liburan
24 May 2022

Siapkan Dana Liburan Anda di Reksadana Pendapatan Tetap

Bagi sebagian besar masyarakat, menggunakan Reksadana Pendapatan Tetap adalah cara tepat untuk menyiapkan dana liburan agar tetap bisa terlaksana kemanapun tujuannya. Baik liburan ke pulau tertentu di Indonesia maupun liburan ke luar negeri dengan mengunjungi tempat-tempat yang cukup terkenal.

Memang tidak semua destinasi wisata impian Anda bisa terlaksana dengan mudah mengingat liburan juga membutuhkan biaya yang tak sedikit apalagi jika Anda bepergian dengan keluarga.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa mewujudkan semua mimpi Anda untuk berlibur dengan beberapa langkah yang tepat agar semua kebutuhan liburan bisa terpenuhi mulai dari biaya perjalanan, akomodasi hotel, biaya makan sampai oleh-oleh, tanpa perlu mengganggu kebutuhan finansial Anda yang lain.

Anda bisa menyiapkan rencana liburan dan juga dana yang diperlukan ke dalam tabungan konvensional maupun investasi seperti Reksadana Pendapatan Tetap. Namun dengan Reksadana Pendapatan Tetap, tabungan Anda akan lebih optimal karena adanya potensi return dari investasi Anda. Jika perkembangan investasi sudah dirasa cukup, dana tersebut bisa Anda gunakan untuk mewujudkan liburan impian sesuai dengan harapan Anda dan keluarga.

Rencana Tepat Liburan dengan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan untuk mewujudkan liburan impian ke tempat tertentu. Simak di bawah ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja langkah tepat agar liburan terwujud sesuai dengan keinginan.

  1. Menentukan Destinasi dan Waktu Liburan

    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menentukan destinasi liburan sesuai dengan keinginan. Pastikan destinasi liburan yang Anda pilih memiliki daya tarik dan keseruan tersendiri yang ingin dinikmati. Sehingga pengorbanan waktu dan biaya yang Anda luangkan sepadan dengan destinasi liburan yang akan dikunjungi.

    Anda bisa memilih destinasi liburan dalam negeri maupun di luar negeri. Jika Anda memilih destinasi liburan di luar negeri, Anda bisa memilih detail negara maupun kota tujuan sebagai tempat berlibur.

    Selain itu, jika memilih destinasi liburan yang berada di luar negeri Anda perlu menyiapkan dana yang lebih besar daripada destinasi liburan dalam negeri. Apalagi jika Anda menginginkan destinasi liburan favorit seperti halnya ke negara-negara Eropa.

    Selain menentukan destinasi liburan sesuai keinginan, Anda juga perlu mengetahui agen perjalanan terbaik. Pastikan agen tersebut menyediakan paket liburan dengan tujuan destinasi sesuai keinginan Anda. Sehingga Anda bisa memilih paket liburan yang terjangkau dengan berbagai penawaran yang menarik dan praktis.

    Namun, Anda juga tetap bisa berlibur sendiri tanpa melibatkan agen perjalanan tertentu. Jika demikian, Anda bisa menghindari peak season untuk berlibur secara mandiri agar bisa mendapatkan akomodasi dan harga tiket yang relatif lebih rendah.

  2. Membuat Rencana Anggaran Liburan Secara Detail

    Kemudian setelah menentukan destinasi liburan sesuai keinginan, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu membuat rencana anggaran liburan secara rinci. Anda akan dengan mudah mendapatkan rincian biaya pengeluaran yang dibutuhkan untuk melakukan liburan.

    Ada beberapa rancangan anggaran untuk liburan yang bisa Anda isi setelah mengetahui destinasi liburan yang ingin dikunjungi. Mulai dari harga tiket pesawat, biaya akomodasi sampai dengan biaya penginapan. Bahkan, Anda juga perlu mempersiapkan dana darurat untuk biaya tak terduga.

    Rancangan anggaran biaya untuk liburan bisa berbeda-beda antara orang satu dan lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh masing-masing orang saat berlibur.

  3. Membuat Target Investasi untuk Mewujudkan Liburan

     

    Jika Anda sudah mengetahui besaran biaya untuk liburan, kini saatnya Anda membuat target investasi untuk memastikan dana liburan Anda siap saat jadwal atau waktu liburan Anda sudah di depan mata.

    Target investasi untuk liburan bisa Anda lakukan dengan menyisihkan beberapa persen penghasilan setiap bulannya. Sehingga biaya untuk liburan bisa segera terpenuhi dan bisa mencukupi biaya anggaran liburan Anda nantinya.

    Instrumen investasi yang bisa Anda gunakan untuk mencukupi anggaran liburan juga cukup bervariasi. Mulai dari investasi untuk jangka pendek maupun jangka panjang dengan nilai return yang bervariasi.

  4. Memilih Reksadana Pendapatan Tetap untuk Menyiapkan Dana Liburan

    Anda perlu memilih instrumen investasi yang tepat untuk tujuan liburan Anda. Pasalnya beda kebutuhan bisa jadi beda instrumen investasi yang cocok. Untuk rencana liburan Anda yang mungkin masih 1-3 tahun ke depan, maka instrumen investasi yang bisa dan cocok Anda gunakan adalah jenis Reksadana dengan tingkat risiko yang rendah seperti Reksadana Pendapatan Tetap.

    Reksadana Pendapatan Tetap sendiri adalah jenis Reksadana yang menginvestasikan 80% dana kelolaannya pada efek yang memberikan pendapatan tetap seperti pada produk obligasi atau efek utang. yang memiliki jatuh tempo lebih dari 1 tahun

    Reksadana Pendapatan Tetap juga jenis Reksadana yang populer terlebih karena bisa memberikan potensi return sekitar 3-8% setiap tahunnya. Dibandingkan uang atau tabungan liburan Anda rawan dipakai jika disimpan dengan cara konvensional, memasukan uang ke instrumen Reksadana ini jadi pilihan yang tepat.

    Selain keunggulan terkait risiko investasi yang rendah, Reksadana Pendapatan Tetap juga merupakan instrumen investasi yang mudah dikelola, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan analisa yang ribet.

    Hal tersebut terjadi karena dengan investasi di Reksadana seperti Reksadana Pendapatan Tetap Anda tidak perlu mengelola dana investasi sendiri karena sudah ada pihak pengelola yang berpengalaman yaitu pihak Manajer Investasi (MI).

  5. Konsisten Investasi Reksadana untuk Mewujudkan Liburan Impian

    Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkan liburan impian yaitu dengan konsisten investasi Reksadana Pendapatan Tetap. Sikap konsistensi dalam investasi perlu Anda tekankan untuk segera mewujudkan liburan yang diinginkan. Karena jika tidak, Anda akan mengalami kesulitan yang sangat berarti untuk mewujudkan liburan.

    Sikap konsistensi dalam investasi Reksadana bisa Anda lakukan dengan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan atau gaji. Selain itu, Anda juga bisa berlaku konsisten dalam berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan menggunakan hasil return untuk membeli produk Reksadana kembali.

Keunggulan Investasi untuk Dana Liburan dengan Reksadana Pendapatan Tetap

Sebelum memulai berinvestasi, Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan yang bisa didapatkan dengan investasi di Reksadana Pendapatan Tetap untuk menyiapkan dana liburan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui kelebihan dari instrumen investasi yang satu ini.

  1. Tingkat Risiko Investasi Lebih Rendah

    Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Reksadana Pendapatan Tetap terbaik yaitu risikonya yang cukup rendah. Hal tersebut terjadi karena harga obligasi tidak bersifat fluktuatif.

    Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan hasil investasi dalam jangka waktu 1 sampai dengan 3 tahun kemudian bisa menggunakan jenis Reksadana Pendapatan Tetap. Karena instrumen investasi yang satu ini memiliki Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang cenderung lebih stabil bahkan relatif mengalami kenaikan.

  2. Imbal Hasil

    Bagi Anda yang membutuhkan instrumen investasi jangka waktu menengah maupun panjang, menggunakan instrumen Reksadana Pendapatan Tetap merupakan pilihan yang tepat. Sehingga instrumen investasi yang satu ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin berinvestasi untuk mencukupi anggaran biaya liburan.

    Hal tersebut berkaitan dengan potensi imbal hasil yang ditawarkan cukup tinggi mulai 3 hingga 8% per tahun bahkan lebih. Selain memiliki penawaran imbal hasil, Reksadana Pendapatan Tetap juga termasuk dalam kategori medium risk-medium return.

  3. Mendapatkan Keuntungan Ganda

     

    Selanjutnya, keunggulan Reksadana Pendapatan Tetap juga berkaitan dengan keuntungan ganda yang bisa Anda dapatkan. Bagi para investor, keuntungan yang ditawarkan oleh setiap instrumen investasi merupakan bahan pertimbangan utama dalam pemilihannya.

    Hal tersebut terjadi karena setiap investor tentu saja ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari kegiatan berinvestasi. Sehingga passive income yang didapatkan juga lebih menggiurkan untuk ditekuni.

    Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap dianggap ganda karena dalam beberapa produk, penghasilan yang didapatkan oleh investor tidak hanya berasal dari kenaikan Nilai Aktiva Bersih. Obligasi dalam instrumen investasi yang satu ini akan memberikan pendapatan yang sesuai dengan perjanjian dalam persentase tertentu yang disebut yield coupon untuk setiap investor.

    Oleh karena itu, Reksadana Pendapatan Tetap disebut sebagai salah satu bagian dari aset fixed income karena memperoleh keuntungan secara teratur. Walaupun begitu, Anda tetap harus memahami skema dari jenis Reksadana yang satu ini.

    Karena pada umumnya, para investor akan menggunakan kupon yang didapatkan untuk melakukan investasi kembali. Sehingga menyebabkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dari harga Reksadana mengalami kenaikan setiap unitnya. Hak tersebut yang memicu investor untuk mendapatkan keuntungan berupa Capital Gain.

Keuntungan Berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures

Setelah mengetahui keunggulan Reksadana Pendapatan Tetap untuk menyimpan dana liburan, Anda juga perlu mengetahui keuntungan yang ditawarkan perbankan prioritas DBS Treasures dari PT Bank DBS Indonesia (“DBS Treasures”) untuk investasi Reksadana. Simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja keuntungan investasi di DBS Treasures.

  1. Proses Pengelolaan Investasi Oleh Profesional

    Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan DBS Treasures yaitu bisa melakukan investasi dengan melibatkan pihak profesional dalam pengelolaan dana Anda. Semua instrumen investasi Reksadana di DBS Treasures dikelola oleh pihak Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman.

  1. Menambah Wawasan Analisa Investasi dengan Mudah

    Selanjutnya, Anda juga bisa menambah wawasan untuk berinvestasi Reksadana bersama DBS Treasures. Hal tersebut bisa dengan mudah Anda lakukan karena didukung oleh tim ahli yang proaktif dalam mengkomunikasikan analisa peluang dan pergerakan pasar terkini yang sesuai preferensi maupun profil Anda.

  2. Melakukan Diversifikasi untuk Mengurangi Tingkat Risiko Investasi

    Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan bersama DBS Treasures karena bisa dengan mudah melakukan proses diversifikasi. Diversifikasi merupakan tindakan penyebaran dana investasi untuk berbagai jenis aset atau instrumen investasi agar mengurangi tingkat risiko bagi investor.

    Terakhir, Anda bisa melakukan proses transaksi investasi lebih mudah dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Baik transaksi untuk membeli produk Reksadana, analisa Reksadana, maupun transaksi jual dan switching produk.

    Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan registrasi Single Investor Identification (SID) yang dikeluarkan oleh pihak Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sehingga Aplikasi digibank by DBS cocok digunakan oleh para investor berpengalaman maupun para pemula.

Bagaimana, mudah bukan cara tepat untuk mewujudkan liburan? Anda bisa yakin memilih berbagai jenis produk Reksadana Pendapatan Tetap terbaik untuk aspirasi Anda dengan menggunakan DBS Treasures.

 

Mari Diskusi

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.