Manfaat dan Risiko Membeli Obligasi
22 Jan 2021

Manfaat dan Risiko Membeli Obligasi

"Kata saya adalah ikatan saya. Kita semua mungkin pernah mendengar ungkapan itu. Olehkarena itu, ide di balik kelas aset ini disebut "obligasi". Itu adalah janji untuk melunasi pinjaman - IOU yang terbaik secara hukum. Memang, dalam beberapa buku teks teknis, hal itu digambarkan sebagai "surat promes yang bisa dinegosiasikan". 

Obligasi - memahami trade-off antara risiko dan penghargaan

Secara umum, obligasi menawarkan tingkat pengembalian yang lebih rendah daripada efek/saham. Alasan sederhana di balik ini adalah risk-reward trade-off. Semakin rendah risikonya, semakin rendah keuntungannya. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi keuntungannya.

Obligasi bukannya tanpa risiko

Ketika anda membeli obligasi, anda meminjamkan uang kepada perusahaan atau badan pemerintah. Obligasi umumnya melakukan serangkaian pembayaran bunga sebagaimana ditentukan dalam persyaratan penerbitan obligasi, yang pada akhirnya diikuti dengan pelunasan "pinjaman" awal, yang juga disebut "uang pokok".

Dalam bentuk pinjaman apapun, selalu ada "risiko kredit"

Obligasi memiliki risiko yang lebih rendah daripada ekuitas (juga dikenal sebagai efek atau saham) sejauh ada kewajiban hukum bagi perusahaan untuk membayar kepada pemegang obligasi "kupon" reguler mereka sebelum pembayaran dividen kepada pemegang saham. Jika terjadi kegagalan perusahaan, Perusahaan harus membayar kepada pemegang obligasi terlebih dahulu sebelum menyerahkan apapun yang tersisa, saat penutupan perusahaan, kepada pemegang saham.

Keuntungan obligasi bervariasi sesuai dengan risiko kredit

Tetapi ada tingkat risiko yang berbeda bahkan di dalam kelas aset "obligasi". Tidak semua obligasi dibuat sama. Ada obligasi pemerintah, yang umumnya cenderung lebih aman dibandingkan obligasi perusahaan. Mengapa? Karena keuangan pemerintah didukung oleh kekuatan perpajakan atas ekonomi. Tetapi perhatikan bahwa beberapa perusahaan terbesar di dunia memiliki peringkat kredit yang lebih tinggi daripada beberapa pemerintah.

Jadi, kelayakan kredit pemerintah sangat berbeda. Misalnya, sekuritas (obligasi) pemerintah Singapura menikmati peringkat kredit tertinggi AAA. Peringkat kredit Pemerintah Yunani di sisi lain berkisar dari CC sampai B, yang bergantung pada lembaga pemeringkat. Untuk memotong jargon tersebut, sekuritas pemerintah Yunani adalah "obligasi sampah", yang berarti mereka mengandung risiko gagal bayar yang signifikan. Jadi, anda mendapatkan pembayaran yang jauh lebih tinggi dari obligasi pemerintah Yunani dibandingkan dengan sekuritas pemerintah Singapura. Itulah yang disebut risk-reward trade-off.

Nilai muka, kupon, hasil - apa artinya?

"Nilai nominal" atau "nilai muka" adalah jumlah yang telah dipinjam oleh emiten obligasi dari investor. "Kupon" adalah suku bunga tetap yang harus dibayarkan oleh emiten obligasi kepada investor dikalikan dengan nilai nominal atau nilai muka obligasi. Jadi, jika seorang investor membeli obligasi dengan nilai nominal Rp15 Miliar dan kupon 3%, orang tersebut akan menerima pembayaran bunga tahunan sebesar 3% dari Rp15 Miliar. Itu sebesar Rp500 Juta.

Itu merupakan "pendapatan tetap" investor per tahun - karenanya obligasi juga digambarkan sebagai "investasi pendapatan tetap". Obligasi ini juga biasanya dapat diperdagangkan. Harga pasar biasanya berbeda dari "nilai nominal" atau "nilai muka". Jadi, "hasil saat ini" dari obligasi adalah pembayaran bunga tahunan daripada obligasi yang dibagi dengan harga pasar berjalan obligasi.

Risiko yang lebih rendah bukan berarti tidak ada risiko

Obligasi secara umum memiliki risiko lebih rendah daripada efek. Namun bukan berarti ini adalah aset "tanpa risiko". Emiten obligasi melakukan wanprestasi karena kesulitan keuangan. Dan ketika emiten obligasi bangkrut, ingatlah bahwa sebagian besar obligasi di pasar tidak dijamin - yang artinya mereka tidak didukung oleh gadai peminjam atas aset tertentu, yang berpindah tangan ke pemberi pinjaman dengan jaminan jika terjadi gagal bayar. Pemegang obligasi tanpa jaminan hanya akan mendapatkan apa yang tersisa setelah pemberi pinjaman dengan jaminan mengambil apa yang menjadi hak mereka.

Memahami risiko daripada kelas aset berisiko rendah secara umum

  1. Risiko kredit. Kita telah membahas ini sebelumnya. Emiten obligasi yang berbeda (yaitu, perusahaan yang meminjam uang anda melalui penerbitan obligasi) memiliki tingkat kelayakan kredit yang berbeda. Secara umum, semakin menarik “pembayaran kupon”, semakin rendah kelayakan kreditnya. Jika anda menginginkan stabilitas dan keamanan dari investasi obligasi anda, tetap berpegang pada yang disebut obligasi "grade investasi". Hindari apa yang disebut "obligasi sampah" dengan peringkat kredit rendah.

  2. Risiko mark-to-market. Seperti instrumen yang diperdagangkan di pasar, harga obligasi berfluktuasi. Mereka bisa naik atau turun tergantung pada persepsi pasar tentang kekuatan keuangan perusahaan emiten, prospek ekonomi dan prospek suku bunga.

  3. Risiko likuiditas. Mungkin sulit untuk menemukan pembeli yang siap untuk beberapa obligasi perusahaan. Olehkarena itu, investor yang perlu segera menjual obligasi mereka dapat terpaksa menerima kerugian atas investasi mereka.

Jadi mengapa investor memiliki obligasi?

Tiga alasan utamanya adalah:

  1. Pendapatan tetap.
    Dengan ketentuan bahwa emiten memiliki keadaan keuangan yang baik, pemegang obligasi mendapatkan prioritas terhadap arus kas Perusahaan sebelum pemegang saham

  2. Pelunasan uang pokok.
    Dengan ketentuan bahwa emiten memiliki keadaan keuangan yang baik, pemegang obligasi dapat menyandarkan pada pelunasan "uang pokok" atau uang yang dipinjamkan kepada perusahaan pada saat "jatuh tempo" atau akhir jangka waktu obligasi.

  3. Efek stabilisasi pada portofolio aset keuangan.
    Terhadap ketidakpastian harga pasar saham dan dividen yang diperoleh dari saham-saham tersebut, janji “pendapatan tetap” dan pembayaran kembali uang pokok merupakan stabilisator dan alat diversifikasi yang berguna.

Bank DBS Indonesia sebagai mitra keuangan dan manajemen kekayaan terpercaya Anda menghadirkan investasi era baru melalui produk Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder untuk manfaat berkelanjutan dalam mengelola, mengembangkan, dan melindungi kekayaan Anda. Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi digibank by DBS.

Hubungi Kami

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda