Motor Sport
06 Dec 2023

8 Ide Modifikasi Motor Sport agar Semakin Keren

Bagi adrenaline junkie khususnya pengguna roda dua, motor sport adalah salah satu jenis kendaraan yang disukai. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan, seperti tampilannya yang keren. Nah, kamu bisa membuat motor sport-mu tampak menjadi lebih keren dengan memodifikasinya bersama Kartu Kredit Online.

Tak hanya membuatnya lebih keren, modifikasi ini juga bisa membuat motor menjadi lebih nyaman. Dikutip dari Antara News Otomotif, salah satu preferensi pengguna motor sport saat ini adalah kenyamanannya saat digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, intip ide-ide modifikasi dalam artikel di bawah ini!

Ide Modifikasi Motor Sport

Ada banyak ide yang bisa dilakukan untuk memodifikasi motor sport-mu agar tampak semakin keren dan nyaman dipakai. Berikut beberapa di antaranya:

●     Menggunakan Velg Variasi

Penggunaan velg variasi sering dilakukan oleh pengguna motor saat ingin memodifikasi kendaraannya. Hal ini disebabkan velg bisa membuat motor tampak lebih keren dan menarik secara visual. Terlebih lagi jika velg tersebut merupakan hasil custom yang sesuai dengan selera dan model motor.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengganti velg motormu dengan variasi menggunakan Kartu Kredit Online. Pertama adalah pastikan velg tersebut tak terlalu kecil sehingga bisa menjadi rangka ban yang proporsional bagi ukuran motormu.

Selain itu, carilah bahan yang kuat untuk velg motormu. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan motormu untuk melintasi jalanan yang tidak rata. Jika bahannya tak kuat, maka velg motormu akan rentan bengkok. Velg yang kuat juga akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

●     Menggunakan Stiker

Salah satu modifikasi standar yang sering dilakukan oleh para pengguna motor adalah stiker pada body-nya. Stiker ini bisa dibeli dengan mudah di berbagai toko daring maupun luring. Biasanya, toko-toko tersebut menyediakan beragam model stiker yang bisa dibeli.

Selain membelinya secara langsung, kamu juga bisa membuat desain stiker sendiri dan mencetaknya untuk motormu. Kalau kesulitan, maka kamu bisa meminta bantuan desainer grafis profesional untuk membuatkannya atau pergi ke bengkel khusus stiker motor.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan stiker. Misalnya pastikan memilih dan menggunakan bahan stiker kualitas terbaik yang tahan air dan debu. Untuk jenis kertasnya bisa disesuaikan dengan seleramu agar motor menggambarkan karakter penggunanya.

●     Gunakan Limbah Moge

Modifikasi motor sport bisa menggunakan limbah dari jenis kendaraan lainnya selama sesuai dan bisa menjaga kenyamanan maupun keamanan pengendara. Salah satunya adalah dari limbah moge atau motor gede.

Misalnya, kamu bisa mengambil ban dan velg dari motor gede yang memiliki mesin 400 hingga 600 cc. Dua item ini bisa membuat motormu tampak lebih keren namun tetap aman saat digunakan. Pastikan, penggunaan ban dan velg ini harus disesuaikan dengan model motormu sendiri.

Selain kedua hal tersebut, bagian lain dari moge juga bisa kamu gunakan, yaitu rem hingga as roda. Namun sekali lagi, kamu tetap harus memperhatikan kesesuaiannya dengan motormu sendiri agar aman dan nyaman saat digunakan.

●       Ganti Rem

Rem adalah komponen penting pada sepeda motor. Terlebih lagi jika motor sering digeber dengan kecepatan tinggi, maka sistem pengereman yang pakem pun diperlukan agar pengendara terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Oleh sebab itu, kamu bisa memodifikasi rem motormu dengan komponen orisinil yang berkualitas dan hindari barang KW.

Kamu bisa mengkonsultasikan hal ini kepada mekanik profesional. Selain itu, kamu juga bisa membawanya ke bengkel modifikasi motor sport yang memiliki reputasi bagus di bidang sistem pengereman. Pastikan modifikasi ini tak hanya membuat motormu tampak keren saja, namun juga sesuai dengan keinginanmu dan menjaga keselamatan..

●     Gunakan Lampu LED

Umumnya motor sport menggunakan lampu standar. Kalau kamu bosan dengan bentuk lampu tersebut, maka kamu bisa menggantinya dengan lampu LED yang bisa disesuaikan dengan selera.

Lampu LED motor sport bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko maupun bengkel. Namun sebelum membelinya, pastikan kamu telah membaca aturan mengenai penggunaan lampu pada motor. Salah satunya adalah jangan gunakan lampu yang membuat pengendara lain merasa silau.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kualitas lampu LED tersebut. Jangan sampai kamu memperoleh barang yang berkualitas buruk sehingga mudah rusak dan harus diganti berulang kali. Tentu hal ini akan merepotkanmu di kemudian hari.

●     Mengganti Spakbor

Setiap motor pasti telah diberi spakbor pabrikan. Namun banyak orang yang merasa bahwa spakbor tersebut terasa kurang keren karena modelnya monoton. Itulah mengapa banyak orang mengganti spakbor motor mereka, termasuk pengguna motor sport.

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama untuk bagian belakang dan depan motormu. Namun, pastikan kamu menggunakan spakbor yang tepat sesuai dengan jenis motormu agar terlihat sesuai dan tidak timpang.

Saat memasangnya, kamu bisa menambah bracket pada spakbor. Namun kalau kamu kesulitan atau gak punya waktu untuk melakukannya, maka kamu bisa membawanya ke bengkel profesional dan serahkan kepada mereka untuk memasangkannya di motormu.

●     Gunakan Jok Variasi

Mengganti jok juga menjadi salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna motor saat memodifikasi kendaraannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan. Misalnya adalah jok dari pabrikan tak terasa nyaman atau terlihat membosankan.

Kalau kamu juga merasakan hal yang sama dengan, maka kamu bisa mengganti jok variasi. Penggantian ini pun bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Dengan demikian, jok bisa terasa nyaman saat dikendarai meskipun dalam waktu yang lama serta terlihat menarik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti jok. Misalnya adalah kualitas bahan sehingga tak mudah robek. Selain itu, jok juga harus disesuaikan dengan jenis motor sport-mu. Perhatikan juga apakah motormu termasuk one seated atau two seated.

●     Mengganti Setang

Apakah kamu ingin merasakan sensasi berkendara yang berbeda? Kalau iya, maka kamu bisa mengganti setang motormu. Tak hanya sensasi saja, setang motor juga bisa membuat motormu menjadi lebih menarik..

Bagaimanapun juga, kamu harus menyesuaikan setang pilihanmu berdasarkan jenis motor dan tanganmu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman.

Menarik sekali ide-ide di atas, bukan? Tak perlu risau kalau kamu ingin segera mewujudkannya selama ada kartu kredit andalan. Sebuah rekomendasi paling tepat saat ini yakni Kartu Kredit Digital digibank. Ini adalah kartu kredit berbasis digital pertama di Indonesia.

Kartu kredit ini pun cukup menarik untuk kamu yang anti ribet, karena bisa dimiliki secara instan dengan approval-nya dalam 60 detik. Segala aktivitasmu pun dapat dipantau di Aplikasi digibank by DBS. Ingin tahu informasi selengkapnya tentang Kartu Kredit Online ini? Ayo segera klik di sini!