Kartu Kredit
06 Apr 2023

5 Hal Harus Diperhatikan Saat Baru Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit jadi salah satu alat pembayaran yang ada di Indonesia. Namun, masih ada banyak hal yang harus kamu pahami sebelum apply kartu kredit. Sebab, terdapat beberapa aturan dalam penggunaan kartu kredit ini agar tak salah langkah.

Pastikan kamu memahami hal dasar mengenai kartu kredit sebelum memutuskan untuk memakainya. Sebab apabila kamu salah langkah, maka khawatir bisa berdampak pada proses pembayaran CC secara bulanan.

Lalu, apa saja hal yang harus kamu perhatikan saat akan membuat kartu kredit? Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Kartu Kredit

Sebelum memutuskan untuk apply kartu kredit menggunakan CC, kamu harus memahami hal dasar mengenai alat pembayaran yang satu ini. Apa saja?

1.     Pahami Konsep Mengenai Penggunaan Kartu Kredit

Kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai cara penggunaan kartu kredit ini. Meski banyak bank yang menawarkan ke kamu dengan kelebihan kartu kredit, kamu harus selektif.

Hal penting yang harus kamu ingat adalah, meski tinggal gesek dan limitnya banyak, kartu kredit tetaplah tanggungan. Sehingga sebaiknya kamu gunakan untuk kebutuhan mendadak atau mendesak. Kemudian untuk memberikan keuntungan bagi kamu.

Misalnya saja dengan menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapatkan diskon hingga sekian persen dari tempat belanja. Ini jelas menguntungkan dan bisa menghemat pengeluaran kamu.

2.     Cari Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Apa saja sih kebutuhan kamu selama ini? Pilih kartu kredit yang sesuai kebutuhan kamu. Agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang setara karena penggunaan kartu kredit yang tepat.

Misalnya saja apabila kamu menggunakan kartu kredit untuk keperluan travelling atau dinas ke luar kota, maka pilihlah yang menyediakan reward serupa. Seperti point dari akumulasi terbang bisa untuk diskon penerbangan berikutnya.

Termasuk apabila kamu sering berbelanja. Maka pilih kartu kredit yang bekerja sama dengan pusat perbelanjaan. Sehingga akan ada bonus atau reward dari pusat perbelanjaan atau CC tersebut.

3.     Belajar Memakai Kartu Kredit

Pasti kamu bertanya-tanya bagaimana bisa belajar menggunakan kartu kredit? Ya bisa. Sebab perbankan menyediakan hal tersebut untuk orang yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit.

Caranya adalah, kamu bisa meminta orang yang paling dekat untuk memberikan suplemen atau kartu kredit tambahan. Jadi nanti ada yang namanya kartu kredit induk, yang pemegangnya adalah orang paling dekat dengan kamu.

Status dari kartu induk ini adalah sebagai penanggung jawab kamu. Limit kartu kredit juga hanya bisa diatur oleh si pemegang kartu induk. Ini cocok untuk ajang kamu belajar menggunakan kartu kredit.

4.     Periksa Histori Keuangan

Memiliki kartu kredit, berarti kamu harus bertanggung jawab untuk membayarnya. Maka dari itu sebelum apply kartu kredit online, kamu harus memastikan keuanganmu dalam keadaan yang aman. Bagaimana cara memastikannya?

Kamu bisa membuka riwayat keuangan kamu sebelumnya. Periksa berapa penghasilan kamu, lalu jumlah tanggungan yang ada sampai saat ini berada. Kemudian kamu bisa mencari tahu mengenai histori kredit kamu ada atau tidak.

Apabila semua riwayat aman, maka proses pengajuan juga akan berjalan lancar. Sebab penyedia layanan ini akan memeriksa histori keuangan kamu.

5.     Tentukan Limit CC

Jangan lupa untuk menentukan limit atau batasan kartu kredit kamu. Untuk menentukan hal ini, kamu tidak boleh sembarangan ya. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu.

Selain itu, bank juga memiliki pertimbangan sendiri terkait hal ini. Apabila penentuan tidak wajar, maka bank penerbit juga akan ragu-ragu.

Cara Mengajukan Kartu Kredit

Cara apply kartu kredit pada masing-masing bank sebenarnya berbeda. Namun secara umum, kamu bisa melakukan hal ini ketika memutuskan untuk mengajukan pembuatan CC.

1.     Lengkapi Persyaratan

Ada beberapa persyaratan umum yang diminta oleh pihak Bank. Antara lain identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk, NPWP, slip gaji atau bukti penghasilan kamu.

Persyaratan ini bisa kamu lengkapi secara offline atau online. Apabila offline, maka harus tercetak jelas. Sementara apabila online, kamu bisa mengunggahnya dengan format PDF.

2.     Pilih Media Apply

Sudah ada banyak bank yang membuka peluang pengajuan kartu kredit menggunakan sistem, online. Utamanya bagi penyedia layanan kartu kredit digital. Tapi apabila kamu tidak mau, masih banyak juga pengajuan melalui offline.

Kamu tinggal pilih ingin melakukan apply kartu kredit online atau offline. Sesuaikan dengan kebutuhan kartu kredit kamu ya!

3.     Isi Form dan Persyaratan

Bank kemudian akan memberikan kamu formulir untuk diisi secara lengkap. Formulir tersebut umumnya adalah data diri kamu mulai nama, kartu identitas sampai penghasilan kamu.

Isi secara jelas dan lengkap, kemudian serahkan persyaratan ya. Apabila semua sudah lengkap, kamu tinggal menunggu kabar berikutnya.

4.     Wawancara

Selanjutnya pihak bank akan menyediakan waktu khusus untuk wawancara denganmu. Tenang saja, pertanyaan tersebut hanya sebatas dokumen yang sudah kamu serahkan. Jika kamu mengisi secara benar, maka cara menjawabnya juga akan lebih lancar.

Proses ini juga menentukan apakah nantinya bank akan menyetujui pengajuan ya. Jadi selain kelengkapan berkas, bank akan memastikan kamu layak menggunakan kartu kredit ini. Layak dalam artian mampu melakukan pembayaran tepat waktu.

5.     Pengumuman Keputusan

Terakhir adalah waktunya untuk mengumumkan keputusan apakah kamu bisa mendapatkan kartu kredit atau tidak. Bank akan memberikan kamu informasi, tanpa perlu kamu menghubungi berkali-kali ya.

Sebaiknya kamu melakukan konfirmasi apabila lebih dari 14 hari masih belum ada kejelasan dari proses wawancara. Durasi tersebut adalah waktu yang tepat bagi kamu menanyakan kejelasan.

Apply Kartu Kredit Digital Untuk Belanja Kebutuhan

Seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya, pilihlah kartu kredit sesuai kebutuhan kamu. Kemudian pilihlah yang menguntungkan. Seperti halnya Kartu Kredit Digital digibank yang memiliki banyak keunggulan.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit digital pertama di Indonesia ini?

1.     Proses Approval 60 Detik

Kamu bisa mengetahui approval kartu kredit hanya dalam waktu hanya dalam waktu 60 detik.

2.     Bisa Langsung Digunakan

Tidak perlu menunggu lama, kamu bisa menggunakan Kartu Kredit Digital saat itu juga. Sementara untuk Kartu Kredit Fisik, kamu bisa menerimanya maksimal dalam 14 hari kerja.

3.     Stay in Control

Tenang saja, kamu bisa mengatur limit kartu sesuka hati. Supaya kamu lebih hemat dan keuangan terkontrol. Semua bisa kamu lakukan melalui Aplikasi digibank by DBS.

4.     digibank Pay Later

Fitur digibank Pay Later jangka waktunya hingga 60 bulan. Lakukan semuanya melalui Aplikasi digibank by DBS kapan dan di mana saja.

5.     Layanan 24 Jam

Semua fitur bisa kamu gunakan selama 24 jam penuh melalui Aplikasi digibank by DBS. Dari aktivasi kartu hingga informasi transaksi ada di aplikasi ini.

6.     Gratis Iuran Tahun Pertama

Ingin dapat gratis iuran tahun pertama? Lakukan minimum pembelanjaan minimal Rp1 juta dalam 60 hari pertama.

Tunggu apa lagi? Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan apabila memilih produk kartu kredit ini. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap terkait Kartu Kredit Digital digibank, kunjungi laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/kartu/kartu-digibank/digibank-digital-kredit-card.