kartu kredit
10 Feb 2023

Sebelum Apply Kartu Kredit: Ketahui Istilah Umum di Dalamnya

Sebelum apply kartu kredit, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu terkait istilah-istilah umum yang terdapat di dalam sebuah produk ’kartu kredit’.

Dengan mengetahui istilah-istilah yang digunakan, maka kamu sebagai nasabah bisa terhindar dari miskomunikasi serta kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi selama proses pengajuan hingga nantinya telah menggunakan kartu kredit tersebut.

Nah, pada artikel ini akan diberikan penjelasan mengenai macam-macam istilah umum yang biasanya digunakan di dalam sebuah kartu kredit. Penjelasan lebih lengkapnya terkait istilah-istilah tersebut akan dibahas secara rinci pada poin pembahasan di bawah ini.

Istilah-istilah Umum dalam Kartu Kredit

Setiap produk yang ditawarkan oleh bank biasanya memiliki istilah-istilah tersendiri dalam pengoperasiannya, sebagai contoh yaitu produk kartu kredit.

Supaya tidak terjadi kesalahpahaman terkait istilah-istilah yang digunakan, maka kamu sebagai nasabah yang ingin mengajukan perlu pelajari dan pahami masing-masing dari istilah tersebut.

Istilah-istilah kartu kredit yang harus kamu tahu antara lain yaitu:

●       Approval

Merupakan istilah yang memiliki makna bahwa pengajuan pembuatan kartu kreditmu disetujui oleh pihak bank atau lembaga penyedia layanan kartu kredit.

●       Biaya Tahunan

Istilah satu ini sesuai namanya merupakan biaya yang harus dibayarkan satu kali setiap satu tahun atas kepemilikan sebuah kartu kredit.

Meskipun demikian, saat ini telah banyak penerbit layanan kartu kredit yang menawarkan sebuah kartu kredit yang tidak memberlakukan biaya tahunan ini.

●       Tingkat Persentase Tahunan

Berikutnya, ada istilah tingkat persentase tahunan atau biasa disingkat dengan APR. Istilah ini memiliki arti sebagai tingkat bunga dalam jangka waktu satu tahun yang dibebankan atas saldo dari kartu kredit yang belum dilunasi.

●       Saldo

Seperti yang kita ketahui secara umum, istilah saldo kerap diartikan sebagai jumlah uang.

Dalam dunia perbankan, istilah saldo mengarah pada jumlah atau total uang yang terdapat di dalam tabungan atau rekening.

Sementara dalam ranah kredit atau pinjam meminjam, saldo mengarah pada jumlah atau total uang yang dipinjam.

●       Batas Kredit

Selanjutnya, ada istilah batas kredit. Istilah ini memiliki makna yang mengacu pada jumlah tertinggi atau jumlah maksimal pinjaman yang bisa dibebankan pada sebuah rekening kartu kredit.

●       Masa Tenggang

Kemudian ada istilah masa tenggang yang maknanya mengarah kepada waktu yang diberikan oleh lembaga penyedia kartu kredit, biasanya bank, kepada peminjam atau pemegang kartu kredit untuk membayarkan kreditnya setelah jatuh tempo.

Masa tenggang ini merupakan kesempatan untuk membayarkan kreditnya sebelum diberlakukannya bunga pinjaman tambahan.

●       Jatuh Tempo

Merupakan istilah untuk tanggal atau waktu yang sudah ditetapkan terkait kapan angsuran kartu kredit harus dibayarkan setiap bulannya.

●       Bunga Perkenalan

Pada setiap awal pengajuan kartu kredit biasanya penyedia layanan menawarkan bunga perkenalan atau tingkat persentase awal yang lebih rendah sebagai cara mereka dalam melakukan promosi.

Untuk itu, pada proses ini kamu perlu mengetahui secara mendetail terkait durasi hingga syarat dari pemberlakukan bunga perkenalan tersebut supaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

●       Pembayaran Minimum

Sesuai dengan istilahnya, pembayaran minimum memiliki arti berupa total pembayaran paling minimal yang diberlakukan kepada kamu sebagai pemegang kartu kredit untuk membayarkan tagihan yang dibebankan.

Pembayaran minimum ini diberlakukan dengan tujuan untuk menjaga kartu kreditmu memiliki performa atau nilai yang baik.

●       Perlindungan Overdraft

Perlindungan overdraft merupakan sebuah istilah yang mengacu pada sebuah layanan perbankan yang bisa menghubungkan antara kartu kredit dengan sebuah rekening.

Layanan ini memiliki tujuan untuk memberi perlindungan agar kamu tidak terkena denda overdraft maupun denda cek yang ditolak akibat saldo tidak mencukupi.

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Pemegang Kartu Kredit

Setelah mengetahui istilah-istilah umum yang biasanya diberlakukan pada kartu kredit, kamu juga perlu paham tentang hal-hal penting yang perlu diketahui bahkan sebelum apply kartu kredit online.

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang pemegang kartu kredit? Berikut ini uraian penjelasannya.

●       Waktu Melakukan Transaksi

Hal pertama yang perlu diketahui olehmu yang akan menjadi pemegang kartu kredit ialah terkait waktu-waktu dalam melakukan transaksi.

Baik transaksi dalam berbelanja, melakukan tarik tunai, atau apapun jenis transaksi lainnya, sebaiknya kamu perlu mengetahui masing-masing waktu tepatnya melakukan transaksi tersebut.

Guna dari mengetahui waktu transaksi adalah untuk memantau dan menghindari timbulnya transaksi yang tidak sesuai dengan yang kamu lakukan.

●       Waktu Tagihan Dicetak

Kemudian, kamu juga perlu mengetahui kapan waktu cetak tagihanmu. Waktu atau tanggal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa merencanakan transaksi yang ingin kamu masukkan ke dalam tagihan bulan tertentu.

●       Waktu Tagihan Kartu Kreditmu Jatuh Tempo

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu tentang waktu jatuh tempo dari tagihan kartu kreditmu. Waktu atau tanggal ini perlu diketahui agar kamu terhindar dari bunga atau denda atas keterlambatan pembayaran tagihan dari penggunaan kartu kredit,

●       Jumlah Minimum Tagihan yang Perlu Dibayarkan

Jumlah minimum tagihan yang harus dibayarkan juga perlu diketahui supaya nilai kreditmu tidak buruk.

Masing-masing penyedia layanan kartu kredit memiliki jumlah minimum pembayaran tagihan yang berbeda, untuk itu kamu perlu mencari tahu dengan detail terkait jumlah minimum ini.

Apply Kartu Kredit Digital Pertama di Indonesia

Bagaimana? Dari penjelasan mengenai istilah-istilah umum hingga hal-hal yang penting diketahui oleh pemegang kartu kredit di atas, apakah membuatmu mantap untuk mengajukan kartu kredit?

Jika iya, salah satu rekomendasi produk kartu kredit yang bisa kamu coba, yaitu Kartu Kredit Digital digibank yang merupakan kartu kredit digital pertama di Indonesia, berikut ini keunggulan-keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika daftar kartu kredit online Kartu Kredit Digital digibank:

  1. Proses approval dalam 60 Detik
  2. Bisa segera dipakai setelah selesai verifikasi
  3. Stay in control dengan limit belanja yang bisa ditetapkan lewat Aplikasi digibank by DBS
  4. digibank Pay Later dengan mengubah transaksi jadi cicilan sesuka hati hingga 60 bulan
  5. Dapat mengatur dan memantau 24/7 lewat Aplikasi digibank by DBS
  6. Gratis iuran tahun pertama dengan minimal belanja Rp1 juta dalam 60 hari di awal

Sungguh menarik bukan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh kartu kredit ini? Apabila kamu tertarik, penjelasan lebih lengkap mengenai bagaimana proses apply Kartu Kredit Digital digibank dapat kamu temukan di sini.