Mau Bangun Bisnis Online? Install Dulu 5 Aplikasi Ini

Maraknya aplikasi canggih yang ada saat ini menjadi dukungan bagi para pebisnis yang ingin membangun bisnis online-nya. 5 aplikasi ini adalah contohnya

start

Kecanggihan teknologi terus mempermudah setiap kegiatan yang kita lakukan, salah satunya dalam berbisnis. Dalam prosesnya, membangun sebuah bisnis terutama binsis online sekarang ini dapat dikatakan susah-susah gampang. Susah karena kian banyak orang yang terjun jadi pebisnis dan menjadi pesaing, gampang semakin beragam teknologi berupa aplikasi yang dapat mendukung jalannya bisnis Anda.

Berikut ini adalah 5 jenis aplikasi yang harus Anda miliki ketika ingin membangun sebuah bisnis online:

 

1. E-Commerce

E-commerce adalah sebuah wadah di mana Anda bisa memasarkan produk atau jasa Anda secara online ke seluruh penjuru Indonesia atau bahkan dunia. Banyak sekali aplikasi e-commerce yang bisa Anda unduh dan pergunakan.

Namun, sebelumnya tentukan dulu segmentasi Anda. Kalau Anda ingin menjual barang secara online ke seluruh penjuru dunia, Anda bisa mencoba aplikasi seperti Amazon atau eBay. Tetapi kalau hanya ingin menjualnya di dalam negeri, banyak aplikasi e-commerce lain yang bisa jadi pilihan.

Dengan memiliki akun di salah satu atau beberapa e-commerce, Anda tidak perlu repot lagi mencari tempat untuk bisa memasarkan produk/jasa Anda. Bahkan beberapa e-commerce Indonesia meng-gratiskan layanan mereka.
 

2. Desain

Baik secara online maupun offline, desain merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah bisnis. Lewat desain Anda akan membangun image dari bisnis yang akan Anda jalankan seperti logo, desain produk, desain akun di e-commerce dan sebagainya.

Salah satu aplikasi paling mudah untuk membuat desain dan tidak harus berlangganan adalah Canva. Di canva Anda bisa memilih desain dan template seperti apa yang Anda inginkan serta tujuan desain itu dibuat, untuk presentasi, media sosial, atau yang lainnya.

 

3. Media Sosial

Berbagai macam aplikasi yang termasuk dalam media sosial sangat penting untuk diunduh Media sosial seperti Instagram, Twitter atau Line bisa menjadi media yang ampuh untuk Anda memasarkan produk dan jasa yang dimiliki. Raih followers yang bisa saja jadi pelanggan tetap Anda nantinya lewat media sosial.

Media sosial juga bisa menjadi tempat Anda membangun kepercayaan dari para pelanggan contohnya melalui testimoni yang dibagikanSama seperti desain, media sosial juga berperan untuk membangun image seperti apa yang ingin Anda ciptakan bagi bisnis yang dibangun.

 

4. Finansial

Perihal finansial atau arus kas keuangan bisnis pun bisa dibuat lewat beberapa aplikasi yang memiliki fitur yang sangat lengkap, seperti menghitung pengeluaran, laba, membuat anggaran awal atau perencanaan keuangan dari bisnis yang dimiliki. Contohnya adalah aplikasi digibank by DBS yang memiliki fitur budget tracker.
 

5. Planner

Aplikasi dalam kategori ini berfungsi untuk mencatat seluruh ide dan perencanaan Anda beserta rekan kerja lainnya, dibanding menggunakan buku atau dalam secarik kertas. Evernote atau OneNote cocok menjadi pertimbangan Anda dalam membuat perencanaan bisnis.

 

Selain aplikasi canggih yang dapat mendukung jalannya bisnis Anda, modal usaha juga sangat diperlukan di tahap awal. DBS dengan komitmennya mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia, memiliki program Pembiayaan atau Pinjaman bisnis, di mana program tersebut memberikan solusi pembiayaan dan pinjaman yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Info selengkapnya tentang Pembiayaan atau Pinjaman bisnis milik DBS dapat dilihat di laman ini.