Investasi Menguntungkan Saat Rupiah Melemah

Ketahui apa saja investasi terbaik yang bisa Anda lakukan ketika nilai rupiah sedang melemah di sini.

profitable

Beberapa waktu lalu, nilai mata uang rupiah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Peristiwa ini pun sempat menjadi bahan omongan di kalangan netizen Indonesia. Komentar tentang dampak negatif yang terjadi atas lemahnya rupiah cenderung lebih mendominasi dibandingkan dampak positifnya. Padahal peristiwa ini bisa dimanfaatkan dengan baik dengan cara berinvestasi sehingga menghasilkan keuntungan.

Berikut ini 3 investasi yang berpotensi menguntungkan walaupun rupiah melemah:

 

1. Menabung Dollar

Memiliki tabungan dalam bentuk dollar memang bukan investasi baru di Indonesia, tetapi cara ini masih dianggap ampuh untuk mendapat keuntungan yang lumayan ketika rupiah melemah. Caranya mudah untuk melakukan investasi ini. Anda hanya perlu membeli dollar saat rupiah menguat, lalu menjual dollar tersebut ketika rupiah melemah.

 

2. Emas

Kebalikan dari investasi dollar, ketika rupiah sedang melemah, harga emas cenderung ikut turun. Saat seperti ini lah yang bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk berinvestasi. Namun Anda harus lebih bersabar dakam memetik keuntungan pada tipe investasi ini, karena saat yang tepat untuk menjual emas adalah ketika nilai rupiah menguat. Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang, investasi emas menjadi salah satu yang cocok.

 

3. Obligasi Ritel (ORI)

ORI menjadi salah satu investasi yang juga baik untuk dilakukan ketika rupiah sedang melemah. Alasannya karena ORI memiliki risiko yang lebih sedikit sebab negara mem-backup investasi ini. ORI sendiri merupakan obligasi negara yang dijual kepada WNI secara perseorangan melalui seorang agen penjual.

Tentunya tidak hanya investasi dollar, emas atau ORI, masih banyak bentuk investasi lain yang bisa Anda lakukan. Namun sebelum menentukan investasi seperti apa yang akan dilakukan, program seperti Multi-Currnency Account (MCA) milik DBS bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan ketika terjadi naik turun nilai rupiah.

MCA adalah sebuah program di mana Anda bisa mengatur keuangan Anda ke dalam lebih dari 12 mata uang. Dengan MCA, setiap transaksi investasi atau bisnis Anda dengan mata uang berbeda akan diatur dengan seefektif dan seefisien mungkin, tentunya dengan solusi biaya yang bisa membuat laba dari investasi atau bisnis Anda lebih baik.