Traveling
09 Nov 2023

Traveling ke Mancanegara: Pakai Cash atau Kartu Kredit?

Bingung mau pakai kartu kredit online atau bawa uang tunai saat traveling ke luar negeri? Setiap pilihan itu pasti ada plus-minusnya. Uang tunai memang simpel, tapi risikonya juga besar. Uangmu bisa hilang atau dicuri. Belum lagi ribetnya harus menukar mata uang!

Di sisi lain, banyak yang mengatakan kalau kartu kredit lebih aman dan praktis. Tapi, tetap saja ada kekhawatiran dan keraguan karena takut kena biaya tambahan atau bingung soal kurs. Daripada kamu galau terus tentang hal ini sebelum berangkat, lebih baik kupas tuntas dua opsi ini!

Cash vs. Credit Card, Mana yang Lebih Baik untuk Traveling?

Uang tunai memang lebih bisa diterima di tempat-tempat yang belum terlalu modern atau di pedesaan. Selain itu, kamu dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran karena apa yang keluar benar-benar bisa kamu lihat dan rasakan.

Namun, membawa uang tunai dalam jumlah besar saat traveling bisa menimbulkan risiko keamanan. Belum lagi, jika kamu kehabisan uang di tengah perjalanan, akan lebih repot untuk mencari mesin ATM atau money changer.

Dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu khawatir mengenai risiko di atas. Terlebih lagi, ada banyak keuntungan yang bisa kamu, seperti:

●     Keamanan yang Lebih Tinggi

Prosesnya panjang kalau semisal kamu kehilangan uang atau jadi korban pencopetan ketika sedang liburan. Alhasil, uang yang hilang itu sulit untuk dikembalikan. Tapi, kalau kamu menggunakan kartu kredit online dan mengalami hal yang sama, kamu cukup melaporkan kejadian tersebut ke bank.

Pihak bank akan segera memblokir kartu kreditmu, sehingga orang lain tidak bisa menggunakannya. Bahkan, beberapa kartu kredit menawarkan proteksi terhadap transaksi ilegal. Jadi, jika ada transaksi yang tidak kamu lakukan, uangnya bisa dikembalikan.

●     Tiada Biaya Konversi Mata Uang

Biaya konversi mata uang bisa jadi beban yang cukup besar saat kamu traveling. Sebab, ada selisih antara harga beli dan harga jual mata uang. Biaya ini harus kamu tanggung sendiri.

Beberapa kartu kredit menawarkan keuntungan berupa tidak adanya biaya konversi mata uang. Jadi, saat kamu melakukan transaksi di luar negeri, kartu kredit akan langsung mengkonversi mata uang asing ke mata uang lokal tanpa ada biaya tambahan.

●     Menawarkan Asuransi Perjalanan

Pernah terhambat masalah sewaktu liburan, seperti keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, atau kecelakaan selama perjalanan? Membawa uang tunai atau kartu kredit memang tidak bisa membantumu menghindari masalah ini.

Akan tetapi, kartu kredit bisa membantumu dengan fitur asuransi perjalanannya. Misalkan, jadwal penerbanganmu ke Italia mengalami kendala teknis dan harus diundur satu hari yang membuatmu harus menginap semalam di hotel.

Dengan asuransi dari kartu kredit, biaya tambahan penginapan ini bisa ditanggung atau setidaknya diminimalisir.

●     Promo dan Diskon

Banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan merchant di luar negeri untuk memberikan promo atau diskon eksklusif. Ini bisa berupa diskon menginap di hotel, potongan harga untuk tiket masuk objek wisata, atau diskon di restoran tertentu.

Tentu saja, ini bisa membantu kamu menghemat pengeluaran selama perjalanan. Tapi ingat! Kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah kartu kreditmu memiliki kerja sama dengan merchant di destinasi yang akan kamu kunjungi.

●     Cashback dan Point Reward

Siapa sih yang tidak tertarik pada hadiah atau bonus? Nah, banyak kartu kredit yang menawarkan program cashback atau point reward setiap kali kamu melakukan transaksi. Ini berlaku juga saat kamu berada di luar negeri.

Contohnya, ada kartu kredit online yang memberikan cashback 1-2% untuk setiap transaksi di merchant internasional. Atau, ada juga yang memberikan poin reward yang bisa kamu tukarkan dengan tiket pesawat gratis, voucher hotel, atau merchandise eksklusif.

●     Kemudahan dalam Transaksi Besar

Terkadang ada transaksi-transaksi besar yang perlu kamu lakukan, seperti booking hotel, sewa mobil, membeli barang branded atau paket tur. Bayangkan kalau kamu harus membayar semua itu dengan uang tunai? Ribet, kan? Belum lagi dengan risiko keamanannya.

Nah, dengan kartu kredit, semua itu bisa jadi jauh lebih mudah. Karena kartu kredit biasanya memiliki limit yang cukup besar, kamu bisa melakukan banyak transaksi tanpa masalah.

●     Pembayaran Menjadi Lebih Fleksibel

Salah satu kelebihan menggunakan kartu kredit adalah fleksibilitasnya dalam pembayaran. Misalnya, kamu mau melakukan transaksi besar seperti membeli tiket pesawat atau membayar akomodasi.

Beberapa kartu kredit menawarkan fitur cicilan dengan bunga yang rendah atau bahkan nol persen. Ini memungkinkan kamu untuk membagi pembayaran menjadi beberapa bulan tanpa merasa terbebani.

Jadi, kamu bisa lebih leluasa dalam mengatur keuanganmu selama perjalanan, tanpa harus khawatir kehabisan uang tunai atau saldo di rekening.

●     Melindungimu dari Penipuan

Kartu kredit memiliki beberapa lapisan proteksi yang bisa menjaga kamu dari risiko penipuan. Pertama, ada fitur notifikasi instan per transaksi. Jadi, jika ada transaksi mencurigakan yang tidak kamu kenali, kamu bisa segera melaporkannya ke bank.

Kedua, kartu kredit biasanya memiliki teknologi enkripsi dan otentikasi dua faktor yang membuat transaksi kamu lebih aman. Ketiga, jika memang terjadi penipuan atau transaksi ilegal, beberapa kartu kredit menawarkan perlindungan berupa pengembalian dana.

Ini berarti, jika ada transaksi yang terbukti tidak sah, kamu bisa mendapatkan uangmu kembali. Keempat, kartu kredit juga seringkali memiliki fitur tambahan seperti foto ID atau PIN khusus saat kamu melakukan pengajuan kartu kredit. Dua hal ini bisa menambah lapisan keamanan ekstra.

 


Tips Menggunakan Kartu Kredit saat Traveling di Luar Negeri

Menurut Investopedia, ada beberapa tips penting dalam memaksimalkan penggunaan kartu kreditmu saat traveling, di antaranya adalah sebagai berikut:

●     Biaya Transaksi Internasional Rendah

Beberapa kartu kredit mengenakan biaya hingga 3% untuk setiap transaksi di luar negeri. Jadi, pastikan untuk memilih kartu kredit yang menawarkan biaya transaksi internasional rendah atau bahkan nol.

●     Beritahu Bank Sebelum Berangkat

Jika tiba-tiba ada transaksi di luar negeri dan kamu tidak memberitahu bank, mereka bisa menganggap itu sebagai aktivitas mencurigakan dan memblokir kartu kreditmu. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberitahu bank tentang rencana perjalananmu!

●     Hindari Fitur Dynamic Currency Conversion

DCC adalah layanan yang memungkinkan kamu membayar dalam mata uang lokal saat berada di luar negeri. Sebaiknya hindari opsi ini karena ada tambahan biaya konversi yang bisa membuat transaksi jadi lebih mahal.

●     Ingat PIN Kartu Kredit

Di banyak negara, terutama di benua Eropa, setiap transaksi kartu kredit memerlukan PIN. Jadi, pastikan kamu memeriksa dan mengingat PIN kartu kreditmu sebelum berangkat.

Meski uang tunai lebih bisa diterima di tempat wisata tertentu, kartu kredit tetap saja menawarkan banyak kelebihan, seperti keamanan, fleksibilitas, dan berbagai bonus yang bisa membuat perjalananmu jauh lebih menyenangkan.

Jika kamu belum punya atau ingin melakukan pengajuan, pertimbangkan apply kartu kredit gampang, yaitu Kartu Kredit Digital digibank yang proses approval hanya dalam 60 Detik!

Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, Kartu Kredit Digital digibank menawarkan banyak manfaat dan kemudahan. Kamu bisa menikmati fitur digibank Pay Later yang mengizinkanmu untuk mengubah cicilan sesukamu hingga 60 bulan, kapan dan dimana saja lewat Aplikasi digibank by DBS. Tertarik untuk apply kartu kredit online ini? Klik di sini!