Reksadana pasar uang memiliki sifat keuntungan yang cenderung stabil

Beralih ke Reksadana Pasar Uang, Ini 3 Keunggulan Buat Anda

Fluktuasi ekonomi akibat pandemi hingga kini masih berdampak signifikan pada dunia investasi tanah air. Stimulus jumbo yang diberikan pemerintah dari sejumlah negara termasuk  pemerintah untuk menggairahkan kembali laju ekonomi nyatanya belum sepenuhnya berbuah manis. NIlai dollar di pasar uang masih naik turun sehingga berpengaruh pada sejumlah harga komoditas.

Di sisi lain, pendapatan dari bunga tabungan dan deposito juga cenderung stagnan. Hal ini disebabkan adanya kebijakan pemangkasan suku bunga dari bank sentral beberapa negara. Hal ini bisa saja membuat semangat menabung berkurang. Banyak yang mulai mencari instrumen investasi lain untuk memastikan pendapatan tetap mengalir.

Bagi Anda yang sedang memikirkan alternatif investasi baru yang tetap menawarkan keuntungan signifikan di tengah situasi pandemi seperti sekarang, tak ada salahnya untuk mencoba memulai investasi di reksadana pasar uang. Selain memiliki risiko yang relatif kecil, berinvestasi di reksadana pasar uang memberi Anda kemudahan karena pengelolaan aset akan dibantu oleh para manajer investasi yang sudah berpengalaman dalam mengelola dana investasi.

Secara umum, reksadana adalah produk investasi yang bersumber  dari kumpulan dana masyarakat pemodal yang kemudian diolah menjadi investasi dalam berbagai bentuk portofolio seperti saham, obligasi, pasar uang ataupun efek lainnya. Saat memilih berinvestasi melalui reksadana Anda tidak perlu repot lagi menempatkan investasi pada salah satu instrumen karena sudah dibantu oleh Manajer Investasi.

Saat ini, ada beberapa bentuk investasi reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana terproteksi, reksadana campuran, reksadana index (RDI), dan reksadana saham. Reksadana pasar uang merupakan investasi yang portofolionya terdiri dari instrumen aset jangka pendek atau kurang dari satu tahun, serta memiliki kualitas tinggi.

Reksadana pasar uang juga memiliki sifat keuntungan yang cenderung stabil dan tidak terguncang oleh kondisi ekonomi global. Jadi buat Anda yang ingin mendapatkan pendapatan investasi dalam jangka pendek, dapat memilih berinvestasi di reksadana pasar uang.

Kenapa Memilih Reksadana Pasar Uang?

Untuk Anda yang menginginkan pendapatan investasi cukup tinggi namun dengan risiko yang tidak terlalu besar, berinvestasi di reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan yang cocok. Manajer Investasi biasanya akan menempatkan dana Anda pada instrumen pasar uang yang memiliki kualitas tinggi dan liquid debt seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau Obligasi.

Hal yang menarik dari berinvestasi di reksadana pasar uang adalah 100% dana yang Anda berikan pada Manajer Investasi diolah sepenuhnya sehingga membawa keuntungan maksimal. Hal ini merupakan cara investasi reksadana yang aman. Diversifikasi ke beberapa instrumen investasi dapat mengurangi risiko investasi.

Berikut keunggulan yang bisa Anda rasakan saat berinvestasi melalui reksadana pasar uang.

  1. Imbal Hasil Lebih Tinggi

    Berinvestasi lewat instrumen reksadana pasar uang menawarkan pendapatan bunga yang lebih tinggi dibanding dengan deposito dan tabungan. Hal ini disesuaikan dengan selisih keuntungan yang cukup signifikan dari nilai aset yang diinvestasikan. Semakin tinggi kenaikan nilai aset, semakin tinggi pula keuntungan reksadana yang akan didapatkan.

    Hal ini berbeda dengan berinvestasi melalui deposito karena nilai bunga hanya diukur berdasarkan rate yang telah ditetapkan perbankan. Suku bunga padai deposito sudah ditetapkan dari awal sehingga tidak akan ada peningkatan keuntungan.

  2. Liquid

    Salah satu keuntungan dari investasi reksadana pasar uang adalah sifat liquidnya. Anda bisa mencairkan aset Anda kapan saja sesuai dengan kebutuhan tanpa ada pinalti. Fleksibilitas ini memberi kesempatan bagi Anda untuk menggunakan dana atau keuntungan tanpa harus menunggu masa jatuh tempo tiba seperti saat menyimpan dana di deposito atau tabungan. Pemegang reksa dana dapat menjual kepemilikan mereka kembali berdasarkan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama.

    Sifatnya yang liquid membuat Anda bisa menggunakan investasi reksadana pasar uang untuk menyimpan dana darurat. Karena sifatnya hanya dipakai sewaktu-waktu tentu saja maka potensi peningkatan aset menjadi lebih besar karena keuntungan yang terus bertambah.

  3. Terjangkau

    Tak perlu modal yang besar untuk bisa mulai berinvestasi di reksadana pasar uang karena Anda bisa mulai dari Rp 100.000,- Dengan dana yang terbatas, Anda tetap bisa berinvestasi berpartisipasi dalam investasi yang mungkin tersedia hanya bagi investor dengan dana lebih besar karena dana yang Anda setorkan ke Manajer Investasi akan dikelola secara bersamaan dengan dana dari investor lainnya.

    Hal yang lebih menguntungkan lagi bahwa penghitungan bunga pada reksadana pasar uang tidak tergantung dari berapa besar dana yang digunakan. Berapapun dana yang Anda gunakan, nilai suku bunga yang diperoleh tetap sama.

  4. Aman dan Transparan

    Reksadana pasar uang merupakan instrumen investasi yang aman karena adanya pengawasan dari pemerintah. Selain itu semua reksadana wajib melaporkan informasi yang sama kepada investor, sehingga investor lebih mudah untuk membuat perbandingan antara satu dengan yang lain.

    Berinvestasi di reksadana pasar uang juga minim resiko karena dikelola oleh manajer investasi yang memiliki portofolio bagus  untuk mengawasi investasi dana. Agar tingkat keamanan semakin tinggi dan risiko semakin rendah, Anda perlu memilih manajer investasi yang terpercaya, profesional terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berbagai keunggulan berinvestasi di reksadana pasar uang kini juga bisa Anda dapatkan dengan membeli produk investasi UT Saving Plan dari DBS  Treasure. Di sini, dana Anda akan dikelola oleh para profesional melalui investasi yang terdiversifikasi.

Setidaknya, Anda akan merasakan tiga manfaat utama saat berinvestasi reksadana melalui DBS Treasures yaitu:

  • Pengelolaan investasi oleh profesional

    Pilihan investasi di DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka untuk memastikan kinerja yang optimal.

  • Dapatkan wawasan untuk memandu Anda berinvestasi

  • Mengurangi risiko melalui diversifikasi

    Diversifikasi dalam berinvestasi diperlukan untuk mengurangi risiko dengan menyebarkan berbagai jenis aset investasi. Jadi, bila dalam kasus tertentu suatu instrumen mengalami penurunan nilai return, dana Anda tetap bisa tumbuh melalui instrumen investasi yang lainnya. Di DBS Treasures, Manajer Investasi akan memilihkan produk investasi terpercaya dengan risiko yang rendah untuk Anda.

Memanfaatkan DBS Treasures untuk mengeksekusi rencana Anda berinvestasi di pasar saham merupakan pilihan yang tepat karena DBS Treasuress secara proaktif akan membantu Anda menyusun strategi manajemen kekayaan sesuai dengan kebutuhan. Anda akan dibantu dengan tim ahli finansial dalam merencanakan pengelolaan aset berdasarkan data pasar terkini. Anda bisa membaca analisa peluang dan perkembangan pasar sedini mungkin melalui Daily Update, Market Update bulanan, dan webinar eTalk Series.

Untuk membantu investor, DBS Treasures didukung tim ahli handal yang terdiri dari Market Intelligence, Data Scientist, Product Specialist, dan Relationship Manager tersertifikasi, yang bergerak dinamis mempertajam strategi investasi Anda. Selain itu, para ahli ini juga didukung data pasar dari DBS Research Library untuk mengoptimalkan aset Anda.

Hal yang tidak kalah penting, bagi Anda yang ingin berinvestasi reksadana pasar uang menjadi lebih praktis dan mudah dengan adanya dukungan inovasi digital berkelanjutan untuk kelancaran transaksi kapan saja dan di mana saja.

Mari diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi Reksadana.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?