Bank digital
27 Feb 2023

Tips Memilih Bank Digital yang Aman

Layanan bank digital saat ini semakin mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang, layanan ini memang memberikan banyak kemudahan. Kebutuhan layanan perbankan jadi lebih mudah dijangkau dan menghemat banyak waktu serta tenaga.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih layanan perbankan digital di era modern seperti sekarang ini. Pastikan untuk memilih layanan yang benar-benar aman dan bisa dipercaya. Jangan sampai Anda dirugikan oleh bentuk layanan perbankan digital yang tidak bekerja secara efektif dan kurang kredibel.

Tips Memilih Layanan Digital Banking

Bank digital adalah bentuk layanan yang sangat umum dijumpai saat ini. Ada banyak sekali pilihan layanan digital banking yang mungkin bisa Anda temukan. Namun, jangan sampai salah pilih dan rugi sendiri. Simak beberapa tips berikut agar Anda bisa memilih digital banking yang aman dan kredibel:

  1. Cek Sistem Keamanan Transaksi

Pertama-tama Anda harus memeriksa sistem keamanan transaksi yang dimiliki oleh layanan digital banking tersebut. Ini sangat penting untuk dilakukan karena bagaimanapun juga keamanan perbankan sifatnya mutlak. Nantinya layanan ini akan Anda gunakan untuk mengelola uang dan menyelesaikan berbagai jenis transaksi. Jika sistem keamanannya saja tidak bagus maka bagaimana dengan nasib uang Anda?

Paling tidak, digital banking tersebut harus menerapkan sistem one time password atau OTP untuk autentikasi. Lebih bagus lagi jika ada fitur biometrik yang membuat keamanan transaksi  jadi lebih kokoh. Ini akan menjamin data diri Anda tetap aman dan detail transaksi tidak bocor kemana-mana.

Bicara soal keamanan, pastikan juga digital banking yang Anda pakai sudah terdaftar secara legal. Jadi pastikan bahwa layanan tersebut sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Anda juga harus memastikan bahwa bank yang menyediakan layanan tersebut sudah terdaftar di LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Dua hal ini membuat layanan digital banking tadi jadi lebih kredibel dan aman untuk digunakan.

  1. Periksa Kemudahan Transaksi dan Pembukaan Rekening

Setelah Anda tahu bank digital adalah salah satu jenis transaksi perbankan yang praktis di era digital ini. Maka, selanjutnya periksalah cara transaksi dan prosedur pembukaan rekening di layanan tersebut. Pastikan bahwa cara untuk membuka rekening di sana mudah. Cara transaksinya juga tidak boleh ribet supaya bisa mempermudah Anda untuk menyelesaikan berbagai jenis kebutuhan transaksi.

Di era digital seperti sekarang, mayoritas orang pasti akan memilih layanan yang praktis untuk dijangkau dan digunakan. Jadi pilihlah layanan perbankan digital yang memang benar-benar mudah dipakai dan tidak perlu banyak syarat. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang sering melakukan transaksi digital, penting sekali untuk mencari layanan yang mudah dan praktis dipakai.

Soal kepraktisan dan kemudahan pemakaian ini Anda bisa juga membaca review atau ulasan dari pengguna lain. Lihat seperti apa ulasan mereka dan cari tahu apakah layanan perbankan digital tersebut cukup praktis untuk dipakai atau tidak.

  1. Pastikan Pilihan Produknya Lengkap

Setiap layanan digital banking pasti menawarkan banyak pilihan produk. Langsung cek dulu pilihan produk apa saja yang ditawarkan mereka. Lihat produk apa saja yang bisa Anda akses sebagai nasabah. Dari sini Anda bisa menilai apakah memang layanan digital banking tersebut memang layak untuk digunakan atau tidak.

Tentunya sangat disarankan untuk memilih layanan digital banking yang penawaran produknya lengkap dan sesuai kebutuhan Anda. Beberapa produk yang biasanya ditawarkan adalah tabungan, kartu kredit, pinjaman, pembelian investasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa baca detail setiap produk yang ditawarkan sehingga tahu pasti aturan-aturan yang berlaku di dalamnya.

Sebaiknya pertimbangkan baik-baik saat memilih layanan digital banking. Pastikan bahwa layanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan perbankan Anda secara optimal. Jika perlu cari tahu kelebihan apa saja yang dimiliki oleh setiap produk digital banking tadi. Jadi nanti Anda sudah bisa membayangkan keuntungan apa saja yang bisa didapat jika menjadi nasabah di sana.

  1. Perhitungkan Biaya Transaksi

Penting sekali untuk memperhitungkan biaya transaksi dan bunga yang diberlakukan di layanan perbankan digital tersebut. Biasanya setiap layanan digital banking akan memberlakukan biaya administrasi dengan nominal tertentu. Selain itu ada juga sistem bunga yang berlaku di sana, khususnya untuk produk pinjaman atau KTA yang ditawarkan.

Anda perlu mencari tahu berapa biaya transaksi dan bunga yang berlaku. Pastikan untuk memilih layanan digital banking yang tidak memberatkan Anda dari segi finansial. Ingat tujuan awal dari pemakaian layanan ini yaitu untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. Oleh sebab itu pastikan untuk memilih layanan digital banking yang biaya transaksinya minimal.

Mungkin biaya transaksi ini sering diabaikan oleh nasabah pengguna perbankan digital. Padahal kalau dihitung kembali dan dijumlahkan pasti nominalnya terasa besar. Apalagi jika Anda terbilang sering melakukan transaksi melalui digital banking. Lebih bagus jika memilih digital banking yang biaya administrasinya sedikit. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang setiap kali bertransaksi.

  1. Lihat Fitur Pendukung yang Tersedia

Layanan digital banking biasanya menawarkan beragam fitur pendukung yang menarik. Tidak ada salahnya untuk melihat dulu apa saja fitur-fitur pendukung yang mereka hadirkan. Tentu sangat disarankan untuk memilih perbankan digital yang fitur pendukungnya lengkap. Ini akan membuat Anda lebih diuntungkan karena bisa menikmati beragam jenis fitur lewat satu platform saja.

Di zaman modern seperti sekarang ini, berbagai layanan perbankan digital memang berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada nasabah. Jadi jangan heran jika fitur pendukung yang dihadirkan juga semakin beragam. Tugas Anda adalah memilih mana yang fiturnya paling lengkap dan tentu saja bisa memenuhi kebutuhan perbankan Anda sebagai nasabah.

Saat ini penggunaan digital banking juga dianggap penting untuk membantu manajemen finansial. Jadi pastikan fitur-fitur pendukung yang ada di dalam layanan tersebut bisa membantu Anda untuk mengelola finansial dengan sebaik mungkin. Misalnya saja fitur pembayaran tagihan secara otomatis atau fitur yang bisa menghubungkan rekening Anda ke dompet digital secara praktis.

Nikmati Kemudahan Transaksi dari Bank Digital digibank by DBS

Anda bisa mempercayakan kebutuhan transaksi sehari-hari dengan Aplikasi digibank by DBS. Fasilitas bank digital ini benar-benar memberikan banyak kemudahan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan ditawarkan untuk Anda:

  • Transaksi lengkap, aman dan mudah
  • Tersedia lebih dari 150 produk investasi dan tersedia produk asuransi
  • Tersedia layanan pinjaman dan kartu kredit

Di zaman modern seperti sekarang bank digital adalah salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Tentu sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakannya karena ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Transaksi jadi lebih mudah dalam satu genggaman dan kebutuhan perbankan lain juga semakin mudah untuk dijangkau.

Langsung saja buktikan sendiri kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh layanan bank digital dari digibank by DBS. Anda bisa dengan mudah mengaksesnya dari mana saja secara fleksibel dan dijamin aman. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.