Motorik Anak
08 Sep 2023

11 Permainan untuk Asah Perkembangan Motorik Anak

Motorik adalah salah satu kemampuan anak yang perlu diperhatikan perkembangannya. Bahkan hal ini tercantum pada konten milik Kementerian Kesehatan. Itulah mengapa orang tua perlu memberikan berbagai permainan untuk mengasahnya dengan kartu kredit online.

Namun apa saja, permainan yang bisa dipertimbangkan untuk hal tersebut? Ayo baca ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Permainan untuk Motorik Anak

Sebenarnya ada banyak permainan yang bisa dibeli dengan kartu kredit online untuk mengembangkan motorik anak. Namun jika para orang tua masih kebingungan, maka berbagai permainan di bawah ini bisa menjadi referensi.

●     Bongkar Pasang

Bongkar pasang adalah permainan yang berbentuk geometris dengan fitur khusus agar bisa dipasang dan dibongkar kembali. Dari situlah permainan ini mendapatkan namanya.

Permainan ini bisa mengasah motorik anak terutama motorik halus pada tangan. Tak hanya itu saja, anak juga bisa terlatih untuk berpikir kreatif dan fokus demi menciptakan suatu bentuk.

Bongkar pasang pun biasanya mempunyai berbagai warna yang menarik perhatian anak. Namun orang tua harus waspada agar tidak membeli bongkar pasang dengan bahan yang berbahaya bagi anak.

●     Kolam Balon

Banyak anak kecil yang suka bermain air. Oleh sebab itu, para orang tua bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif seperti bermain permainan yang mengasah motorik.

Permainan tersebut akan memerlukan kolam balon. Setelah dipompa, kolam tersebut bisa diisi air dan berbagai mainan yang bisa mengapung. Setelah itu, anak bisa diminta untuk mengambilnya dengan alat dan meletakkannya di wadah.

Saat ini terdapat berbagai kolam balon yang bisa ditemukan secara mudah melalui daring atau langsung. Bagaimanapun juga, orang tua perlu berhati-hati agar memilih kolam balon dengan kualitas baik dan tahan lama.

●     Monkey Bar

Monkey bar adalah permainan anak yang biasanya diletakkan di luar ruangan. Permainan ini mengharuskan anak untuk bergelantungan dan berpindah dari satu batang besi ke batang lainnya.

Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata permainan ini cukup sulit untuk dilakukan jika tidak terbiasa lho! Terlebih lagi jika anak masih takut untuk jatuh.

Bagaimanapun juga, permainan ini bisa membawa dampak positif bagi motorik kasar anak dan koordinasi tubuh. Selain itu, monkey bar juga bisa membuat otot tangan menjadi lebih kuat.

●     Jungkat-jungkit

Jika ingin melatih motorik kaki anak, maka bisa menggunakan permainan jungkat-jungkit. Hal ini disebabkan untuk memainkannya, anak perlu mendorong tubuh dan jungkat-jungkit tersebut menggunakan kakinya.

Tak hanya melatih motorik saja, permainan ini juga melatih kekuatan otot kaki. Selain itu, anak juga bisa terlatih untuk lebih berani sendiri meskipun posisinya lebih tinggi daripada tanah.

Permainan ini umumnya diletakkan di luar ruangan. Dengan demikian, anak bisa memainkannya dengan lebih leluasa. Orang tua pun bisa meletakkan jungkat-jungkit dengan monkey bar di area yang sama.

●     Plastisin

Dulu plastisin memang dijual dengan murah dan dapat ditemukan dengan mudah juga. Namun sebenarnya plastisin tersebut belum tentu aman apalagi jika anak mempunyai kulit yang sensitif.

Nah saat ini berbagai produsen mainan telah membuat plastisin yang lebih aman bagi anak. Bagaimanapun juga, anak masih bisa bermain dan membuat berbagai bentuk layaknya plastisin pada umumnya.

Dengan memainkan plastisin, anak bisa melatih motorik halus pada tangannya. Selain itu, anak juga bisa mengenal warna dan pencampurannya. Hal ini disebabkan oleh beragamnya warna yang dimiliki plastisin dan munculnya warna baru jika dicampur.

●     Titian Balok

Mungkin orang tua sudah tidak asing dengan keberadaan titian balok di berbagai playground. Hal ini disebabkan titian balok merupakan salah satu permainan yang disukai anak.

Cara memainkannya pun cukup sederhana, yakni anak harus berjalan di atas balok dari ujung satu ke ujung lainnya. Dalam melakukannya, anak tak boleh jatuh. Orang tua juga bisa mengawasinya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Dengan memainkan titian balok, anak bisa melatih motorik kasar pada kakinya. Selain itu, anak juga bisa berlatih untuk tetap seimbang, fokus, dan tidak mudah menyerah meskipun awalnya terasa sulit.

●     Puzzle

Puzzle masih menjadi mainan klasik yang cocok dibeli untuk anak dengan kartu kredit online. Bahkan kini orang tua bisa memilih puzzle yang cocok untuk anak mereka berdasarkan ukuran hingga gambar dari barang tersebut.

Ada berbagai permainan untuk mengasah motorik anak menggunakan puzzle. Permainan pertama adalah menyusun puzzle itu sendiri. Selain melatih motorik halus pada tangan, menyusun kepingannya juga bisa melatih daya nalar anak.

Selain itu kalau barang yang dibeli cukup besar, maka orang tua bisa melakukan permainan lainnya seperti engklek dengan puzzle. Orang tua pun bisa mengenalkan warna melalui permainan ini.

●     Panjat Dinding

Dahulu panjat dinding hanyalah olahraga ekstrem yang dilakukan oleh orang dewasa. Namun saat ini ada permainan panjat tebing yang bisa dibeli untuk anak-anak.

Permainan ini pun bisa disesuaikan dengan kondisi rumah dan kebutuhan karena dapat diletakkan di dalam atau luar ruangan. Ukuran dan bentuknya juga beragam.

Panjat dinding bisa melatih motorik kasar kaki dan tangan anak. Selain itu, permainan ini juga bisa melatih koordinasi, kekuatan, serta daya nalar anak untuk membuat keputusan.

●     Origami

Origami adalah salah satu permainan yang dapat ditemukan dengan mudah. Namun orang tua perlu berhati-hati dalam membelikan origami kepada anak dengan mencari bahan yang aman bagi mereka.

Dengan kertas origami, orang tua bisa membimbing anak untuk membuat bentuk-bentuk tertentu. Hal ini tentu bisa melatih motorik halus karena anak harus belajar untuk melakukannya dengan presisi.

Selain itu, origami juga bisa melatih daya fokus anak serta pemahamannya saat membuat sesuatu sesuai aturan. Bahkan orang tua bisa mengenalkan berbagai bentuk dan warna dari kertas ini.

●     Balok

Balok yang dimaksud di sini adalah permainan yang bisa disusun oleh anak hingga tinggi. Biasanya balok ini terbuat dari bahan yang aman bagi anak dengan warna-warna yang menarik.

Dengan menyusun balok, anak bisa melatih gerakan motorik halus pada tangannya. Tak hanya itu saja, anak juga bisa berlatih agar tetap fokus dan hati-hati sehingga balok yang disusun tidak jatuh.

●     Bola

Bola merupakan mainan yang sering dimiliki oleh anak di seluruh dunia. Ukurannya pun beragam, yakni dari kecil seperti pada mandi bola hingga besar seperti bola sepak.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memainkan bola seperti motorik tangan dan kaki. Selain itu, permainan menggunakan bola juga bisa melatih fokus pada anak agar bola yang dilempar maupun ditendang bisa tepat sasaran. Begitu pula sebaliknya.

Itulah berbagai permainan yang bisa dibeli orang tua untuk mengasah motorik anaknya. Pembelian permainan tersebut bisa semakin mudah karena adanya promo kartu kredit seperti dari digibank by DBS.

Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, Kartu Kredit Digital digibank juga senantiasa memberimu beragam penawaran menarik.

Kamu bisa memeroleh gratis iuran tahun pertama dan Approval dalam 60 detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya tentang kartu kredit online ini.