mobil
20 Nov 2023

3 Tren Modifikasi Interior Mobil

Penampilan sebuah mobil tidak hanya dinilai dari tampak luarnya saja, tetapi desain interior mobil pun berperan penting dalam menunjang tampilan mobil kamu. Bahkan sebuah penelitian mengenai Pengaruh Desain Interior dan Eksterior Terhadap Daya Beli Mobil hasilnya menunjukkan bahwa baik desain interior maupun eksterior mempengaruhi minat seseorang untuk membeli mobil.

Atau jika kamu merasa bosan dengan tampilan mobil lamamu yang begitu-begitu saja, kamu dapat melakukan modifikasi pada bagian interiornya dengan menggunakan dana dari pinjaman bunga rendah. Jika kamu berminat, pastikan membaca artikel ini terlebih dahulu!

Tips Modifikasi Interior Mobil

Terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum memodifikasi bagian interior mobil, berikut uraiannya!

●       Menentukan Tema

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema atau konsep yang ingin diaplikasikan ke bagian interior mobilmu. Pastikan tidak ada tema yang berlawanan sehingga tidak akan membuat modifikasi mobil kamu terlihat tidak estetik. 

Kamu dapat mencari inspirasi desain interior mobil di berbagai platform online dan sesuaikan dengan keinginanmu. Hindari menggunakan terlalu banyak warna agar mobil tetap terlihat lebih elegan.

●       Buat List Komponen yang Diperlukan

Setelah kamu menentukan tema yang diinginkan, saatnya kamu membuat list perlengkapan atau komponen apa saja yang sekiranya dibutuhkan. Kamu tidak harus membeli seluruh komponen secara sekaligus. Kamu dapat membeli komponen yang dirasa prioritas terlebih dahulu dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

●       Survei Biaya Modifikasi oleh Bengkel

Jika tidak memungkinkan untuk kamu memodifikasi interior mobil sendiri, kamu dapat meminta bantuan bengkel yang khusus menangani modifikasi interior mobil. Lakukan survei ke beberapa bengkel modifikasi terkait biaya jasa modifikasi mobil kamu.

Pilihlah jenis modifikasi yang memang dirasa benar-benar penting agar dapat didahulukan. Setelah melakukan survei ke beberapa tempat, kamu dapat membandingkan bengkel mana yang lebih menguntungkan baik dari sisi kualitas pelayanan dan biaya yang harus dikeluarkan.

Kamu juga perlu menyiapkan dana sedikit lebih banyak jika ingin menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk memodifikasi interior mobilmu. Adanya pinjaman dengan bunga rendah tentu akan semakin memudahkan kamu dalam mendapatkan dana.

●       Mengganti Karpet Mobil

Meskipun karpet mobil berada di bagian bawah dan seringkali luput dari perhatian, namun nyatanya peran karpet mobil ini sangatlah penting. Jika kamu membiarkan karpet mobil kotor tentu akan membuat mobil tidak enak dilihat.

Kamu dapat mengganti baru karpet mobil dengan yang lebih berkualitas. Mengganti karpet dengan yang baru dapat membuat tampilan mobil lebih fresh dan juga dapat menambah kenyamanan pengemudi dan juga penumpang mobil kamu.

●       Mengganti Cover Jok Mobil

Agar tampilan mobil lebih fresh, kamu dapat mengganti jok mobil yang sudah terlihat kusam atau mungkin sudah rusak. Pilihlah jenis dan warna jok yang sesuai dengan tema mobilmu agar lebih selaras. Dengan begitu interior mobilmu terkesan lebih modis.

●       Pastikan Bagian Dalam Mobil Selalu Wangi

Agar mobil kamu terkesan lebih menyenangkan, kamu dapat menyimpan pengharum khusus mobil. Namun pastikan untuk memilih pengharum ruangan dengan wangi yang tidak terlalu menyengat tetapi menenangkan seperti aroma bunga atau vanilla.

●       Tambahkan Sentuhan Personal

Kamu juga dapat menambahkan sentuhan personal untuk interior mobilmu. Sentuhan personal yang dimaksud adalah elemen yang menambah kesan personal pada mobilmu. Sebagai contoh, kamu dapat menambahkan stiker di beberapa bagian yang kosong.

Kamu juga dapat menyimpan beberapa foto kebersamaan bersama orang-orang tercinta di dashboard mobil sehingga dapat menjadi pengingat akan momen-momen spesial.

●       Menambahkan Elemen atau Aksesoris

Untuk mempercantik tampilan interior mobil, kamu dapat menggunakan atau menambahkan beberapa aksesoris seperti gantungan kunci, hiasan yang diletakkan di dashboard atau bahkan menyimpan tempat tisu dengan bentuk yang menarik untuk memberikan kesan estetik pada mobil kamu.

Namun perlu kamu ingat, jangan menambahkan terlalu banyak aksesoris karena justru akan membuat mobil terlihat lebih berantakan. Pilih aksesoris yang minimalis dan tidak terlalu banyak warna.

●       Menggunakan Lampu LED 

Agar tampilan mobilmu terlihat lebih modern dan futuristic, kamu dapat mengganti lampu mobil biasa dengan menggunakan lampu LED. Keuntungan lainnya menggunakan lampu LED adalah lebih hemat energi dan juga lebih tahan lama.    

●       Bisa Menambahkan Teknologi Terbaru

Agar mobil lebih terkesan futuristik dan modern, kamu dapat menambahkan teknologi terbaru misalnya layar sentuh di bagian dashboard atau bahkan di bagian belakang jok untuk menambahkan fitur hiburan atau mungkin GPS di mobilmu.

Rekomendasi Tren Desain Interior Mobil

Terdapat banyak sekali tren atau tema desain interior yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Berikut ini uraiannya:

●       Buat Cover Jok, Kemudi dan Sabuk Pengaman Berwarna Senada

Tren pertama yang dapat kamu ikuti adalah memasang cover jok, cover kemudi dan juga sabuk pengaman dengan warna yang senada. Dengan menggunakan warna yang senada dan netral seperti hitam, putih, cokelat, atau krem sehingga akan membuat tampilan interior mobil kamu terlihat lebih elegan dan estetik.

Gunakan pula bahan dengan kualitas tinggi agar dapat mempresentasikan kesan elegan seperti yang kamu inginkan. Menggunakan bahan dengan kualitas tinggi juga akan membuatnya lebih tahan lama.

●       Beri Variasi Warna Pada Karpet Mobil

Dengan memodifikasi karpet mobil akan memberikan kesan yang berbeda pada interior mobil. Kamu dapat menggunakan karpet dengan warna yang berbeda dengan warna cover jok dengan tujuan untuk mempertegas karakter mobil yang ingin kamu tonjolkan.

Pemilihan bahan juga menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Jika kamu ingin menonjolkan kesan mewah dan meredam suara, kamu dapat memilih karpet berbahan beludru. Namun jika kamu mencari karpet yang mudah dibersihkan, kamu dapat memilih dari bahan PVC.

●       Gunakan Cover untuk Dashboard Mobil

Menambah cover pada dashboard mobil dapat memperkuat karakter mobil yang ingin ditonjolkan oleh pemiliknya. Dashboard cover juga berfungsi untuk melindungi dashboard mobil dari kotoran, noda, dan goresan.

Tak hanya itu saja, cover pada dashboard mobil juga akan memudahkan kamu menyimpan barang-barang sehingga tidak mudah jatuh. Pilihlah yang sesuai dengan keinginanmu dan sesuaikan dengan karakter mobil milikmu!

Dengan membuat interior mobilmu yang berbeda tentu akan memberikan rasa nyaman sekaligus kesan estetik pada mobilmu. Untuk memodifikasi interior mobil tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dikarenakan kamu membutuhkan dana yang cukup besar, kamu dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman bunga rendah digibank KTA. Pinjaman ini berlimit sampai Rp200 juta dengan approval cuma 60 detik. Nah, digibank KTA bisa mewujudkan keinginanmu untuk memodifikasi interior mobil impian. Ingin tahu lebih jelas mengenai digibank KTA? Klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA