seamless-security

Keamanan Tanpa Hambatan

Memperkenalkan IDEAL digital token+ terbaru

Keamanan Tanpa Hambatan

Memperkenalkan IDEAL digital token+ terbaru

Sekilas
Dengan DBS IDEAL digital token+ terbaru, tidak perlu lagi membawa token fisik bersama Anda, baik saat bertransaksi perbankan melalui ponsel Anda saat berpergian ataupun pada desktop Anda.

Keamanan Saat Berpergian

Tidak ada token fisik dan SMS*, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas perbankan dimanapun Anda berada. Lupakan OTP, cukup ketuk dan geser untuk verifikasi.

Keamanan yang ditingkatkan

Keamanan 2FA otentikasi biometrik menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah.

State of the Art

Fleksibilitas tinggi pada mekanisme keamanan yang disesuaikan. Anda dapat menentukan beberapa kelompok penandatangan dan matriks persetujuan agar sesuai dengan operasional harian Anda.

*SMS OTP akan tetap berlaku jika Anda sedang menggunakan token fisik atau digital token versi lama
Fitur & Keuntungan
DBS IDEAL digital token+

Menggunakan otentikasi biometrik ponsel pintar Anda seperti sidik jari atau pengenalan wajah, Anda dapat dengan mudah login ke DBS IDEAL dan menyetujui transaksi penting dengan aman.

2FA dengan DBS IDEAL digital token+

2 Factor Authentication (FA) diimplementasikan untuk menawarkan Anda proteksi yang ditingkatkan. Hal ini berfungsi sebagai lapisan kemanan tambahan untuk mengakses layanan perbankan online melalui otentikasi biometrik. 

Pengaturan Kebijakan Otorisasi Perusahaan

DBS IDEAL menyediakan fleksibilitas untuk mengatur kebijakan otorisasi transaksi perusahaan Anda dengan tingkatan kontrol yang berbeda. Anda dapat menetapkan kontrol-kontrol yang berbeda berdasarkan nominal transaksi dan jenis layanan.

  • Tingkat otorisasi tunggal atau ganda
  • Kombinasi grup pemberi persetujuan yang berbeda
  • Persetujuan berurutan atau paralel dari grup pemberi persetujuan yang berbeda
Cara Bekerja

Tips Keamanan
Sebagai pengguna DBS IDEAL, Anda memainkan peranan penting dalam mengamankan transaksi perbankan Anda. Periksa tips berikut ini untuk melindungi Anda kapanpun menggunakan perbankan online.

Proteksi Kredensial

  • Jangan memberitahukan atau membagi ID Pengguna, PIN, OTP, Token PIN melalui telepon atau surel dengan orang lain.
  • Gunakan rangkaian kada sandi yang berbeda dengan layanan online lainnya seperti surel atau situs belanja.

Proteksi Penipuan

  • Verifikasi detail pembayaran sebelum menyetujui pembayaran di IDEAL. 
  • Jangan menanggapi panggilan, surel, atau SMS mencurigakan yang meminta Anda untuk memberikan kredensial akun Anda / untuk melakukan transaksi.

Proteksi Serangan Malware

  • Jangan klik tautan dari surel atau instal program apapun dari  sumber yang meragukan.
  • Jangan bertransaksi online pada perangkat atau komputer yang Anda curigai telah dikompromikan.
Cara Mengajukan

Silahkan Anda mendaftarkan diri di DBS IDEAL untuk dapat menikmati fitur ini, Syarat dan Ketentuan berlaku.

Pengguna IDEAL

Unduh DBS IDEAL Mobile untuk login pertama kali Anda dan nikmati kenyamanan dari DBS IDEAL digital token+.

app store logo app store logo
apple qr code google qr code
FAQ
Apa itu DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ adalah solusi otentikasi yang memungkinkan akses mudah dan aman ke DBS IDEAL. Solusi ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa token fisik dengan mengubah ponsel cerdas Anda menjadi token.
Setelah instalasi digital token+ di ponsel Anda berhasil, yang Anda butuhkan hanyalah geser untuk mengotentikasi login dan otorisasi transaksi. Menggunakan DBS IDEAL Mobile pada perangkat digital token Anda memanfaatkan teknologi pengenalan biometrik, dan memungkinkan Anda melakukan aktivitas perbankan tanpa hambatan, bahkan ketika Anda sedang bepergian! 

Kenapa saya perlu perangkat keamanan (DBS IDEAL digital token+)?

Dengan adanya penipuan online yang semakin canggih, diperlukan sistem keamanan online yang lebih ketat untuk memerangi kejahatan dunia maya. Dengan penerapan 2 Factor Authentication (2FA), jika ID pengguna dan PIN Anda dikompromikan, "penipu" perlu memiliki token keamanan pribadi Anda untuk dapat mengakses akun DBS IDEAL Anda. Ini membuat prosesnya jauh lebih sulit bagi penipu.

Apa yang saya harus lakukan untuk mendapatkan DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ tersedia kepada semua pengguna DBS IDEAL. Anda dapat dengan mudah mengunduh versi terbaru aplikasi DBS IDEAL Mobile dan login menggunakan kredensial dan PIN login Anda.
Jika Anda belum pernah login ke DBS IDEAL sebelumnya, silakan login ke DBS IDEAL Mobile dan gunakan surel dan SMS OTP yang tersedia untuk mengaktifkan DBS IDEAL digital token+ Anda.

Apa prasyarat untuk DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL Mobile dan digital token hanya dapat diinstal pada ponsel yang tidak di jailbreak/root untuk perlindungan Anda.
Untuk keperluan verifikasi, Anda juga perlu mendaftarkan alamat surel dan nomor ponsel yang valid ke DBS.

Bagaimana cara menggunakan DBS IDEAL digital token+?

Digital token dapat digunakan dalam 2 mode:

  1. Token berdiri sendiri: Anda dapat menggunakan digital token sebagai pengganti token fisik. Dengan kata lain, gunakan itu sebagai aplikasi ponsel pintar untuk otentikasi login dan persetujuan transaksi DBS IDEAL Anda di desktop.
  2. Integrated token: Ketika Anda menggunakan aplikasi DBS IDEAL Mobile pada ponsel pintar di mana digital token telah terinstal, Anda dapat menikmati pengalaman tanpa hambatan di mana token memastikan keamanan tanpa meminta input yang tidak perlu.
Apakah DBS IDEAL digital token+ aman?

Ya, teknologi yang digunakan untuk digital token+ telah diuji secara menyeluruh. Untuk keamanan tambahan, token dilindungi oleh otentikasi biometrik atau 6 digit PIN token pada perangkat yang tidak mendukung sidik jari atau pengenalan wajah. DBS IDEAL digital token+ juga dibatasi hanya untuk satu perangkat pada satu waktu. Ini berarti bahwa jika Anda memasang digital token pada perangkat lain, token pada perangkat awal akan dinonaktifkan. 
Meskipun token digital aman, pastikan Anda tidak memberitahukan kredensial login Anda kepada orang lain sebagai praktik keamanan yang baik.

Bagaimana jika saya lupa PIN Token untuk DBS IDEAL digital token+ saya?

Cukup dengan hapus dan instal ulang aplikasi DBS IDEAL Mobile. Anda dapat menginstal ulang DBS IDEAL digital token+ dengan menggunakan verifikasi surel dan SMS OTP.

Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan ponsel saya?

Jika kehilangan ponsel, Anda harus menonaktifkan digital token yang ada. Ini dilakukan dengan mengunduh dan menginstal aplikasi DBS IDEAL Mobile dan mengaktifkan digital token pada perangkat baru. Digital token Anda sebelumnya akan secara otomatis dinonaktifkan. Sekarang Anda hanya dapat menggunakan digital token pada perangkat baru.
Anda dapat yakin bahwa akun DBS IDEAL Anda masih sepenuhnya aman karena token digital Anda diamankan oleh PIN Token. Selain itu, kredensial login DBS IDEAL Anda diperlukan sebelum Anda dapat mengakses akun internet banking Anda. Hubungi DBS BusinessCare kami jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

Dapatkah saya menginstal DBS IDEAL digital token+ pada beberapa perangkat secara bersamaan?

Tidak. Digital token hanya dapat  diinstal pada satu perangkat setiap saat.

Apa yang harus saya lakukan ketika saya mempunyai perangkat baru?

Instal aplikasi DBS IDEAL Mobile pada perangkat baru Anda dan login dengan kredensial Anda. Anda akan diminta untuk melakukan transfer digital token dari perangkat lama Anda ke perangkat baru. Cukup ikuti instruksi di layar.
Digital token Anda pada perangkat lama akan dinonaktifkan setelah transfer berhasil ke perangkat baru.

Apa yang harus saya lakukan jika karyawan saya mengundurkan diri?

Akses DBS IDEAL karyawan tersebut harus diakhiri. Anda dapat menggunakan modul Administrasi Mandiri Nasabah di DBS IDEAL desktop atau mengajukan formulir pemeliharaan untuk pemberhentian. Anda dapat meminta ID pengguna karyawan Anda ditangguhkan selama permintaan pemeliharaan Anda sedang diproses.
Sementara itu, Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda melakukan hal berikut:

  1. Hapus aplikasi DBS IDEAL Mobile di perangkat mereka
  2. Pastikan karyawan tidak lagi memiliki akses ke email dan perangkat seluler terdaftar untuk mencegah pengaktifan kembali
Perangkat apa yang mendukung DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ dapat digunakan pada ponsel pintar atau tablet iOS dan Android. Versi iOS and Android terbaru akan didukung.

Limit otorisasi apa yang digunakan atas transaksi yang dibuat melalui DBS IDEAL?

Anda dapat mengatur matriks persetujuan Anda berdasarkan proses pembukaan rekening atau lainnya, tergantung pada permintaan Anda, bagaimanapun hal ini memerlukan persetujuan dari pejabat berwenang sebagaimana yang ditunjuk pada akta.

Apakah ada pemisahan tugas antara pembuat dan pemberi persetujuan transaksi?

DBS IDEAL memungkinkan konfigurasi hak akses pengguna dalam dua kategori:

  1. Akses tunggal: Di mana pembuat dapat mengotorisasi transaksinya sendiri. Ini berlaku untuk perusahaan kecil di mana IDEAL dioperasikan oleh hanya satu orang
  2. Pemisahan pengguna: Di mana ada pemisahan tugas antara pembuat dan pemberi persetujuan
Dapatkan pemberi persetujuan menyetujui transaksi ketika dia sedang berada di luar kantor atau di luar negeri?

DBS IDEAL dapat diakses dari mana saja apabila koneksi internet tersedia. Pemberi persetujuan dapat login ke DBS IDEAL pada ponsel atau desktop untuk menyetujui transaksi (catatan: persetujuan Trade hanya dapat dilakukan melalui desktop).

Bagaimana cara Anda memastikan tingkat keamanan tertinggi untuk pengguna DBS IDEAL?

DBS menerapkan mekanisme keamanan berikut pada DBS IDEAL:

  1. Fitur Logout Otomatis DBS IDEAL akan secara otomatis mengakhiri sesi ketika Anda tidak aktif selama 10 menit atau lebih. Anda harus masuk lagi jika ingin terus mengakses layanan. Pengingat akan muncul ketika Anda memiliki 2 menit tersisa, sebelum sistem mengakhiri sesi.
  2. Pemantauan yang Konstan dan Waspada Kami telah menerapkan sistem pengawasan keamanan untuk terus memantau dan mendeteksi segala kegiatan yang berpotensi tidak sah di jaringan dan sistem kami. Selain itu, untuk memastikan efektivitas langkah-langkah keselamatan kami, DBS melakukan tinjauan dan audit keamanan rutin yang dilakukan baik oleh auditor internal maupun eksternal.
  3. 2 Factor Authentication (2FA) Kami menggunakan 2 Factor Authentication (2FA) untuk memverifikasi identitas siapa pun yang mencoba mengakses akun Anda. Dua faktor yang terlibat adalah kredensial DBS IDEAL dan token keamanan.
  4. Akses pengguna dan matriks otorisasi Konfigurasi berikut pada DBS IDEAL telah dibuat berdasarkan instruksi yang diberikan oleh Anda selama onboarding. Anda dapat mengubah pengaturan ini melalui Administrasi Mandiri Nasabah secara online atau dengan mengirimkan kertas formulir pemeliharaan. 

             i. Akses pengguna
             ii. Matriks otorisasi

Berapa kali salah login yang dapat saya lakukan sebelum akun pengguna saya terkunci?

ID Pengguna akan terkunci setelah 5 kali salah login, dan digital token atau perangkat keamanan akan terkunci setelah 5 kali salah memasukkan PIN token ke ponsel atau perangkat keamanan.

Apa yang harus saya lakukan jika akun pengguna atau token saya terkunci?

Jika Anda lupa ID Pengguna atau PIN Anda dan akun atau token Anda terkunci, Anda dapat klik “Forgot Login PIN / Unlock Account” pada halaman login. Sebagai alternatif, Admin DBS IDEAL yang ditunjuk perusahaan Anda akan dapat membuka akun atau perangkat Anda (melalui modul Customer Self-Administration).