Pinjaman Modal Usaha Coffeeshop
25 Apr 2022

Manfaatkan Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Coffee Shop!

Coffee shop atau kedai kopi yang berada di berbagai kota Indonesia saat ini menjadi lokasi favorit untuk bersantai serta bekerja. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila dalam waktu 5 tahun terakhir, jumlah coffee shop semakin meningkat.

Dengan begitu banyaknya permintaan masyarakat terhadap kopi, tidak sedikit orang yang melihat jika memulai usaha coffee shop merupakan peluang menjanjikan. Untuk membuat coffee shop yang cozy dan kekinian, tentu saja tidak murah.

Untuk mengatasi masalah modal, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha. Namun, selain masalah modal, ada berbagai macam hal yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Alasan Mengapa Usaha Coffee Shop Menjanjikan

Karena menggunakan pinjaman modal usaha untuk memulai bisnis, tentunya Anda ingin membuka bisnis yang benar-benar menjanjikan bukan? berikut beberapa alasan mengapa coffee shop menjadi bisnis yang menjanjikan, antara lain:

  1. Proses produksi cukup mudah
    Proses produksi yang dilakukan untuk membuat secangkir kopi bisa dikatakan cukup mudah serta cepat. Berbeda dengan bisnis makanan yang harus melalui sejumlah proses agar dapat menjadi hidangan.
  2. Menu yang dimiliki lebih sederhana
    Karena usaha yang Anda jalankan merupakan usaha coffee shop, tentu saja menu utama yang disajikan adalah olahan kopi, baik kopi hitam, kopi susu, cappuccino atau menu kopi kekinian yang lainnya.
    Sedangkan, untuk menu pelengkap yang dimiliki juga sangat sederhana seperti singkong goreng keju, pisang bakar, roti bakar dan kentang goreng. Bila ingin menyediakan menu makanan berat, Anda bisa menyediakan menu mie goreng, mie rebus dengan berbagai topping.
  3. Pangsa pasar sangat luas
    Beda dengan minuman lainnya, kopi bisa dikatakan sebagai minuman yang dapat dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja. mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas.
    Bukan hanya karyawan saja yang sering minum kopi, namun mahasiswa juga sering. Tentu saja dengan pangsa pasar yang luas, hal ini membuat usaha coffee shop lebih menggiurkan. Bahkan Anda berpotensi memperoleh keuntungan yang besar. Lebih-lebih saat ini kopi telah menjadi gaya hidup dari masyarakat.
  4. Pendapatan sangat menjanjikan
    Usaha coffee shop bukan merupakan usaha musiman yang dapat redup sewaktu-waktu, namun coffee shop merupakan bisnis yang terkesan tidak pernah mati, bahkan terus menerus tumbuh setiap tahun.
    Inilah alasan mengapa coffee shop menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan setiap harinya. Bahkan, tidak sedikit kisah sukses dari pemilik coffee shop mendapatkan keuntungan mulai dari jutaan hingga ratusan juta perbulan.
  5. Konsep dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan
    Coffee shop memiliki cukup banyak konsep, mulai dari konsep yang dekat dengan alam atau konsep yang lebih terkesan modern. Anda dapat memilih konsep coffee shop ini sesuai dengan keinginan serta modal yang dimiliki.
    Tentu saja untuk konsep yang dekat dengan alam seperti coffee shop pegunungan, memiliki harga jual yang lebih mahal namun juga membutuhkan modal cukup besar.

Langkah Membuka Usaha Coffee Shop

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuka usaha coffee shop, antara lain:

  1. Siapkan modal
    Modal menjadi fokus pertama yang harus dipikirkan. Setidaknya, Anda harus mempunyai 3 jenis alat untuk manual brew. Selain itu, Anda juga harus membeli mesin espresso. Bila ingin membuka coffee shop skala besar, Anda dapat menggunakan pinjaman modal usaha untuk melengkapinya.
  2. Tentukan lokasi dari kedai kopi
    Hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi. Untuk memperoleh lokasi yang bagus, Anda dapat melakukan survey lokasi. Pastikan lokasi tersebut dekat dengan target pembeli yang ingin dituju.
    Contohnya saja seperti kedai yang dibangun mempunyai target pasar anak muda, sehingga cari lokasi coffee shop yang tidak jauh dari kampus atau daerah yang banyak dilalui oleh mahasiswa. Jangan sampai coffee shop yang akan Anda buka sepi karena salah memilih lokasi.
    Umumnya, lokasi yang strategis memiliki harga sewa yang cukup mahal, oleh sebab itu ketika mengajukan pinjaman modal usaha, masukkan budget untuk sewa lokasi ke dalamnya.
  3. Memilih mesin untuk membuat kopi
    Pilihan mesin pembuat kopi ada espresso serta manual brew. Lebih baik untuk membeli keduanya. Manual brew, minimal Anda harus mempunyai 3 jenis mesin. Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, namun Anda dapat menganggap jika ini merupakan investasi.
    Dengan memilih mesin yang mumpuni untuk membuat kopi, Anda dapat menghasilkan secangkir kopi yang nikmat dan berkualitas sehingga pelanggan akan terus kembali ke coffee shop yang Anda miliki.
  4. Siapkan berbagai perlengkapan serta peralatan
    Bukan hanya menyediakan alat untuk membuat kopi, Anda juga harus menyediakan peralatan yang lainnya seperti timbangan, penggiling kopi, milk jug dan lainnya. Selain itu lengkapi coffee shop dengan glassware, kulkas kecil serta blender.
  5. Tentukan konsep coffee shop
    Bukan hanya mempertimbangkan pinjaman modal usaha yang akan diajukan, namun konsep yang akan digunakan pada coffee shop yang Anda buka juga harus diperhatikan. Konsep coffee shop yang unik bisa menarik pelanggan.
    Sebenarnya, hal ini bergantung dari target pelanggan yang ingin dijangkau. Contohnya saja seperti target pelanggan yang diingini adalah pekerja kantoran, sehingga coffee shop dengan konsep on-the-go dapat menjadi pilihan.
    Biasanya, karyawan kantor tidak mempunyai banyak waktu luang untuk minum kopi di coffee shop karena aktivitas yang padat, sehingga Anda dapat menyediakan kopi dan langsung dibawa pergi.
    Berbeda jika Anda ingin membuat coffee shop yang diminum di tempat. Bila ini konsep yang diingini, Anda dapat membuat coffee shop dengan konsep terbuka atau berhias pemandangan alam, sehingga minum kopi akan terasa lebih nikmat.
    Apapun konsep yang ingin digunakan, pastikan konsep tersebut berbeda dengan yang lain, sehingga pelanggan akan memperoleh pengalaman yang baru.
  6. Cari pemasok yang berkualitas
    Cari pemasok biji kopi sesuai pasar yang Anda miliki. Bila pasar yang Anda miliki menengah ke bawah, Anda dapat mencari supplier dengan mudah, namun bila kelasnya menengah ke atas, tidak ada salahnya meningkatkan harga untuk mencari pemasok terbaik.
    Lakukan sejumlah survey dengan optimal sehingga memperoleh pemasok yang cocok. Selain itu Anda dapat melakukan sejumlah riset di internet serta bertanya pada sesame pemilik usaha coffee shop.
  7. Lakukan promosi di media sosial
    Ketika mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal, Anda dapat menganggarkan promosi media sosial di dalamnya. Di tengah pandemic seperti sekarang ini, promosi konvensional tidak akan cukup. Anda harus mempromosikan coffee shop di media sosial.
    Anda dapat mengandalkan promosi media sosial ini pada agency. Biasanya mereka akan memberikan pilihan budget promosi, sehingga Anda hanya perlu menyesuaikannya.

Rincian Modal Usaha untuk Membuka Coffee Shop

Ketika ingin menggunakan pinjaman untuk modal usaha awal saat menjalankan bisnis, besarnya rincian modal menjadi hal yang harus diketahui. Lebih-lebih jika ingin membuka coffee shop yang berukuran besar, tentu saja perhitungannya harus lebih jeli. Berikut rincian modal yang harus Anda siapkan, antara lain:

  1. Peralatan untuk membuat kopi
    Untuk membeli peralatan kopi, Anda harus merogoh kantong yang cukup dalam. Modal untuk membeli peralatan kopi ini dapat mencapai Rp20 juta dengan rincian Rp1.3 jutaan untuk mesin V60.
    Kemudian yang lainnya seperti mesin espresso Rp15 jutaan, French press Rp1 jutaan, serta Syphon. Selain itu peralatan lain yang dibutuhkan seperti penggiling kopi, timbangan, pembuat buih, dan tempat pembuat buih. Jumlah modal yang dibutuhkan untuk membeli alat penunjang Rp20 jutaan.
    Ada pula peralatan lain seperti kulkas kecil, blender serta glassware. Total biaya untuk membeli peralatan penunjang ini Rp5 jutaan.
  2. Bahan minuman
    Untuk bahan minuman, Anda dapat menganggarkan bahan minuman 1 bulan mulai dari Rp10 juta terlebih dahulu.
  3. Peralatan interior
    Karena nantinya Anda akan membuat sebuah coffee shop, Anda harus mengisi ruang usaha dengan berbagai peralatan seperti meja kursi, peralatan bersih-bersih, CCTV serta aksesoris. Dana yang dibutuhkan untuk membelinya Rp15 jutaan.
  4. Alat pembayaran
    Alat pembayaran juga menjadi peralatan yang tidak boleh dikesampingkan. Besarnya dana untuk membeli alat pembayaran ini sebesar Rp5 jutaan. Anda juga harus mencatat rincian ini ketika mengkalkulasi besarnya pinjaman modal usaha.
  5. Biaya lain
    Biaya lain yang dibutuhkan seperti biaya promosi untuk 3 bulan, sewa tempat usaha, biaya listrik, biaya perizinan perseorangan hingga tenaga kerja. Untuk rincian ini, besarnya biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari lokasi tempat membuka coffee shop.
    Namun, minimal anggaran yang harus disiapkan mulai dari Rp50 jutaan, mengingat biaya sewa tempat saat ini tidak murah.

Bila berdasarkan rincian di atas, pinjaman untuk modal usaha awal yang harus Anda ajukan berkisar di angka Rp125 jutaan. Modal ini masih dapat bertambah bergantung dari konsep yang ingin Anda buat ketika merancang coffee shop.

Pilihan Pinjaman Modal Usaha

Mengingat modal yang dibutuhkan begitu besar, jika mengandalkan modal dari tabungan, mungkin akan membutuhkan banyak waktu. Sebagai pilihan, pinjaman modal usaha Anda dapat memilih DBS KTA.

Berbagai keunggulan dimiliki DBS KTA untuk nasabahnya, seperti:

  1. Pinjaman hingga mencapai Rp300 juta
    DBS KTA menyediakan pinjaman hingga Rp300 juta, dengan besarnya modal yang diberikan, Anda dapat membuka bisnis coffee shop sesuai dengan keinginan.
  2. Bunga yang diberikan flat mulai dari 0,88% per bulannya
    Ketika mengajukan pinjaman untuk modal usaha, bunga flat mungkin menjadi salah satu keinginan, karena dengan sistem bunga flat, besarnya angsuran yang Anda lakukan tidak akan berubah.
    Sehingga, Anda akan lebih mudah menghitung beban angsuran yang harus dibayar setiap bulan. Lebih-lebih DBS KTA juga memberikan bunga yang sangat ringan, mulai dari 0,88% per bulannya.
  3. Cicilan mencapai 36 bulan
    DBS KTA memberikan tenor cicilan mencapai 36 bulan, sehingga Anda dapat menentukan jangka sesuai dengan kemampuan.
  4. Syarat mudah
    DBS KTA memiliki syarat yang mudah, Anda hanya perlu memastikan jika berdomisili di daerah Jabodetabek. Selain itu Anda juga harus memiliki e-KTP serta NPWP.
    Minimal penghasilan yang dimiliki Rp5 juta serta mempunyai kartu kredit dari bank lain Rp10 juta.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, sayang bukan jika melewatkan pinjaman modal usaha DBS KTA? Jadi, ajukan sekarang dan buat coffee shop sesuai dengan keinginan Anda.