toko kue
27 Jul 2022

Mau Buka Bisnis Cake dan Bakery? Ikuti Tips dan Langkah Ini

Mau Buka Bisnis Cake dan Bakery? Ikuti Tips dan Langkah Ini

Bisnis cake dan bakery menjadi salah satu ide usaha dengan potensi yang cukup bagus. Mengingat banyak sekali penggemar makanan manis di Indonesia tentu peluangnya lebih besar dari jenis kuliner lain. Anda bisa memulai bisnis ini dengan pinjaman 100 juta tanpa jaminan atau lebih dengan proses yang mudah di DBS KTA.

Menggunakan modal dari pinjaman bank menjadi solusi yang tepat bagi pengusaha yang ingin menjalankan bisnis cake dan bakery skala besar dengan banyak outlet. Selain, harus mempersiapkan modal Anda juga perlu menentukan cara yang tepat dalam menjalankan bisnis agar berhasil.

Tips Memulai Bisnis Cake dan Bakery

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis cake dan bakery juga membutuhkan langkah-langkah yang terencana. Supaya bisa berjalan dengan baik dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah dilakukan, sebenarnya bisnis ini juga membutuhkan pemilihan strategi yang langkah-langkah yang terstruktur. Agar bisa berkembang dan tumbuh besar sesuai target yang ingin Anda capai.

Jika, Anda masih bingung dengan cara memulainya coba lakukan beberapa tips memulai bisnis cake dan bakery berikut ini.

  1. Tentukan Target Pelanggan

    Pertama tentukan siapa orang yang akan menjadi target pelanggan bisnis cake dan bakery Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah membuat produk yang relevan dan sesuai dengan keinginan target pelanggan yang dituju.

    Jadi, sebaiknya jangan lewatkan langkah pertama ini agar bisnis cake dan bakery Anda bisa berjalan sesuai harapan.

  2. Rencanakan Konsep yang Menarik

    Untuk mendapatkan banyak pelanggan Anda tidak hanya dituntut menghadirkan cita rasa yang otentik. Tapi, juga harus bisa membuat konsep bisnis yang menarik dan berbeda dengan kompetitor lainnya.

    Ini karena prioritas utama yang harus Anda utamakan adalah cita rasa dan kenyamanan pelanggan. Jika, pelanggan sudah merasa puas dengan dua hal tersebut pasti mereka akan kembali berkunjung dan akan menjadi pelanggan setia.

    Agar pelanggan lebih nyaman coba buatlah konsep bisnis yang mengusung tema cafe. Dengan begitu pelanggan bisa makan di tempat dan memesan minuman sembari menunggu pesanan cake untuk dibawa pulang.

    Karena kebanyakan penjual cake dan bakery tidak menyediakan tempat untuk pelanggan yang ingin langsung menikmati kue yang mereka beli.

  3. Rekrut Pastry Chef Berpengalaman

    Hal lain yang tak kalah penting adalah cita rasa dari kue yang akan diproduksi. Untuk membuat kue yang unik dengan cita rasa yang khas dan disukai banyak orang Anda harus bekerja sama dengan pastry chef berpengalaman.

    Pastry chef yang andal pasti tahu cara membuat kue yang enak dan menarik karena selain rasa tampilan juga menjadi poin penting untuk memikat pelanggan. Cake dengan desain yang unik dan cantik bisa Anda jadikan menu andalan yang bisa dipesan untuk acara-acara khusus.

    Memperkerjakan pastry chef berpengalaman memang membutuhkan biaya operasional yang lebih besar. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena mereka mampu membuat kue yang berkualitas dengan nilai jual yang tinggi.

  4. Siapkan Modal Awal Bisnis

    Supaya bisnis bisa berjalan sesuai rencana Anda membutuhkan modal untuk memulainya. Tanpa modal yang cukup bisnis cake dan bakery akan kesulitan berkembang dengan baik. Untuk itu Anda perlu menyediakan modal yang lumayan besar.

    Apalagi bila Anda ingin membuka outlet di beberapa titik. Ternyata modal yang dimiliki tidak mencukupi, Anda bisa mengajukan pinjaman 100 juta tanpa jaminan di bank untuk menutup kekurangannya.

  5. Buat Kue yang Sedang Trend

    Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya segera berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Untuk mewujudkannya Anda perlu membuat kue yang disukai banyak orang, lalu bagaimana cara membuat kue yang disukai banyak orang? Bukankah setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda?

    Sebagian besar orang menyukai hal-hal yang berbau trend termasuk dalam memilih kue yang akan mereka beli. Dengan membuat kue yang sedang trend di pasaran Anda bisa menggaet banyak pelanggan meskipun baru mengawali bisnis.

    Sebaiknya jangan hanya memperhatikan trend yang ada di dalam negeri tapi coba perbanyak referensi mengenai trend cake dan bakery dari berbagai negara. Dengan begitu menu Anda akan lebih bervariasi dan dapat menjangkau selera dari berbagai kalangan pelanggan.

  6. Gunakan Bahan-bahan Berkualitas

    Akan sangat disayangkan jika Anda merekrut pastry chef berpengalaman namun menggunakan bahan-bahan kue yang di bawah standar. Agar kue yang diproduksi memiliki kualitas yang baik dan rasa yang enak pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas yang sesuai standar.

  7. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis

    Lokasi tempat beroperasinya bisnis juga menjadi hal penting yang harus ditentukan dengan matang karena akan berdampak langsung terhadap bisnis. Dengan memilih lokasi outlet di tempat yang strategis pelanggan akan lebih  mudah datang ke sana.

    Sehingga outlet Anda pun akan lebih ramai dibandingkan di tempat yang jauh dari jalan utama atau pusat keramaian. Biaya sewanya memang jauh lebih mahal tapi akan menambah peluang Anda mencapai target penjualan yang lebih tinggi.

    Jika, kekurangan modal untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis Anda bisa menggunakan pinjaman dana bank sebagai solusinya.

  8. Sesuaikan Interior dengan Konsep

    Setelah menemukan tempat yang pas untuk dijadikan outlet tugas Anda selanjutnya adalah menata ulang interior di dalamnya. Pastikan desain interior yang diterapkan sesuai dengan konsep dan tema yang Anda tentukan sebelumnya.

    Misalnya, Anda ingin membuat outlet yang mengusung konsep seperti cafe. Berarti di dalamnya perlu ditambahkan meja dan kursi untuk tempat singgah pelanggan yang ingin menikmati kue yang mereka beli.

    Agar terlihat lebih menarik tambahan dekorasi ruangan seperti hiasan dinding dan ornamen-ornamen lampu estetik untuk mempercantik ruangan.

Langkah Pemasaran dalam Bisnis Cake dan Bakery

Memilih tempat di lokasi yang strategis juga termasuk upaya dalam memaksimalkan pemasaran. Tapi, melakukan itu saja tidak cukup untuk memaksimalkan kinerja bisnis karena Anda membutuhkan langkah-langkah pemasaran lainnya yang lebih efektif lagi.

Berikut ini ada langkah-langkah pemasaran yang bisa Anda coba pada bisnis cake dan bakery.

  1. Buatlah Inovasi Baru untuk Mendapatkan Nilai Lebih

    Meskipun tidak berkaitan langsung dengan pemasaran, membuat inovasi produk yang lebih unggul dari kompetitor juga termasuk strategi pemasaran yang harus Anda lakukan. Dengan membuat inovasi baru Anda bisa menonjolkan keunggulan tersebut untuk dijadikan bahan promosi dan menambah nilai tambah untuk mengembangkan bisnis.

    Contohnya dengan membuat varian kue yang sehat dengan kandungan gula dan kalori yang rendah. Inovasi ini belum banyak diterapkan di sebagian besar toko kue sehingga bisa menjadi keunggulan utama bagi bisnis Anda.

  2. Membuat Program Promosi yang Menarik

    Selain, membuat inovasi baru Anda juga perlu mengadakan program promosi yang menarik untuk memikat calon pelanggan baru. Semakin banyak pelanggan yang Anda dapatkan maka akan semakin berkembang bisnis tersebut.

    Jadi, jangan ragu mengadakan promosi yang terkesan besar-besaran di awal membuka bisnis. Karena langkah ini termasuk cara untuk memperkenalkan bisnis Anda ke banyak orang agar mereka tahu bahwa produk Anda berkualitas dan layak dibeli.

    Contohnya dengan memberikan potongan harga saat melakukan pembelian untuk varian kue tertentu. Atau bisa juga dengan menerapkan sistem “buy 1 get 2” saat melakukan pembelian di jam-jam tertentu.

  3. Manfaatkan Media Sosial

    Media sosial merupakan platform digital yang bisa membawa dampak baik untuk bisnis jika Anda tahu cara memanfaatkannya. Menggunakan media sosial sebagai media promosi merupakan cara yang tepat karena lebih efisien biaya dan waktu.

    Cukup buatlah foto-foto kue yang menarik dan terlihat estetik untuk di-posting di Instagram, Facebook, dan platform media sosial lainnya. Sertakan caption dan hastag yang menarik dan relevan dengan foto tersebut.

    Agar bisa menjangkau lebih banyak orang Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads, Instagram Ads, dan TikTok Ads yang bisa membantu mempromosikan bisnis Anda dengan biaya yang terjangkau.

  4. Lakukan Strategi Pemasaran Konvensional

    Selain, melakukan pemasaran secara digital untuk menjangkau pelanggan secara luas. Tidak ada salahnya jika Anda menerapkan strategi pemasaran konvensional dengan membagikan brosur dan pamflet ke masyarakat di sekitar outlet.

  5. Minta Testimoni Pelanggan

    Jangan lupa mendaftarkan lokasi bisnis Anda ke Google Maps agar pelanggan bisa lebih mudah mencarinya serta dapat memberikan rating dan ulasan terhadap kualitas pelayanan Anda.

    Dengan memberikan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik Anda bisa meminta pelanggan untuk memberikan rating dan ulasan yang positif di sana. Sehingga akan ada lebih banyak orang yang tertarik membeli kue di outlet Anda.

    Sebab sebagian orang akan melihat ulasan dan rating tempat yang akan mereka kunjungi terlebih dulu sebelum datang langsung ke lokasi untuk membeli sesuatu.

Trend Desain Cake dan Bakery di Tahun 2022

Jika, Anda tidak mengikuti perkembangan trend kue yang beredar di pasaran sebaiknya coba buatlah rekomendasi kue berikut ini:

  • Chocolate Balls Cake
  • Rice Paper Sails Cake
  • Origami Cake
  • Wafer Paper Balls Cake
  • Chocolate Splash Cake
  • Macadamia Pancakes
  • Egg Bread
  • Malasada
  • Blonde Pizza
  • Pizza Cones
  • Garlic bread

Setiap waktu trend kuliner akan terus berkembang sehingga Anda harus terus update mengenai informasi-informasi seputar dunia kuliner, khususnya untuk jenis cake dan bakery. Supaya bisa membuat jenis kue yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Buka Bisnis Cake dan Bakery dengan Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan

Sekarang Anda tidak perlu pusing memikirkan dana karena ada DBS KTA yang bisa Anda andalkan untuk memulai bisnis cake dan bakery. DBS KTA menawarkan berbagai kelebihan yang akan mempermudah dan menguntungkan para penggunanya.

Bagi Anda yang tertarik mengajukan pinjaman dana bank tanpa jaminan dalam jumlah yang besar. DBS KTA dapat menjadi solusinya karena menawarkan pinjaman modal usaha Rp100 hingga Rp300 juta dengan suku bunga flat mulai dari 0,88% setiap bulannya.

Selain itu, Anda bisa memilih waktu tenor pinjaman hingga 36 bulan dan persyaratan pengajuannya pun cukup mudah. Untuk melakukan pengajuan Anda harus tinggal  di wilayah cakupan DBS KTA, yaitu di daerah Jabodetabek.

Anda juga harus memiliki e-KTP dan NPWP, memiliki gaji paling sedikit senilai Rp5 juta setiap bulannya, dan memiliki kredit bank lain dengan limit sedikitnya senilai Rp10 juta.

Cukup mudah bukan? Dapatkan pinjaman 100 juta tanpa jaminan atau lebih dengan suku bunga rendah di DBS KTA. Tunggu apalagi segera kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page dan mulai jalankan bisnis cake dan bakery yang Anda inginkan menggunakan DBS KTA.

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)