Pinjaman Bunga Rendah untuk Studi
25 Apr 2022

Manfaatkan Pinjaman Bunga Rendah ini

Untuk sebagian orang, melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri seperti sebuah tantangan global di masa saat ini. Kuliah hingga ke luar negeri seperti menjadi sebuah pilihan yang menarik untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Bukan hanya untuk kebanggaan semata, namun berkuliah di luar negeri dapat mendongkrak karir yang dimiliki seseorang. Orang-orang yang berada di posisi tinggi manajemen perusahaan besar merupakan mereka yang berkuliah di luar negeri.

Seperti yang kita ketahui, kuliah di luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan pinjaman bunga rendah dapat dijadikan sebagai pilihan.

Keuntungan Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Berkuliah di luar negeri pakai pinjaman online dengan bunga rendah tentu saja memberikan berbagai keuntungan, seperti:

  1. Dapat melatih kedewasaan
    Melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri memang dapat melatih kedewasaan untuk anak muda. Lebih-lebih jika Anda terbiasa hidup bersama dengan kedua orang tua dari kecil. Bila Anda berkuliah di kota dalam negeri, dan merasa tidak betah, pasti akan langsung pulang ke rumah orangtua.
    Namun, jika tinggal di luar negeri, Anda akan dipaksa untuk hidup dengan mandiri serta memiliki sikap yang dewasa untuk menghadapi berbagai masalah. Inilah hal yang dapat membentuk mental menjadi lebih dewasa dan kuat.
  2. Kesempatan karir lebih besar
    Sesudah lulus dari kampus luar negeri, nantinya Anda akan dipandang sebagai sumber daya manusia yang unggul. Anda dapat menggunakan gelar maupun nama kampus tempat berkuliah ketika mencari pekerjaan di Indonesia.
    Selain itu, Anda juga mempunyai kesempatan luas untuk berkarir di skala global. Salah satu caranya adalah mencari pekerjaan di negara tempat berkuliah.
  3. Mengajari untuk mengatur keuangan
    Tidak sedikit orang yang berkuliah di luar negeri dengan menggunakan pinjaman bunga rendah. Bila Anda juga menggunakannya, tentu Anda harus jeli dan pintar ketika mengatur keuangan, sehingga dana pinjaman yang dimiliki cukup untuk berkuliah.
    Bila merasa uang pinjaman online dengan bunga rendah yang sudah diajukan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, Anda dapat berlatih untuk mencari uang dengan cara melakukan pekerjaan sampingan ketika memiliki waktu luang.
  4. Belajar dari orang baru
    Bergaul dengan banyak orang yang berasal dari seluruh penjuru dunia bisa membuat mereka yang berkuliah di luar negeri mempunyai rasa toleransi tinggi. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mempelajari etos kerja profesional serta akademisi di kampus.
    Sistem serta kebiasaan yang berbeda dengan orang Indonesia bisa membuat Anda terus menerus beradaptasi serta bekerja semakin keras lagi,

Persiapan Berkuliah di Luar Negeri

Semakin mantap untuk kuliah di luar negeri? jika ingin melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri, berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Persiapan biaya
    Persiapan biaya menjadi hal yang harus diperhatikan. Anda bisa mengajukan pinjaman KTA untuk biaya pendidikan tersebut. Bukan hanya itu, di Indonesia juga banyak lembaga pemerintah yang memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa Indonesia kuliah di luar negeri.
    Bila ingin menggunakan pinjaman bunga rendah, tentu saja Anda harus bersiap untuk bekerja sambilan sambil kuliah, agar dapat membayar cicilan pinjaman.
  2. Hubungi orang yang berkuliah di luar negeri
    Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menghubungi orang lain yang melakukan studi di luar negeri. dengan menghubungi mereka, Anda bisa memperoleh berbagai macam cerita sukses baik suka maupun duka ketika kuliah di luar negeri.
    Selain itu, dari cerita ini, Anda bisa mendapatkan motivasi dan semakin bersemangat untuk mempersiapkan diri dan mulai berkuliah di luar negeri.
  3. Persiapan dokumen
    Bila sudah terdaftar sebagai mahasiswa serta bersiap berangkat ke luar negeri, Anda harus mempersiapkan berbagai macam dokumen, contohnya seperti visa dan paspor. Beberapa negara memerlukan visa khusus untuk mahasiswa.
    Pastikan Anda telah mengajukan aplikasi visa sebelumnya. Bukan hanya itu, pastikan pula masa berlaku visa ini mencakup masa belajar di negara tujuan. Anda bisa mengajukan pinjaman bunga rendah untuk membayar biaya mengurus dokumen ini.
  4. Lakukan persiapan fisik
    Kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk disiapkan sebelum berangkat. Anda dapat mengunjungi dokter serta memastikan tubuh sehat dan tidak mengidap penyakit apapun.
    Selain itu, Anda juga dapat mengatakan pada dokter mengenai negara tujuan belajar, selain itu tanyakan, apakah terdapat saran khusus dari dokter tersebut. Beberapa negara juga mengharuskan pelajar memperoleh vaksin tertentu sebelum masuk di wilayah mereka.
  5. Pelajari budaya negara mereka
    Pelajari berbagai budaya yang berlaku secara umum di negara yang menjadi tujuan belajar. Hal ini dilakukan agar dapat menghindari situasi canggung serta merugikan. Bukan hanya itu, Anda juga harus memastikan mengetahui hukum di negara tersebut.
    Agar memperlancar studi yang dilakukan, pastikan untuk mematuhi hukum yang berlaku di sana.
  6. Merencanakan kegiatan selama belajar di luar negeri
    Selain belajar, kuliah di luar negeri dapat menjadi sebuah kesempatan emas untuk berpetualang serta menjelajahi tempat baru. Anda akan memperoleh banyak kesempatan untuk mengunjungi berbagai museum, tempat wisata serta situs bersejarah.
    Agar pengalaman yang dimiliki semakin maksimal, Anda juga dapat melakukan riset mendalam mengenai tempat apa saja serta kegiatan apa saja yang tidak boleh dilewatkan di negara tersebut.
    Bukan hanya itu, Anda juga harus membuat rencana keuangan agar dapat mendukung perjalanan yang Anda miliki nantinya. Jangan sampai karena menggunakan pinjaman bunga rendah, Anda menghambur-hamburkan uang dan kehabisan uang untuk membiayai kebutuhan. 

Tips Memilih Jurusan saat Kuliah di Luar Negeri

Meskipun sudah tenang karena menggunakan pinjaman bunga rendah untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, namun bukan berarti masalah selesai sampai di sana. Ketika memutuskan melanjutkan pendidikan, Anda harus mempelajari sebuah bidang dengan mendalam bahkan membuat riset di akhir perkuliahan.

Tentu saja hal ini membuat Anda tidak boleh memilih jurusan dengan sembarangan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih jurusan S2 di luar negeri, antara lain:

  1. Pertimbangkan gelar master
    Umumnya gelar master dibagi menjadi Research Master serta Taught Master. Keduanya mempunyai beberapa kesamaan, contohnya seperti waktu studi yang diperlukan 1 hingga 2 tahun.
    Namun, ada beberapa perbedaan diantara keduanya seperti untuk Taught Masters, gelar ini mengikuti struktur yang mirip dengan studi sarjana, namun untuk Research Masters, lebih mencakup pembelajaran mandiri.
    Selain itu mayoritas dari program Taught Masters terdiri dari modul inti serta operasional yang disampaikan melalui lokakarya, seminar serta kuliah. Sedangkan Research Masters, lebih melibatkan satu maupun dua lebih proyek penelitian independen dengan sedikit maupun tanpa jadwal waktu.
  2. Mempertimbangkan durasi program
    Mengingat pendidikan yang Anda jalani menggunakan pinjaman bunga rendah, tentu saja durasi program menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Terdapat program yang dapat berjalan selama 6 bulan, 12 bulan, maupun 24 bulan.
    Durasi ini bergantung dari akreditasi sekolah. Namun, rata-rata program magister memiliki durasi program sekitar 1 tahun bila mempunyai komponen disertasi.
    Namun jangan sampai karena sangat ingin lekas menyelesaikan kuliah, Anda memilih program dibawah 1 tahun, karena mempunyai risiko jika program tersebut tidak diakui.
  3. Cari tahu kurikulum dengan baik
    Bila sudah membuat keputusan mengenai program yang akan dipelajari, Anda dapat menghubungi pihak kampus serta bisa berbicara dengan manajer kursus dari program yang Anda tempuh.
    Anda dapat mengambil kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apa saja seperti mata pelajaran yang akan dibahas, hal-hal yang berkaitan dengan kurikulum yang ditawarkan hingga strategi penilaian.
    Dengan memperoleh informasi yang diperlukan, mahasiswa akan semakin mantap menentukan pilihan serta lebih percaya diri.
  4. Lihat seperti apa reputasi universitas
    Memilih sebuah universitas yang tepat merupakan hal krusial yang harus dilakukan. Bahkan, reputasi universitas yang akan Anda jadikan sebagai pilihan ini nantinya memiliki hubungan dengan industri.
    Peringkat universitas, kedudukan dan berbagai macam faktor lainnya juga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Anda juga harus memilih sesuai dengan kemampuan diri.
    Tentu saja semakin baik reputasi kampus yang dijadikan sebagai pilihan akan semakin membuka peluang pekerjaan setelah lulus dari kampus, namun bila tidak sesuai dengan kemampuan diri, hal tersebut justru menghambat kegiatan belajar Anda bukan?

Rekomendasi Pinjaman Bunga Rendah untuk Mendukung Studi Anda

Saat ini, ada begitu banyak produk pinjaman yang memberikan tawaran bunga rendah. Sayangnya, biasanya produk tersebut memiliki tenor yang rendah, atau syarat yang cukup rumit.

Namun, terdapat salah satu produk pinjaman online dengan bunga rendah yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Apalagi jika bukan DBS KTA. Berbagai keunggulan ditawarkan oleh DBS KTA untuk nasabahnya, seperti:

  1. Pinjaman mencapai Rp300 juta
    Menempuh pendidikan hingga ke luar negeri memang membutuhkan biaya yang besar. Sehingga, bila mencari pinjaman, Anda akan mencari plafond pinjaman yang cukup besar pula.
    Tidak perlu khawatir, DBS KTA memberikan pinjaman hingga mencapai Rp300 juta, Anda dapat mengajukan pinjaman dalam jumlah besar tanpa perlu merisaukan jaminan.
  2. Bunga flat mulai 0,88% per bulan
    Ada berbagai macam jenis bunga yang berlaku di Indonesia, salah satunya adalah bunga flat. Dibandingkan dengan jenis yang lain, bunga flat lebih menguntungkan, karena Anda hanya perlu mencicil dalam jumlah yang sama hingga tenor berakhir.
    DBS KTA bahkan memiliki pinjaman dengan bunga flat yang rendah, mulai dari 0,88% per bulan.
  3. Cicilan hingga 36 bulan
    Tidak sedikit pinjaman online yang muncul saat ini, namun kebanyakan pinjaman hanya memberikan tenor beberapa bulan saja. DBS KTA memberikan tenor hingga 36 bulan, sehingga Anda bisa lebih mudah mengatur cicilan bulanan sesuai dengan kemampuan ketika mengambil pinjaman.
  4. Syarat yang diberikan mudah
    DBS KTA memiliki syarat yang sangat mudah. Anda hanya harus memastikan jika berdomisili di Jabodetabek. Selain itu, Anda juga harus memiliki NPWP serta e-KTP.
    Untuk masalah penghasilan, penghasilan minimal yang disyaratkan sebesar Rp5 juta, serta harus memiliki kartu kredit yang berasal dari bank lain dengan limit minimal Rp10 juta. Tentu ini menjadi syarat yang mudah mengingat jumlah plafond pinjaman yang diberikan begitu besar.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, sudah yakin bukan jika DBS KTA merupakan pilihan pinjaman bunga rendah yang paling tepat dijadikan sebagai pilihan? Ajukan pinjaman sekarang juga dan raih mimpi untuk belajar di luar negeri.