapi dan terawat.

●       Menyingkirkan Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Tips kedua agar dapur di rumahmu selalu dalam kondisi yang terawat yaitu sebisa mungkin untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah rusak dan tidak terpakai.

Pasalnya dengan kamu tetap menyimpan peralatan masak yang sudah tidak digunakan, alih-alih bisa membuat dapur terlihat terawat, dapur di hunianmu malah menampilkan kesan berantakan karena perabotan yang menumpuk.

●       Membuang Sampah dengan Rutin

Kemudian untuk menjaga kebersihan dapur, kamu juga perlu melakukan tips penting satu ini. Tips yang dimaksud, yaitu membuang sampah dengan rutin.

Sampah masakan yang ada di dapur patut untuk segera dibuang sebelum menumpuk. Pasalnya apabila dibiarkan, sampah tersebut berpotensi untuk menimbulkan bau yang tidak sedap.

Apabila bau tersebut muncul, alhasil bisa mengundang hewan seperti lalat maupun tikus. Dengan begitu dapur di rumahmu bisa menjadi sarang kuman dan jauh dari kata bersih dan terawat.

●       Rajin Membersihkan Noda Sebelum Berkerak

Selanjutnya, apabila kamu ingin memiliki dapur yang bersih dan terawat, kamu juga perlu untuk rajin membersihkan noda-noda kotor yang dihasilkan setelah memasak.

Pasalnya apabila kamu tidak rutin membersihkannya, noda tersebut akan semakin sulit untuk dihilangkan dan berpotensi untuk berubah menjadi kerak.

Kalau kerak sudah terbentuk, maka kesan terawat tidak bisa ditampilkan pada dapurmu. Jadi sebelum noda berubah menjadi kerak, kamu perlu rajin membersihkannya.

●       Jangan Tunda Membersihkan Peralatan Setelah Digunakan

Agar dapur rumahmu terlihat bersih dan rapi, maka tips yang perlu kamu terapkan berikutnya, yaitu sebaiknya kamu tidak menunda membersihkan peralatan memasak yang sudah digunakan. Pasalnya dengan kamu menunda membereskan dapur setelah memasak, dapur jadi akan terlihat kotor.

Ditambah lagi sama seperti pada poin sebelumnya, peralatan memasak yang tidak buru-buru dibersihkan bisa menimbulkan kerak. Yang mana apabila itu terjadi, hal ini akan memberikan kesan bahwa dapurmu tidak dirawat dengan baik.

●       Selalu Menyimpan Perabotan di Tempatnya

Tips terakhir agar kamu bisa memiliki dapur yang terawat, yaitu kamu perlu menyimpan perabotan di tempatnya.

Jadi setelah peralatan digunakan dan dibersihkan, kamu bisa menaruhnya kembali di tempat semula. Dengan kamu menerapkan tips ini, dapur jadi bisa menampilkan kesan bersih dan juga terawat dengan baik.

Nah, poin-poin di atas telah menjelaskan terkait tips-tips yang bisa dilakukan agar kondisi dapurmu tetap dalam keadaan terawat. Apabila kamu menerapkan tips-tips di atas maka tampilan dapurmu bisa terlihat bersih dan juga cantik.

Setelah sebelumnya dibahas mengenai inspirasi desain dapur minimalis dan tips-tips untuk memiliki dapur yang bersih dan terawat, apakah kamu tertarik untuk mewujudkan dapur impianmu?

Apabila kamu tertarik untuk mewujudkan dapur impian di hunianmu, kamu dapat mengumpulkan dana pembangunannya dari mengajukan pinjaman online bunga rendah.

Salah satu rekomendasi produk pinjaman yang bisa kamu pilih apabila kamu berniat untuk melakukan renovasi di rumah, seperti misalnya membangun dapur minimalis impian, yaitu dengan digibank KTA.

Jangan lagi khawatir, pasalnya tahapan dan persyaratan untuk mengajukan produk pinjaman bunga rendah ini sangat mudah. Apabila kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut terkait produk digibank KTA satu ini, silahkan klik di sini.

 

 

Apply digibank KTA