Collections

Virtual Account

Berikan Virtual Account kepada setiap pelanggan Anda untuk memudahkan penerimaan pembayaran

Terima pembayaran dari pelanggan Anda dengan menggunakan Virtual Account DBS. Dengan membuat dan memberikan Virtual Account kepada setiap pelanggan yang melakukan pembayaran, Anda kini dapat dengan mudah mengidentifikasi pelanggan dan tujuan dari pembayaran yang dilakukannya. Semua Virtual Account terhubung dengan rekening induk dan Anda dapat men-download laporan yang khusus dirancang untuk membantu proses rekonsiliasi perusahaan Anda. Apabila bisnis Anda menerima pembayaran rutin dari setidaknya 50 pelanggan yang berbeda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan Virtual Account DBS untuk manajemen piutang yang lebih baik.

 

Mengapa memilih Virtual Account DBS?

  • Hemat waktu dan biaya administrasi Anda. Memberikan nomor Virtual Account kepada setiap pelanggan yang melakukan pembayaran akan membantu Anda melakukan pemantauan atas semua piutang.
  • Tingkatkan arus kas Anda dan waktu perputaran untuk rekonsiliasi rekening. Laporan Virtual Account dapat di-download melalui platform perbankan online kami, IDEAL™, dan dana yang dibayarkan ke Virtual Account langsung dikreditkan ke rekening induk Anda.
  • Buat Virtual Account yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda juga dapat mengubah nomor Virtual Account yang diberikan kepada pelanggan Anda kapan pun juga.
  • Dapatkan informasi terkini dengan DBS IDEAL eReports. Kami mengirimkan notifikasi segera melalui SMS dan email ketika dana dikreditkan ke rekening Anda melalui Sistem Kliring Nasional (SKN), Real Time Gross Settlement (RTGS) atau Telegraphic Transfer (TT). Anda juga dapat memeriksa aktivitas rekening Anda melalui DBS IDEAL™

Pertanyaan Umum

Apakah Virtual Account dapat digunakan untuk menerima pembayaran dalam mata uang lain selain Rupiah?

Ya, Virtual Account kami mendukung piutang dari SKN, RTGS atau TT.

Apa yang dimaksud dengan Virtual Account?

Virtual Account adalah rekening yang dibuat dan diberikan kepada setiap pelanggan Anda yang melakukan pembayaran, misalnya distributor, agar perusahaan Anda dapat membedakan setiap pembayaran berdasarkan sumber pembayaran. Pembayaran yang dilakukan ke Virtual Account akan secara otomatis dikreditkan ke rekening induk Anda.

Apakah saya harus memiliki Rekening Giro Perusahaan DBS untuk menggunakan Virtual Account?

Ya, Anda harus memiliki Rekening Giro Perusahaan di DBS agar dapat menggunakan layanan ini. Rekening Giro Perusahaan Anda akan berfungsi sebagai rekening induk. Apabila Anda tidak memiliki Rekening Giro Perusahaan di DBS, silakan hubungi Pusat Layanan Nasabah DBS Indonesia di nomor 1500 327 atau 69 327 (melalui telepon seluler) dan kami akan mengatur seorang Relationship Manager untuk membantu Anda. Anda dapat mengunjungi laman Rekening Giro Perusahaan di situs kami untuk informasi lebih lanjut.

Berapa jumlah nomor Virtual Account yang dapat saya buat?

Anda dapat membuat nomor Virtual Account sebanyak yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Setiap nomor Virtual Account terdiri dari 16 angka dan Anda dapat memodifikasi12 angka terakhir.

Ketika pelanggan saya melakukan pembayaran melalui nomor Virtual Account, apakah dananya langsung masuk ke rekening induk saya?

Dana akan langsung masuk ke rekening induk, karena Virtual Account hanya berfungsi sebagai mirror account untuk rekening induk sesungguhnya. Tujuan Virtual Account adalah untuk membantu pembukuan bisnis Anda dengan proses konsolidasi dan pemantauan piutang yang lebih baik.

Apakah menggunakan layanan Virtual Account dikenakan biaya?

Ya, ada biaya pendaftaran sebesar Rp 2.000.000 yang hanya dikenakan satu kali saja. Setelah itu, berlaku biaya bulanan tetap yang dapat Anda pilih yaitu sebesar Rp 500.000 untuk jumlah transaksi sebanyak-banyaknya sebagai pilihan pertama atau Rp 2.000 per transaksi sebagai pilihan kedua.

 

Bagaimana cara mengajukan permohonan?

Silakan hubungi Pusat Layanan Nasabah DBS Indonesia di nomor 1500 327 atau 69 327 (melalui telepon seluler) dan kami akan mengatur seorang Relationship Manager untuk membantu Anda. Relationship Manager Anda akan membantu Anda mengisi formulir berikut ini:

  1. Formulir Pendaftaran / Pemeliharaan untuk layanan Virtual Account
  2. Formulir Pendaftaran / Pemeliharaan untuk IDEAL™ untuk menerima laporan harian Virtual Account Anda
  3. Formulir Pendaftaran untuk IDEAL™ eReports untuk menerima notifikasi SMS atau Email

 

Tidak diperlukan formulir permohonan pembukaan rekening untuk Virtual Account, karena bukan merupakan rekening bank sebenarnya, melainkan layanan yang memanfaatkan rekening induk Anda. Anda hanya perlu mendaftar untuk layanan ini dan dapat mulai membuat dan memberikan Virtual Account kepada pelanggan Anda yang melakukan pembayaran.