Transfer valas ke luar negeri jadi aktivitas yang banyak ditemui seiring berkembangnya transaksi digital lintas negara.
25 Nov 2021

Tips Transfer Valas Aman dan Mudah Secara Online

Dulu ketika ingin melakukan pembayaran atau biasa dikenal dengan transfer valas ke luar negeri, prosesnya agak ribet. Cara transfer valas ke luar negeri dengan metode lama ini membuat orang harus mengisi berbagai data dan harus datang langsung ke lokasi bank terkait. Akibatnya, transfer valas memerlukan waktu.

Sekarang hal itu tak perlu lagi. Kecanggihan teknologi informasi telah membuat lompatan baru dalam dunia perbankan. Cara transfer valas ke luar negeri pun ikut  berubah seiring kemajuan teknologi.. Sekarang kamu sudah bisa melakukan transfer valas melalui aplikasi digital banking.

Meski begitu mengirim uang ke luar negeri atau transfer valas bagi sebagian orang masih sering membuat jantung berdebar. Masih ada keraguan akan tingkat keamanan seiring dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi. Nah, agar tidak ragu dan keliru kamu bisa menyimak tips transfer valas aman dan mudahi.

 

Transfer valas online aman dan mudah

Banyak orang yang menggunakan fasilitas transfer valas untuk membayar berbagai keperluan seperti biaya pendidikan di luar negeri, transaksi bisnis dan lainnya. Selain itu, juga banyak bank yang telah memberikan fasilitas layanan transfer valas kepada para nasabahnya.

Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa mengikuti petunjuk dari lembaga perbankan mengenai cara transfer valas ke luar negeri yang benar.

Nah, agar transaksi valas bisa berjalan dengan lancar dan aman, kamu bisa perhatikan ara transfer valas keluar luar negeri yang aman berikut ini:

 

  1. Buat username login yang sulit ditebak

Dalam bertransaksi valas secara online, bisanya kamu akan  diberikan username langsung dari pihak bank ataupun opsi dalam menentukan nama username akun sendiri. Jika bisa memilih sendiri, usahakan menggunakan username login yang unik dan sulit ditebak. Namun jangan kelewat sulit ya karena kamu harus mudah mengingat username yang telah dibuat. Dengan begitu akan meminimalisir orang lain mencoba mengakses akun pribadimu.

 

  1. Buat password yang rumit

Selain membuat username unik, selanjutnya kamu bisa membuat password yang rumit. Tujuannya agar akunmu tidak mudah dibobol oleh orang lain.

Biasanya dalam pembuatan password ada yang memberikan opsi memasukan huruf biasa, huruf besar, angka serta karakter atau simbol. Nah, manfaatkan itu semua untuk membuat password yang rumit. Jangan menggunakan nama atau tanggal lahir yang rawan untuk dibobol.

Beberapa contoh password yang tidak disarankan adalah:

  • Nama1996
  • 112233nama

Password yang disarankan:

  • Nam4$789
  • Pant41#77

Memanfaatkan karakter karakter yang diperbolehkan untuk membuat password akan membuat akun kamu menjadi lebih aman. Namun, sekali lagi jangan lupa untuk mencatat password yang telah dibuat agar tidak mengalami lupa password.          

 

  1. Membuat PIN

Biasanya, untuk meningkatkan keamanan yang lebih kompleks, pihak bank juga menerapkan PIN sebagai metode autentikasi ketika melakukan transaksi. PIN di sini bisa otomatis/acak dari pihak bank yang biasanya menggunakan alat key atau token untuk mendapatkan PIN. Selain itu ada juga PIN yang ditentukan sendiri oleh nasabah.

Nah untuk PIN yang ditentukan sendiri ini, buatlah serumit mungkin. Jangan pula membuat PIN dengan menggunakan kombinasi tanggal lahir, tanggal perkawinan atau angka urut yang mudah ditebak. Dengan memiliki PIN yang unik cara transfer valas ke luar negeri menjadi lebih aman.

 

  1. Melihat Kurs Terkini

Jika ingin bertransaksi valas, tentu nominal yang ditentukan tidak tetap atau tidak pasti karena menyesuaikan kurs terkini. Nah, sebelum melakukan pembayaran, kamu bisa memeriksa kembali nilai kurs terkini dari mata uang yang dipilih. Setelah itu jumlahnya disesuaikan dengan rupiah.

Namun biasanya sudah terdapat sistem perhitungan otomatis, sehingga nasabah tidak perlu repot-repot menghitung secara mendetail. Jadi, tinggal memastikan saja berapa nilai kurs terkini dari mata uang yang dipilih.

 

  1. Pastikan rekening tujuan sudah benar

Sebelum ke tahap terakhir pembayaran, kamu perlu pastikan lagi nomor rekening tujuan transfer. Jangan sampai terjadi kekeliruan input data yang bisa mengganggu proses transaksi valas.

Hal lain yang tak kalah penting agar kamu bisa melakukan transaksi transfer valas dengan mudah dan aman adalah memanfaatkan aplikasi digibank by DBS. Aplikasi yang merupakan inovasi dari DBS Bank ini hadir untuk memudahkan nasabah dalam memenuhi transaksi perbankan masa kini. Cara transfer valas ke luar negeri dengan digibank by DBS mudah dan praktis.

Transfer Valas adalah salah satu fitur unggulan untuk mengirim uang ke luar negeri yang terdapat pada aplikasi digibank by DBS. Fitur ini dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan pengiriman dana dalam mata uang asing (remittance) yang diinginkan.

Tak hanya mengirim uang ke luar negeri, fitur transfer valas juga bisa digunakan untuk penerima di dalam  negeri.  Jadi, bila ingin mengirim valas ke penerima di dalam negeri caranya sama dengan cara transfer valas ke luar negeri.

Dengan aplikasi digibank by DBS, kamu bisa memanfaatkan layanan transfer valas bebas biaya. Kemewahan bebas biaya ini diperoleh dengan memanfaatkan sistem internal Bank DBS Indonesia dengan menggunakan mata uang yang dimiliki negara tujuan. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi digibank by DBS untuk layanan Transfer Valas Reguler dengan menggunakan sistem SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Nah, saat akan melakukan transfer valas menggunakan aplikasi digibank by DBS, kamu perlu mempersiapkan sejumlah data utama yaitu nama penerima, bank penerima, nomor rekening penerima, jumlah yang dikehendaki untuk diterima. Kamu perlu ingat bahwa cara transfer valas ke luar negeri tidak diperbolehkan merevisi atau membatalkan kemudian. Jadi, semua data harus bisa diisi dengan benar dan tepat.

Menggunakan fitur Transfer Valas dari digibank by DBS saat akan mengirim uang ke luar negeri akan memberi banyak manfaat untukmu di antaranya

  • Akses 24/7 tanpa perlu datang ke cabang. Jadi untuk kepentingan transfer valas ini kamu hanya butuh mengakses dan tinggal klik lewat ponsel dari genggaman.
  • Saat mengirim uang ke luar negeri menggunakan digibank by DBS, kamu bisa memanfaatkan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan dengan 7 mata uang yaitu USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.
  • Kami bisa mendapatkan FX rate terkini dengan nilai tukar yang kompetitif
  • Terdapat fasilitas sampai di hari yang sama dan bebas biaya transfer yang berlaku untuk pengiriman dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, CAD, HKD, dan GBP. Cara transfer valas ke luar negeri menggunakan aplikasi digibank by DBS praktis dan mudah. Khusus untuk tujuh mata uang  seperti sudah disebutkan sebelumnya maka dana yang dikirim bisa diterima di hari yang sama (same-day) selama dana dikirim sebelum batas waktu mata uang. Meski begitu kamu harus mencatat bahwa beberapa  bank penerima bisa saja mengenakan biaya atas penerimaan valas sesuai ketentuan di masing-masing bank.

Berbagai kemudahan dan manfaat transfer valas menggunakan aplikasi digibank by DBS ini akan kamu rasakan tentu saja setelah mengunduh aplikasinya. So, siapkan ponselmu sekarang juga dan mulailah mendownload.

Sayang lho kalau kamu melewatkan kesempatan untuk mendapatkan cara transfer valas ke luar negeri dengan aman, praktis dan mudah melalui aplikasi digibank by DBS. Urusan makin lancar, hati pun jadi tenang.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS