digital banking
11 Oct 2023

Investasi Kunci Kesuksesan Finansial, Pahami Cara Memulainya

Investasi sangat penting perannya dalam mengatur dan mengelola keuangan pribadi agar bisa mencapai kebebasan finansial. Banyaknya instrumen investasi memudahkan siapa saja, baik investor pemula maupun profesional untuk mendapatkan profit maksimal. Apalagi dengan hadirnya digital banking yang bisa membantu investor dalam mengelola investasinya.

Meski sudah cukup familiar di kalangan masyarakat namun masih banyak pertanyaan apa itu digital banking. Istilah ini merujuk pada fasilitas bank yang bisa diakses dari mana saja karena tersedia secara online. Salah satu fasilitas yang disediakan perusahaan keuangan melalui bank digital adalah investasi. Lantas bagaimana cara untuk memulai berinvestasi?

Kenapa Investasi disebut Kunci Kesuksesan Finansial

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial tidak mudah, perlu kerja keras dan komitmen dalam mengelola keuangan. Kebebasan finansial atau financial freedom adalah kondisi di mana seseorang tidak lagi mempunyai masalah keuangan. Untuk tujuan tersebut, seseorang bukan hanya perlu penghasilan yang cukup, tetapi pengaturan pengeluaran yang tepat.

Berkaitan dengan hal ini, semua orang perlu paham apa yang dimaksud dengan perbankan digital? Selain itu, juga perlu paham kaitan antara investasi dan kesuksesan dalam mengelola keuangan pribadi. Kenapa investasi disebut sebagai kunci menuju kesuksesan finansial? Berikut alasannya.

1.      Menjaga dari resiko inflasi

Penurunan nilai tukar rupiah bisa terjadi kapan saja. Selain kondisi dalam negeri, keuangan luar negeri juga bisa berpengaruh pada laju inflasi yang tidak mudah untuk diprediksi.

Untuk mengantisipasi resiko penurunan nilai tukar, kamu bisa menginvestasikan aset pada berbagai instrumen yang berbeda. Kehadiran digital banking memudahkan kamu untuk memilih jenis investasi terbaik.

2.      Meningkatkan nilai uang

Harga barang dan jasa terus meningkat dipengaruhi oleh prinsip demand and supply. Ini yang menyebabkan nilai tukar uang berubah setiap waktu. Jika menyimpan uang dalam jumlah banyak dan waktu lama, sedangkan banyak yang membutuhkan barang dan jasa tersebut, pada saat digunakan untuk berbelanja jumlah barang atau jasa yang diperoleh akan menurun.

3.      Mempersiapkan masa depan keuangan

Banyak hal tidak terduga yang membutuhkan dana di masa mendatang. Investasi menjadi salah satu cara untuk mengamankan dana yang dimiliki sekarang dan mengembangkannya sehingga tidak habis dan bisa digunakan pada saat membutuhkan banyak biaya.

4.      Sumber passive income

Meski sudah mempunyai penghasilan tetap yang cukup, karena kebutuhan hidup berubah-ubah, bisa jadi penghasilan tersebut akan terasa kurang. Cara agar bisa mempunyai uang untuk mencukupi kebutuhan tersebut adalah dengan menambah pendapatan.

Dari hasil investasi kamu bisa memperoleh pendapatan meski tidak menambah pekerjaan atau passive income untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

5.      Sebagai literasi keuangan

Pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan sangat penting. Meski penghasilan banyak namun jika tidak mempunyai kemampuan dalam mengelolanya, akan mengalami masalah finansial. Berinvestasi menjadi salah satu cara untuk menambah literasi keuangan karena sebelum berinvestasi perlu menambah pengetahuan terlebih dulu.

6.      Persiapan hari tua

Usia produktif setiap orang terbatas, sedangkan kebutuhan hidup tidak terbatas. Karena itu harus disiapkan dengan baik. Caranya dengan berinvestasi. Membeli produk investasi berarti mengeluarkan uang sekarang untuk mendapatkan manfaat di hari mendatang.

7.      Sumber warisan

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya hidup berkecukupan setelah ditinggal oleh kedua orang tuanya. Warisan bisa menjadi aset yang mendukung keuangan anak nantinya. Karena itu banyak orang tua yang menyiapkan warisan untuk anak-anaknya, bahkan sejak mereka masih bayi.

Cara Mulai Berinvestasi Agar Tidak Buntung

Untuk bisa berinvestasi perlu niat dan komitmen yang kuat, apalagi bagi investor pemula. Karena harus mengeluarkan uang sekarang dan baru bisa menikmati hasilnya nanti, jangan banyak malas untuk berinvestasi.

Gaya hidup dan belum mempunyai pemahaman yang kuat mengenai pentingnya untuk berinvestasi turut menjadi alasan kenapa banyak anak muda yang menunda berinvestasi. Agar lebih bersemangat, tips berikut bisa menjadi cara memulai berinvestasi yang tepat.

1.      Pahami konsep investasi

Pertama, kamu perlu paham bahwa investasi merupakan produk keuangan yang mempunyai dua potensi, merugikan atau menguntungkan. Namun saat ini banyak produk investasi yang menguntungkan dan minim resiko sebagai pilihan. Bahkan jika pandai mengelolanya, bisa mendapatkan passive income yang besar dari investasi.

2.      Tentukan tujuan dalam berinvestasi

Selanjutnya, agar lebih bersemangat dalam berinvestasi, tentukan tujuannya. Apakah untuk liburan ke luar negeri, melanjutkan study, membeli rumah atau mobil. Oleh karena itu dengan mengingat tujuan tersebut, maka mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produk investasi akan terasa menyenangkan.

3.      Beli produk yang tepat

Masing-masing produk investasi mempunyai resiko dan potensi keuntungan yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan sudah mempelajari dan mengetahui potensi serta resiko tersebut. Produk yang tepat bagi kamu artinya investasi dengan resiko yang siap kamu terima dan berpotensi menghasilkan banyak untung.

4.      Buka rekening untuk investasi

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh investor pemula adalah tidak memisahkan rekening investasi dengan rekening pribadi. Resikonya ketika ada pemasukan dari keuntungan investasi langsung tertarik untuk membelanjakannya.

Sedangkan investor yang baik tidak akan buru-buru menggunakan dana dari investasi untuk hal yang tidak penting tetapi akan mengembangkannya sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

5.      Pantau perkembangan investasi

Adanya digital banking yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja memudahkan kamu untuk memantau perkembangan investasi. Memantau perkembangan investasi sangat penting agar kamu tahu langkah apa yang harus dilakukan sehingga aset yang diinvestasikan bisa berkembang dengan maksimal.

Masih banyak investor yang bertanya bagaimana cara kerja bank digital? Sistem ini bekerja dengan mengumpulkan berbagai informasi keuangan kemudian menyajikannya dalam sebuah aplikasi sehingga mudah diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.

6.      Jalani dengan benar

Terakhir, cara memulai investasi yang benar adalah menjalaninya dengan benar. Artinya jangan mudah tergiur oleh iming-iming keuntungan besar yang tidak masuk akal. Seorang investor harus bersabar menunggu perkembangan aset yang diinvestasikan sehingga mendapatkan keuntungan seperti harapan.

Berinvestasi Mudah dan Aman di Bank Digital

Digital banking memudahkan siapa saja untuk melihat perkembangan keuangannya termasuk perkembangan produk investasi yang dibelinya. Salah satu penyedia layanan bank digital adalah digibank by DBS.  Aplikasi ini menyajikan beragam informasi terkait investasi yang membantu kamu untuk mulai mengembangkan aset yang dimiliki.

Menjawab pertanyaan apa itu digital banking bisa dijelaskan bahwa pelayanan bank ini memudahkan setiap nasabah untuk bertransaksi karena tidak perlu datang ke kantor bank, termasuk pada saat akan membeli dan menjual produk investasi. Membeli produk investasi di bank digital dari digibank by DBS sangat menguntungkan karena:

  • Having fun jadi lebih maksimal. Mau ini itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all out. Limit kredit ekstra, bayar fleksibel yang pastinya bikin proses investasimu lebih menyenangkan.
  • Masa depan jadi lebih aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencana masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah. Kamu bisa investasi mulai Rp100rb di 120+ pilihan
  • Semua aman dan mudah dalam 1 genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet karena semua transaksi harianmu dalam satu aplikasi.

Setelah mengetahui apa itu digital banking kamu bisa memanfaatkannya untuk mengelola keuangan dengan cara membeli produk investasi yang cuan di digibank by DBS. Untuk info lebih detail, bisa klik di sini.


untuk menikmati kemudahan transaksi online dalam genggaman tanganmu