ekspedisi
22 Aug 2022

Tips and Trik Kelola dengan Baik Jasa Ekspedisi Anda

Berhubung kebutuhan belanja online dari rumah semakin meningkat maka membuka jasa ekspedisi termasuk salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Namun, dibalik keuntungan fantastis yang dihasilkannya, bisnis jasa ekspedisi juga membutuhkan modal yang fantastis.

Jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini tapi terkendala oleh budget silahkan memanfaatkan pinjaman uang di bank sekarang juga. Semakin ramainya pengguna layanan online di tanah air bisa menjadi moment yang paling tepat untuk Anda dalam membuka jasa ekspedisi.

Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis ini, cobalah mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Tips dan Trik Sukses Bisnis Jasa Ekspedisi

Agar bisnis jasa ekspedisi yang Anda miliki dapat berjalan lancar, cobalah untuk menerapkan beberapa kiat-kiat berikut ini.

  • Tentukan Spesialisasi Jasa Pengiriman

Dalam menjalankan bisnis jasa ekspedisi, penting untuk menentukan spesialisasi apa yang ingin Anda tawarkan kepada penggunanya. Beberapa referensi jenis jasa pengiriman yang bisa Anda gunakan di antaranya dapat berupa jasa pengiriman paket dan barang, jasa pengiriman antar daerah dan provinsi hingga jasa pengiriman barang ke luar negeri.

Jika Anda bingung dengan pilihan spesialisasi jasa pengiriman yang ingin digunakan maka cobalah melakukan riset pasar lebih dulu. Cari tahu jenis jasa pengiriman barang apa yang paling banyak dicari oleh konsumen.

  • Tentukan Target Pasar

Tips selanjutnya ialah dengan menentukan target dari para konsumen. Carilah target pasar yang paling potensial dalam mengembangkan bisnis jasa ekspedisi Anda. Jika Anda memutuskan untuk fokus pada pengiriman paket atau barang maka target pasar yang paling potensial ialah para pemilik usaha barang seperti pakaian dan jenis produk lainnya.

Untuk makin melebarkan bisnis jasa ekspedisi Anda, silahkan bekerja sama pula dengan perusahaan-perusahaan besar di ibu kota yang selalu memiliki rutinitas pengiriman barang ataupun dokumen kepada konsumen yang tersebar ke berbagai daerah di tanah air.

  • Siapkan Budget dan Rencana Keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis jasa ekspedisi tidaklah sedikit. Jika ditotalkan secara keseluruhan maka budget awal yang perlu Anda siapkan ialah sekitar 200 hingga 300 juta rupiah.

Modal ratusan juta ini ini telah mencakup biaya sewa kantor, gaji para karyawan, biaya pemasaran dan kebutuhan operasional lainnya. Jika Anda kekurangan modal untuk memenuhi keperluan bisnis, cobalah mengajukan pinjaman dana bank untuk menutupi biaya lainnya.

  • Tentukan Struktur Badan Hukum Usaha

Bagian yang satu ini juga terbilang sangat penting terhadap kesuksesan bisnis jasa ekspedisi yang akan Anda jalankan. Menentukan struktur badan hukum usaha juga akan sangat mempengaruhi langkah bisnis Anda di kemudian hari.

Tak hanya itu saja, citra bisnis jasa ekspedisi Anda pun tentu akan jauh terlihat lebih profesional. Secara umum, terdapat beberapa struktur kepemilikan yang bisa Anda pilih.

Beberapa di antaranya ialah kepemilikan perseorangan, kemitraan umum ataupun perseroan terbatas. Setiap struktur ini memiliki kebijakan yang berbeda-beda terutama dalam urusan pengaturan ketenagakerjaan, pembagian aset hingga masalah pembayaran pajak.

  • Memilih Lokasi Usaha

Keberadaan lokasi bisnis akan sangat berpengaruh terhadap bisnis jasa ekspedisi yang akan Anda jalankan. Oleh sebab itu, penting untuk memilih lokasi strategis yang dapat dijangkau oleh para konsumen.

Untuk pemilihan kantor utamanya sendiri Anda bisa menyewa ruko atau bangunan yang berada di pusat perkotaan, di antara gedung perkantoran ataupun di wilayah pusat perbelanjaan.

Berhubung biaya sewa di lokasi strategis cukup menguras dompet, maka silahkan memanfaatkan pinjaman dana bank lebih dulu.

  • Siapkan Tim yang Akan Bekerja

Dalam mengembangkan sebuah bisnis maka Anda tentu memerlukan yang namanya tim. Tidak bisa dipungkiri, menjalankan sebuah bisnis seorang diri pastilah cukup sulit. Oleh sebab itu, pastikan untuk merekrut karyawan yang tepat untuk bisnis Anda.

Sekedar saran untuk Anda, berhubung Anda baru mengawali sebuah bisnis maka rekrutlah beberapa karyawan yang memang sudah Anda kenal cukup baik. Anda bisa merekrut teman atau keluarga terdekat. Jika bisnis ekspedisi Anda semakin berkembang barulah mengupayakan untuk merekrut orang dari luar.

Pilihlah karyawan yang memang memiliki skill mumpuni dalam bidang bisnis dan pemasaran. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah mengembangkan bisnis jasa ekspedisi perdana Anda.

Langkah-langkah Mengembangkan Bisnis Jasa Ekspedisi

Proses memulai bisnis jasa ekspedisi pada dasarnya cukup kompleks. Oleh sebab itu, terdapat beberapa tahapan penting yang perlu Anda lalui. Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Daftarkan Brand Bisnis Jasa Pengiriman

Kehadiran brand atau merek memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Jadi, ada baiknya untuk membuat merek dagang yang paling kreatif dan seunik mungkin.

Pastikan untuk memilih nama brand yang tidak mirip dengan merek jasa ekspedisi lainnya. Pasalnya, Anda bisa saja dicap plagiarisme. Tahapan pendaftaran brand bisnis pada umumnya cukup mudah.

Namun sebelum itu pastikan untuk memenuhi beberapa syarat lebih dulu seperti label merek, tanda tangan pemohon hingga surat rekomendasi UKM bagi pelaku usaha mikro. Adapun tahapan-tahapan pendaftarannya ialah sebagai berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan melakukan registrasi pada laman https://www.dgip.go.id/.
  2. Pilih opsi Tambah untuk Membuat Permohonan Baru.
  3. Selanjutnya pesan kode billing dengan mengisi tipe jenis dan pilihan kelas yang tersedia.
  4. Setelah itu, silahkan melakukan pembayaran sesuai tagihan yang terdapat dalam aplikasi SIMPAKI.
  5. Isilah semua formulir yang diberikan.
  6. Kemudian, unggahlah semua berkas pendukung yang diminta.
  7. Jika semua data telah diisi, selanjutnya kliklah opsi Permohonan sudah berhasil diterima. Anda pun sisa menunggu konfirmasi selanjutnya.
  • Mengurus Izin Usaha Jasa Pengiriman

Tahapan selanjutnya yang harus Anda lalui ialah mengurus izin usaha jasa pengiriman. Tentu sebuah bisnis yang legal harus memiliki kelengkapan dokumen surat izin usaha. Untuk bisa mendapatkan surat izin bisnis jasa ekspedisi maka Anda membutuhkan yang namanya SIUJPT atau Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi.

SIUJPT ini sendiri akan dikeluarkan langsung oleh Kantor Dinas Perhubungan Kota/Provinsi setempat. Beberapa dokumen persyaratan pendukung wajib lainnya yang harus Anda penuhi di antaranya ialah:

  1. Fotocopy akta pendirian bisnis dari notaris yang telah disahkan oleh Kemenkumham,
  2. Surat keterangan domisili usaha,
  3. Memiliki paling sedikit 25 persen dari modal dasar yang harus disetor penuh sebagai bukti penyetoran yang sah.

Selain itu, Anda wajib melampirkan sertifikat kepemilikan gedung kantor sendiri atau bukti sewa minimal 2 tahun lamanya. Jangan lupa juga untuk memasukkan fotocopy NPWP dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) yang telah dilegalisir instansi pajak.

  • Rencanakan Layanan dan Harga yang akan Ditawarkan

Ketika telah melengkapi surat izin usaha jasa ekspedisi, selanjutnya silahkan memutuskan jenis layanan apa yang akan dihadirkan. Berikut adalah beberapa jenis layanan yang umumnya sering digunakan oleh usaha ekspedisi.

  1. Layanan reguler estimasi waktu 3 – 5 hari.
  2. Layanan kilat estimasi waktu 2 – 3 hari.
  3. Layanan same day dikirim yang dikirim pada hari itu juga.
  • Menyiapkan Transportasi dan Alat yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya ialah dengan menyiapkan transportasi yang akan digunakan untuk mengirimkan barang atau paket konsumen. Beberapa jenis pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan ialah mobil, truk ataupun motor.

Karena Anda baru mulai menjalankan bisnis jasa ekspedisi ini maka tak perlu langsung membeli banyak kendaraan. Anda bisa membelinya secara bertahap seiring berkembangnya bisnis Anda. Sebagai modal awal untuk membeli kendaraan jasa pengiriman, tak ada salahnya untuk menggunakan pinjaman uang di bank.

Selain kendaraan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan operasional lainnya seperti handphone, laptop hingga alat pengemasan barang seperti plastik hingga bubble wrap. Jangan sampai melewatkan hal-hal kecil lainnya yang pada dasarnya juga sangat penting dalam menunjang kelancaran bisnis jasa pengiriman.

  • Daftarkan Asuransi yang Aman

Dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman, Anda bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan barang-barang yang diamanahkan pada perusahaan Anda. Salah satu cara untuk berkomitmen dalam menjaga barang konsumen hingga tiba dengan selamat di tempat tujuan ialah dengan mendaftarkan asuransi yang aman.

Kehadiran asuransi ini akan menjamin keamanan barang konsumen jika terjadi kerusakan atau kehilangan saat proses pengiriman barang. Tak hanya untuk barang, Anda juga perlu mendaftarkan asuransi untuk beberapa elemen penting lainnya di dalam perusahaan.

Beberapa di antaranya seperti driver dan karyawan, kendaraan hingga peralatan bisnis yang digunakan dalam proses pengiriman barang. 

  • Promosikan Bisnis Anda

Beberapa pelaku usaha kadang melupakan poin yang terakhir ini. Padahal, mempromosikan bisnis yang dijalankan adalah langkah penting untuk menarik perhatian para calon konsumen.

Karena zaman telah memasuki era teknologi dan digital yang semakin canggih maka cobalah memanfaatkan platform sosial media dalam mempromosikan bisnis Anda. Kekuatan sosial media memang lebih ampuh dalam menyasar target konsumen yang lebih luas jangkauannya.

Oleh sebab itu, manfaatkanlah kehadiran sosial media populer yang ada saat ini. Dengan begitu, bisnis jasa ekspedisi yang Anda jalankan pun bisa dilirik oleh banyak kalangan.

DBS KTA Menjadi Pilihan Paling Menguntungkan dalam Mengembangkan Usaha

Jika sedang mencari KTA yang menghadirkan banyak keuntungan maka DBS KTA adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Tak hanya menghadirkan syarat yang mudah, total jumlah kredit yang ditawarkan pun mencapai ratusan juta.

Untuk mengetahui keunggulan lainnya, yuk simak poin-poin berikut :

  • Jumlah kredit KTA yang ditawarkan mencapai 300 Juta rupiah.
  • Bunga flat kompetitif yaitu mulai dari 0,88 persen setiap bulannya.
  • Para nasabah bisa menikmati jumlah cicilan kredit hingga 36 bulan lamanya.
  • Persyaratan yang ditawarkan juga cukup mudah. Anda hanya perlu memastikan jika Anda adalah nasabah yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Jangan lupa melampirkan bukti e-KTP dan NPWP. Anda juga wajib memiliki penghasilan minimum sebesar 5 juta, dan memiliki kredit bank lain dengan limit sedikitnya 10 juta.

Demikianlah ulasan lengkap tentang tips-tips hingga langkah-langkah membangun bisnis jasa ekspedisi lewat artikel ini. Jika Anda sedang berencana untuk menjalankan bisnis jasa ekspedisi dalam waktu dekat tapi terkendala modal awal maka cobalah mengajukan pinjaman uang di bank bersama DBS KTA sekarang juga dan nikmati beragam keuntungannya.

Untuk mengetahui langkah pengajuannya klik link berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.