retinol
18 Aug 2023

Mau Mencoba Retinol? Informasi Umum Ini Wajib Kamu Ketahui!

Kamu tentu tidak asing dengan retinol. Ini merupakan salah satu kandungan dalam produk kecantikan yang sedang tren dan digunakan oleh berbagai bentuk produk skincare.

Perawatan retinol juga bisa didapatkan dengan pengajuan kartu kredit termudah. Sekarang ini, credit card juga dapat dimanfaatkan untuk lifestyle seperti perawatan kecantikan.

Retinol digemari karena memberikan efek yang signifikan. Namun, kamu perlu mengetahui informasi lengkap mengenai perawatan ini dari keuntungan hingga efek sampingnya. Tenang saja, mari simak informasi lengkap mengenai retinol di sini!

Apa Itu Retinol? Dapatkan Perawatan dengan Kartu Kredit

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Zat ini bekerja dengan baik untuk mengatasi efek penuaan dan mengobati jerawat. Produk kecantikan ini banyak terkandung dalam lotion, krim kulit, hingga serum.

Retinol dapat kamu miliki tanpa resep dari dokter, tetapi harus menaati aturan penggunaannya. Dengan retinol, produksi sel kulit akan meningkat. Hal ini membantu pembukaan pori-pori dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, munculnya garis halus ataupun kerutan dapat diminimalisir.

Perawatan menggunakan retinol membuat kulit lebih halus dan rata. Namun, beberapa kondisi kulit memiliki toleransi yang berbeda terhadap zat ini. Retinol juga tersedia dalam beberapa bentuk. Apa saja jenis dan karakteristiknya? Simak daftar berikut

●       Serum Retinol

Serum merupakan produk perawatan wajah yang ringan. Ini membantu melembabkan kulit dengan konsentrasi bahan yang tinggi, seperti retinol. Serum retinol dapat meresap dengan baik pada kulit. Bahan ini dapat menutrisi kulit dan meningkatkan tampilan yang awet muda.

Retinol berbentuk serum memberikan rasa nyaman dan tidak lengket pada kulit. Jenis kulit yang berminyak cocok menggunakan retinol serum.  Hal ini karena kulit berminyak membutuhkan kelembaban dalam untuk mencegah sebum.

Serum mampu melewati banyak lapisan kulit. Oleh karena itu, minyak berlebih dan masalah jerawat dapat efektif teratasi. Retinol juga mencegah masalah lebih lanjut pada kulit berminyak.

●       Krim Retinol

Krim retinol juga ampuh dalam melembabkan kulit. Disamping retinol, biasanya produk ini mengandung minyak mineral dan petrolatum. Berbeda dengan retinol serum, bentuk krim ini tidak cocok untuk kulit berminyak. Hal ini karena bahan dasar yang berasal dari lemak.

Krim retinol dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Jenis ini lebih cocok untuk kulit kering dan menjadikannya lebih lembab. Krim retinol juga lebih disarankan untuk kulit sensitif.

Itulah penjelasan singkat dan jenis retinol yang ada. Perbedaan bentuk retinol juga memiliki plus dan minus. Kamu dapat memilih produk terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit.

Aturan Penggunaan Retinol

Walaupun dapat diperoleh tanpa resep dokter, penggunaan retinol harus mengikuti aturan yang tepat. Sebelum menggunakan retinol, cobalah untuk mengaplikasikannya pada sebagian kecil kulit. Setelah itu, kamu dapat mengamati apakah ada reaksi negatif yang terjadi.

Setiap produk tentu memiliki instruksi yang tertera. Secara umum, langkah dan aturan untuk menggunakan retinol yaitu:

  • Membersihkan kulit dengan pembersih yang lembut.
  • Keringkan kulit dan hindari pengaplikasian dengan cara digosok.
  • Oleskan produk retinol secara tipis ke seluruh wajah, hindari area mulut, hidung dan mata.
  • Gunakan dosis seukuran kacang polong dua kali sehari selama minggu pertama pemakaian.
  • Akhiri perawatan dengan pelembab yang tidak menyumbat pori-pori.

Itulah cara penggunaan retinol yang bisa kamu ikuti. Perlu diketahui, retinol rawan mengiritasi kulit sehingga kamu harus melakukan perawatan secara perlahan. Penggunaan secara bertahap dapat meminimalisir efek negatif pada kulit.

Menurut Dr. Allison Arthur dari Sand Lake Dermatology Center, retinol dapat digunakan mulai usia 20 tahun. Hal ini karena produksi kolagen yang mulai menurun. Kolagen dapat mempertahankan kulit yang halus. Produksi yang menurun membuat kulit menjadi kendur dan keriput.

Manfaat Penggunaan Retinol bagi Kulit

Walaupun tidak sekuat retinoid, retinol memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan sel dan memproduksi kolagen. Selain itu, retinol juga memiliki sejumlah manfaat lain. Simak selengkapnya berikut ini!

●       Mengobati Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan bintik hitam yang disebabkan oleh sinar matahari, jaringan jerawat, dan perubahan hormonal. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan retinol. Retinol yang mendorong pergantian sel membantu kulit terkelupas, menghaluskan kulit, dan memunculkan sel baru.

Dengan begitu, retinol memiliki peran penting untuk mencerahkan bintik hitam. Persentase kecil saja dapat efektif memberikan perbaikan. Dengan retinol, bintik hitam menghilang dan warna kulit menjadi lebih rata.

●       Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Usia yang semakin bertambah membuat elastisitas kulit berkurang. Hal ini menyebabkan munculnya masalah seperti kerutan dan garis halus. Retinol dapat meningkatkan elastisitas dan penebalan kulit. Hal ini membuat garis halus tampak berkurang.

●       Mengobati Jerawat

Retinol dapat mengobati masalah jerawat dan mencegah pori-pori yang tersumbat. Jerawat terjadi karena penumpukkan sel kulit mati, minyak dan komedo putih. Permasalahan tersebut membuat kulit tersumbat dan meradang.

Retinol dapat mengobati jerawat karena meningkatkan produksi sel dan mengelupas sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori kulit bernafas dengan baik dan mencegah jerawat. Dengan manfaat yang efektif ini, tidak heran retinol menjadi produk kecantikan yang banyak dicari.

Itulah manfaat yang akan kamu dapat jika menggunakan retinol dalam aturan yang tepat. retinol memang mencegah banyak masalah kulit yang sukar diatasi. Produk ini juga popular di kalangan remaja hingga orang dewasa.

Perbandingan Retinol yang Penting untuk Diketahui

Kamu juga perlu mengetahui perbandingan retinol dengan beberapa zat lain. Mari simak penjelasannya berikut ini!

●       Retinol vs Retinoid

Retinol dan retinoid merupakan turunan vitamin A yang bermanfaat bagi kulit. Perbedaan paling mendasar dari keduanya yaitu seberapa kuat zat tersebut mampu bekerja.

Retinol dapat berbentuk krim, serum dan beberapa kosmetik. Sedangkan untuk retinoid memiliki konsentrasi tinggi dan hanya diberikan dengan resep dokter.

●       Retinol vs Vitamin A

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang dapat dioleskan pada kulit. Retinol bermanfaat untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit. Sedangkan vitamin A adalah zat yang larut dalam lemak dan banyak ditemukan dalam beberapa makanan. Vitamin A mampu mendukung kesehatan tubuh. Retinol lebih berfokus pada kesehatan kulit. Itulah beberapa perbandingan retinol dengan zat yang mirip atau sejenis. Informasi di atas dapat mendukung Anda untuk mengetahui perbedaan dan manfaat yang terkandung.

Merawat kulit dengan retinol dapat kamu lakukan dengan credit card yang memiliki syarat pengajuan kartu kredit praktis dan mudah. Sekarang ini, credit card memang solusi praktis untuk berbagai kebutuhan.

Kombinasi Perawatan Kulit dengan Retinol

Retinol juga dapat dikombinasikan dengan berbagai perawatan lainnya. Namun, kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Apa saja kombinasi tersebut? Mari simak dan lakukan dengan aturan yang tepat.

●       Retinol & Asam Hialuronat

Asam hialuronat bekerja untuk memperlambat penguapan air dari kulit. Ini sangat efektif untuk melembabkan kulit. Dengan asam hialuronat, efek iritasi dari retinol dapat diminimalisir dengan baik.

●       Retinol & Asam Glikolat

Asam glikolat berfungsi untuk pengelupas kimiawi. Kombinasi produk secara bergantian memungkinkan kurangnya bintik hitam dan menghilangkan bekas jerawat. Untuk menggunakan kedua produk ini, kamu harus menjadwalkannya dengan baik. Bila perlu, penggunaannya tidak boleh sekaligus dalam satu hari.

●       Retinol & Vitamin C

Vitamin C dapat mengurangi bintik halus dan kerutan.  Kombinasi kedua produk ini memang efektif. Namun, Anda harus melakukannya di waktu yang berbeda. Sebaiknya gunakan vitamin C di pagi hari dan lakukan perawatan retinol di malam hari.

Efek Samping Retinol yang Perlu Diketahui

Dibalik manfaat yang banyak, retinol juga memiliki efek samping. Umumnya, efek samping yang dirasakan adalah berupa kulit kering dan iritasi. Di beberapa kesempatan, retinol menyebabkan kemerahan dan sensitivitas yang tinggi terhadap matahari.

Lalu, apakah retinol dapat digunakan pada ibu hamil dan menyusui? Dalam kondisi ini, kamu perlu melakukan konsultasi kepada ahli. Hal tersebut karena retinol dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan permasalahan pada janin dan bayi.

Itulah informasi mengenai retinol yang dapat kamu ketahui. Kini, melakukan perawatan dapat dilakukan dengan Kartu Kredit Digital digibank.

Credit card ini merupakan yang pertama di Indonesia serta memiliki berbagai keunggulan dengan approval 60 detik saja. Simak informasi selengkapnya di sini.

Kartu Kredit Digital digibank memang memiliki pengajuan kartu kredit termudah dan tentunya praktis. Tunggu apalagi? Mari dapatkan credit card ini sekarang!