Produk Terstruktur
25 Oct 2023

Produk Terstruktur — Produk Investasi yang Sebaiknya Dipilih

Di Bagian Kedua dari seri tentang Produk Terstruktur, kita mendalami komponen-komponen Produk Terstruktur, termasuk berbagai aset dasar serta kontrak derivatif seperti opsi dan swap. Di Bagian 3, kami menjelaskan cara berbagai Produk Terstruktur dirancang untuk berbagai tujuan investasi serta cara Anda dapat memilih investasi berdasarkan informasi ini. Sebagai ilustrasi, kami telah mengategorikan investor ke dalam tiga profil: Konservatif, Seimbang, dan Agresif.

Konservatif

Mari kita sebut investor dengan profil Konservatif sebagai Ny. Hartono. Dia merupakan seorang janda pensiunan, yang meningkatkan tabungan di sepanjang kariernya. Dengan begitu, dia menghindari risiko untuk tabungannya dan mementingkan stabilitas dalam investasinya. Dia ingin memastikan bahwa uangnya terproteksi selama menghasilkan pendapatan tetap di masa pensiunnya. Dengan begitu, profilnya tampak sebagai berikut:





Apa itu PPN?

Principal Protected Note menjamin bahwa keuntungan minimum setara dengan pokok, meskipun aset dasar memiliki kinerja yang buruk, karena Proteksi Pokok (baca Artikel 1 dari seri ini untuk mengetahui definisi Proteksi Pokok). Namun, untuk mendapatkan manfaat PPN, investor harus memegang surat utang ini hingga jatuh tempo. Aksi ini dapat mengunci dana untuk waktu yang lama.

Seimbang

Mari kita sebut investor dengan profil Seimbang sebagai Tn. Eka. Dia memiliki pendekatan yang seimbang terhadap risiko, nyaman dengan volatilitas pada tingkat tertentu dalam investasinya, tetapi memiliki potensi memberikan imbal hasil. Dia menginginkan kombinasi antara pertumbuhan dan stabilitas. Profilnya tampak sebagai berikut

Apa itu Growth-Enhanced Note?

Growth-Enhanced Note menawarkan potensi kepada investor untuk berpartisipasi dalam kinerja positif dari aset dasar untuk menghasilkan keuntungan terkait pertumbuhan aset tersebut. Di sisi lain, buffer adalah rentang yang memungkinkan pokok investor terproteksi. Misalnya, buffer sebesar 5% akan memproteksi pokok jika nilai aset turun kurang dari 5% selama periode investasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa buffer tidak menghilangkan kerugian seluruhnya, khususnya ketika nilai aset turun di bawah tingkat buffer.

 

Agresif

Mari kita sebut investor dengan profil Agresif sebagai Tn. Hasan. Dia adalah seorang investor muda dan berpengalaman yang bersedia mengambil risiko yang lebih tinggi untuk berpotensi mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi. Dia terlibat secara aktif di pasar dan nyaman dengan produk keuangan yang kompleks. Dengan begitu, profilnya tampak sebagai berikut:


Apa itu LPN?

Leveraged Participation Note menggunakan leverage yang ditentukan oleh Tingkat Partisipasi untuk memperbesar keuntungan dari sebuah aset. Misalnya, Tingkat Partisipasi 2x akan menggandakan keuntungan. Imbalan yang tinggi ini juga memiliki kekurangan berupa risiko yang tinggi. Jika nilai aset turun, kerugian yang ditimbulkan juga ditentukan oleh Tingkat Partisipasi — penurunan 5% dengan Tingkat Partisipasi 2x dapat menimbulkan kerugian sebesar 10%. LPN dipengaruhi oleh fluktuasi pasar dan memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang instrumen keuangan.

 

Ringkasan Sederhana

Produk Terstruktur spesifik yang sebaiknya Anda pilih untuk berinvestasi akan bergantung pada tujuan investasi Anda, jenis pertumbuhan yang diinginkan, dan tingkat risiko yang bersedia diambil. Beberapa Produk Terstruktur lainnya yang dapat diklasifikasikan berdasarkan profil yang paling diuntungkan adalah:

Konservatif — Capital-Protected Note, Produk Pendapatan Tetap seperti obligasi Seimbang — Participatory Note, Kombinasi elemen pendapatan tetap dan komponen ekuitas

Agresif — Produk Ekuitas Terstruktur, Commodity-Linked Note, Currency-Linked Note

Anda selalu disarankan untuk menetapkan tujuan investasi dengan jelas dan melakukan penelitian pasar yang menyeluruh sebelum berinvestasi. Anda dapat menghubungi penasihat investasi Anda untuk mendapatkan detail selengkapnya.

Di Bagian 4 dari seri kami, kita akan mendalami Interest Rate-linked Investment.

 

dengan kami untuk memaksimalkan solusi keuangan DBS Treasures yang komprehensif

untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam Rupiah dan Mata Uang Asing lainnya.

 

Disclaimer:

Publikasi ini didistribusikan oleh PT Bank DBS Indonesia (DBSI). DBSI berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Publikasi ini tidak dan bukan merupakan atau menjadi bagian dari suatu penawaran, rekomendasi, undangan atau ajakan untuk berlangganan atau melakukan transaksi, juga tidak diperhitungkan untuk mengundang, juga tidak sebagai izin untuk membuat penawaran kepada masyarakat untuk berlangganan atau melakukan transaksi untuk kas/uang tunai atau pertimbangan lain, dan publikasi ini tidak seharusnya dilihat dari sudut pandang tersebut.