Obligasi pemerintah
04 Oct 2022

Pahami Surat Utang Negara Sebelum Mulai Berinvestasi

Surat Utang Negara atau lebih dikenal dengan SUN menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati karena diterbitkan oleh pemerintah. SUN atau yang dikenal dengan Obligasi Pemerintah ini menawarkan beberapa keuntungan.

Pertama, memiliki kondisi yang relatif stabil karena dikeluarkan langsung oleh pemerintah. Kedua, SUN tidak terlalu terpengaruh fluktuasi pasar karena sumber keuntungannya dari kupon dan capital gain. Anda yang tertarik dengan investasi ini perlu tahu seluk beluknya secara mendalam.

 

Tujuan dan Manfaat Penerbitan Surat Utang Negara

Obligasi Pemerintah adalah salah satu jenis Obligasi berdasarkan penerbitnya. Bentuknya adalah SUN yang penerbitnya adalah Pemerintah RI. SUN disebut aman karena implementasinya diatur dalam Undang-undang No. 24 Tahun 2002 mengenai Surat Utang Negara.

Dalam UU tersebut, ada beberapa poin yang dijabarkan seperti perdagangan SUN yang diawasi instansi berwenang. Ketika penerbitan dilakukan pihak tidak berwenang yang berarti pemalsuan, maka akan ada sanksi hukum yang berat.

Selain itu penerbitannya memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Bagi pemerintah, SUN diterbitkan dengan tujuan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu SUN juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan kas jangka pendek negara.

Tujuan dan fungsi terakhir adalah untuk mengelola portofolio utang negara. Oleh karena itulah hanya pemerintah pusat yang berwenang menerbitkan SUN. Penerbitannya juga harus memperoleh persetujuan dari DPR dan dikonsultasikan dengan Bank Indonesia.

 

Manfaat Surat Utang Negara bagi Investor

Tidak hanya pemerintah yang diuntungkan dengan penerbitan SUN. Investor juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan, baik itu investor individu atau institusi. Apa saja manfaat yang dihadirkan SUN kepada investor, berikut ini penjelasannya.

  1. Tergolong Investasi dengan Risiko Rendah

Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa pemerintah yang menerbitkan SUN secara resmi. Hal ini menjadi salah satu dasar bahwa investasi SUN relatif lebih stabil. Berbeda dengan surat utang atau Obligasi yang dikeluarkan perusahaan atau korporasi.

Selama kondisi negara stabil, maka semua pemegang SUN bisa mendapatkan bunga dalam bentuk kupon setiap bulannya secara tetap. Anda tidak perlu khawatir soal bunga yang naik turun.

  1. Memperoleh Pendapatan Berkala

Seperti yang dijelaskan investor akan memperoleh pendapatan tetap dari kupon yang dibayarkan setiap bulan. Mengenai nominal kupon juga telah dijelaskan di awal penawaran sebagai pertimbangan bagi investor.

Pembayarannya aman dan terjamin karena diberikan langsung oleh pemerintah. Risiko gagal bayar pun sangat minim karena perihal pembayaran telah tercantum dalam Undang-undang.

  1. Berpotensi Memperoleh Keuntungan dari Capital Gain

Investor juga bisa memperjualbelikan SUN di pasar sekunder, salah satu contohnya adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Jual beli aset SUN ini mampu memberikan potensi capital gain yakni selisih dari harga jual dan beli.

Selama Anda berhasil memilih SUN yang tepat maka potensi keuntungan dari capital gain akan diperoleh. Aktivitas jual beli SUN ini juga akan memperbaiki portofolio Anda saat berinvestasi.

  1. Bunga Kompetitif dengan Pajak Kecil

Manfaat terakhir adalah bunga yang diberikan dari SUN cukup kompetitif dengan imbal hasil relatif lebih tinggi dari rata-rata bunga Deposito. Ditambah lagi pajak kupon Obligasi relatif lebih kecil dibandingkan pajak bunga Deposito.

Mengingat bunganya yang kompetitif dan pajak relatif kecil ini maka Anda berpotensi memenuhi tujuan investasi dalam waktu dekat.

Mengetahui manfaat ini, apakah Anda mulai tertarik untuk investasi SUN? Jangan terburu-buru, ketahui juga informasi lebih lanjut.

Mengenal Jenis-Jenis Surat Utang Negara

Jika bagi negara SUN berfungsi untuk membiayai kebutuhan anggaran pemerintah, lalu bagaimana dengan investor? SUN menjadi instrumen investasi yang relatif rendah risiko seperti gagal bayar. Hal ini mengingat pemerintah sebagai penerbit memiliki kewajiban membayar bunga dan pokok SUN hingga jatuh tempo.

Ada beberapa jenis SUN yang diterbitkan dan bisa dimiliki oleh investor. Jenisnya ini merujuk Undang-undang Surat Utang Negara, yaitu:

  1. Surat Perbendaharaan Negara (SPN)

Pada jenis yang pertama ini jangka waktu atau maturity-nya adalah maksimal 12 bulan. Pembayaran bunga dilakukan secara diskonto yaitu dikurangi dari jumlah utang.

  1. Obligasi Negara

Jenis yang kedua ini memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan dan pembayaran bunga juga sama yakni secara diskonto.

  1. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

Selanjutnya adalah ORI yang tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas agar bisa bisa ikut dalam perdagangan Obligasi Negara. ORI dapat diperjualbelikan di pasar sekunder dan masyarakat bisa langsung memiliki dan memperdagangkan dengan aktif.

  1. Savings Bond Retail (SBR)

Terakhir adalah salah satu bagian dari ORI dan sifatnya lebih mirip dengan Tabungan dan Deposito. Jatuh tempo dari SBR tidak terlalu panjang, biasanya hanya 2 tahunan.

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, lalu seperti apakah bentuk fisik dari SUN? Secara fisik ada dua jenisnya, pertama adalah warkat dan kedua tanpa warkat (scripless). Penerbitannya juga tergantung dengan jenis yang bisa diperdagangkan kembali dan tidak.

Bagaimana jika Anda membeli SUN tanpa warkat, seperti apakah cara pencairan dana pokok? Pemilik SUN tanpa warkat akan tetap memperoleh invoice pembelian. Nantinya invoice inilah yang akan digunakan sebagai bukti untuk mencairkan dana pokok di akhir tenor.

Pengelola dari SUN adalah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU). Tugas dari DJPU adalah mempersiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan. Mulai dari merencanakan struktur portofolio, penerbitan, pembelian kembali, penukaran, dan pengelolaan risiko.

Siapa yang bisa membeli SUN? Tidak hanya perseorangan, SUN juga bisa dimiliki oleh investor institusi dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Pembelian bisa dilakukan melalui pasar perdana dan sekunder.

Proses pembelian Obligasi pemerintah adalah sebagai berikut ini:

  1. Mendaftarkan Diri

Pembelian dimulai dari tahapan pendaftaran calon investor yang dilakukan melalui penyedia surat utang secara online. Syarat pendaftaran adalah dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk, nomor Single Investor Identification (SID) dan nomor rekening surat berharga.

  1. Melakukan Pemesanan

Apabila pendaftaran berhasil calon investor melanjutkan dengan membaca ketentuan dan informasi dari SUN yang ditawarkan. Pastikan masih dalam masa penawaran dan cek nomor seri Obligasi pemerintah yang diminati untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

  1. Melakukan Pembayaran

Pada tahapan ketiga adalah melakukan pembayaran, ketika selesai memilih SUN sesuai serinya maka calon investor akan mendapatkan kode pembayaran. Kode ini dikirimkan melalui email atau sms.

Kode ini jugalah yang nantinya digunakan untuk pembayaran melalui teller, pos, ATM, mobile banking, atau internet banking sesuai dengan ketentuan.

  1. Konfirmasi

Selesai membayar Anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Apabila sudah memperoleh nomor ini, artinya transaksi sudah selesai dan Anda bisa mengecek ulang tanggal penerbitan agar tidak terjadi kesalahan.

Pada tahapan ini, yang paling penting adalah ketika Anda memilih SUN. Perlu adanya riset atau analisis mengenai produk-produk yang tersedia. Mulai dari menghitung imbal hasil, mengetahui kupon, mempertimbangkan tenor, dan masih banyak lagi. 

Anda yang ingin tahu apa produk yang tepat bisa memilih mitra finansial yang tepat pula.

 

DBS Treasures: Mitra Tepat untuk Investasi Obligasi Pemerintah

DBS Treasures merupakan mitra tepat untuk investor yang ingin membeli SUN di pasar sekunder atau perdana. Anda akan memperoleh berbagai penawaran produk SUN dengan keuntungan sebagai berikut:

  1. Obligasi yang Diterbitkan Pemerintah Langsung

Anda yang tertarik membeli SUN bisa langsung melakukan pemesanan ketika periode penawaran berlangsung pada Obligasi Pasar Perdana. Bisa juga melakukan jual beli produk Obligasi di pasar sekunder. Hanya Obligasi asli yang diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-undang akan Anda temukan.

Membeli Obligasi yang diterbitkan pemerintah akan menjamin keamanan investor. Mengingat pembayaran kupon dan dana pokok menjadi tanggung jawab pemerintah.

  1. Produk Komprehensif yang Bisa Disesuaikan dengan Preferensi

Masing-masing investor memiliki tujuan investasi berbeda sehingga pemilihan Obligasi pun tidak sama. DBS Treasures menyediakan ragam produk komprehensif yang bisa disesuaikan dengan preferensi Anda.

Baik itu dalam hal waktu jatuh tempo (maturity) atau mata uang. Tersedia Obligasi dengan mata uang IDR, USD, dan juga EUR yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi.

  1. Pemberian Kupon Reguler

Semua Obligasi yang tersedia di DBS Treasures memberikan kupon reguler. Investor akan mendapat pembayaran kupon secara berkala sesuai dengan periode investasi yang ditentukan penerbit Obligasi.

Ada yang pembayarannya bahkan setiap bulan yang dicairkan langsung ke rekening. Jadi Anda tidak perlu bolak balik bank langsung untuk mencairkan kupon.

  1. Potensi Keuntungan dari Capital Gain

Mengingat Anda bisa membeli Obligasi di pasar sekunder, artinya aktivitas perdagangan Obligasi dapat dilakukan. DBS Treasures juga memfasilitasi pasar sekunder sehingga Anda berpotensi mendapatkan capital gain.

Anda bisa dengan leluasa menjual Obligasi ketika terjadi kenaikan harga. Kelebihan ini tentu saja cocok bagi investor yang mencari keuntungan melalui capital gain.

  1. Nilai Kupon yang Kompetitif

Bukan hanya bisa diperdagangkan, Obligasi yang disediakan memiliki potensi kupon yang relatif lebih tinggi atau kompetitif. Bahkan tingkat kuponnya relatif lebih tinggi dari rata-rata bunga Deposito berjangka.

  1. Tidak Perlu Khawatir Biaya Tambahan

Berinvestasi artinya Anda harus siap dengan biaya-biaya tambahan. Namun selama berinvestasi Obligasi di DBS Treasures tidak akan ada biaya tambahan yang dibebankan ke investor. Anda hanya akan dikenakan biaya spread atau selisih harga jual dan beli saja.

  1. Mengakses Transaksi 24 Jam Setiap Hari

Akses transaksi di DBS Treasures bisa Anda lakukan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Jadi tidak ada batasan waktu seperti jam tutup kantor layaknya pergi ke bank.

Adanya pembayaran kupon dan pokok yang dijamin Undang-undang adalah kesempatan besar yang bisa memberikan potensi keuntungan optimal kepada investor. Tidak heran SUN dikatakan sebagai jenis investasi yang minim risiko. Demi menghindari risiko gagal bayar, pemerintah juga telah menganggarkan pembayaran kupon dan pokok SUN ke dalam APBN.

Anda yang tertarik dengan investasi minim risiko ini tentunya tidak boleh melewatkan penawaran yang terus berlangsung setiap hari. Ditambah lagi akses Obligasi pemerintah kini dipermudah dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses setiap hari.

Tugas Anda hanya perlu menentukan mana produk yang tepat sesuai tujuan investasi. Informasi mengenai investasi Obligasi juga bisa Anda dapatkan dengan mudah bersama DBS Treasures. Segera daftarkan diri Anda sebagai Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures agar yakin berinvestasi Obligasi.