4 Keuntungan Investasi Reksadana, Cocok untuk Pemula

4 Keuntungan Investasi Reksadana, Cocok untuk Pemula

Berinvestasi sejak muda kini sudah makin tak asing lagi. Gencarnya edukasi keuangan di berbagai instansi sekolah dan perguruan tinggi membuat minat untuk berinvestasi makin tinggi. Apalagi di tengah suasana pandemi yang membuat masyarakat harus mengatur ulang pengelolaan anggaran.

 

Goncangan ekonomi akibat pandemi menyadarkan masyarakat akan pentingnya berinvestasi. Tak heran bila kemudian, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat hingga akhir Juni 2021, ada penambahan Nomor Tunggal Identitas Pemodal atau Single Investor Identification (SID) hingga lebih dari 9,3 juta

 

Di tengah situasi pandemi, investasi dipilih menjadi alternatif penggunaan dana. Tabungan yang semula untuk rencana traveling atau perjalanan ke luar negeri menjadi aset untuk investasi. Apalagi sekarang, berinvestasi makin mudah dengan adanya layanan perbankan digital yang bisa diakses berbagai lapisan masyarakat.

 

Salah satu instrumen investasi yang kini banyak dilirik adalah reksadana. Reksadana adalah instrumen investasi yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Tak sedikit yang memanfaatkan keuntungan reksadana untuk diinvestasikan lagi demi melipatgandakan pendapatan. 

 

Salah satu bentuk reksadana adalah reksadana pasar uang.  Reksadana pasar uang merupakan Investasi reksadana pada instrumen pasar uang dalam negeri dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun

 

Investasi reksadana dianggap menarik terutama untuk pemula karena menawarkan banyak keuntungan reksadana, di antaranya:

 

1. Modal kecil

Seringkali orang ragu untuk berinvestasi karena belum punya cukup modal. Padahal sebenarnya, untuk mulai berinvestasi tak perlu harus menunggu modal besar. Saat berinvestasi pada instrumen reksadana, kamu bisa mulai dengan modal kecil. Beberapa jenis investasi reksadana bisa dimulai dari Rp100.000. 

 

2. Mudah

Para investor pemula biasanya gamang dalam memilih instrumen investasi karena takut akan salah beli. Nah, saat memilih investasi di reksadana, kamu akan lebih mudah karena pengelolaan aset akan dibantu oleh manajer investasi yang profesional.

Keberadaan manajer investasi akan membuat aset biasanya ditempatkan pada instrumen yang menguntungkan. Sebagai investor kamu hanya perlu menyediakan dana, selanjutnya manajer investasi yang akan menganalisis tren pasar, hingga mencarikan tempat terbaik untuk berinvestasi yang cocok dengan tujuan investasi.

Hal yang lebih menarik lagi, dengan memilih reksadana, kamu punya kesempatan belajar pada manajer investasi. Sebagai pemula tentu kamu perlu mendapat cukup pengetahuan untuk membaca pasar. Kamu juga bisa belajar tentang emiten atau perusahaan yang berkinerja baik atau tidak.

 

3. Minim risiko

Investasi di reksadana cocok untuk pemula karena termasuk investasi yang minim resiko. Prinsip reksadana adalah adanya diversifikasi sehingga  aset akan disebar pada banyak instrumen.

Diversifikasi akan melindungi kamu dari kerugian besar. Bila dalam keadaan buruk satu instrumen mengalami kerugian, bisa ditutupi dari keuntungan reksadana pada instrumen lain sehingga diperoleh rata-rata margin.

 

4. Fleksibel

Fleksibilitas dalam bertransaksi menjadi salah satu poin yang menjadi perhatian saat memilih reksadana. Kamu bisa dengan mudah mengakses perkembangan reksadana melalui smartphone dan melakukan transaksi kapanpun dan di mana pun.

Buat kamu yang sudah mantap untuk mulai berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi dan mengikuti petunjuk dan mulai melakukan transaksi. Aplikasi digibank by DBS akan membantu dan memudahkan dalam menentukan pilihan investasi terbaik. 

Aplikasi digibank by DBS memberi banyak manfaat dan menjadi solusi terbaik untuk mulai investasi reksadana. Ibarat rumah makan padang, lewat Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mendapatkan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang.

Berikut keuntungan investasi reksadana di digibank by DBS yang bisa kamu dapatkan:

1. 4 Pilihan reksadana kategori

Enaknya investasi reksadana di digibank by DBS, kamu bisa memilih investasi reksadana yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat 4 kategori investasi reksadana yaitu reksadana pasar uang yaitu investasi reksadana pada instrumen pasar uang dalam negeri dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun.

Ada juga reksadana pendapatan tetap yaitu investasi reksadana yang nilainya paling sedikit 80 persen dari asetnya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Bila kamu tertarik pasar saham bisa memilih reksadana saham yaitu  investasi reksadana yang nilainya paling sedikit 80 persen dalam bentuk saham.

Ada lagi kategori keempat yaitu reksadana campuran yaitu investasi reksadana yang ditempatkan pada beberapa efek sekaligus, yakni saham, surat utang, dan pasar uang. Nah kamu bisa memilih kategori investasi reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan risiko.

 

2. Pilihan lebih dari 50 produk

Di Aplikasi digibank by DBS kamu juga bisa memilih investasi reksadana dengan 50 pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai investor pemula, kamu tidak perlu takut untuk bertransaksi.

Aplikasi digibank by DBS akan menyediakan informasi yang lengkap mengenai setiap produk sehingga kamu bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli, menjual, maupun untuk switch investasi. Selain itu digibank by DBS akan membantu kamu dengan memberikan informasi mengenai reksadana mana yang memiliki kinerja dan scoring bagus.

3. Daftar SID, jual beli switch semua dalam 1 aplikasi

Kemudahan investasi makin terasa mudah karena sekarang bisa dilakukan dari satu aplikasi seperti digibank by DBS. Dengan digibank kamu tidak perlu repot investasi reksadana karena mulai dari urusan daftar SID dan jual beli bisa dilakukan dari Aplikasi digibank by DBS.

Untuk kamu yang baru mulai berinvestasi daan belum memiliki Single Investor Identification atau SID bisa dengan mudah mendaftar lewat Aplikasi digibank by DBS. Untuk  memudahkan pendaftaran,  kamu bisa langsung klik di aplikasi dan tunggu email konfirmasi maksimal 2x24 jam.  Selanjutnya pengajuan SID akan diproses dan kamu akan mendapat notifikasi saat proses selesai.

Saat menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa dengan mudah berpindah dari bank ke platform jual beli saham reksadana online. Kamu bisa langsung melakukan jual, beli, dan switch investasi secara mudah hanya dengan satu aplikasi.

4. Pembelian mulai dari Rp 100 ribu

Saat kamu memilih investasi reksadana lewat Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mulai dengan investasi Rp 100 ribu saja.. Biaya yang terjangkau membuat investasi reksadana di digibank by DBS menjadi lebih terjangkau untuk semua masyarakat terutama bagi pemula.

Biaya yang terjangkau akan memudahkan investor pemula yang masih ingin belajar berinvestasi di reksadana. Dengan biaya terjangkau, kamu akan lebih berani untuk mencoba tanpa khawatir akan rugi,

 

5. Pembelian berkala yang fleksibel

Menunjang fleksibilitas dan kemudahan transaksi pengguna, digibank by DBS juga dilengkapi dengan fitur pembelian berkala. Jadi kamu tidak perlu melakukan pendaftaran lagi saat akan melakukan pembelian lanjutan. Kamu juga bisa mengatur pembelian reksadana secara berkala setiap bulannya sehingga pendebetan bisa dilakukan secara otomatis.

Hal yang tak kalah penting, memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS untuk investasi reksadana akan lebih aman dan nyaman karena didukung oleh Bank DBS yang telah dinobatkan sebagai “Bank Teraman di Asia” selama 12 tahun berturut-turut oleh Global Finance. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan keamanan transaksi yang dilakukan.

So, sekarang tak lagi alasan buatmu untuk mundur atau menunda rencana investasi. Dengan memanfaatkan aplikasi digibank by DBS, kamu bisa Level Up hidupmu dan siap melejit menjadi  investor pro. ***

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /