Primer Clause

The London Inter-bank Offered Rate ("LIBOR") direncanakan untuk dihentikan pada tanggal 31 Desember 2021. PT Bank DBS Indonesia saat ini bekerja sama dengan otoritas lokal dan para pelaku industri untuk melakukan transisi yang lancar kepada Anda. Nasabah-nasabah yang mempunyai produk investasi yang mungkin akan terpengaruh dari penghentian ini akan kami hubungi secara berkelanjutan. Untuk informasi lebih detil mengenai transisi LIBOR ini dan bagaimana akan mempengaruhi Anda, mohon kunjungi https://www.dbs.com/about-us/libor.page


 

Gambaran

Kebutuhan untuk beralih dari LIBOR muncul dari reformasi global untuk meningkatkan ketahanan dan integritas tolak ukur keuangan. Sebagai bagian dari perubahan ini, UK Financial Conduct Authority sebagai otoritas pengawas LIBOR, pada tanggal 5 Maret 2021 telah menyatakan bahwa, semua terkait LIBOR akan dihentikan secara permanen atau tidak akan dipasarkan sesuai jadwal di bawah ini:

  • Setelah 31 Des 2021, LIBOR terkait mata uang Sterling, Euro, Swiss Franc dan Yen Jepang dan 1-minggu dan 2-bulan untuk mata uang USD.

  • Setelah 30 Juni 2023 untuk LIBOR terkait mata uang USD lainnya.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai mengapa industry perbankan mengalami perubahan secara global dan informasi lengkap mengenai perkembangan ini, silakan kunjungi https://www.fca.org.uk/markets/libor


 

Apa yang Akan Menggantikan LIBOR

LIBOR diharapkan akan diganti dengan overnight risk-free rates ("RFRs"). Misalnya, di Inggris, Kelompok Kerja Bank Inggris terkait Sterling Risk Free Reference Rates merekomendasikan penggantian GBP LIBOR menjadi Sterling Overnight Index Average ("SONIA").


Suku Bunga Alternatif

Mata Uang

Suku Bunga Alternatif

Informasi Lebih Lanjut

SGD

Singapore Overnight Rate Average (SORA)

Klik disini

USD

Secured Overnight Financing Rate (SOFR)

Klik disini

GBP

Sterling Overnight Index Average (SONIA)

Klik disini

EUR

Euro Short-Term Rate (€STR)

Klik disini

CHF

Swiss Average Rate Overnight (SARON)

Klik disini

JPY

Tokyo Overnight Average Rate (TONA)

Klik disini


 

Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Karena LIBOR digunakan untuk menghitung pembayaran bunga produk terstruktur, semua produk ini akan terkena dampak penghentian LIBOR.

Namun jika Anda memiliki setidaknya satu produk terstruktur dengan DBSI yang merujuk kepada LIBOR dan jatuh tempo sebelum 30 June 2023, kami informasikan bahwa tidak akan ada dampak  terhadap produk Anda dan kami akan memberikan informasi lanjutan kepada  Anda apabila ada perkembangan terkait LIBOR transisi ini yang akan memberikan dampak terhadap produk yang Anda miliki


 

Pengumuman Industry Perbankan

Konfirmasi UK FCA terkait tanggal penghentian LIBOR

  • Tanggal peralihan LIBOR--UK Financial Conduct Authority sebagai otoritas pengawas LIBOR, pada tanggal 5 Maret 2021 telah menyatakan bahwa, semua terkait LIBOR akan dihentikan secara permanen atau tidak akan dipasarkan sesuai jadwal di bawah ini:

    • Setelah 31 Desember 2021, LIBOR terkait:

      • Semua mata uang Sterling, Euro, Swiss Franc dan Yen Jepang dan

      • 1-minggu dan 2-bulan untuk mata uang USD.

    • Setelah 30 Juni 2023 untuk LIBOR terkait mata uang USD lainnya.

  • Peristiwa Penghentian Indeks – ISDA menyatakan bahwa pengumuman FCA tersebut merupakan sebuah Peristiwa Penghentian Indeks yang ditetapkan pada tanggal 5 Maret 2021, yang didasarkan pada ISDA 2020 IBOR Fallbacks Protocol dan ISDA IBOR Fallbacks Supplement, dan pengaturan fallback spread adjustment LIBOR untuk semua tenor dan mata uang yang diterbitkan oleh Bloomberg

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi ISDA’s press release

 

Jika Anda memiliki setidaknya satu produk terstruktur dengan DBSI yang merujuk kepada LIBOR dan jatuh tempo sebelum 30 June 2023, kami informasikan bahwa tidak akan ada dampak apapun terhadap produk yang Anda miliki tersebut terkait dengan penghentian LIBOR ini. Oleh karena itu Anda tidak perlu melakukan langkah apapun.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi Relationship Manager Anda.

 

Sanggahan

Informasi di situs web ini telah disiapkan untuk tujuan informasi umum saja, dan bukan merupakan nasihat hukum, komersial atau profesional dan tidak boleh dijadikan dasar untuk itu. Informasi di situs web ini didasarkan pada informasi atau pendapat yang diperoleh dari sumber yang diyakini andal dan sejauh diizinkan oleh undang-undang, DBSI, tidak membuat representasi atau jaminan (tersurat atau tersirat) untuk keakuratan, kelengkapan atau kebenarannya untuk tujuan tertentu.

Situs web ini berisi tautan ke situs web pihak ketiga lainnya. Tautan ke situs web pihak ketiga disediakan hanya sebagai referensi saja. DBSI tidak memiliki kendali atas situs web pihak ketiga tersebut, dan tidak bertanggung jawab atas keakuratan, kelengkapan, atau kebenaran informasi yang disediakan di situs web pihak ketiga tersebut.

Anda harus menghubungi penasihat hukum, konsultan pajak, atau konsultan profesional Anda sendiri tentang kemungkinan implikasi dari perubahan tersebut. DBSI tidak menerima atau memikul tanggung jawab apa pun atas informasi yang ditetapkan di sini atau atas kerugian atau kerusakan apa pun yang ditimbulkan oleh Anda atau siapa pun sehubungan dengan tindakan atau menahan diri untuk bertindak atas informasi tersebut. Informasi yang terkandung di situs web ini tidak boleh direproduksi atau disebarluaskan, secara keseluruhan atau sebagian, tanpa persetujuan DBSI sebelumnya, dan tidak dimaksudkan untuk distribusi, atau digunakan oleh, siapa pun atau entitas di yurisdiksi atau negara manapun, dimana distribusi atau penggunaan tersebut akan bertentangan dengan hukum atau peraturan.