bisnis clothing line
28 Dec 2023

5 Inovasi Kreatif untuk Menaikkan Omzet Bisnis Clothing Line

Bisnis clothing line memiliki potensi pasar yang luas di Indonesia, meski demikian banyak pengusaha yang gagal menjalankannya. Ini karena mereka tidak melakukan inovasi sehingga bisnisnya kalah saing dengan kompetitor.

Jika, tidak mau mengalami masalah tersebut kamu harus membuat langkah baru untuk menciptakan inovasi. Dengan bantuan KTA online kamu bisa merealisasikan inovasi tersebut untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Setiap bisnis harus melakukan inovasi untuk mempertahankan eksistensinya di mata konsumen. Apalagi jika bisnis tersebut menyangkut dengan dunia fashion, tentu kamu harus mengikuti tren-tren terbaru dalam menciptakan produk yang menarik.

5 Inovasi Kreatif untuk Bisnis Clothing Line

Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi masyarakat terhadap produk fashion (meliputi pakaian dan jasa perawatannya) mengalami peningkatan sebesar 7,02% pada kuartal kedua di tahun ini.

Peningkatan setinggi itu belum pernah tercatat BPS dalam 14 tahun terakhir. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi pasar fashion di Indonesia cukup bagus dan menjadi kabar baik bagi para pengusaha clothing line.

Meski kondisi pasar sedang bagus tetap saja pesaingnya sangat sulit mengingat banyaknya industri pakaian yang bermunculan. Berikut beberapa inovasi yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi untuk bisnismu.

  • Menerapkan Sustainable Fashion

Inovasi ini sudah banyak dilakukan oleh brand-brand besar di luar negeri yang mendukung gerakan ramah lingkungan. Meski di Indonesia belum begitu populer, kamu bisa menjadi salah satu pelopor yang mempopulerkannya.

Penerapan sustainable fashion bertujuan untuk meminimalisir dampak negatif dari industri fashion. Bisnis clothing line yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan akan lebih besar mendapat perhatian konsumen.

Inovasi ini bisa dimulai dengan penggunaan bahan-bahan tekstil ramah lingkungan, (contohnya kain katun yang terbuat dari 100 persen serat kapas). Serta menggunakan metode produksi yang efisien untuk mengurangi limbah.

  • Menyediakan Layanan Desain Customizable

Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang bingung mencari inovasi baru untuk menarik pelanggan VIP. Layanan ini memungkinkan pelanggan mendesain dan menyesuaikan model pakaiannya sendiri.

Mereka bisa memilih bahan, model, warna, bahkan hingga aksesoris yang akan digunakan untuk membuat pakaian yang dipesan. Inovasi ini tentu akan memberi pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi konsumen. 

Penerapan desain customizable akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga  dapat meningkatkan citra bisnismu. Untuk menerapkannya kamu perlu menyediakan modal untuk membentuk tim khusus. Jika, belum memilikinya kamu bisa menggunakan KTA online untuk mendapat modal tambahan.

  • Memanfaatkan Teknologi Virtual Reality

Di era serba digital seperti sekarang, kebanyakan orang lebih memilih berbelanja secara online karena lebih praktis dan hemat waktu. Untuk menciptakan pengalaman belanja online yang tidak biasa kamu bisa memanfaatkan teknologi virtual reality.

Melalui teknologi ini, pelanggan bisa mencoba pakaian yang mereka inginkan dengan tampilan 3D sebelum membelinya. Inovasi ini masih belum banyak digunakan karena membutuhkan modal yang besar untuk menghadirkan teknologi tersebut.

Tapi, jangan khawatir kamu bisa menggunakan teknologi virtual reality dengan modal dari KTA online. Dengan pinjaman tersebut kamu bisa bekerja sama dengan developer yang ahli dalam bidang virtual reality.

  • Menerapkan Upcycling Fashion

Jika berencana menerapkan prinsip sustainable, jangan lupa lengkapi bisnismu dengan sistem upcycling fashion. Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi limbah pakaian dengan memanfaatkannya menjadi produk baru.

Upcycling dilakukan dengan memanfaatkan kain sisa bekas produksi, baju, dan celana bekas untuk dijadikan produk layak jual. Selain dapat menekan biaya produksi, inovasi ini juga berguna untuk membangun kesadaran pelanggan mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

  • Membuat Pakaian Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Para penyandang disabilitas sering kesulitan mencari pakaian yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari permasalahan tersebut kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk membuat inovasi baru.

Salah satunya dengan memproduksi pakaian spesial untuk para penyandang disabilitas berdasarkan bentuk tubuh mereka. Pakaian tersebut harus dirancang secara khusus agar lebih mudah dilepas-pasang.

Strategi Pemasaran untuk Menaikkan Omzet Bisnis Clothing Line

Selain membuat inovasi kamu juga perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menaikkan omzet bisnis. Strategi tersebut harus disesuaikan dengan kondisi dan tren yang sedang berkembang. Berikut beberapa strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis clothing line.

  • Memperkuat Branding

Hal penting pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun dan memperkuat branding bisnis clothing line sebaik mungkin. Langkah ini harus dimulai dari hal kecil, seperti membuat logo ikonik dan tagline yang mudah diingat. Serta membangun identitas brand yang positif dengan menawarkan produk-produk berkualitas.

  • Aktif di Media Sosial

Media sosial merupakan platform pemasaran yang murah dan efektif. Agar akun bisnis clothing line terlihat profesional, sebaiknya gunakan jasa digital marketing untuk mengelolanya. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing memikirkan ide konten untuk diunggah di website, Instagram, dan media sosial lainnya.

  • Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer ternama bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin memperkuat branding secara cepat. Tapi, pastikan dulu bahwa influencer tersebut memiliki citra yang baik di kalangan pengikutnya. Gunakan KTA online jika kamu memerlukan dana untuk menjalankan strategi ini.

  • Membuka Toko Online

Menjual produk secara online menjadi salah satu cara untuk menekan cash flow dan menstabilkan keuangan. Agar terlihat profesional, sebaiknya daftarkan toko online milikmu sebagai official store resmi di beberapa e-commerce platform.

Biaya dibutuhkan untuk mendaftar sebagai official store resmi sebenarnya lebih terjangkau dibandingkan membuka toko fisik. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk mengelolanya.

  • Aktif Mengikuti Event dan Pameran Fashion

Langkah yang terakhir ini juga tidak kalah penting untuk meningkatkan citra bisnismu. Dengan mengikuti event dan pameran, kamu bisa memperkenalkan produk unggulan ke khalayak luas. Akan lebih bagus lagi jika kamu mengikuti fashion event internasional.

Karena hal tersebut akan menambah citra baik di mata pelanggan, sehingga rasa kepercayaan mereka terhadap produkmu akan terbangun. Dengan meningkatnya citra dan kepercayaan konsumen bisnismu akan lebih banyak mendapat pelanggan baru.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis di bidang fashion memang tidak mudah karena ada banyak tantangan yang harus dilewati. Dedikasi yang tinggi dalam menciptakan inovasi merupakan hal penting yang harus diutamakan. Dalam melewatinya dibutuhkan dukungan modal yang memadai, solusinya kamu bisa memanfaatkan keuntungan KTA dari digibank by DBS.

digibank KTA menawarkan kredit tanpa agunan dengan limit hingga Rp200 juta dan masa cicilan hingga 36 bulan. Keuntungan lainnya, kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik apa pun. Selain itu, approval cepat hanya dalam 60 detik.

Tunggu apalagi? Yuk, raih kesuksesanmu dalam bisnis clothing line dengan dukungan modal dari digibank by DBS! Segera nikmati keuntungan yang ditawarkan digibank KTA dengan mengajukan KTA online sekarang! Sebelum melakukan pengajuan, intip syarat dan ketentuan selengkapnya di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA