Pengumuman

 

Beberapa Kantor Cabang DBS Indonesia akan kembali beroperasi

Sehubungan dengan akan berjalannya masa transisi atau  pemberlakuan new normal, maka beberapa Kantor Cabang Bank DBS Indonesia akan kembali beroperasi, khususnya yang berlokasi di kota Jakarta, Medan dan Bandung dengan jadwal sebagai berikut :

Tanggal Efektif

Kota

Kantor Cabang Bank DBS Indonesia

8 Juni 2020

Jakarta

·     Kantor Cabang DBS Kemang

·     Kantor Cabang DBS Pluit

·     Kantor Cabang DBS Permata Hijau

·     Kantor Cabang DBS Puri Indah

Medan

·     Kantor Cabang DBS Medan Diponegoro

12 Juni 2020

Bandung

·     Kantor Cabang DBS Bandung Dago

 

Kantor Cabang akan beroperasi dengan penyesuaian jam operasional yang terbatas yaitu dari pukul 09:00 – 14:30 (waktu setempat) dan penyesuaian pada batas waktu transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi

Batas Waktu

(Waktu Indonesia Barat (WIB))

Keterangan

Kliring Warkat (cek)

09:30 (berlaku untuk Kantor Cabang DBS BSD)

10:00 (berlaku untuk seluruh Kantor Cabang Bank DBS Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya)

Untuk Kantor Cabang DBS Indonesia di kota lainnya, mengikuti batas waktu sesuai dengan ketentuan BI di masing-masing kota

Transfer dana melalui SKN

11:00

Berlaku untuk seluruh Kantor Cabang Bank DBS Indonesia. Batas waktu mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB)

Transfer dana melalui RTGS

12:00

Outward Telegraphic Transfer

12:00

Overbooking Reksus

14:30

 

Nasabah dapat memanfaatkan Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon* (Authorization for Telephone Instruction) untuk melakukan transaksi deposito berjangka mata uang asing, pembelian produk investasi, reksa dana serta obligasi sambil menikmati waktu bersama keluarga tercinta.

Nikmati pula layanan digital banking digibank by DBS dimana pun kapan pun untuk transaksi:

Info lebih lanjut, hubungi Relationship Manager Anda

Keterangan:

*Untuk pendaftaran, lengkapi formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon (formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon terlampir ) dan hubungi Relationship Manager Anda atau mengunjungi Kantor cabang Bank DBS Indonesia terdekat untuk pengambilan formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon tersebut.

 


 

 

Penutupan Sementara Beberapa Kantor Cabang Bank DBS Indonesia & Penyesuaian Waktu Layanan Cabang

Sebagai dukungan kami kepada Pemerintah dalam pengendalian penyebaran pandemi COVID-19, efektif 1 April 2020, Bank DBS Indonesia menutup sementara beberapa Kantor Cabang Bank DBS Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan yaitu:


Kota

Kantor Cabang Bank DBS Indonesia

Jakarta

  • Kantor Cabang DBS Sunter
  • Kantor Cabang DBS Puri Indah
  • Kantor Cabang DBS Capital Place
  • Kantor Cabang DBS Mangga Dua Square
  • Kantor Cabang DBS Kemang
  • Kantor Cabang DBS Pluit
  • Kantor Cabang DBS Permata Hijau

Bandung

  • Kantor Cabang DBS Bandung Dago

Medan

  • Kantor Cabang DBS Medan Diponegoro

Surabaya

  • Kantor Cabang DBS Surabaya Galaxy
  • Kantor Cabang DBS Surabaya Sungkono

 

Bagi Nasabah penyewa Safe Deposit Box (SDB), dapat tetap mengakses kotak penyimpanan pada hari kerja mulai pukul 10:00 – 13:00 WIB dengan membuat perjanjian terlebih dahulu (by appointment) melalui DBSI Call Center 1500327 atau Relationship Manager. Perjanjian dilakukan selambat-lambatnya 1 hari kerja sebelumnya & dilakukan selama jam operasional Bank.

Untuk Kantor Cabang Bank DBS Indonesia lainnya di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan di kota lainnya, akan tetap beroperasi dengan penyesuaian jam operasional yang terbatas yaitu dari pukul 09:00 – 14:30 (waktu setempat) dan penyesuaian pada batas waktu transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi

Batas Waktu
(Waktu Indonesia Barat (WIB))

Keterangan

Kliring Warkat (cek)

09:30 (berlaku untuk Kantor Cabang DBS BSD)
10:00 (berlaku untuk seluruh Kantor Cabang Bank DBS Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya)

Untuk Kantor Cabang DBS di kota lainnya, mengikuti batas waktu sesuai dengan ketentuan BI di masing-masing kota

Transfer dana melalui SKN

11:00

Berlaku untuk seluruh Kantor Cabang Bank DBS Indonesia. Batas waktu mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB)

Transfer dana melalui RTGS

12:00

Outward Telegraphic Transfer

12:00

Overbooking Reksus

14:30

 

Berikut adalah Kantor Cabang DBS Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya yang beroperasi:

Area

Kantor Cabang Bank DBS Indonesia

Jakarta

  • Kantor Cabang DBS BSD
  • Kantor Cabang DBS Pantai Indah Kapuk
  • Kantor Cabang DBS Tower
  • Kantor Cabang DBS Pondok Indah
  • Kantor Cabang DBS Juanda
  • Kantor Cabang DBS Tomang
  • Kantor Cabang DBS Kelapa Gading

Bandung

  • Kantor Cabang DBS Bandung Jawa

Medan

  • Kantor Cabang DBS Medan Imam Bonjol

Surabaya

  • Kantor Cabang DBS Surabaya Pemuda

 

Nasabah dapat memanfaatkan Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon * (Authorization for Telephone Instruction) untuk melakukan transaksi deposito berjangka mata uang asing, pembelian produk investasi, reksa dana serta obligasi sambil menikmati waktu bersama keluarga tercinta.

Nikmati pula layanan digital banking digibank by DBS dimana pun kapan pun untuk transaksi:

Info lebih lanjut, hubungi Relationship Manager Anda

Keterangan:

*Untuk pendaftaran, lengkapi formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon (formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon terlampir) dan hubungi Relationship Manager Anda atau cabang Kantor Bank DBS Indonesia terdekat untuk pengambilan formulir Fasilitas Kuasa Instruksi Melalui Telepon tersebut.


 

Pengumuman untuk Penyesuaian Suku Bunga CASA 01 Juli 2020

Dengan ini kami informasikan bahwa efektif 1 Juli 2020, terdapat perubahan suku bunga untuk Rekening Tabungan AUD dan USD. Tingkatkan terus saldo Anda untuk mendapatkan suku bunga yang maksimal. Berikut suku bunga Rekening Tabungan AUD dan USD yang berlaku :

 


 

Cara akses ke DBSI 24 Hour DBSI Customer Centre

Nasabah dapat menghubungi DBSI Customer Centre di 1500327 atau +6221 298 52800  (dari luar Indonesia) dan untuk berbicara langsung dengan Customer Service Officer, silakan tekan  1 setelah pemilihan bahasa


 

Perubahan Sementara Jam Layanan DBSI Customer Centre 1500327 atau +622129852800 (dari luar Indonesia)

Nasabah yang terhormat,

Sebagai dukungan kami atas himbauan Pemerintah dalam pengendalian penyebaran pandemi COVID-19, efektif 16 Mei 2020 Bank DBS Indonesia mengubah sementara jam layanan DBSI Customer Centre dari 24 jam menjadi pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

Layanan 24 jam hanya berlaku untuk layanan terkait pelaporan kehilangan, pemblokiran dan penyalahgunaan kartu, baik kartu debit maupun kredit.

Untuk layanan lainnya diluar jam layanan tersebut diatas dapat dilakukan melalui live chat pada Aplikasi digibank by DBS. Nasabah dapat tetap melakukan kebutuhan perbankan lainnya melalui Aplikasi digibank by DBS.

Salam hangat,
PT Bank DBS Indonesia


 

Perubahan pada Biaya Materai Bulanan

Nasabah yang terhormat,

Dengan ini kami informasikan bahwa efektif 31 Mar 20 biaya meterai untuk laporan bulanan telah berubah.

Biaya meterai hanya akan dikenakan apabila :

  • Total saldo semua rekening Giro nasabah ≥Rp250.000,- akan dikenakan biaya meterai bulanan Rp3.000,-
  • Total saldo semua rekening Giro nasabah ≥ Rp1.000.000,- akan dikenakan biaya meterai bulanan Rp6.000,-
  • Biaya meterai hanya akan dikenakan 1 kali  tiap akhir bulannya ke 1 rekening Giro
  • Bila total saldo semua rekening Giro nasabah < Rp250.000,- maka tidak akan dikenakan biaya meterai bulanan

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327


&nbsp;

The London Inter-bank Offered Rate ("LIBOR") 


The London Inter-bank Offered Rate ("LIBOR") direncanakan untuk dihentikan pada tanggal 31 Desember 2021. PT Bank DBS Indonesia saat ini bekerja sama dengan otoritas lokal dan para pelaku industri untuk melakukan transisi yang lancar kepada Anda.

Nasabah-nasabah yang mempunyai produk investasi yang mungkin akan terpengaruh dari penghentian ini akan kami hubungi secara berkelanjutan.

Untuk informasi lebih detil lihat disini


&nbsp;

Perubahan Biaya Transfer Dana melalui Sistem Kliring Nasional (SKN) Bank Indonesia

Nasabah yang terhormat,

Untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, kami mendorong Nasabah untuk melakukan transaksi non-tunai sesuai dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No. 21/12/PADG/2019 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal Oleh Bank Indonesia. Perlu kami informasikan bahwa efektif per 1 April 2020 hingga 31 Desember 2020 terdapat perubahan ketentuan berkaitan dengan penurunan biaya transfer dana melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) sebagai berikut:


Ketentuan

Ketentuan Saat ini

Ketentuan Baru

Biaya Transfer Dana

Rp3.500,- (tiga ribu lima ratus Rupiah)

Rp2.900,- (dua ribu sembilan ratus Rupiah)

Yang dibebankan BI kepada Bank

Rp600,- (enam ratus Rupiah)

Rp1,- (satu Rupiah)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327 atau +6221 298 52800 (dari luar negeri).

 


&nbsp;

Pengumuman terkait Penerimaan Uang Kertas Renminbi

Nasabah yang terhormat,

Efektif mulai tanggal 1 April 2020, PT Bank DBS Indonesia tidak menerima uang kertas (banknotes) Renminbi/CNY untuk transaksi setoran tunai, penarikan tunai, dan transaksi lainnya di seluruh cabang yang ada.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327.


&nbsp;

Perubahan Biaya Penalti Pencairan Deposito digibank

Mulai tanggal 11 April 2020, penalti pencairan deposito yang ditempatkan melalui Aplikasi digibank by DBS sebelum jatuh tempo* adalah sebagai berikut:

  • Rp250.000,- untuk deposito di bawah Rp50.000.000,-
  • 0.5% dari nilai deposito untuk deposito >= Rp50.000.000,-

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327

*Untuk pencairan deposito digibank sebelum jatuh tempo, dana akan ditransfer ke rekening nasabah di hari yang sama, termasuk hari Sabtu dan Minggu

  Pencairan deposito digibank dapat dilakukan maksimum 2 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo.


&nbsp;

Pengumuman untuk Perubahan Metode Perhitungan Bunga Tabungan & Giro dan Perubahan Suku Bunga Tabungan & Giro Mata Uang Asing

Dengan ini kami informasikan bahwa efektif 1 Maret 2020, metode perhitungan bunga untuk tabungan dan giro Anda, serta tingkat suku bunga untuk tabungan dan giro mata uang asing akan berubah.

Tingkatkan terus saldo Anda untuk mendapatkan suku bunga yang maksimal. Berikut kami sampaikan contoh perhitungan bunga tabungan dan giro, serta suku bunga tabungan dan giro mata uang asing yang akan berlaku:

Contoh Perhitungan bunga baru :

Saldo akhir hari Tabungan Regular nasabah Rp 1.000.000.000, maka perhitungan bunga Tabungan Regular pada 1 hari tersebut adalah sebagai berikut :

Suku bunga tabungan dan giro mata uang asing yang akan berlaku

Terima kasih.
PT Bank DBS Indonesia


&nbsp;

Perubahan Suku Bunga Tabungan Digibank

Efektif 1 Agustus 2019, suku bunga untuk Tabungan digibank adalah sebagai berikut:


Saldo (Rupiah)

Suku Bunga (per tahun)

<100 juta

0,50%

≥100 juta

1%

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327

 


&nbsp;Jakarta, 20 Februari 2019

Relokasi Kantor Cabang DBS 


Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, kami telah mengambil langkah strategis untuk memastikan peluang pertumbuhan bisnis yang maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami informasikan bahwa kami akan melakukan perubahan jaringan kantor cabang kami sesuai dengan tabel sebagai berikut:

Tanggal Efektif

Kantor Cabang yang Tidak Beroperasi

Kegiatan Operasional Akan Dialihkan ke

11-Feb-19

KCP Mangga Dua Mall

KCP Pantai Indah Kapuk

25-Feb-19

KCP Metro Pondok Indah

KCP Pondok Indah

11-Mar-19

KC Semarang

KC Semarang Pandanaran

25-Mar-19

KCP Puri Indah

KCP Puri

08-Apr-19

KC Medan Uni Plaza

KC Medan Imam Bonjol

29-Apr-19

KCP Kota

KCP Tomang


Sekiranya Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Treasures Relationship Manager Anda atau Bank DBS Indonesia Customer Center di nomor 1500 327.


Terima kasih. 

Salam,

PT Bank DBS Indonesia


&nbsp;

Ketentuan Layanan Nasabah Prima


Mohon perhatian Anda bahwa efektif 18 Maret 2019, terdapat perubahan Ketentuan Layanan Nasabah Prima sebagai berikut:
  1. Apabila total saldo gabungan rata-rata per bulan Nasabah berada di bawah persyaratan saldo minimum DBS Treasures selama 12 (dua) belas bulan berturut-turut, maka segmentasi Nasabah akan disesuaikan dengan mengikuti ketentuan yang ada.
  2. Apabila total saldo gabungan rata-rata per bulan Nasabah selama 12 (dua) belas bulan berturut-turut sebesar Rp 0 (nil) dan rekening dalam kondisi tidak aktif, maka seluruh rekening Nasabah akan ditutup.


&nbsp;

Perubahan Perjanjian Kuasa Instruksi Melalui Telepon

Untuk meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi Reksa Dana, Obligasi dan Structured Product, kini Anda dapat langsung menggunakan fasilitas Instruksi melalui Telepon tanpa perlu menyerahkan instruksi asli dengan tanda tangan basah.

Kami  senantiasa menjaga keamanan transaksi Anda.

Untuk rincian ketentuan, silakan klik dokumen berikut.
Perjanjian kuasa instruksi melalui telepon

 


&nbsp;

Relokasi Kantor Cabang Pembantu Surabaya Darmo 

Untuk meningkatkan kenyamanan Anda, bersama ini kami informasikan bahwa efektif tanggal 6 Agustus 2018 PT Bank DBS Indonesia (“Bank DBS Indonesia“) Kantor Cabang Pembantu Surabaya Bukit Darmo setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan* akan pindah ke alamat baru sebagai berikut: 

Bank DBS Indonesia Kantor Cabang Pembantu Surabaya Sungkono

Jl. Mayjen Sungkono 91

Surabaya – Jawa Timur

Untuk memastikan proses perpindahan Nasabah berjalan dengan baik, kantor kami akan tetap beroperasi secara terbatas sampai dengan 31 Agustus 2018.

Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada Anda. Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Treasures Relationship Manager Anda atau DBSI Customer Center di nomor 1500 327.

 Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Consumer Banking Group

PT Bank DBS Indonesia

 

*saat ini masih dalam proses persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)



&nbsp;2 Juli 2018

Relokasi Kantor Cabang Bank DBS Indonesia

Nasabah yang terhormat, Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, kami telah mengambil langkah strategis untuk memastikan peluang pertumbuhan bisnis yang maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami informasikan bahwa kami telah melakukan perubahan jaringan kantor cabang kami, sebagai berikut:

Tanggal Efektif

Kantor Cabang yang tidak beroperasi

Kegiatan Operasional Akan Dialihkan Ke

16 Juli 2018

KCP Jembatan Lima*

KCP Juanda

23 Juli 2018

KCP Dharmawangsa*

KCP Kemang

6 Agustus 2018

KCP Surabaya Bukit Darmo*

KCP Surabaya Sungkono

13 Agustus 2018

KCP Surabaya Sungkono 2*

KCP Surabaya Sungkono

27 Agustus 2018

KC Bandung Juanda*

KC Bandung Dago

*setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (”OJK”)

Sekiranya Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Treasures Relationship Manager Anda atau Bank DBS Indonesia Customer Center di nomor 1500 327.

Terima kasih.


&nbsp;

Perubahan Bank Koresponden untuk Mata Uang USD


Dengan ini kami informasikan bahwa Bank Koresponden kami untuk mata uang USD akan berubah dari BNY Mellon menjadi Wells Fargo Bank.

Informasi selengkapnya adalah sebagai berikut:

Bank                             : Wells Fargo Bank, N.A.

Kode SWIFT                  : PNBPUS3N

Nomor  ABA                  : 026005092

CHIPS ID                       : 0509

Nomor Rekening           : 2000191002973

Nama Rekening             : PT Bank DBS Indonesia

Untuk menghindari keterlambatan atas transaksi Anda yang berhubungan dengan mata uang USD, harap pastikan Anda telah memperbaharui catatan Anda (yang saat ini masih menggunakan referensi BNY Mellon, jika ada) sebelum tanggal 8 September 2017.

Anda juga disarankan untuk memberitahukan rekan bisnis Anda (vendor, supplier, bankers) mengenai perubahan tersebut sebelum tanggal 8 September 2017.

Demikian pemberitahuan kami, apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Treasures Relationship Manager Anda.


&nbsp;

Penyesuaian Suku Bunga DBS Maxi

Efektif 7 Agustus 2017 berlaku perubahan suku Bunga DBS Maxi Saving Account dan Current Account dalam mata uang rupiah, sebagai berikut:

DBS Maxi SA & CA
Suku Bunga
0- <Rp 9.999.999,-

0.00%

Rp 10.000.000 - < Rp 99.999.999,-

0.50%

>Rp 100.000.000,-

1.00%

FFD SA & CA

2.50%

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Bank DBS Indonesia Customer Center di 1500 327 atau Treasures Relationship Manager Anda. 

 


&nbsp;

 Penyesuaian Suku Bunga DBS Saving Account Plus

Efektif 1 Juni 2017, berlaku perubahan suku bunga DBS Saving Account Plus dalam mata uang Rupiah, menjadi sebagai berikut:

SA Plus
Suku Bunga
0- <Rp 10.000.000,-

0.00%

Rp 10.000.000 - < Rp 250.000.000,-

0.50%

Rp 250.000.000 - < Rp 500.000.000,-

1.50%

Rp 500.000.000 - < Rp 1.000.000.000,-

3.00%

> Rp 1.000.000.000,-

4.00%

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Bank DBS Indonesia Customer Center di 1500 327 atau Treasures Relationship Manager Anda. 

 


&nbsp;

Perubahan Saldo Minimum Layanan DBS Airport Assistance dan Limousine Unlimited Service

Sebagai Nasabah DBS Treasures, ekslusifitas Anda adalah prioritas kami. Dalam upaya untuk meningkatkan keistimewaan perjalanan Anda, DBS Airport Assistance & Limousine unlimited servis akan mensyaratkan saldo minimum sebanyak Rp3.000.000.000,- efektif 1 Juni 2017 tidak terbatas untuk sepanjang tahun.

Bersama dengan perubahan ini, kami siapkan program khusus dan cash back bagi Anda Nasabah DBS Treasures setia kami yang mempunyai dana di mulai dari Rp1.000.000.000,- sampai dengan Rp3.000.000.000,- akan mendapat keuntungan istimewa seperti:

  • 2 (dua) voucher gratis layanan ekslusif Airport Assistance & Limousine yang dapat digunakan sepanjang tahun 2017 untuk semua Nasabah DBS Treasures.
  • Cashback sampai dengan Rp 2.500.000,-

Informasi selengkapnya, baca di sini

 


&nbsp;

BI regulasi terkait Bilyet Giro dan Transfer Dana (Clearing)

Bersama ini kami informasikan perubahan ketentuan terkait Bilyet Giro dan Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal, yang akan berlaku efektif pada tanggal 1 April 2017:

  1. Mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia No. 18/41/PBI/2016 tanggal 21 November 2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/32/DPSP tanggal 29 November 2016 tentang Bilyet Giro:

    Ketentuan

    Efektif 1 April 2017

    Masa Berlaku

    70 hari sejak Tanggal Penerbitan

    Nama Jelas Penarik (Personalisasi)

    Wajib dicantumkan pada Bilyet Giro

    Tanda Tangan Penarik

    Wajib menggunakan tanda tangan basah

    Tanggal penarikan dan efektif

    Wajib ditulis keduanya

    Penyerahan Bilyet Giro ke Bank Penerima

    Wajib diserahkan oleh Nasabah Penerima atau pihak yang mendapat kuasa dari Nasabah Penerima

    Koreksi Kesalahan Penulisan

    Maksimal 3 (tiga) kali

    Proses Pencairan Bilyet Giro

    Tidak dapat dipindahtangankan

    Pembatalan Bilyet Giro

    Tidak dapat dibatalkan

    Penggunaan Bilyet Giro Format Baru

    Efektif 1 Januari 2018 wajib menggunakan Bilyet Giro Format Baru

    Penarik wajib memenuhi syarat formal Bilyet Giro sesuai dengan Pedoman Pemenuhan Syarat Formal sesuai pedoman yang ditentukan oleh Bank Indonesia

    Pemenuhan Syarat Formal tersebut wajib dilakukan sebelum Bilyet Giro diserahkan oleh Penarik kepada Penerima

    Warkat Bilyet Giro yang ada masih dapat digunakan sampai dengan tanggal 31 Desember 2017, dengan ketentuan peralihan sebagai berikut:

    • Bilyet Giro dengan tanggal penarikan sebelum 1 April 2017, tunduk pada ketentuan lama dengan masa berlaku 70 hari ditambah 6 bulan sejak tanggal penarikan.
    • Bilyet Giro dengan tanggal penarikan mulai 1 April 2017, wajib tunduk pada ketentuan masa berlaku 70 hari sejak tanggal penarikan.

    Terkait dengan format Bilyet Giro baru, PT Bank DBS Indonesia (“Bank DBS Indonesia”) akan segera menerbitkan buku Bilyet Giro dengan Format Baru untuk nasabah, sebelum tanggal 31 Desember 2017. 

  2. Mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia No. 18/43/PBI/2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/39/DPSP tanggal 28 Desember 2016 tentang Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong:

    Kewajiban Penyediaan Dana untuk Cek:
    • Penarik wajib menyediakan dana yang cukup pada saat Cek diunjukkan kepada Bank Tertarik
    • Kewajiban penyediaan dana tersebut termasuk ketika diunjukkan sebelum tanggal penarikan
    • Apabila pada saat pengunjukan tidak tersedia dana yang cukup, maka akan masuk dalam kategori penarik Cek Kosong

    Kewajiban Penyediaan Dana untuk Bilyet Giro:

    • Penarik wajib menyediakan dana yang cukup pada saat Bilyet Giro diunjukkan kepada Bank Tertarik dalam tenggang waktu efektif
    • Apabila pada saat pengunjukan tidak tersedia dana yang cukup, maka akan masuk dalam kategori penarik Bilyet Giro Kosong

    Selanjutnya, sebagaimana diatur di dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 9/13/DPSP yang terakhir diubah oleh Surat Edaran Bank Indonesia No.  18/39/DPSP tentang Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong, perlu kami sampaikan hal-hal berikut ini:

    1. Pemilik Rekening akan dikenakan sanksi pembekuan hak penggunaan Cek dan/atau Bilyet Gironya dan/atau dicantumkan identitasnya dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) jika
      • melakukan Penarikan Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong yang memenuhi kriteria Daftar Hitam Nasional (DHN) dari Bank Indonesia sebagaimana dimaksud dalam aturan tersebut, atau
      • karena identitasnya telah dicantumkan dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) oleh Bank lain.
    2. Pemilik Rekening wajib melaporkan pemenuhan kewajiban penyelesaian Penarikan Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong yang pemenuhannya dilakukan dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal penolakan.


  3. Mengacu kepada Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/40/DPSP tanggal 30 Desember 2016 tentang Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/7/DPSP tanggal 2 Mei 2016 perihal Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia:
    • Pihak yang dapat menyerahkan Bilyet Giro dan/atau Cek kepada Bank adalah Nasabah selaku Penerima atau Pihak yang memperoleh kuasa dari Nasabah selaku Penerima
    • Nilai nominal setiap Bilyet Giro dan/atau Cek yang dapat dikliringkan melalui SKN-BI dibatasi, maksimal adalah Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)


    Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik ilustrasi ini atau hubungi Bank DBS Indonesia Customer Centre di nomor 1500 327 atau +6221 2985 2800 (dari luar negeri) atau hubungi Treasures Relationship Manager Anda.
    1. Batas Jumlah (Threshold) untuk pembelian valuta asing terhadap Rupiah oleh Nasabah kepada Bank melalui Transaksi Spot yang diwajibkan memiliki Underlying Transaksi diturunkan dari USD 100.000,00 (seratus ribu dolar Amerika Serikat) menjadi USD 25.000,00 (dua puluh lima ribu dolar Amerika Serikat) atau ekuivalennya per bulan per Nasabah.
    2. Apabila nilai nominal underlying transaksi tidak dalam kelipatan USD 5.000,00 (lima ribu dolar Amerika Serikat) maka nilai nominal underlying dapat dilakukan pembulatan ke atas dalam kelipatan USD 5.000,00 (lima ribu dollar Amerika Serikat.


&nbsp;

Common Reporting Standard (CRS)


PT Bank DBS Indonesia akan efektif mengimplementasikan “Common Reporting Standard (CRS) mulai tanggal 3 Januari 2017.

CRS merupakan standar pelaporan internasional sebagai bentuk dukungan Pemerintah Indonesia bersama dengan Organization of Economic Cooperation and Development (OECD) untuk memerangi penggelapan pajak dan menjaga integritas sistem perpajakan.

Di bawah CRS, Bank harus mengidentifikasi domisili perpajakan Anda. Apabila Anda merupakan seorang wajib pajak di sebuah negara yang telah menyetujui perjanjian competent authority dengan Indonesia, maka Bank dapat mengungkap informasi terkait rekening Anda melalui Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) dan otoritas pajak di Indonesia dan/atau otoritas lainnya untuk diteruskan kepada otoritas pajak Negara Mitra atau Yurisdiksi Mitra.