Berlian
27 Jul 2022

5 Cara Memilih Berlian yang Tepat untuk Investasi

5 Cara Memilih Berlian yang Tepat untuk Investasi

Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda coba, salah satunya adalah berlian. Anda bisa menggunakan pinjaman bunga rendah untuk membeli berlian dengan kadar karat yang tepat karena semakin besar karatnya akan semakin tinggi harganya.

Tidak hanya difungsikan sebagai investasi, berlian cenderung diutamakan untuk perhiasan dan aksesoris mewah penunjang fashion wanita. Berlian sendiri adalah mineral karbon murni yang mengalami proses kimiawi secara alami selama ratusan tahun

hingga mineral karbon tersebut membentuk batuan permata yang memiliki karakteristik sangat kuat dan keras. Pantulan cahaya yang mengenai permukaannya terlihat berkilauan sehingga membuatnya banyak dicari dan memiliki nilai jual yang tinggi.

5 Cara Memilih Berlian yang Tepat untuk Investasi

Anda mungkin sering mendengar orang yang tertipu berlian palsu karena tergiur dengan harga yang murah. Sebenarnya berlian yang dijual dengan harga mahal tidak bisa menjamin keasliannya. Oleh karena itu, Anda harus lebih cermat lagi saat membeli berlian dan pastikan jangan percaya begitu saja dengan pihak penjual.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan ketika hendak membeli berlian untuk investasi, berikut cara selengkapnya.

  1. Kenali Karakteristik dan Ciri-ciri Berlian Asli

    Bagi orang awam membedakan berlian palsu dengan yang asli adalah hal yang sulit  karena secara kasat mata bentuknya hampir sama. Hanya orang berpengalaman saja yang bisa mengetahui keaslian pada sebuah berlian bahwa diperlukan alat khusus untuk memastikannya.

    Menurut orang-orang yang berkecimpung di bidang  bisnis berlian, berlian asli akan mengeluarkan cahaya putih atau abu-abu ketika memantulkan cahaya. Tidak hanya itu, berlian asli tidak memantulkan cahaya warna-warni. Untuk ciri-ciri berlian asli selengkapnya bisa Anda ketahui dari penjelasan berikut.

    • Ciri-ciri Berlian Asli

      Meskipun cukup sulit membedakan berlian asli dan palsu dengan mata telanjang. Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui ciri-ciri berlian asli untuk berjaga-jaga agar tidak tertipu oknum penjual nakal:

      1. Berlian asli memiliki tekstur yang sangat keras dan kuat sehingga membuatnya tidak mudah retak atau rusak
      2. Ketika Anda menghembuskan nafas ke permukaannya berlian asli tidak akan muncul embun
      3. Memiliki ketahanan yang tahan terhadap goresan
      4. Ketika dimasukkan ke dalam air berlian palsu akan mengapung sementara berlian asli justru akan tenggelam ke dalam air. Namun, tanda ini hanya berlaku untuk batu berlian yang belum dijadikan perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan lain sebagainya.
      5. Memiliki ketahanan yang baik terhadap panas sehingga berlian asli tidak mudah hancur dan meleleh saat terpapar suhu tinggi
    • Mengetahui Karakteristik Berlian Asli

      Berlian mempunyai berbagai karakteristik dan bentuk yang berbeda-beda. Bentuk berlian yang paling sering ditemukan di pasaran adalah round diamond. Ini karena round diamond memiliki karakteristik yang unik dan mudah dibuat menjadi perhiasan dalam berbagai bentuk.

      Tidak heran jika sebagian besar orang yang baru pertama kali membeli berlian akan memilih bentuk round diamond khususnya orang-orang yang menggunakannya untuk investasi. Selain, Bentuk round diamond ada bentuk berlian lainnya yang perlu Anda tahu, di antaranya adalah

      1. Bentuk cushion diamond
      2. Marquise
      3. Fancy shapes
      4. Oval dan masih banyak yang lainnya.

      Supaya Anda lebih paham tentang lebih karakteristik berlian sebaiknya pahami 4C (Color, Cut, Carat, Clarity) terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang 4C yang harus Anda simak sebelum membeli berlian:

      1. Colour

      Warna berlian yang Anda pilih akan menentukan tingkat keindahan dan harga jualnya. Secara global, berlian yang berkualitas memiliki warna dengan tingkat D hingga Z. Jika, warnanya semakin mendekati tingkat Z, maka berlian tersebut memiliki warna kuning terang. Ada juga warna-warna berlian langka yang harganya cukup mahal, seperti warna merah, biru, dan hitam.

      1. Clarity

      Tingkat kejernihan atau clarity pada berlian juga akan mempengaruhi nilai jualnya. Berlian yang memiliki tingkat kejernihan yang baik adalah berlian yang tidak rusak, lecet, dan tergores.

      Berlian dengan tingkat kejernihan seperti air atau kaca juga akan memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi. Dalam mengukur tingkat kejernihannya Anda tidak bisa memeriksanya dengan mata telanjang. Tapi diperlukan alat bantu berupa lensa khusus yang mempunyai kemampuan perbesaran hingga 10 kali.

      1. Carat

      Karat atau carat merupakan satuan berat berlian yang berpengaruh pada dimensi dan harga jualnya. Jadi, satuan karat pada berlian berbeda dengan satuan karat pada emas yang berguna untuk mengukur kadar kemurniannya.

      Sementara satuan karat pada berlian digunakan untuk mengukur beratnya maka semakin besar ukuran berlian yang Anda beli akan semakin tinggi karatnya.

      1. Cut

      Potongan berlian atau yang sering disebut cut ini akan mempengaruhi pantulan cahaya yang dihasilkan berlian tersebut. Itulah mengapa berlian tidak boleh dipotong secara sembarangan karena akan berpengaruh terhadap refleksi cahaya yang dipantulkan.

  2. Pilih Berlian dengan Ukuran yang Utuh

    Jika, Anda membeli berlian untuk  perhiasan sebagai aksesoris dan pelengkap fashion. Mungkin berlian ukuran  kecil bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Tapi jika Anda membeli berlian untuk tujuan investasi sebaiknya pilihlah berlian utuh, paling tidak berlian berukuran 0,5 karat. Kenapa harus membeli berlian dalam bentuk utuh? Karena jika Anda membeli berlian dalam bentuk kecil nilainya jualnya akan lebih rendah meskipun digabungkan menjadi 1 karat.

    Lain halnya saat Anda membeli berlian 1 karat secara utuh maka harganya akan lebih tinggi dari berlian yang berukuran kecil-kecil meskipun sudah digabungkan menjadi 1 karat.

  3. Sesuaikan Budget untuk Memulai Investasi Berlian

    Ketika memutuskan membeli berlian untuk investasi pastikan Anda sudah mempersiapkan budget yang memadai dari jauh-jauh hari. Jika, tabungan Anda belum cukup untuk membeli berlian yang diinginkan.

    Coba gunakan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan untuk mulai membeli berlian sesuai karat yang Anda inginkan. Apakah tepat membeli berlian menggunakan pinjaman? Tentu akan menjadi keputusan yang berdampak positif jika Anda bisa mengelola keuangan dengan baik.

    Dengan menyisihkan sebagian gaji untuk membayar angsuran Anda bisa segera membeli berlian yang diinginkan tanpa perlu menunggu tabungan terkumpul. Selain, itu Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan berlian di masa mendatang karena harganya terus naik.

  4. Cari Jenis Berlian yang Langka dan Disukai Banyak Orang

    Semakin langka berlian yang Anda beli harga jualannya akan terus naik bahkan bisa berkali-kali lipat dari harga beli. Oleh karena itu, saat membeli berlian untuk tujuan investasi sebaiknya pilihlah jenis yang langka agar peluang keuntungannya semakin besar.

    Tapi jika belum siap menginvestasikan banyak uang untuk membeli berlian langka. Anda bisa memulainya dengan membeli jenis berlian biasa tapi yang banyak diminati orang. Sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama saat hendak menjualnya karena ada banyak orang yang tertarik membeli berlian tersebut.

  5. Pastikan Bersertifikat

    Supaya Anda terhindar dari berlian palsu tanyakan kepada pihak penjual apakah berlian tersebut memiliki sertifikat. Jika, ada banyak alasan yang dilontarkan penjual dan ujung-ujungnya berlian tersebut tidak dilengkapi sertifikat.

    Sebaiknya urungkan niat untuk membelinya dan cari penjual lain yang menawarkan berlian bersertifikat meskipun harganya lebih tinggi. Lebih baik membeli berlian asli dengan harga sesuai pasaran dibandingkan membeli berlian berharga murah yang sebenarnya palsu.

    Setiap berlian asli akan dibekali dengan sertifikat GIA (Gemological Laboratory)  pada sertifikat tersebut akan dijelaskan mengenai karakteristik dari berlian yang Anda beli.

Daftar Harga Berlian yang Cocok untuk Koleksi dan Investasi

Pada dasarnya berlian terdiri dari bermacam warna, mulai dari warna putih, hitam, biru, hijau, merah, hingga ungu. Berlian berwarna merah adalah yang paling langka dan harganya cukup mahal bahkan hingga menyentuh miliaran dan triliunan.

Jika, berencana mengoleksi berlian untuk tujuan investasi mungkin daftar harga jenis-jenis berlian 1 karat di bawah ini bisa menjadi bahan acuan Anda, berikut rincian selengkapnya:

  • Pertama, Color D IF harganya sekitar 13.000 – 16.000 USD atau setara Rp195 juta - Rp240 juta
  • Kedua, Color E IF harganya sekitar 11.000 USD atau setara Rp172 juta
  • Ketiga, Color D VVS1 harganya sekitar 10.000 – 13.000 USD atau setara Rp150 juta - Rp195 juta
  • Keempat, Color E VVS 1 harganya sekitar 9.000 – 11.500 USD atau setara Rp135 juta - Rp172 juta
  • Keempat, Color E VVS 2 harganya sekitar 7.500 – 10.000 USD atau setara Rp112 juta - Rp150 juta
  • Kelima, Color D VS 1 harganya sekitar 7.000 – 10.000 USD atau setara Rp105 juta - Rp150 juta
  • Keenam, Color D VS 2 harganya sekitar 6.500 – 000 USD atau setara Rp97 juta - Rp135 juta
  • Ketujuh, Color E VS 1 harganya sekitar 6.500 – 000 atau setara Rp97 juta - Rp135 juta
  • Kedelapan, Color D SI 1 harganya sekitar 5.500 – 8.000 USD atau setara Rp82 juta – 120 juta
  • Kesembilan, Color E SI 1 harganya sekitar 5.000 – 7.000 USD atau setara Rp75 juta - Rp105 juta

Ajukan Pinjaman Bunga Rendah Tanpa Jaminan di DBS KTA

Anda tidak harus mengawali investasi berlian dengan nilai hingga miliaran, berlian seharga ratusan juta juga sudah cukup untuk dijadikan investasi. Jika, jumlah tabungan Anda belum cukup untuk membelinya coba gunakan pinjaman tanpa agunan dari DBS KTA.

DBS KTA menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya Anda bisa mendapatkan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan hingga senilai Rp300 juta dengan bunga flat mulai dari 0,88% setiap bulannya.

Anda bisa memilih waktu cicilan yang dinginkan hingga 36 bulan untuk persyaratannya sendiri cukup mudah. Anda harus berdomisili di Jabodetabek. Lalu harus memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan sedikitnya Rp5 juta setiap bulannya, dan mempunyai kredit bank lain dengan limit sedikitnya Rp10 juta.

Bagaimana menarik bukan? Anda bisa mendapatkan tambahan uang untuk membeli berlian dengan mengajukan pinjaman bunga rendah di DBS KTA. Segera dapatkan pinjaman tanpa jaminan hingga Rp300 juta dengan syarat dan proses yang mudah. Dapatkan berlian untuk investasi Anda sekarang!

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)