apartemen
29 Sep 2023

5 Tips Mengembangkan Bisnis Sewa Apartemen agar Makin Untung

Sewa apartemen adalah bisnis yang menjanjikan saat ini. Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang semakin naik dari waktu ke waktu. Maka dari itu, bisnis ini perlu dikembangkan dengan kredit tanpa agunan.

Lantas apa saja tips untuk mengembangkannya? Kamu bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini. Namun sebelum itu, kamu bisa mempelajari apa saja keuntungan dari bisnis ini di masa sekarang.

Keuntungan Bisnis Sewa Apartemen

Jadi, apa saja keuntungan bisnis sewa apartemen bagi pemiliknya? Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu perhatikan sebelum mengembangkannya dengan kredit tanpa agunan:

●       Permintaan yang Naik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, permintaan orang untuk tinggal di apartemen semakin naik. Mengapa demikian?

Menurut buku Apartemen Mungil, Imelda Akmal yang dipublikasikan oleh Gramedia, apartemen menjadi alternatif hunian yang banyak dipilih oleh masyarakat kota besar. Inilah yang membuat permintaan sewa apartemen semakin naik.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah umumnya apartemen dibangun dengan berbagai fasilitas seperti minimarket, laundry, bahkan pusat perbelanjaan.

Fasilitas-fasilitas tersebut tentu bisa memudahkan para penghuninya untuk beraktivitas di kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi jika para penghuni tersebut merupakan pekerja kantoran yang sibuk dengan rutinitas.

Selain itu, umumnya para penghuni apartemen bersifat lebih individualis. Hal ini cocok bagi anak muda yang memiliki sifat serupa demi kenyamanan hidupnya.

Jika terjadi kerusakan, pihak apartemen juga sudah menyiapkan petugas ahli untuk memperbaikinya. Jadi, para penghuni tak perlu repot-repot untuk mencari tukang untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Faktor terakhir adalah banyaknya apartemen yang dibangun di dekat stasiun, halte, maupun pintu tol. Dengan demikian, para penghuni bisa bepergian dengan lebih mudah.

●       Memanfaatkan Aset

Banyak orang yang membeli aset namun tidak bisa menggunakannya karena berbagai alasan. Kalau kamu juga demikian terhadap apartemen yang kamu beli, maka kamu bisa menyewakannya daripada dibiarkan kosong.

Dengan menyewakannya, apartemenmu akan lebih terjaga sehingga tak mudah rusak. Selain itu, apartemenmu pun bisa tetap bersih jika dirawat penyewa dengan baik tanpa kamu perlu membersihkannya atau memanggil jasa untuk melakukannya secara rutin

●       Passive Income

Saat ini banyak orang yang berusaha untuk memperoleh passive income. Dengan memperoleh passive income, orang-orang tersebut tak perlu bekerja dengan lebih keras demi mendapatkan uang tambahan.

Nah kamu pun bisa mendapatkannya dengan menyewakan apartemenmu. Passive income ini nantinya bisa digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhanmu sehari-hari atau bahkan sebagai dana liburan.

Tak hanya itu saja, passive income juga bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat atau pensiun. Jadi kamu tak perlu khawatir jika ada hal yang terjadi di luar dugaan atau bagaimana hidupmu di masa tua nanti.

●       Harga Sewa Semakin Naik

Naiknya permintaan atau tren terhadap apartemen akan membuat harga sewanya semakin naik. Bahkan hal ini bisa melebihi harga sewa rumah pada umumnya.

Dengan kata lain, kamu bisa lebih untung dengan menyewakan apartemenmu daripada rumah. Terlebih lagi kalau apartemen yang kamu sewakan terletak di tempat yang strategis dan memiliki beragam fasilitas yang menjanjikan.

Tips Mengembangkan Bisnis Apartemen dengan KTA

Apakah kamu mulai tertarik untuk mengembangkan bisnis apartemenmu setelah membaca pemaparan di atas? Kalau iya, coba lihat berbagai tipsnya di bawah ini:

●       Pastikan Lokasinya Strategis

Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah memastikan lokasinya cukup strategis bagi masyarakat. Hal ini bisa menjadi daya tarik utama bagi para calon penyewa.

Maka dari itu, lihatlah sekeliling apartemenmu. Apa saja fasilitas umum yang ada di sana? Berapa jauh lokasinya dari apartemenmu? Kalau memang apartemenmu dikelilingi oleh berbagai fasilitas umum dengan jarak yang cukup dekat, maka kamu bisa bernapas lega.

Namun kalau apartemenmu ternyata kurang strategis, maka kamu harus mencari cara untuk membuat apartemenmu lebih menonjol daripada yang lainnya. Hal ini bisa menjadi bahan promosimu nanti.

●       Promosi

Setiap bisnis pasti memerlukan promosi yang cukup gencar. Nah di era yang serba digital ini, kamu tak perlu mempromosikan apartemenmu secara offline lagi seperti memasang iklan di koran.

Hal ini disebabkan masyarakat telah beralih ke media online. Selain itu, promosi secara offline bisa memerlukan lebih banyak biaya.

Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi online. Salah satunya dengan meminta akun media sosial untuk mengiklankan apartemenmu di lamannya.

Tentu kamu harus mencari akun yang terpercaya dengan engagement tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya akun bodong atau akun yang membeli followers agar terlihat lebih banyak namun tidak organik sehingga engagement-nya pun rendah.

Kamu juga bisa mendaftarkan apartemenmu di berbagai aplikasi penyewaan kamar. Carilah aplikasi yang bisa memudahkanmu mencari konsumen sekaligus memberimu keuntungan.

Selain itu, kamu juga bisa mengiklankan apartemenmu di media sosialmu sendiri. Kamu pun bisa minta tolong teman-temanmu untuk mengiklankannya di media sosial mereka.

●       Renovasi

Renovasi apartemen adalah hal yang diperlukan apalagi kalau apartemen milikmu sedang berada di kondisi yang kurang baik. Kamu bisa mulai memikirkan bagian mana saja yang perlu direnovasi agar para calon penyewa semakin tertarik.

Kalau kamu kebingungan dengan cara merenovasinya, maka kamu bisa meminta jasa arsitek ternama untuk membuat desainnya untukmu.

Berbagai arsitek pun sering menawarkan tukang untuk melakukan renovasi sehingga kamu tak perlu repot-repot mencari pekerja lainnya. Hasil renovasi ini bisa kamu foto dan unggah untuk menjadi bahan promosi.

Namun sebelum merenovasi apartemenmu, kamu perlu memperhatikan apakah pihak pengelola memperbolehkanmu melakukan renovasi. Kalau boleh, renovasi seperti apa yang boleh dilakukan.

●       Pastikan Apartemenmu Boleh Disewakan

Di berbagai tempat, pengelola tak memperbolehkan penghuninya untuk menyewakan apartemen karena berbagai alasan. Hal inilah yang perlu kamu pastikan ke pihak pengelola sebelum mengembangkan bisnis apartemenmu.

Dengan memastikannya, maka kamu bisa meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir konflik antara kamu dan pihak pengelola.

●       Bayar Maintenance

Sebelum kamu menyewakannya, kamu juga harus memastikan apakah semua biaya maintenance atau biaya lain sudah lunas atau belum. Jangan sampai hal ini membawa masalah kepada penyewa di kemudian hari.

Saat kamu akan menyewakannya, kamu bisa membuat kesepakatan kepada para penyewa terkait biaya maintenance ini. Umumnya para penyewa akan membayar biaya ini sendiri. Namun kamu juga bisa menggunakan metode lain.

Untuk mengembangkan bisnis apartemen, tentu kamu memerlukan sejumlah biaya. Oleh sebab itu, KTA hadir untuk mendukungmu. Apa itu KTA?

KTA atau kredit tanpa agunan adalah kredit yang diajukan tanpa menjaminkan aset apapun. Salah satunya adalah digibank KTA yang mempunyai limit hingga Rp200 juta rupiah, bahkan proses approval-nya singkat hanya perlu menunggu 60 detik saja. Klik di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang kredit tanpa agunan digibank KTA.

 

 

Apply digibank KTA