Alasan Kenapa Harus Investasi Surat Berharga Negara

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Surat Berharga Negara

Dalam merencanakan masa depan, investasi sudah seharusnya menjadi bagian dari perencanaan finansial kamu. Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, memulai investasi pun jadi makin mudah dan bebas ribet.

Nah, salah satu tren instrumen investasi terkini yang praktis dan bisa kamu coba adalah Surat Berharga Negara. Menariknya, instrumen investasi yang satu ini bisa dibeli secara online (e-SBN) dan kebetulan banget digibank by DBS sebagai mitra distribusi (midis) yang dipercaya Pemerintah dan mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di bulan Mei nanti bakal mulai memasarkan e-SBN. Sembari menunggu harinya tiba, simak dulu deh alasan-alasan kenapa kamu harus investasi SBN di bawah ini.

  1. Terjangkau

Sama halnya seperti menabung, kamu nggak perlu menunggu uang terkumpul banyak untuk mulai berinvestasi SBN. Soalnya, satuan pembeliannya cukup rendah, nih. Mulai dari nominal minimal Rp1  juta hingga maksimal Rp3 miliar, kamu sudah bisa menabung sambil belajar berinvestasi di berbagai instrumen investasi pada SBN, seperti Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Ritel (SR), Sukuk Tabungan (ST), dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

 

  1. Tidak berisiko tinggi

SBN diterbitkan oleh Pemerintah yang memiliki kestabilan finansial lebih tinggi. Sampai saat ini, belum pernah ada kejadian pembayaran kupon imbal hasil SBN yang terlambat atau gagal bayar. Beda cerita jika kamu membeli obligasi korporasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta nasional. Kamu masih punya peluang buat gagal bayar, baik kupon maupun nilai pokok yang jatuh tempo akibat kondisi keuangan yang nggak menentu.

 

  1. Pencairan lebih awal

Untuk jenis investasi Surat Berharga Negara seperti SBR, terdapat fasilitas early redemption. Fasilitas ini berguna jika membutuhkan dana cepat, maka dana yang kamu investasikan sebesar 50% dapat dicairkan lebih awal sebelum masa jatuh tempo. Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta.

 

  1. Kompetitif

Besaran kupon bunga dan imbal hasil SBN selalu berada di atas deposito dan disesuaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku. Kamu pun seperti memiliki passive income, karena kupon akan dibayarkan setiap bulan langsung ke rekening. Lebih mantapnya lagi, kupon dan capital gain akan dibayarkan dengan besaran stabil dan nggak terpengaruh fluktuasi pasar.

 

Empat alasan harus berinvestasi SBN di atas makin lengkap dengan early bird cashback sebesar Rp100 ribu untuk pembelian SBN dari digibank, dengan nominal mulai dari Rp1 juta serta bunga SBN yang bisa didapatkan per bulannya. Kamu dapat melakukan pembelian SBN di aplikasi digibank atau datang langsung ke kantor Bank DBS Indonesia terdekat.

Yuk, download aplikasi digibank di sini dan dapatkan keuntungan berinvestasi SBN sambil memberikan sumbangsih untuk pembangunan negara.

Thank you. Your feedback will help us serve you better.

Was this information useful ?

Thank you for your feedback
Let us know how this article helped:
We're sorry to hear that.
How can we do better?
Please enter only a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Thank you! We appreciate your feedback.

How would you rate this page?

What issues did you face today?

500

Please enter only a-z, A-Z, 0-9, @!?$&-()’,. /