all you can eat
22 Aug 2022

9 Tips Jadikan Bisnis All You Can Eat Semakin Menguntungkan

All you can eat merupakan salah satu konsep makanan yang sekarang ini menjamur di Indonesia. Meskipun bisnis ini menarik, tetapi tidak mudah untuk membuat profit semakin naik. Bila Anda terkendala masalah modal, pinjaman uang di bank bisa dijadikan sebagai pilihan.

Seperti nama yang dimilikinya, konsep all you can eat sangat menarik karena pembeli bisa dengan bebas makan sepuasnya padahal hanya sekali bayar. Namun, meskipun pembeli bisa dengan bebas makan sepuasnya, menariknya lagi restoran tidak akan mengalami kerugian.

Menjamurnya konsep all you can eat ini bermula dari populernya drama Korea di Indonesia. drama tersebut menampilkan kebiasaan warga Korea yang memasak daging di tempat dengan sejumlah pilihan slide dish.

Estimasi Anggaran untuk Mengembangkan Bisnis Pakai Pinjaman Uang di Bank

Ketika memutuskan untuk menggunakan pinjaman bank, agar dapat mengembangkan bisnis. Estimasi anggaran menjadi hal penting yang harus dilakukan. Berikut estimasi anggaran yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi:

  1. Alat Makan Eksklusif
    Bila alat makan yang dimiliki di restoran Anda sudah usang, sekarang sudah saatnya untuk melakukan penggantian. Anda dapat membeli alat makan ini dengan harga Rp3 jutaan.
  2. Freezer Box dan Peralatan Dapur Lain
    Selain alat makan, Anda bisa menambah freezer box, sehingga daging serta bahan makanan selalu fresh.  Selain freezer box, Anda juga dapat membeli sejumlah peralatan dapur lainnya. Besarnya biaya untuk melakukan penggantian Rp20 jutaan.
  3. Renovasi Tempat Usaha
    Bila Anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis, dengan merenovasi tempat usaha, biaya yang Anda butuhkan akan cukup besar. Contohnya, restoran all you can eat yang Anda miliki, dulunya tidak memiliki ruang rapat eksklusif.
    Karena ingin menjangkau pasar lebih luas, Anda dapat merenovasi restoran all you can eat ini seperti ala restoran Jepang. Sehingga karyawan perusahaan bisa dengan bebas meeting di satu ruangan.
    Untuk besaran biaya renovasi, tentu bergantung dari banyaknya ruangan yang Anda buat. Jika membuat 2 atau 3 ruangan dengan menggunakan partisi kayu, besarnya dana yang dibutuhkan mencapai Rp200 juta.
  4. Biaya Pemasaran
    Pemasaran menjadi biaya yang tidak boleh dilupakan ketika sedang mengatur dana untuk mengambangkan bisnis. Sebenarnya, biaya pemasaran ini bergantung dari bentuk pemasaran yang Anda jadikan sebagai pilihan.
    Contohnya saja, Anda ingin menggunakan pemasaran digital, sehingga harus membuat website restoran all you can eat, kemudian dimaksimalkan dengan media sosial.
    Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran bisa mencapai Rp50 juta. Mahalnya biaya tersebut karena Anda harus menyewa digital marketing agency.  Ini tidak akan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan karena Anda bisa mengajukan pinjaman uang ke bank.
  5. Tambahan Tenaga Kerja
    Agar bisnis semakin berkembang, hindari membebankan berbagai tugas pada satu karyawan. Anda dapat mencari tambahan tenaga kerja atau karyawan, sehingga nantinya semua tugas bisa diselesaikan dengan baik.
    Tambahan tenaga kerja ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, contohnya seperti tenaga kerja khusus SDM, atau bagian finance, hingga marketing.

Tips Mengembangkan Bisnis All You Can Eat Agar Makin Sukses

Setiap pengusaha pasti akan merasa sedih bila bisnis yang dimilikinya terus stagnan. Jika berbagai macam cara sudah dilakukan untuk mengembangkan bisnis all you can eat Anda tetapi tidak menghasilkan perubahan signifikan, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti, seperti:

  1. Review Perkembangan Bisnis Anda Selama ini
    Agar bisa mengembangkan bisnis all you can eat kecil menjadi besar adalah melakukan review pada pertumbuhan bisnis Anda sampai sejauh ini.
    Anda dapat melakukan sejumlah evaluasi dari langkah yang sudah diusahakan selama berbisnis, sehingga Anda bisa dengan mudah menilai serta melihat apa saja yang harus dikembangkan dan diperbaiki.
  2. Lakukan Analisa Keunggulan dan Kelemahan Bisnis
    Hal yang menghambat bisnis all you can eat yang sekarang ini Anda miliki adalah produk atau menu all you can eat tersebut kurang diminati. Oleh sebab itu lakukan analisis keunggulan serta kelemahan produk.
    Keunggulan yang ada di menu all you can eat restoran Anda harus terus dikembangkan, bahkan terus diinovasi. Sedangkan, kelemahan menu harus diminimalisir, atau bahkan dihilangkan.
  3. Cari Tahu Letak Masalah
    Sebenarnya, masalah di dalam usaha menjadi sebuah hal yang wajar. Namun, bila Anda tidak segera menyelesaikannya, tentu akan mengganggu kestabilan perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu masalah bisnis all you can eat ini.
    Untuk mencari letak masalah bisnis, Anda dapat mencari tahu seperti apa operasional bisnis, SDM, keuangan, pemasaran hingga kepemimpinan. Kemudian, satu demi satu komponen bisa dicari tahu, dan melihat mana hal yang paling mempengaruhi perkembangan bisnis all you can eat.
  4. Buat Solusi Dari Masalah
    Jika sudah menemukan berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam bisnis, Anda dapat membuat solusi dari pemecahan masalah tersebut. Bila sulit mencari pemecahan masalah tersebut sendiri, Anda dapat meminta masukan dari sejumlah pihak.
    Contohnya saja masalah yang terjadi berkaitan dengan keuangan bisnis Anda. Anda dapat mengidentifikasi masalah tersebut, apakah masalah tersebut berhubungan dengan modal atau yang lainnya.
    Bila masalah tersebut berhubungan dengan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman uang ke bank untuk mengatasinya.
  5. Lakukan Analisa Kompetitor
    Melakukan analisa kompetitor menjadi langkah mengembangkan usaha all you can eat. Hal tersebut bertujuan agar Anda tahu seperti apa kekuatan serta kelemahan pesaing.
    Bukan hanya bisa memahami pesaing bisnis semakin dalam. Melakukan analisa kompetitor akan membuat rencana menjadi semakin strategis agar bisa mengalahkan competitor serta membuat bisnis bisa bertahan dengan pesat.
    Lebih-lebih sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan restoran all you can eat. Mereka menyajikan menu yang hampir sama dengan layanan yang hampir sama pula.
  6. Lakukan  Perbaikan Strategi Marketing
    Hal yang membuat bisnis all you can eat menjadi sulit maju adalah tingkat penjualan selalu stagnan. Sehingga Anda harus berjuang meningkatkan pendapatan all you can eat agar keuntungan menjadi semakin bertambah serta usaha all you can eat menjadi semakin bertumbuh.
    Salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah memperbaiki serta membuat strategi marketing. Anda bisa mencari tahu apakah Anda harus menambah maupun mengganti strategi marketing yang selama ini digunakan.
    Contohnya saja, selama ini Anda kurang mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Padahal pelanggan dari bisnis all you can eat kebanyakan merupakan anak muda yang aktif menggunakan media sosial.
    Sembari melakukan evaluasi, Anda juga harus memperhatikan seperti apa trend marketing yang marak dilakukan sekarang ini. Kemudian jadikan trend tersebut sebagai referensi ketika menyusun strategi yang baru.
  7. Lakukan Riset Target Pasar
    Selain karena marketing, salah satu hal yang menjadi penyebab bisnis sulit berkembang ialah target marketing atau target pasar yang kurang luas. Jangan sampai target pasar lain menemukan bisnis all you can eat dan mengalahkan bisnis all you can eat yang Anda miliki. Bila hal ini terjadi, Anda dapat membuat riset target pasar baru.
    Contohnya, selama ini Anda memiliki target pasar anak muda, karena anak muda menyukai drama Korea dan suka nongkrong bersama dengan teman. Padahal, pelanggan bisnis all you can eat ini juga bisa dari kalangan orangtua.
    Tidak sedikit orangtua yang menjadikan restoran all you can eat sebagai tempat berkumpul bersama dengan anggota keluarga. Bila sudah menemukan target pasar yang baru, jangan lupa rebranding sehingga bisnis all you can eat yang Anda miliki relevan dengan target tersebut.
  8. Lakukan Kerjasama dengan Bisnis Lainnya
    Cara lain mengembangkan bisnis all you can eat adalah melakukan kerjasama dengan bisnis lain. Dengan melakukan kolaborasi, bisnis all you can eat Anda menjadi semakin kuat. Lebih-lebih bila bisnis yang Anda ajak melakukan kerjasama adalah bisnis yang popular.
    Contohnya, Anda dapat menjalin kerjasama dengan distributor daging yang terkenal. Distributor tersebut menyajikan daging berkualitas di kalangan pasar menengah ke atas.
    Dengan menggaetnya, Anda tentu ikut memperoleh target pasar baru. Tetapi, ketika ingin melakukan kerjasama, pastikan kembali sudah memahami sejumlah ketentuan kerjasama agar saling menguntungkan.
  9. Siapkan Berbagai Hal untuk Kondisi Tidak Terduga
    Sekarang ini dunia bisnis memang berkembang sangat cepat. Trend yang sekarang ini terjadi mungkin bisa menghilang hanya dalam keesokan harinya. Oleh sebab itu, siapkan bisnis all you can eat Anda untuk menghadapi kondisi tersebut.
    Pastikan jika Anda memiliki rencana inovasi, sehingga bisnis menjadi yang paling depan serta bisa melakukan adaptasi lebih cepat pada perubahan.

Kelebihan Bisnis All You Can Eat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meskipun bisnis all you can eat memberikan kebebasan pelanggan untuk makan dengan bebas, tetapi all you can eat tetap menguntungkan. Berikut sejumlah kelebihan yang dimiliki bisnis all you can eat, antara lain:

  1. Memberi Charge di Makanan Sisa
    Restoran yang memiliki konsep all you can eat umumnya menerapkan denda pada makanan sisa pembeli. Sehingga, walaupun pembeli bisa dengan bebas makan sepuasnya, mereka harus membayar denda jika terdapat makanan yang tersisa.
    Mengapa makanan dapat tersisa? Hal ini disebabkan karena konsep all you can eat memberi batas waktu untuk makan. Lebih-lebih pembeli juga harus memasak menu tersebut sendiri. Sehingga hanya tersisa sedikit waktu untuk menyantap makanan.
  2. Self Service
    Alasan lain mengapa all you can eat tetap menguntungkan adalah menggunakan konsep self service. Dengan konsep ini, pembeli harus mengambil serta memasak makanan sendiri. Strategi ini sudah tentu akan membuat pebisnis tidak membutuhkan banyak karyawan.
    Sehingga, biaya pengeluaran perusahaan sedikit karena pegawai yang diperlukan tidak begitu banyak.

Pilihan Pinjaman Uang di Bank untuk Tingkatkan Profit Bisnis All You Can Eat

Bila ingin segera mengembangkan bisnis all you can eat tapi terkendala modal, pinjaman uang bisa menjadi pilihan. Sekarang ini cukup banyak produk pinjaman yang dapat dijadikan pilihan, salah satunya adalah DBS KTA.

Sebagai salah satu rekomendasi produk unggulan, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki DBS KTA, antara lain:

  1. Pinjaman yang diberikan hingga Rp300 juta
  2. Bunga flat mulai 0,88% saja per bulan
  3. Cicilan dapat diatur hingga  36 bulan
  4. Syarat yang diberikan mudah, hanya perlu bertempat tinggal di Jabodetabek serta memiliki e-KTP, NPWP minimal gaji 5 juta dan kredit bank lain dengan limit sedikitnya 10 juta.

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, DBS KTA bisa menjadi pilihan yang terbaik bukan? Ajukan pinjaman uang di bank sekarang juga di DBS KTA untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki.