KTA bank
30 Jan 2024

4 Strategi Marketing untuk Kembangkan Bisnis MPASI Bayi

Peluang bisnis MPASI bayi tergolong menjanjikan, terutama di kota-kota besar yang mana banyak wanita karier tidak sempat menyiapkan makanan pendamping untuk buah hatinya. Berdasarkan jurnal penelitian yang dirilis WHO, bayi berusia 6 bulan ke atas memerlukan MPASI untuk mencukupi asupan nutrisi di masa pertumbuhannya.

Sama seperti bisnis lainnya, usaha katering makanan pendamping ASI juga membutuhkan strategi-strategi tertentu. Untuk mengembangkannya menjadi lebih besar kamu memerlukan modal tambahan dengan mengajukan KTA online yang menjadi solusi modal bisnis.

Seberapa Besar Peluang Bisnis MPASI Bayi di Indonesia?

Keinginan para orang tua dalam memberikan nutrisi yang terbaik untuk buah hatinya menjadi salah satu alasan mengapa bisnis MPASI layak dijalankan. Apalagi angka kelahiran bayi di Indonesia terus meningkat, tentu kebutuhan terhadap makanan bayi terus bertambah setiap tahun.

Beberapa usaha katering makanan bayi menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, ada yang mulanya hanya membuat 50 – 60 porsi per hari meningkat menjadi 2000 porsi per hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa peluang bisnis MPASI di Indonesia sangat besar, sehingga dapat dijadikan ladang penghasilan yang menjanjikan.

4 Strategi Marketing untuk Bisnis MPASI Bayi

Walaupun peluang bisnis MPASI sangat bagus bukan berarti kamu bisa menjalankannya dengan mudah. Semua jenis bisnis pasti memiliki tantangan dan rintangan dalam segi marketing.

Belakangan ini banyak usaha makanan pendamping ASI yang bermunculan tapi hanya beberapa saja yang bertahan. Kebersihan suatu bisnis bisa dilihat dari seberapa matang strategi marketing yang disiapkan. Jika ingin bisnismu berhasil maka terapkan beberapa strategi marketing berikut ini:

●       Memilih Target Konsumen yang Tepat

Apa bisnismu belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan kinerja yang signifikan? Kemungkinan masalah tersebut terjadi karena pemilihan target konsumen yang kurang sesuai dengan kondisi pasar di sekitarmu.

Konsumen yang berada di wilayah perkotaan besar dengan kawasan kelas menengah atas umumnya lebih suka membeli makanan bayi organik. Alasannya makanan organik dinilai lebih sehat karena diolah dari bahan-bahan alami yang masih segar.

Sedangkan konsumen kelas menengah ke bawah cenderung membeli MPASI dalam bentuk instan seperti bubur bayi kemasan. Bubur bayi kemasan dinilai lebih praktis karena mudah dibuat dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Jika ingin mendapat banyak konsumen kamu perlu mencari tahu segmen mana yang mendominasi di wilayah tersebut.

●       Tonjolkan Keunikan dan Keunggulan

Sebelum kamu memulai bisnis ini pasti ada kompetitor yang sudah terlebih dulu menjalankan. Untuk bersaing dengan mereka kamu harus memiliki keunikan dan keunggulan yang lebih inovatif untuk menarik konsumen. Riset ulang produk-produk MPASI yang dibuat kompetitor untuk mencari celah kelemahan mereka.

Dari celah kelemahan tersebut kamu bisa membuat produk MPASI yang lebih unggul. Setelah itu pikirkan cara agar konsumen tahu mengenai keunggulan dan keunikan produkmu. Selalu tonjolkan kelebihan tersebut agar konsumen tertarik dan mau beralih dari produk kompetitor.

●       Membuat Konten yang Menarik untuk Marketing

Pada era digital seperti sekarang, konten menjadi elemen penting dalam memperkenalkan produk ke para konsumen. Melalui konten kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas sehingga mendapat peluang yang lebih besar.

Konten tersebut tidak hanya berisi tentang keunggulan produk tapi juga memuat informasi yang relevan dengan konsumen. Misalnya resep MPASI, tips-tips tentang merawat si kecil, informasi seputar makanan bayi, dan lainnya.

●       Tunjukkan Testimoni dari Pelanggan

Sebelum membeli suatu barang sebagian orang pasti mencari informasi terkait produk tersebut terlebih dulu. Bukti kepuasan menjadi salah satu pendorong seseorang dalam membeli suatu produk. Menampilkan bukti kepuasan dari pembeli (testimoni) akan membuat calon konsumen merasa lebih yakin terhadap produk tersebut.

Kamu bisa membuat testimoni dalam bentuk konten video atau gambar agar lebih mudah diterima masyarakat. Jika ada modal coba gunakan jasa influencer untuk me-review produk MPASI tersebut untuk menarik lebih banyak orang. Mungkin dibutuhkan dana yang lumayan untuk aktivasi review ini, namun jangan khawatir kamu bisa andalkan KTA online sebagai dana kamu untuk beriklan melalui berbagai medium untuk mengkampanyekan produk MPASI-mu.

4 Tips Mengembangkan Bisnis MPASI Bayi

Mengembangkan dan memperbesar skala bisnis MPASI bukanlah pekerjaan yang sederhana karena dibutuhkan perencanaan dan kerja keras. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memperluas bisnis tersebut:

●       Terus Berinovasi

Bisa dibilang inovasi merupakan bahan bakar utama dalam mempertahankan sebuah bisnis karena keberadaannya sangat penting.

Bisnis tanpa inovasi ibarat mobil tanpa bahan bakar karena akan berhenti di tengah jalan dan disalip oleh kompetitor. Membuat inovasi produk MPASI memang tidak mudah tapi harus dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen.

Contoh inovasi produk MPASI yang bisa kamu coba yaitu sereal bayi mengandung probiotik & prebiotik, bubur bayi organik, finger food berbentuk karakter lucu, dan lainnya. Selain dituntut membuat inovasi baru kamu juga diwajibkan membuat produk yang memenuhi standar kesehatan dan keamanan bayi.

●       Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi di masa sekarang membuat segala pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Manfaatkan teknologi untuk menciptakan efisiensi pada proses produksi makanan bayi.

Dengan menggunakan mesin-mesin canggih kamu bisa menghasilkan produk MPASI higienis dalam waktu yang lebih singkat. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA bank untuk membeli peralatan produksi berteknologi tinggi demi kemajuan bisnis.

●       Perluas Cakupan Pemasaran

Setiap pengusaha pasti ingin mendapat lebih banyak konsumen. Untuk memperbanyak jumlah pembeli kamu harus memperluas wilayah cakupan pemasaran. Memperluas jangkauan pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjualnya secara online melalui platform e-commerce.

●       Perkuat Branding

Branding menjadi elemen penting dalam memasarkan produk MPASI. Selain membangun citra yang baik kamu juga perlu membekali produkmu dengan kemasan yang menarik.

Bila perlu gunakan kemasan ramah lingkungan yang aman untuk bayi. Selain itu buatlah desain kemasan yang berbeda pada setiap varian produk agar lebih mudah dibedakan.

Mengembangkan bisnis MPASI bisa dibilang tidak semudah menjalankan usaha kuliner meskipun sama-sama berkecimpung di industri makanan. Ada banyak tantangan yang harus dilewati dan diselesaikan agar bisnis tersebut terus berjalan.

Modal menjadi salah satu elemen penting dalam mendukung keberhasilan bisnis, tanpa modal kamu pasti kesulitan mengembangkannya. Dengan pinjaman KTA bank, permasalahan keuangan bisnis bisa diatasi dengan mudah.

Bicara soal kredit tanpa agunan, kamu bisa mengandalkan digibank KTA. Kredit satu ini menawarkan pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik dan cicilan hingga 36 bulan.

Segera ajukan pinjaman KTA online dan dapatkan modal untuk memperluas skala bisnismu sekarang! Raih kesuksesan dalam bisnis MPASI dengan dukungan dari digibank KTA! Jika penasaran dengan ketentuan dan syarat pengajuannya, kamu bisa melihat detail informasinya di sini!