panjat tebing
05 Oct 2023

Mau Pacu Adrenalinmu? Coba Olahraga Panjat Tebing di Sini

Bagi pencinta olahraga ekstrim, olahraga panjat tebing bukanlah olahraga yang asing. Panjat tebing merupakan olahraga yang lazim dilakukan orang-orang di alam terbuka seperti pegunungan dan bebatuan.

Selain di alam terbuka, olahraga ini juga bisa dilakukan di dinding yang biasa disebut dengan panjat dinding. Olahraga ini dapat menjadi pilihan untuk kamu pencinta tantangan dan olahraga ekstrem karena tingkat kesulitan dan resiko yang ditawarkan cukup tinggi.

Peralatan yang dibutuhkan pun tidak main-main. Jika kamu mempunyai keterbatasan untuk membeli atau menyewa peralatan untuk olahraga panjat tebing jangan khawatir, kamu bisa melakukan apply kartu kredit online dengan mudah.

Mulai Hobi Panjat Tebing, Ini Manfaatnya

Selain tingginya resiko dan tantangan yang dihadapi, olahraga panjat tebing memiliki banyak manfaat juga bagi kesehatan. Manfaat dari olahraga ini diantaranya:

●       Mengurangi Tingkat Stress

Olahraga ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespons stres. Aktivitas fisik yang dilakukan dalam olahraga ini mampu menambah neuromodulator norepinefrin yang membantu otak menanggulangi stres secara lebih efektif.

Selain itu, aktivitas fisik juga bisa mengoptimalkan efisiensi komunikasi dalam sistem tubuh, termasuk sistem kardiovaskular, ginjal, otot, dan bahkan saraf pusat. Maka demikian, respon tubuh terhadap stres menjadi lebih efisien.

●       Meningkatkan Ketahanan Fisik

Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut ketahanan fisik yang tinggi. Kegiatan ini mengharuskan kamu untuk bergerak dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, ketahanan fisik akan meningkat, memperbaiki daya tahan tubuh dan kapasitas kardiorespirasi.

●       Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Olahraga panjat tebing memerlukan penggunaan intensif otot-otot utama seperti lengan, kaki, dan inti tubuh. Melalui latihan yang berulang, aktivitas ini membantu membangun dan meningkatkan kekuatan otot-otot tersebut, yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

●       Meningkatkan Kekuatan Mental

Panjat tebing memerlukan fokus yang tinggi dan ketahanan mental untuk mengatasi ketakutan dan stres. Jika dilakukan secara rutin, hal ini dapat membantu dalam mengembangkan ketahanan mental yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

●       Mengurangi Rasa Takut

Ayo coba panjat tebing dengan peralatan dan perlengkapan yang dibeli dengan apply kartu kredit online. Jika kamu telah mengumpulkan cukup keberanian untuk mencoba panjat tebing, kemampuan untuk mengatasi rasa takutmu sudah mulai terkendali.

Saat kamu berhasil mengendalikan ketakutan yang ada, respon tubuh dapat berjalan lebih efisien. Dengan demikian, perasaan takut yang mungkin ada bisa ditekan sehingga memiliki dampak positif pada kesehatan mental.

●       Mengasah Konsentrasi

Dalam menyelesaikan setiap medan dalam panjat tebing, kamu harus memiliki tingkat fokus yang tinggi. Jika hal ini sering dilakukan, tentunya akan sangat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, yang dapat diaplikasikan dalam banyak aspek kehidupan.

 


Persiapkan Peralatan ini untuk Olahraga Panjat Tebing

Dalam olahraga panjat tebing, tentunya ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan demi menunjang keamanan dan kenyamanan saat melakukan kegiatan panjat tebing. Peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

●     Tali Karmantel

Alat panjat tebing yang pertama adalah tali karmantel, yang berfungsi sebagai alat pengaman jika terjadi kejadian jatuh bebas (freefall). Tali karmantel terbagi menjadi tiga jenis:

  • Tali statis memiliki tingkat kelenturan sekitar 15-20%. Biasanya digunakan untuk rappelling atau turun dari ketinggian.
  • Tali dinamis memiliki tingkat kelenturan sekitar 30% dan memiliki daya kejut yang tinggi, cocok untuk kegiatan panjat tebing.
  • Tali semi statis memiliki tingkat kelenturan di antara tali statis dan dinamis. Jenis ini umumnya digunakan untuk rappelling dan panjat tebing serta sering digunakan dalam kegiatan penyelamatan.

Tali karmantel adalah alat utama untuk pengaman dan pegangan selama panjat tebing, dan sering digunakan bersama dengan peralatan lainnya.

●      Carabiner

Ini adalah sebuah cincin kait yang digunakan untuk menghubungkan satu peralatan dengan yang lainnya. Contohnya, digunakan untuk mengaitkan tali karmantel ke baut guna membuat titik pengaman.

Carabiner ini biasanya terbuat dari aluminium yang ringan namun kuat. Daya tahan carabiner tergantung pada mekanisme penguncinya yang dapat memegang cincin. Perlu kamu tahu, terdapat dua jenis carabiner yang umum digunakan, yaitu bermekanisme kunci (lock & screw) dan tanpa mekanisme kunci (bent).

●     Ascender

Salah satu peralatan penting dalam panjat tebing adalah ascender, yang digunakan untuk memberikan bantuan saat mendaki melalui lintasan tali. Ascender memiliki kemampuan untuk mengunci diri jika terdapat beban atau tarikan ke bawah dan akan melepas diri jika didorong ke atas.

●     Descender

Berdasarkan perbedaan fungsinya dengan ascender, descender adalah alat yang digunakan ketika kita perlu turun dari tebing atau mengikuti lintasan tali secara terkendali. Tujuan utamanya adalah untuk mengatur kecepatan penurunan sehingga kita tidak terjun bebas.

Descender dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti figure of eight, autostop, grigri, dan shunt. Salah satunya adalah descender figure of eight, yang memiliki bentuk mirip angka 8 dengan dua lubang di sisi berlawanan. Lubang yang satu lebih kecil dari yang lain.

Fungsinya adalah untuk meningkatkan gesekan dengan tali, yang bertindak sebagai pengerem selama penurunan. Dengan keuntungan kartu kredit, kamu bisa memiliki berbagai peralatan panjat tebing termasuk descender ini secara praktis.

●     Harness

Ini merupakan sebuah perangkat yang dikenakan di sekitar pinggang untuk memberikan dukungan dan pengamanan tubuh, yang biasanya terhubung dengan tali pengaman. Harness dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu seat harness, chest harness, dan full body harness. Perbedaan antara jenis-jenis harness ini terletak pada desain dan cara penggunaannya yang berbeda.

●     Piton

Ini adalah jenis paku yang digunakan dalam panjat tebing sebagai penopang. Fungsinya adalah untuk menyelipkan diri dalam celah-celah di tebing atau ditanamkan di permukaan tebing dengan menggunakan hammer.

●     Hammer

Meskipun disebut "hammer," perannya bukanlah untuk melakukan pendakian di atas rintangan berbatu. Sebaliknya, hammer digunakan untuk menancapkan dan melepaskan piton dalam celah-celah tebing

●     Webbing

Ini adalah alat panjat tebing yang berbentuk datar dan mirip dengan tali ransel. Namun, penting untuk diketahui bahwa webbing yang digunakan dalam panjat tebing telah melewati pengujian dan memiliki tingkat kekuatan yang terukur, berbeda dengan webbing yang digunakan dalam tas ransel.

Sebagai informasi tambahan, webbing panjat tebing biasanya terbuat dari nylon, memiliki fleksibilitas yang cukup dan lentur.

●     Chalk Bag

Ini adalah tas kecil yang digunakan untuk menyimpan serbuk kapur. Serbuk kapur ini digunakan untuk mengurangi kelembaban pada telapak tangan, yang pada gilirannya meningkatkan stabilitas dan cengkeraman tangan pemanjat.

Tertarik untuk mencoba olahraga panjat tebing? Pastikan untuk mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu dan pastikan membeli peralatan dengan kualitas terbaik.

Miliki peralatan panjat tebing dengan kualitas terbaik sekarang juga dengan apply kartu kredit online di digibank by DBS. Kartu Kredit Digital digibank adalah kartu kredit digital pertama di Indonesia.

Kamu bisa apply dan mendapatkan approval dalam 60 detik. Setelah itu, kamu bisa pakai fitur digibank PayLater hingga 60 bulan. Info lebih lanjut dan syarat lainnya dapat kamu cek di sini.