studio musik
27 Jul 2022

Bikin Studio Musik di Rumah? Kumpulkan 7 Perlengkapan Ini

Bikin Studio Musik di Rumah? Kumpulkan 7 Perlengkapan Ini

Bagi Anda yang hobi bermusik, fasilitas berupa studio musik di rumah pasti akan terasa sangat dibutuhkan. Anda bisa menggunakan dana pinjaman 100 juta tanpa jaminan untuk membuat studio musik impian dengan fasilitas yang lengkap. Hobi bermusik Anda bisa disalurkan kapan saja tanpa harus menyewa studio di luar rumah.

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan jika Anda memiliki studio musik pribadi di rumah dengan fasilitas lengkap. Anda tak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk menyewa studio di luar. Selain itu, Anda juga bisa menyalurkan dan mengembangkan bakat musik lebih baik lagi tanpa perlu ribet.

Pinjaman 100 Juta tanpa Jaminan untuk Membuat Studio Musik

Memiliki fasilitas yang lengkap di rumah sendiri pasti akan terasa sangat menyenangkan. Salah satunya adalah fasilitas yang berhubungan dengan hobi seperti studio musik. Namun untuk membuat studio musik pribadi di rumah, dibutuhkan biaya yang tidak murah.

Apalagi jika Anda ingin menyediakan peralatan lengkap dengan kualitas terbaik di sana. Jangan ragu untuk menggunakan dana pinjaman 100 juta tanpa jaminan agar bisa mewujudkan rencana pembuatan studio musik pribadi di rumah.

Nantinya akan ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari studio musik ini. Anda bisa lebih leluasa bermain dan belajar musik sepuasnya di rumah tanpa harus keluar biaya lagi untuk sewa alat atau studio.

Pembuatan studio musik pribadi ini juga akan membantu Anda berkembang lebih jauh lagi. Jika memang Anda punya bakat bermusik maka studio ini akan menjadi fasilitas pendukung yang membawa banyak manfaat.

Anda bisa dengan mudah belajar dan mengembangkan kemampuan karena dukungan fasilitasnya sudah lengkap. Pastikan untuk optimal mempersiapkan pembuatan studio musik pribadi Anda di rumah.

Gunakan fasilitas dan peralatan yang berkualitas demi mendapatkan usia pakai yang lebih lama. Selain itu, peralatan yang lengkap dan berkualitas juga akan membantu kelancaran Anda saat bermain musik apalagi jika sudah di tahap berpengalaman atau profesional.

Perlengkapan Studio Musik di Rumah

Ada banyak jenis alat yang akan dibutuhkan saat ingin membuat studio musik di rumah. Supaya dana yang tersedia nanti bisa dimanfaatkan secara optimal, maka mari buat dulu daftar perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa perlengkapan studio musik di rumah yang penting untuk dipenuhi:

  • Peralatan Musik

Jelas sekali Anda butuh peralatan musik untuk membuat studio musik di rumah. Ada banyak sekali jenis alat musik yang sebenarnya bisa Anda gunakan. Jika memang ingin menyediakan alat musik dasar, maka cukup dengan menghadirkan keyboard, gitar, bass, juga drum.

Namun lebih dari itu masih ada banyak lagi jenis alat musik yang bisa disediakan. Setiap orang juga mungkin memiliki fokus genre musik yang berbeda-beda. Tak ada salahnya untuk menyesuaikan peralatan yang dibutuhkan dengan genre musik yang disukai.

Pastikan alat-alat musik yang dipilih berasal dari produk yang berkualitas. Dengan memilih alat yang terbaik maka menghasilkan musik yang juga akan memuaskan.

  • Komputer

Anda akan membutuhkan perangkat komputer atau laptop jika ingin menyediakan fasilitas studio musik disertai home recording. Perangkat ini akan digunakan untuk menerima hasil rekaman yang sudah Anda buat.

Pastikan Anda menyediakan laptop atau PC yang spesifikasinya cukup memadai. Paling tidak, PC atau laptop untuk studio musik harus memiliki RAM sebesar 4 GB. Akan jauh lebih baik jika bisa lebih besar dari itu.

Selain itu laptop atau PC yang digunakan juga harus memiliki processing speed yang optimal. Tak masalah jika menggunakan perangkat yang spesifikasinya sama dengan perangkat gaming.

  • Digital Audio Workstation

Ini sebenarnya bukan merupakan alat fisik atau hardware melainkan software. Digital Audio Workstation atau DAW sangat dibutuhkan di sebuah studio musik. Software ini dipakai untuk merekam dan melakukan berbagai jenis aktivitas editing audio.

Jadi nantinya hasil rekaman yang Anda lakukan bisa lebih bagus lagi melalui alat satu ini. DAW menyediakan banyak jenis fitur yang fungsinya hampir sama dengan fasilitas di studio musik profesional.

Ada banyak efek yang bisa digunakan dan tentu saja DAW ini akan membantu meningkatkan kreativitas Anda sebagai kreator musik. Pemilihan DAW ini mudah saja, tinggal disesuaikan dengan spesifikasi dari PC atau laptop yang digunakan.

  • Mikrofon

Jelas Anda juga akan membutuhkan mikrofon untuk melengkapi studio musik di rumah. Jenis dan spesifikasi mikrofon sangat beragam, tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Pastikan juga tipe mikrofon yang dibeli berkualitas sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih dan bagus. Untuk keperluan home recording, Anda disarankan memilih mikrofon kondenser. Jenis mikrofon ini punya sensitivitas yang tinggi dan bisa menghasilkan kualitas yang lebih bagus daripada mikrofon lainnya.

Tipenya sangat beragam pastikan untuk memilih tipe yang paling bagus sehingga hasil audionya memuaskan. Jangan lupa sediakan kabel serta stand mikrofon untuk mempermudah Anda menggunakannya.

  • Monitor Suara

Studio musik di rumah akan terasa jauh lebih lengkap jika Anda menyediakan monitor suara. Monitor suara ini sangat umum dipakai di studio musik profesional. Alat ini akan membantu Anda mendengar dan menganalisis audio dengan lebih baik. Bentuknya bisa seperti speaker atau headphone.

Pemilihan monitor suara tidak boleh sembarangan. Anda disarankan untuk memilih monitor suara yang punya frekuensi datar. Ini akan sangat efektif membantu Anda dalam melakukan editing karena hasilnya lebih objektif.

  • Audio Interface

Jangan lupa sediakan juga audio interface atau yang biasa juga dikenal dengan nama sound card. Alat ini digunakan untuk mengubah suara analog menjadi suara digital. Jadi suara yang dihasilkan oleh mikrofon nantinya bisa terekam dengan baik di DAW yang sudah Anda sediakan.

Biasanya pembelian sound card sudah disertai dengan DAW bawaan. Namun Anda juga bisa menggunakan DAW lain yang sudah di-install di perangkat PC atau laptop. Pemakaian DAW lain ini tidak akan merusak performa maupun fungsi dari sound card.

Rekomendasi Peralatan Produksi Musik Mewah

Produk peralatan studio musik saat ini mudah dijumpai di pasaran. Anda bisa memilih mana yang kualitasnya paling bagus supaya lebih nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut adalah beberapa rekomendasi peralatan produksi musik yang bisa melengkapi studio musik pribadi di rumah Anda:

  • Neumann M 149 Tube Dual-Diaphragm Condenser Microphone

Bagi Anda yang mencari mikrofon kondenser, sangat direkomendasikan untuk memilih tipe ini. Hasil suara yang diberikan sangat bagus dan renyah. Frekuensi suaranya juga rendah dan stabil sehingga bisa enak didengar. Kualitasnya sangat bagus dan sudah sering digunakan di studio musik profesional. Produk mikrofon ini bisa didapatkan dengan harga kurang lebih Rp90 juta di pasaran.

  • Universal Audio Apollo Twin MKII

Untuk audio interface-nya, Anda bisa memilih Universal Studio Apollo Twin MKII. Audio interface ini memiliki banyak keunggulan yang akan membuat hasil rekaman jadi jauh lebih bagus.

Perangkat ini bisa menjaga frekuensi hasil rekaman dengan baik. Suara yang dihasilkan pun jadi jauh lebih memuaskan saat masuk proses mixing. Produk audio interface ini juga bisa membantu menyalurkan frekuensi hasil rekaman dengan sangat detail.

Dibandingkan dengan audio interface lainnya, produk ini sudah memiliki banyak plug-in tersendiri. Jadi selain lebih berkualitas hasilnya juga pengoperasiannya akan lebih mudah. Produk ini bisa didapatkan dengan kisaran harga kurang lebih Rp16 juta.

  • Genelec 8040B Powered Studio Monitor

Untuk monitor audionya, Anda direkomendasikan memilih Genelec 8040B. Produk ini berbentuk menyerupai speaker dan desainnya sangat compact. Dibekali dengan ISS power management, produk ini bisa memberikan hasil monitor audio yang luar biasa bagus. Produk studio monitor berkualitas bagus ini dibanderol dengan harga Rp33 jutaan di pasaran.

  • Novation Impulse 61 Midi Controller

Jika ingin menyediakan midi controller, maka produk dari Novation ini bisa jadi pilihan. Midi controller memang jadi salah satu alat wajib yang akan sangat dibutuhkan di sebuah studio musik. Alat ini akan membantu membuat chord atau not sesuai keinginan. Harganya kurang lebih Rp9 jutaan.

  • Audeze LCD MX4 Headphone

Berikutnya ada rekomendasi produk headphone yang pasti akan dibutuhkan untuk studio musik. Tipe produk yang disarankan adalah Audeze LCD MX4. Headphone ini memiliki kualitas yang bagus dengan kemampuan 20 ohm diaphragm.

Selain itu headphone ini juga mudah dihubungkan dengan laptop maupun mixing console dan audio interface. Dari segi desain, produk headphone ini sangat bagus. Desainnya simple namun terlihat elegan dan tampak mahal.

Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa dan akan terasa nyaman saat dipakai. Anda bisa mendapatkan produk handphone ini dengan harga Rp46 jutaan.

  • Steinberg Cubase Pro 12 Original

Produk ini merupakan DAW yang pasti akan dibutuhkan jika ingin membuat studio musik pribadi di rumah. Sebenarnya DAW yang dipilih harus disesuaikan dengan kompatibilitas komputer atau laptop yang dipakai.

Namun sebagai contoh mari ambil DAW Steinberg Cubase Pro 12 Original. DAW ini biasa digunakan oleh para profesional jadi kualitasnya dijamin bagus dan dibanderol dengan harga Rp9 jutaan.

Total harga untuk peralatan-peralatan di atas adalah Rp203 juta. Anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk membelinya. Dengan alat yang berkualitas tinggi diatas, Anda akan dapat menciptakan musik yang terbaik juga.

Wujudkan Studio Musik Impian di Rumah dengan Dana DBS KTA

Kini Anda bisa dengan mudah mewujudkan studio musik impian di rumah menggunakan dana dari DBS KTA. Produk pinjaman uang bank satu ini sangat pas untuk Anda jadikan modal memenuhi kebutuhan pembuatan studio.

Banyak kelebihan yang ditawarkan dan bisa memberi keuntungan kepada Anda. Memberikan Anda limit pinjaman yang tinggi hingga Rp300 juta. Selain itu Anda juga akan mendapatkan bunga ringan dengan sistem flat mulai dari 0,88% per bulan. Tenor cicilan pinjaman juga cukup panjang yaitu mencapai 36 bulan.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat pinjaman ini sangat simple. Anda hanya perlu memastikan berdomisili di area Jabodetabek. Memiliki penghasilan minimal Rp5 juta dan punya kartu kredit di bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

Tak perlu membuang banyak waktu, dapatkan pinjaman 100 juta tanpa jaminan atau lebih dari DBS KTA. Nikmati beragam keuntungannya dan dapatkan modal yang memadai untuk membuat studio musik di rumah.

Produk pinjaman ini akan membantu Anda memenuhi semua perlengkapan studio tanpa harus bimbang akan dana. Tanpa perlu berlama-lama, segera cari tahu info lebih detail mengenai DBS KTA di https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page dan ajukan pinjaman Anda sekarang.

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)