online banking
12 Dec 2022

10 Fakta Menarik Transaksi Digital Semakin Meningkat

Online banking merupakan pelayanan perbankan yang banyak membantu masyarakat. Setiap hari penggunanya terus bertambah. Kenaikan drastis terlihat pada transaksi digital banking yang mencapai Rp3.910 triliun lebih, atau meningkat 63 persen. Transaksi dengan kartu ATM, kartu debit, kartu kredit mencapai Rp664 triliun lebih, atau tumbuh sekitar 6,3 persen.

Kenapa terjadi pertumbuhan jumlah dan transaksi nasabah yang mengakses pelayanan bank secara online? Hal tersebut tidak terlepas dari keunggulan dan manfaat yang dirasakan. Dengan berbagai kemudahan, menggunakan digital banking merupakan pilihan tepat. Layanan online banking adalah transaksi berbasis internet yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja

Mengungkap Fakta kenapa Transaksi Digital Semakin Meningkat

Meningkatnya trend penggunaan bank online berdampak baik bagi semua pihak. Untuk nasabah, bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah dan terpercaya. Dari sisi keamanan juga terjamin karena tidak sembarangan orang bisa mengakses akun yang digunakan. Agar bisa login harus mengetahui username dan password. Ada juga yang menambah dengan sidik jari.

Bagi pengusaha, online banking membuka peluang untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan jaringan internet. Pengusaha bisa melakukan transaksi dengan konsumen dari mana saja dan menerima pembayaran secara cepat. Karena sistem langsung mencatat transaksi, memudahkan pebisnis untuk melihat laporan dan memantau perkembangan usahanya.

Kemudahan yang ditawarkan tidak membutuhkan biaya dan perangkat mahal. Semua transaksi dapat diproses hanya menggunakan smartphone saja, sedangkan kini hampir semua orang memilikinya. Akses internet yang dibutuhkan juga tidak harus menggunakan kecepatan tertentu. jadi mudah untuk bisa bertransaksi. Transaksi digital semakin naik karena:

1.              Trend bagi masyarakat urban

Bagi masyarakat urban, transaksi yang simpel, mudah dan cepat sangat penting. Karena itu kehadiran digitalisasi perbankan mendapat sambutan luar biasa. Hampir semua masyarakat yang tinggal di daerah urban mempunyai akun dan aplikasi untuk mengakses bank online. Jumlah transaksi pun terus meningkat karena banyaknya unit usaha yang bekerja sama dengan perbankan.

Kini, untuk membeli makan, kaum urban tidak perlu keluar rumah. cukup membuka HP, memesan dan membayarnya secara online. Apalagi banyak bank yang memberikan reward berupa poin atau potongan harga yang menarik bagi nasabah dengan ketentuan tertentu.

Begitu juga untuk pembayaran berbagai keperluan, seperti cicilan, pinjaman dan pembayaran lainnya. Kaum urban mulai meninggalkan transaksi offline secara cash, kini beralih pada transaksi online yang mudah, cepat, aman dan menguntungkan.

Kesibukan kaum urban juga menjadi salah satu alasan kenapa mereka lebih memilih bertransaksi online. Selain kecepatan dan keamanan dengan menggunakan bank online, kaum urban tidak perlu keluar rumah, mengeluarkan biaya transportasi maupun membuang waktu. Pelayanan yang praktis dan simpel menjadikannya pilihan terbaik.

2.              Disenangi pria dan wanita

Jika belanja online sebelumnya didominasi oleh para wanita, ternyata tidak demikian pada masa Sekarang saat ini hampir 35% pria lebih memilih transaksi secara online untuk berbagai keperluan. Apalagi banyaknya institusi yang membuka pelayanan dengan sistem pembayaran online, meningkatkan jumlah transaksi.

Untuk membayar pajak, tagihan kartu kredit, membeli pulsa, paket data, membayar listrik sampai PAM semua dapat dilakukan dengan online. Kemudahan dan praktisnya proses transaksi menjadikannya pilihan terbaik bagi pria dan wanita.

Setelah pembayaran, untuk memastikan bahwa transaksi berhasil juga sangat mudah. Konsumen pun bisa langsung mendapat bukti pembayaran di akun sehingga tidak mudah hilang dan gampang untuk menemukannya kembali.

3.              Semua kalangan suka

Bukan hanya kalangan urban saja, sekarang banyak masyarakat di pedesaan yang lebih memilih melakukan transaksi secara online. Selama ada jaringan internet, maka pembayaran dan pembelian berbagai produk dapat dilakukan.

Bukan hanya orang dewasa, remaja pun lebih suka melakukan pembayaran dengan bank online. Di beberapa lokasi, termasuk pembelian tiket transportasi umum, justru hanya menerima pembayaran secara online. Ada yang menerima dengan transfer maupun sistem scan barcode yang mudah dan cepat. Cukup mendekatkan smartphone pada alat pemindai, pembayaran bisa berlangsung. 

4.              Cocok untuk yang mager

Berikutnya, bagi yang mager atau males gerak, transaksi online merupakan pilihan tepat. Tanpa harus keluar rumah, semua keperluan dan kebutuhan dapat terpenuhi. Apalagi saat ini banyak pelaku usaha yang menangkap trend tersebut dengan menghadirkan berbagai pelayanan yang mudah dan cepat. Untuk mendapatkan berbagai produk, cukup hanya membuka aplikasi dan melakukan satu klik saja.

Bukan hanya kebutuhan untuk berbelanja atau melakukan pembayaran rutin, kini kaum mager juga bisa membeli investasi, menjual dan memantaunya. Semua cukup dengan menggunakan fitur yang terdapat pada bank online. Kemudahan-kemudahan tersebut membawa kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup banyak pihak.

5.              Lebih aman dari penyebaran virus

Selama covid dan pembatasan aktivitas online, belanja dan pelayanan berbasis internet menjadi pilihan banyak orang. Begitu juga untuk transaksi yang sebelumnya dilakukan secara cash, berubah dan lebih banyak yang memilih cara cashless.

Uang merupakan barang yang rentan untuk menjadi alat perpindahan kuman. Meski sudah mencuci tangan dan menggunakan sanitizer, namun kemungkinan terkena penyakit masih besar. Transaksi online merupakan pilihan tepat untuk meminimalkan penyebaran penyakit selama pandemic sampai sekarang.

Pandemi covid turut meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan bank digital sebagai alat pembayaran dan bertransaksi. Tanpa harus bertemu dan berinteraksi langsung, semua kebutuhan tetap bisa terpenuhi, bahkan proses pembayaran lebih cepat dan aman.

6.              Menjadikan pekerjaan karyawan semakin mudah dan simpel

Menghitung uang dalam jumlah banyak bagi karyawan merupakan pekerjaan yang menyita waktu. Belum lagi jika terjadi selisih antara pencatatan dan fisik uang. Hal ini dapat diminimalkan dengan transaksi online. Karena pembayaran langsung masuk ke rekening, mengurangi pekerjaan untuk menghitung dan merapikan uang cash.

Selisih pencatatan pun bisa ditiadakan karena secara sistem akan menginput begitu ada transaksi keluar atau masuk. Karyawan cukup melihat dari akhir transaksi saja, kemudian mencocokkan dengan invoice tanpa perlu menghitung uang. Pekerjaan menjadi efektif dan produktivitas pun meningkat.

7.              Mendatangkan banyak keuntungan bagi pebisnis

Dengan digitalisasi perbankan mendatangkan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Di sisi penyediaan tenaga kerja, karena pekerjaan efisien bisa mengurangi BTK atau biaya tenaga kerja yang berarti meningkatkan keuntungan.

Dari sisi transaksi, jumlahnya pun bisa meningkat. Pebisnis juga dapat mengembangkan usaha secara lintas wilayah, bahkan negara karena untuk pembayaran tidak harus bertemu. Konsumen bisa langsung memilih produk, pebisnis menyiapkan dan mengirimkan selanjutnya menerima pembayaran langsung masuk ke rekening.

Bagi pebisnis, kehadiran online banking seperti asisten virtual. Dimanapun semua data keuangan akan tersaji secara rinci, detail dan akurat. Karena dapat diakses secara mobile, pebisnis bisa melakukan pengawasan semua transaksi tanpa harus datang ke lokasi usaha.

Pebisnis bisa langsung mengambil keputusan terkait usahanya begitu melihat cash flow dari aplikasi bank online. Sangat praktis, aman dan mudah. Kini pebisnis lebih mudah mengembangkan usaha berkat dukungan digitalisasi perbankan yang mendukung jalannya bisnis. Jika ingin menginvestasikan keuntungan juga mudah karena banyak bank yang menyediakan fitur tersebut.

8.              Transaksi lebih cepat

Bertransaksi online jauh lebih cepat dibanding offline. Anda tidak perlu datang ke bank dan mengantri untuk mendapatkan pelayanan perbankan. Karena menggunakan internet, transaksi sangat cepat, bahkan realtime. Pengirim maupun penerima tidak perlu menunggu lama sampai dana masuk ke rekening tujuan.

Kecepatan ini membuka peluang luas bagi semua kebutuhan. Untuk pebisnis tidak perlu takut kehilangan peluang mendapat keuntungan hanya karena keterlambatan pembayaran. Begitu juga bagi yang mempunyai kewajiban seperti membayar hutang atau cicilan. Tidak perlu takut terlambat dan mendapat sanksi denda karena pembayaran melebihi waktu.

Untuk bertransaksi, nasabah juga tidak perlu datang ke kantor yang membutuhkan waktu dan biaya transportasi. Kemudahan dan fleksibilitas pelayanan bank sangat menguntungkan dan mendukung kemajuan banyak pihak pada berbagai sektor kehidupan.

9.              Meminimalkan uang terbuang sia-sia

Ketika berbelanja, baik kebutuhan sehari-hari maupun pembayaran tertentu mendapat uang kembalian dengan pecahan kecil. Karena nominalnya kecil, tidak sedikit yang mengabaikan, bahkan membuangnya. Padahal jika dikumpulkan jumlahnya bisa menjadi cukup banyak.

Dengan pembayaran online, pelanggan tidak perlu mengeluarkan uang cash. Jika ada pengembalian juga tidak perlu menerima nominal kecil yang sering diabaikan. Transaksi cukup berlangsung dengan jumlah seharusnya.

10.           Pencatatan transaksi lebih rapi

Bukan hanya bagi pelaku usaha, untuk individu bertransaksi secara online sangat menguntungkan. Selain bisa mempercepat pembayaran, pencatatan transaksi juga lebih rapi. Uang masuk maupun keluar tertulis tanpa ada yang terlewat.

Apalagi beberapa bank menyediakan fitur tersendiri untuk cash flow dimana setiap transaksi langsung dikelompokkan berdasarkan direktori yang tersedia. Nasabah dapat dengan mudah mengontrol setiap item pengeluaran. Apabila terjadi over untuk item tertentu bisa langsung melakukan perubahan rencana pengeluaran selanjutnya.

Dengan pencatatan yang rapi dan detail tersebut nasabah mudah untuk melakukan pengecekan dan menemukan kembali transaksi yang pernah dilakukan. Hal ini berdampak pada kepuasan pelanggan terhadap aplikasi terbaik ini sehingga terus menggunakan dan merekomendasikan kepada orang lain.

 

Keunggulan Bank Digital dari Aplikasi digibank by DBS 

Online bank mendorong kemajuan dan kemudahan bertransaksi sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Transaksi perbankan menjadi lebih mudah dan cepat. Digitalisasi memberikan pengalaman pelayanan bank yang aman dan mudah serta cepat. Apalagi saat ini tersedia dalam bentuk aplikasi seperti digibank by DBS dengan banyak keunggulan.

Peningkatan kebutuhan masyarakat akan layanan bank secara online ditanggapi oleh DBS dengan menghadirkan aplikasi online yang all in one. Manfaatnya bisa menabung, mengelola rekening sekaligus berinvestasi. Semua tersedia dalam satu aplikasi yang simpel dan user friendly. Keunggulan Aplikasi digibank by DBS adalah:

  • Transaksi mudah, cepat dan lengkap
  • Banyak pilihan instrument untuk investasi dan asuransi
  • Fasilitas pinjaman dan kartu kredit

Semua fasilitas dan fitur dalam aplikasi mendukung berbagai keperluan berkaitan dengan pelayanan bank. Hal ini yang mendorong pengguna aplikasi bank online dan transaksi digital terus bertambah. Jumlahnya pun akan terus meningkat seiring dengan perkembangan digitalisasi perbankan dan sektor lainnya.

Layanan online banking adalah salah satu bentuk keseriusan pihak bank dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS nasabah dapat melakukan transaksi dengan lebih efektif, efisien dan hemat. Kini saatnya Anda menikmati kemudahan bertransaksi. Segera manfaatkan fitur terbaik digibank by DBS. Untuk Informasi selengkapnya bisa klik laman berikut ini http://go.dbs.com/id-digibank