Mendapatkan asuransi penyakit kritis merupakan langkah penting
16 Jan 2023

Memahami asuransi penyakit kritis

Mendapatkan asuransi penyakit kritis merupakan langkah penting dalam keseluruhan perencanaan asuransi Anda. Selain mendapatkan asuransi yang sesuai, jumlah pertanggungan yang tepat juga penting untuk mengurangi tekanan finansial saat seseorang dalam masa pemulihan.

Apa itu asuransi penyakit kritis?

Asuransi penyakit kritis memberikan pembayaran sekaligus ketika tertanggung didiagnosis menderita penyakit kritis. Ada sekitar 37 penyakit kritis umum yang termasuk dalam sebagian besar rencana asuransi penyakit kritis. Perusahaan asuransi yang berbeda menawarkan berbagai tingkat pertanggungan sesuai tingkat keparahan dan jenis penyakit. Meskipun beberapa berpendapat bahwa asuransi rawat inap dapat menanggung Sebagian biaya medisnya, ada banyak biaya lain terkait penyakit kritis, sehingga pembayaran sekaligus oleh polis asuransi penyakit kritis akan sangat membantu.

Ketika seseorang terkena penyakit kritis, mungkin ada kebutuhan untuk berhenti bekerja, menyewa pembantu rumah tangga, atau mengikuti pengobatan alternatif yang tidak tercakup dalam rencana asuransi kesehatan tradisional. Dengan hilangnya pendapatan, ada juga uutang/biaya yang harus diurus – pembayaran cicilan, biaya keluarga, dan sebagainya. Inilah sebabnya mengapa pembayaran sekaligus dapat membantu menyokong beberapa kebutuhan keuangan.

  • Pertimbangan untuk rencana penyakit kritis. Berapa tanggungannya?

    Tidak ada solusi yang cocok untuk semua orang terkait berapa banyak pertanggungan asuransi yang dibutuhkan. Jika Anda kemungkinan besar akan menggunakan pembayaran asuransi penyakit kritis untuk menutupi biaya perawatan medis dan pengeluaran harian akibat hilangnya pendapatan, Anda dapat memiliki gambaran tentang jumlah yang dibutuhkan. Sebagian besar penasihat juga akan merekomendasikan jumlah minimal yang mencakup biaya hidup selama 60 bulan, sesuai perkiraan durasi seseorang untuk pulih dari penyakit kritis yaitu 5 tahun.

    Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan kemungkinan pengeluaran lain selama periode ini seperti kebutuhan untuk membeli peralatan tertentu atau mempekerjakan bantuan, serta menanggung cicilan, jika ada. Jika ragu, bicaralah dengan manajer perencanaan kekayaan yang dapat memberi nasihat tentang jumlah pertanggungan dengan mempertimbangkan keadaan pribadi Anda.

  • Jenis paket asuransi penyakit kritis mana yang cocok?

    Meskipun polis asuransi penyakit kritis dasar dianggap sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar individu untuk menutupi biaya pengobatan dan kehilangan pendapatan, jika Anda berkecukupan, akan lebih baik bila Anda memiliki asuransi penyakit kritis tahap awal atau perencanaan pembayaran berkala. Perlu diingat bahwa asuransi yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan penyakit kritis sejak dini tetaplah perencanaan asuransi kesehatan yang komprehensif

  • Periksa riwayat medis keluarga Anda

    Meskipun penyakit kritis dapat menyerang siapa saja kapan saja, mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda dapat membantu memperkirakan tingkat risiko terhadap penyakit tertentu. Misalnya, jika keluarga Anda memiliki riwayat kanker, perencanaan pembayaran berkala dapat bermanfaat karena kanker dapat kambuh kembali. Anda juga dapat mempertimbangkan rencana asuransi penyakit kritis yang secara khusus mencakup penyakit terkait kanker. Rencana asuransi penyakit kritis khusus lainnya mencakup penyakit yang berhubungan dengan kewanitaan

  • Menilai anggaran dan kebutuhan Anda

    Polis asuransi membutuhkan komitmen jangka panjang. Anda harus merencanakan anggaran dan menilai kebutuhan asuransi secara teratur dengan penasihat Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan pertanggungan dan pembayaran premi.


Pelajari dari ahlinya

Dapatkan ketenangan pikiran dengan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun dan Manfaat Meninggal Dunia hingga 100% Uang Pertanggungan, Manfaat Pembayaran Tunai 20% Uang Pertanggungan di usia 70 tahun, dan Premi Dasar bernilai tetap selama masa pembayaran.

Be future ready

Agar yakin dan selalu terdepan mempersiapkan masa depan.

Di setiap tahap kehidupan dengan solusi komprehensif.