Tips Sukses Investasi Saham

Tips Sukses Investasi Saham

 

Ketika berbicara perihal investasi saham, apa yang ada dibenak Anda? Apakah keuntungan investasi saham yang bisa mencapai 12-14%? Atau potensi keuntungan yang jauh lebih besar?           

Tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi saham merupakan langkah yang populer di kalangan investor. Investor berpengalaman biasanya sudah memiliki strategi dalam melakukan investasi saham. Dalam hal ini, banyak juga orang yang sudah melek investasi secara umum, namun banyak juga dari mereka yang tidak paham bagaimana cara berinvestasi di saham. Sehingga ketika mencoba berinvestasi di saham mereka mendapat keuntungan yang sedikit atau tidak jarang malah berakhir rugi. Sebaiknya dalam berinvestasi saham, kita memang tidak hanya sekadar membeli atau menjual saham tertentu tanpa mempertimbangkan risiko yang ada.

 

Ketahui Risiko Investasi Saham

Banyak orang mengenal istilah “High Risk, High Return” dalam investasi saham, namun tidak benar-benar memahami risiko yang akan dihadapi ketika berinvestasi saham. Beberapa risiko yang biasa dihadapi oleh investor:

a. Harga jual lebih rendah dari pada harga beli saham.

Penurunan harga saham adalah salah satu risiko yang paling sering ditemui oleh para investor. Tidak hanya pemula, investor yang sudah profesional saja bisa menemui risiko semacam ini.

b. Saham yang terkena suspend.

Suspend adalah perdagangan saham tertentu dihentikan oleh bursa efek. Ketika saham di suspend, maka investor tidak bisa melakukan transaksi untuk saham tersebut. Hal ini menyebabkan kerugian kepada pihak yang pada saat itu memegang saham yang sedang di suspend.

c. Saham perusahaan yang berpotensi bangkrut.

Risiko ini adalah jenis risiko yang umum terjadi jika membeli saham tanpa dilakukan pemantauan secara berkala. Cara paling mudah untuk menghindari risiko ini adalah membeli saham dari perusahaan dengan fundamental yang kuat dan memantau perkembangan saham tersebut.

 

Selain 3 hal diatas, masih banyak risiko-risiko lain yang biasa ditemui oleh inventor, akan tetapi kunci sukses berinvestasi adalah meminimalisir risiko dalam berinvestasi. Mengenali risiko investasi tidak bisa hanya belajar sehari atau dua hari, namun dengan pengalaman dan pemahaman yang mendalam dapat mengurangi risiko kerugian yang lebih besar.

 

Tips Meminimalisir Risiko Investasi Saham

Beberapa tips untuk meminimalisir risiko dalam berinvestasi saham:

a. Gunakan dana yang tidak terpakai untuk berinvestasi

Sebelum melakukan investasi saham, lebih baik mengatur keuangan terlebih dahulu. Misalnya, menyisihkan dana untuk keperluan darurat, dana pendidikan dan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan dana untuk berinvestasi di pasar saham sendiri sebaiknya menggunakan dana yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat. Sebab, pasar saham merupakan sektor investasi yang memiliki resiko relatif tinggi, sehingga investor perlu berhati-hati dan harus cermat dalam mengelola portofolio.

b. Pelajari dan kumpulkan informasi terkait saham yang akan dibeli

Sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya untuk mempelajari kondisi fundamental perusahaan ini, salah satunya dengan mereview Annual Report perusahaan tersebut. Dari analisa Annual Report, ada beberapa hal yang dapat dipelajari seperti manajemen perusahaan, finansial perusahaan, analisa penjualan, dan sebagainya. Hal-hal tersebut sangat penting untuk dipelajari sebelum membeli saham.

Alangkah lebih baik jika membeli saham perusahaan yang beberapa produknya sudah banyak dikenal. Jika daya pembeli meningkat, maka omset perusahaan tersebut juga meningkat.

c. Membeli saham berdasarkan analisa bukan sekedar spekulasi/rumor

Investasi saham memiliki resiko yang lebih tinggi jika terdapat spekulasi atau rumor. Misalnya, terdapat suatu isu terhadap saham tertentu, biasanya hal ini bisa menyebabkan harga saham naik atau turun secara signifikan dalam jangka waktu yang singkat. Seorang investor dianjurkan untuk tidak mengikuti spekulasi-spekulasi yang beredar dan sebaiknya melakukan pengecekan kembali atas kebenaran informasi tersebut.

d. Tidak hanya bergantung terhadap satu saham

Seringkali para investor mendengar idiom “Don't put your eggs in one basket” yang berarti jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Dalam berinvestasi saham, lebih baik membeli saham di sektor yang berbeda untuk menghindari adanya kerugian di salah satu sektor. Hal ini dapat mengurangi profil risiko pada setiap sektor saham yang dibeli. Bayangkan jika seluruh modal ditanamkan ke dalam satu saham perusahaan, lalu harga jual saham tersebut turun drastis. Saat berada dalam posisi ini, Anda hanya memiliki pilihan Hold atau Sell (Cut Loss).

e. Konsisten dan komitmen dalam mengelola dana investasi

Perlu diketahui bahwa berinvestasi tidak selalu berbicara soal kemahiran dalam menganalisa, tapi juga menjaga komitmen, disiplin dan tetap semangat agar tujuan bisa tercapai. Seperti halnya bersekolah, tidak semua pelajaran bisa dikuasai, tapi perlu memastikan adanya tujuan sehingga tahu pelajaran apa saja yang perlu didalami. Dengan demikian, kesuksesan dapat diraih di bidang tersebut. Tentunya untuk mencapai suatu tujuan, akan banyak proses yang akan dilalui, sehingga membutuhkan waktu, komitmen dan kesabaran. Ingat, cepat atau lambat, usaha akan membuahkan hasil.

Hal demikian juga berlaku di pasar saham, Anda perlu menjaga komitmen dan kesabaran. Terus pelajari saham-saham yang menjadi target Anda. Setelah benar-benar memahami dan menemukan momentum yang tepat, barulah Anda membeli saham tersebut dan tiba pada saatnya Anda akan menikmati keuntungan yang optimal.

 

Kemudahan Investasi Reksadana Saham di DBS Treasures

Bagi investor yang menginginkan potensi keuntungan saham namun ingin menghindari risiko dalam beli saham, dapat mencoba untuk investasi saham melalui investasi reksadana saham. Berbagai macam produk investasi reksadana saham yang disediakan bisa menjadi pilihan dalam memulai investasi dengan risiko yang jauh lebih kecil. Dalam hal ini, DBS Treasures menawarkan kemudahan dalam berinvestasi antara lain:

a. Pengelolaan investasi oleh profesional

Produk investasi DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman untuk mengoptimalkan kinerja produk investasi reksadana saham.

b. Wawasan sebagai panduan dalam berinvestasi

Tim ahli finansial DBS Treasures yang proaktif akan menganalisa dan mengkomunikasikan pasar sebagai panduan berinvestasi dan menyusun strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda berdasarkan data pasar terkini dan profil risiko.

c. Diversifikasi untuk mengurangi risiko

Berbagai macam produk investasi yang ditawarkan, memberikan banyak pilihan yang tentunya mengurangi tingkat risiko dalam berinvestasi.

 

Cara Investasi Reksadana Saham Menguntungkan bersama DBS Treasures

Bergabunglah dengan perbankan prioritas DBS Treasures dengan menempatkan dana minimal Rp500 juta dan nikmati keuntungan investasi reksadana saham. Dapatkan juga strategi manajemen kekayaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, DBS Treasures memudahkan proses investasi reksadana saham dengan menawarkan berbagai keuntungan sebagai berikut:

a. Meningkatkan diversifikasi

Dana yang dikelola dialokasikan ke beberapa instrumen yang berbeda sehingga mengurangi risiko investasi.

b. Likuidasi harian

Kepemilikan reksadana dapat dijual berdasarkan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama.

c. Manajer Investasi Profesional

Investasi reksadana saham Anda akan dikelola oleh manajer investasi profesional dan berpengalaman yang bermitra dengan DBS Treasures.

d. Pengawasan pemerintah

Investasi reksadana saham dari DBS Treasures sudah terdaftar oleh pemerintah dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

e. Kinerja transparan dan dapat dibandingkan

Tidak ada perbedaan informasi yang diberikan terkait reksadana kepada investor, sehingga investor dapat lebih mudah membuat perbandingan antara reksadana yang satu dengan yang lain.

Mari Diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi obligasi ritel.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?