DBS Treasures melalui rangkaian produk komprehensif yang meliputi Obligasi Perdana dan Sekunder

Segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai Obligasi

Aset portofolio dapat diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, siapapun dapat bermain dan berpeluang untuk menang. Lalu, bagaimana cara agar Anda dapat mengubah Obligasi menjadi sebuah kartu penentu kemenangan? Tentunya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membekali diri Anda dengan pengetahuan seputar Obligasi agar Anda dapat memanfaatkan kelas aset ini sebaik mungkin, serta mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan.

Apa itu Obligasi?

Obligasi dianggap sebagai sebuah perjanjian, investasi hutang yang dapat Anda lakukan terhadap sebuah korporasi maupun lembaga pemerintah dalam jangka waktu tertentu, dengan imbalan pembayaran bunga secara tetap dan berkala. Obligasi merupakan sebuah produk canggih secara hukum yang dikeluarkan untuk menemukan investor yang akan membantu operasi finansial, proyek baru, usaha bisnis atau bahkan menambah pendapatan dari pajak.

Dalam mekanismenya, Obligasi pertama kali diterbitkan di pasar perdana, yang kemudian dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Setelah mencapai jatuh tempo, Obligasi dikembalikan kepada penerbit (korporasi atau pemerintah), yang kemudian harus mengembalikan jumlah pokok kepada investor. Dalam hal ini, Obligasi merupakan pilihan investasi dengan risiko lebih rendah serta memiliki peluang keuntungan yang terjamin.

Bagaimana cara kerja Obligasi?

Bagaimana siklus hidup Obligasi?

Apa saja istilah dalam Obligasi?

Lalu, apa saja jenis dari Obligasi?

Siap berinvestasi di Obligasi?

Anda dapat berinvestasi dalam Obligasi dengan membeli edisi terbaru atau membeli Obligasi di pasar sekunder. Untuk edisi baru, Anda harus membeli Obligasi di pasar perdana. Pemerintah berencana menerbitkan enam surat berharga negara (SBN) ritel dengan target penerbitan hingga Rp80 triliun tahun ini (sumber: kontan.co.id) . Hal tersebut juga akan memberikan keringanan pajak atas pendapatan yang bersumber dari Obligasi dengan mata uang Rupiah (sumber: kemenkeu.go.id).

Atau jika tertarik dengan Obligasi peringkat investasi maupun high-yield bond (Obligasi dengan imbal hasil tinggi) yang tersedia dengan harga diskon di pasar sekunder, Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan berdiskusi bersama para ahli di DBS Treasures. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, bahwa mungkin terdapat opsi terbatas pada pasar sekunder, dan pialang atau broker mungkin tidak dapat membeli Obligasi secara langsung. Itulah mengapa pemahaman tentang harga Obligasi penting untuk dipahami sebelum terjun lebih dalam.

Yakin kembangkan kekayaan bersama DBS Treasures melalui rangkaian produk komprehensif yang meliputi Obligasi Perdana dan Sekunder. Nikmati kemudahan transaksi Obligasi dalam mata uang IDR maupun USD yang tersedia 24/7 melalui Aplikasi digibank dari DBS.

Diskusikan sekarang rencana investasi Obligasi Anda bersama kami.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?