KTA
05 May 2023

4 Saran Agar Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Disetujui

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu opsi tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Berbeda seperti kredit pada umumnya, KTA tidak memerlukan jaminan berupa aset yang diserahkan kepada pihak bank. Kemudahan ini membuat KTA banyak diminati masyarakat.

Syarat yang dibebankan untuk mengajukan kredit ini dinilai lebih praktis dan anti ribet. Walaupun memiliki persyaratan yang cukup mudah, kamu perlu memperhatikan beberapa hal tertentu agar pengajuan kredit disetujui. Tenang saja, kali ini akan dibahas mengenai tips mengajukan KTA agar disetujui mulai dari dokumen hingga riwayat kredit.

Beberapa Tips yang Perlu Diketahui agar Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Disetujui

Mengajukan kredit tanpa jaminan pada dasarnya cukup mudah jika kamu melewati proses dan langkah yang tepat. Namun, terkadang banyak kredit yang tidak disetujui karena nominal yang tidak sesuai dengan kemampuan bayar, data yang tidak tepat, atau perbedaan informasi selama wawancara.

Agar pengajuan kredit kamu disetujui, ada baiknya untuk mengikuti beberapa saran di bawah ini. Mari simak selengkapnya!

●       Memiliki Rekening pada Bank yang Dituju

Jika kamu mengajukan kredit bunga rendah pada pihak bank, maka kepemilikan rekening terkait dapat memperbesar peluang kredit disetujui. Hal ini karena pihak bank dapat memperoleh informasi lebih akurat dan mengetahui kemampuan bayar ketika mengajukan kredit.

Selain itu, pembayaran cicilan juga dapat dilakukan dengan mudah! Peluang yang lebih besar untuk disetujui juga terkait dengan lama penggunaan kartu kredit.

●       Mudah Dihubungi Pihak Bank

Ketika mengajukan kredit, pastikan kamu memberikan data yang valid, terutama nomor telepon yang bisa dihubungi. Sekarang ini, beberapa bank masih menghubungi via telepon untuk mengetahui konfirmasi serta beberapa pengarahan lain.

Biasanya, kamu akan menerima panggilan untuk verifikasi data, janji temu, dan sebagainya. Sulit dihubungi juga memberikan penilaian yang kurang baik dari pihak bank.

Sebaiknya, kamu selalu standby untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Tidak perlu khawatir, pihak bank selalu menghubungi di saat jam kerja berlangsung.

●       Pastikan Nominal Cicilan Sesuai dengan Penghasilan

Dalam mengajukan kredit, nilai cicilan yang nanti akan dibebankan harus sesuai dengan penghasilan yang ada. Jangan mengajukan nominal yang terlalu besar hanya dikarenakan persyaratan yang mudah. Nominal yang terlalu besar dari kemampuan penghasilan dapat membuat kredit ditolak.

Saat verifikasi, bank akan memastikan apakah pihak yang mengajukan kredit memiliki kemampuan yang memungkinkan untuk membayar cicilan. Idealnya, cicilan tidak lebih besar dari 30% gaji per bulan.

Jika terlalu besar, maka kamu akan memiliki dua kemungkinan terkait kredit yang diajukan. Pertama, kredit dapat ditolak sepenuhnya oleh pihak bank. Kedua, kredit dapat disetujui namun dengan nominal yang lebih kecil.

●       Riwayat Kredit

Jika kamu sebelumnya pernah mengajukan kredit, maka kelancaran pembayaran juga bisa menjadi pertimbangan. Jika kredit yang dimiliki macet, maka besar kemungkinan pengajuan KTA tidak dapat disetujui.

Oleh karena itu, penting untuk membayar cicilan dengan lancar agar Riwayat kredit baik. Dengan begitu, kamu tidak kesulitan ketika mengajukan kredit kembali di kemudian hari.

Itulah beberapa saran yang dapat kamu ikuti agar kredit tanpa agunan disetujui. Dengan data dan proses yang diikuti dengan tepat, maka besar kemungkinan kredit untuk disetujui!

Syarat yang Harus Dipenuhi agar KTA Disetujui

Pihak bank tentu memiliki syarat tertentu yang harus kamu penuhi. Setelah mengetahui saran atau tips di atas kini syarat mengajukan KTA juga perlu diperhatikan agar peluang diterima semakin besar. Langsung saja mari simak penjelasannya berikut ini.

●       Memiliki Penghasilan yang Sesuai dengan Kriteria

Penghasilan yang dimiliki adalah salah satu hal penting yang menunjukkan kelancaran kredit nantinya. Biasanya, pihak bank mematok penghasilan minimum sesuai kondisi ekonomi di suatu kota. Tentunya, nominal minimal mengajukan kredit di Ibukota berbeda dengan kota lainnya.

Selain memiliki penghasilan yang sesuai, kelengkapan bukti juga harus disertakan. Pastikan untuk menyertakan slip gaji sebagai bukti yang lengkap dan terpercaya.

●       Dokumen Lengkap

Kelengkapan dokumen tentu adalah hal terpenting dalam mengajukan kredit. Beberapa dokumen yang diperlukan antara lain NPWP, e-KTP, dan sebagainya sesuai kebijakan bank masing-masing. Oleh karena itu, menyerahkan dokumen dengan lengkap adalah hal yang perlu diperhatikan.

Pastikan juga dokumen yang diserahkan benar dan sesuai kondisi yang ada. Hal ini membuat pihak bank dapat melakukan verifikasi dengan baik. Selain itu, data yang tidak sesuai kebenarannya dapat merugikan di kemudian hari.

●       Memiliki Domisili yang Sesuai

Bank biasanya menerapkan lingkup domisili tertentu. Tentunya, sesuai dengan lokasi bank berada. Jika domisili tidak sesuai persyaratan, kita tidak perlu repot untuk mengajukan kredit karena peluang untuk diterima sangat minim.

Syarat domisili ini penting agar pihak bank dapat mengelola setiap kredit yang ada. Selain itu, domisili juga digunakan untuk memudahkan penanganan masalah seperti kredit macet, dan sebagainya. Pihak bank dapat menemukan alamat penerima kredit dengan mudah.

●       Memiliki Usia sesuai Ketentuan

Usia dinilai sebagai salah satu indikator untuk mengetahui seseorang telah mampu berpikir secara logis dan menyikapi permasalahan, terutama terkait pengajuan kredit. Biasanya, masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas telah masuk kriteria untuk mengajukan kredit.

Selain itu, saat tenor KTA tiba juga harus berada pada rentang usia 55 hingga 60 tahun. Jadi, jangan coba-coba mengajukan kredit ketika kita masih di bawah umur. Selain itu, perhatikan pula lama waktu kredit karena usia maksimal saat pelunasan yaitu 60 tahun.

●       Reputasi Kredit yang Baik

Seperti yang telah disinggung, reputasi atau Riwayat kredit dapat menjadi acuan pihak bank untuk menolak atau menyetujui pengajuan. Faktanya, banyak orang yang mengajukan kredit baru untuk menutup hutang sebelumnya. Istilah ini disebut gali lubang tutup lubang.

Jika begitu, maka besar kemungkinan kredit yang diajukan akan terbengkalai pembayarannya. Jika Riwayat kredit kamu bagus, maka tidak perlu khawatir karena peluang disetujui lebih besar.

Itulah saran serta syarat yang harus dipenuhi untuk memperbesar peluang diterimanya pengajuan kredit. Dengan persyaratan yang lengkap, kamu tidak perlu risau karena pihak bank pasti melakukan penilaian dan verifikasi secara bijak.

Sekarang, segera siapkan segala persyaratan dan lakukan saran yang telah dijelaskan di atas untuk memperbesar peluang. Dengan limit yang mencapai Rp200 juta, berbagai keperluan dapat dipenuhi.

Sekarang ini, banyak bank yang menawarkan kredit bunga rendah yang terpercaya, salah satunya digibank KTA. Dengan persyaratan yang mudah, digibank KTA merupakan pilihan tepat untuk kamu.

Kamu bisa melengkapi kebutuhan, gaya hidup, dan keperluan lain dengan dana dari digibank KTA. Bersama digibank KTA, kredit lebih mudah, praktis, dan sudah pasti terpercaya.

Untuk informasi lengkap mengenai digibank KTA, kamu bisa mengunjungi tautan berikut  ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta. Mari simak keunggulannya dan ajukan kredit tanpa agunan ini sekarang.

 

 

Apply digibank KTA