Terimakasih telah berpartisipasi dalam webinar eTalk Series dengan tema Don’t Let GERD Get You Down.  Kali ini eTalk Series membahas mengenai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) bersama Dokter Spesialis Gastroenterologi  dari institusi kesehatan bergengsi Raffles Hospital Singapore, Dr Aaron Woo.
 
Melalui eTalk Series ini kita dapat mempelajari beberapa hal, yaitu sebagai berikut
  1. Gejala umum GERD adalah nyeri/panas pada ulu hati, rasa asam di mulut, air ludah berlebih, dan susah dalam menelan.  Gejala lainnya adalah sakit pada dada, batuk, dan radang tenggorokan.
  2. Bahwa ternyata banyak sekali simptom dari GERD yang menyerupai simptom dari penyakit lainnya. Sekitar 30% penderita GERD seringkali mengalami salah diagnosa sebagai penyakit lain, seperti sakit jantung, masalah pencernaan dan lainnya
  3. Jika tidak ditangani dengan baik, sekitar 50% dari penderita GERD akan menderita Esofagitis yaitu sakit pada kerongkongan atau organ penyalur makanan dari mulut ke lambung. Dimana jika dibiarkan terus menerus bisa menjadi Esophageal adenocarcinoma (Esophageal cancer).
  4. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengontrol berat badan khususnya bagi penderita GERD dengan berat badan berlebih,  posisi tidur harus dibuat lebih tinggi pada bagian kepala,  dan makan malam terakhir idealnya 4-6 jam sebelum tidur, serta perhatikan sensitivitas terhadap makanan tertentu. Reaksi orang berbeda-beda pada kopi, pedas atau asam, namun umumnya makanan yang berminyak cenderung memacu asam lambung.
  5. Pengobatan GERD umumnya Proton Pump Inhibitors (PPI): the “prazoles”; Potassium-competitive acid blocker (PCAB); Histamine-2 Receptor Antagonists (H2RA); Antacids atau Prokinetics
More wellness, less worry. Mari hidup sehat, bebas GERD.
 
Bank DBS Indonesia bersama Manulife Indonesia perlindungan menyeluruh melalui MiTreasure Optimax Protection dan MiTreasure Optimax Care dengan batas manfaat tahunan hingga Rp 50 Milyar.
Untuk info lebih lanjut hubungi Relationship Manager Anda