Surfboard
08 May 2023

Hobi Surfing? Ini Tips Pilih Surfboards Terbaik

Apply Kartu Kredit membuat kamu dapat memenuhi banyak hal yang diinginkan, seperti menunjang hobi. Berbicara tentang hobi, surfing menjadi olahraga dan hobi yang banyak digemari. Olahraga ini pada dasarnya dapat dilakukan oleh beginner hingga tingkat expert.

Untuk melakukan surfing, kamu memerlukan surfboard yang sesuai. Terdapat banyak pertimbangan untuk memilih papan surfing baik pemula hingga tingkat lanjut. Sebelum menaklukan ombak, mari ketahui cara memilih papan surfing yang sesuai dengan skill, serta kebugaran tubuh kamu.

Tips Memilih Papan Surfing yang Perlu Kamu Ketahui

Terdapat berbagai jenis papan surfing yang ditawarkan. Nyatanya, kamu tidak bisa memilihnya dengan sembarang. Setiap orang memiliki kebutuhan papan yang berbeda-beda. Papan surfing yang tepat memungkinkan kamu berselancar dengan lebih leluasa.

Baik pemula dan profesional, mari simak beberapa pertimbangan dalam menentukan papan surfing terbaik untuk kamu gunakan. Papan yang tepat membuat kamu lebih stabil dalam berselancar!

●     Jenis Gelombang dan Bentuk Sirip

Jenis gelombang menentukan papan yang sesuai untuk kamu miliki. Namun, perlu diketahui bahwa tidak ada gelombang yang sama di setiap waktu. Hal yang harus dilakukan yaitu memahami jenis gelombang pada pantai yang dituju untuk melakukan surfing.

Area ekor pada papan yang lebih lebar akan bekerja jauh lebih baik di gelombang kecil yang lebih lemah. Sedangkan papan dengan ekor sempit jauh lebih baik dalam gelombang yang kuat.

Ketahui juga apakah kamu hanya berselancar sebagai hobi atau menjadikannya sebagai suatu profesi. Jenis papan ini sangat penting ketika kamu berselancar dan mengejar gelombang.

Selain itu, bentuk sirip pada papan juga beragam. Konfigurasi sirip paling populer bagi tingkat menengah yaitu versi thruster, yaitu satu sirip berada di tengah dengan dua lainnya di sebelah luar.

Bagi pemula, konfigurasi lima sirip lebih disarankan. Lebih tepatnya yaitu dua sirip luar di setiap sisi dan satu sirip di bagian tengah. Lima sirip ini lebih baik dalam hal fleksibilitas.

●       Bentuk Hidung dan Ekor Papan

Bentuk hidung berpengaruh dalam kelancaran papan di air. Hidung papan merupakan bagian pertama yang akan bertemu air sehingga sangat penting untuk kinerja papan tersebut.

Bentuk hidung yang runcing memiliki keunggulan, yaitu mengurangi hambatan dengan memotong air. Jenis hidung ini juga lebih ringan dan efisien untuk mengatasi belokan.

Hidung atau bagian depan papan yang lebar juga memiliki keunggulan. Pada jenis papan ini, peningkatan daya apung dan volume lebih besar secara keseluruhan. Hal ini membuat papan lebih mudah berada di permukaan air.

Hidung dan ekor papan adalah dua hal yang menjadi penentu performa papan. Ekor papan menunjukkan seberapa stabil suatu papan ketika kamu berdiri di atasnya. Ekor yang lebar sangat baik untuk daya angkat pada gelombang yang lebih kecil.

Sedangkan pada gelombang besar, ekor yang sempit lebih disarankan. Terdapat beberapa jenis ekor yang bisa kamu ketahui. Ekor pin dapat bekerja maksimal pada gelombang yang kuat dan tidak cukup baik pada gelombang lemah.

Ekor squash yang cukup lebar memiliki daya apung yang tinggi, tetapi tidak cocok pada gelombang yang kuat. Kamu dapat memilih bentuk ekor yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

●       Menyesuaikan Level Kemampuan

Papan surfing akan mudah dikendalikan jika sesuai dengan level dan kemampuan yang dimiliki. Untuk mengetahui papan terbaik, kamu dapat mendatangi toko atau berkonsultasi pada profesional. Jangan menggunakan papan dengan level yang lebih tinggi dari kemampuan.

Papan dengan level kemampuan yang tinggi akan sulit dikendalikan. Sedangkan papan yang didesain untuk pemula lebih mudah dikendalikan, lebih lancar melaju di air dan stabil.

Untuk mengetahuinya, kamu juga bisa mencoba berselancar dan meminta orang yang mahir dalam surfing untuk menilai tingkat kemampuanmu. Jika papan dan pengendara memiliki level yang sesuai, berbagai performa seperti mempertahankan kecepatan, manuver kritis, dan transisi yang mulus dapat dilakukan.

●       Material Papan Surfing

Papan surfing juga terbuat dari berbagai material yang berbeda. Mengapa memilih material penting? Hal ini berfungsi untuk mengetahui ketahanan papan dan cara perawatannya. Setiap material juga memiliki karakteristik yang berbeda.

Papan fiberglass dibuat dengan alas busa, kain fiberglass, dan ditutup dengan resin. Jenis material ini cukup rapuh dan memerlukan perlakuan khusus. Saat di luar air, papan harus diperlakukan hati-hati dengan menyimpannya pada tas atau lapisan pelindung.

Permukaan yang rusak atau penyok karena tekanan bukanlah hal yang cukup serius. Namun bila terjadi retakan, papan perlu diperbaiki segera untuk mencegah genangan air yang membuat performa dan daya apung menurun.

Sebagai pengganti papan fiberglass, kamu bisa menggunakan material epoxy. Papan ini memiliki ketahanan yang baik dalam menerjang ombak. Karakter papan juga ringan sehingga kamu dapat mengendalikannya lebih mudah.

Di samping dua material di atas, terdapat juga material busa atau gabus. Jenis papan ini memiliki daya apung yang baik dan permukaan yang lembut melindungi gesekan tubuh pada papan.

●       Tingkat Kebugaran Tubuh

Kebugaran tubuh juga berpengaruh dalam memilih papan surfing. Hal ini karena berselancar merupakan olahraga yang banyak melibatkan kemampuan fisik.

Jika kebugaran tubuh belum cukup baik, kamu bisa memilih papan bervolume tinggi untuk mempermudah saat mengayuh. Sebaliknya, jika kamu kuat untuk mengayuh, papan yang lebih kecil bisa menjadi pilihan.

Untuk mengetahui kebutuhan papan dengan tepat kamu dapat mulai mengukur kemampuan dengan olahraga, mengetahui berat badan serta tinggi badan. Selanjutnya, konsultasikan kepada orang yang ahli atau profesional.

Setelah itu, kamu dapat memiliki papan terbaik dengan memanfaatkan Kartu Kredit. Tentunya, dengan syarat apply Kartu Kredit yang praktis seperti Kartu Kredit Digital digibank.

Dalam memilih papan, janganlah bergantung pada merek. Sesuaikan papan dengan kebutuhan dan kemampuan. Tentukan pula apakah olahraga ini akan dijadikan sebagai hobi atau sebuah profesi.

Itulah beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat memutuskan untuk mencari papan surfing. Olahraga ini harus didukung dengan peralatan yang sesuai dengan kondisi tubuh serta level kemampuan. Untuk itu, pastikan kamu mengerti kemampuan yang dimiliki dan tidak mengambil papan seluncur yang berada di tingkat selanjutnya.

Kesimpulannya, kamu bisa mendapatkan papan dengan banyak volume jika berada di tingkat pemula. Jika kamu berada pada tingkat yang lebih berpengalaman, maka ada lebih banyak faktor untuk menunjang skill menjadi lebih baik. 

Hal tersebut bergantung pada preferensi pribadi kamu dan disarankan untuk memilih salah satu yang paling sesuai kebutuhan serta memungkinkan untuk menangkap ombak lebih banyak. Papan yang tepat memudahkan kamu dalam berolahraga. Setelah mengetahui pertimbangan di atas, mari temukan papan surfing terbaik untuk kamu miliki.

Untuk memiliki papan dengan kualitas terbaik, kamu bisa memanfaatkan Kartu Kredit Digital digibank. Dengan Kartu Kredit ini, segala kebutuhan termasuk menunjang hobi dapat dilakukan dengan mudah. Kamu dapat mengetahui informasi mengenai apply Kartu Kredit Digital digibank selengkapnya di sini.