Reksadana Pasar Uang
26 Jul 2023

Seberapa Krusial Investasi untuk Dana Darurat?

Reksadana Pasar Uang bisa jadi salah satu pilihan instrumen investasi bagi Anda yang saat ini ingin mengumpulkan dana darurat. Bagaimanapun juga kebutuhan dana darurat ini harus selalu diutamakan dalam manajemen finansial Anda.

Dana darurat memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Dalam hidup ini, kita tidak pernah tahu masalah apa yang akan datang. Seringkali tiba waktunya dimana kita akan butuh dana secara mendadak untuk kepentingan darurat.

Mengapa Dana Darurat Dibutuhkan?

Dalam proses manajemen finansial, dana darurat menjadi sebuah poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan dana darurat ini menjadi kewajiban yang harus dipenuhi setiap kali Anda menyusun anggaran bulanan.

Mengapa dana darurat ini begitu penting dan sangat dibutuhkan? Kita tahu bahwa ada banyak hal yang bisa terjadi dalam kehidupan ini. Banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi dan akan berpengaruh pada finansial Anda.

Saat ini Anda mungkin memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan untuk bersenang-senang. Namun siapa yang bisa menjamin kondisi finansial Anda di masa yang akan datang?

Bisa saja terjadi krisis, bencana, PHK, atau mungkin hal-hal lain yang membuat finansial Anda memburuk. Mungkin juga terjadi hal-hal darurat yang membuat Anda harus keluar lebih banyak uang.

Dalam situasi tersebut, Anda bisa merasa jauh lebih tenang jika sudah ada simpanan dana darurat yang bisa digunakan. Sebaliknya, Anda pasti akan merasa panik dan kebingungan jika tidak punya simpanan dana darurat sama sekali.

Saat tidak ada dana darurat, maka secara otomatis Anda akan memenuhi kebutuhan darurat tadi dengan dana tabungan sendiri atau uang utama Anda. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada pemenuhan kebutuhan pokok.

Keseimbangan finansial jadi terganggu karena Anda harus mengambil dana dari rekening utama. Bisa jadi Anda juga akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan lain yang sifatnya rutin atau reguler.

Sampai di sini jelas sudah bahwa dana darurat sangatlah dibutuhkan. Keberadaan dana darurat akan membuat Anda lebih tenang, keseimbangan finansial terjamin, dan Anda lebih siap menghadapi situasi apapun dalam hidup ini.

Pilihan Investasi untuk Dana Darurat

Dana darurat bisa disimpan lewat instrumen investasi. Anda bisa mulai berinvestasi untuk mengumpulkan dana darurat agar dapat diandalkan di masa depan. Berikut adalah beberapa pilihan investasi yang cocok untuk menyimpan dana darurat:

●     Reksadana Pasar Uang

Rekomendasi pertama adalah Reksadana dalam bentuk pasar uang atau biasa dikenal sebagai RDPU. Reksadana yang satu ini dikenal memiliki tingkat risiko cenderung rendah dan aman karena tidak terlalu fluktuatif.

RDPU juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang mungkin masih ragu mengambil instrumen investasi dengan risiko besar. Secara likuiditas juga aman karena bentuk Reksadana satu ini cukup mudah untuk dijual kembali.

Menariknya lagi RDPU ini juga punya prospek yang cukup bagus. Imbal hasilnya jauh lebih menguntungkan daripada investasi dalam bentuk Deposito. Reksadana Pasar Uang juga aman dan akan ada dukungan Manajer Investasi yang profesional.

●     Reksadana Pendapatan Tetap

Selain RDPU ada juga RDPT atau Reksadana Pendapatan Tetap yang dinilai cukup cocok untuk jadi simpanan dana darurat Anda. RDPT itu sendiri merupakan bentuk Reksadana yang risikonya juga tidak terlalu tinggi.

Dibandingkan Reksadana Saham, RDPT memiliki risiko yang lebih rendah. Sangat aman untuk dijadikan instrumen investasi bagi Anda yang punya profil risiko rendah atau cenderung konservatif.

RDPT juga memiliki likuiditas yang cukup tinggi jadi cocok untuk memenuhi kebutuhan dana darurat Anda. Ditambah lagi semua bentuk investasi Reksadana masih bebas dari pajak.

●     Emas

Investasi emas juga dinilai cocok untuk menyimpan kebutuhan dana darurat Anda. Emas mungkin tidak memberikan nilai profit yang cukup besar apalagi dalam waktu singkat, namun emas bisa menjaga nilai uang Anda dengan baik.

Bentuk investasi ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Sangat sederhana karena Anda hanya perlu menyimpan aset emas dan menjualnya hanya saat ada kondisi darurat.

Ditambah lagi investasi emas di zaman digital seperti sekarang ini sudah semakin mudah. Ada banyak aplikasi atau platform yang bisa Anda pakai untuk melakukan jual beli dan investasi emas secara aman.

●     Deposito

Bagaimanapun juga Deposito memiliki tingkat risiko yang sangat rendah dan terbilang aman apalagi untuk menyimpan dana darurat. Meskipun memang nilai keuntungannya terbilang kecil, tapi Deposito bisa jadi pilihan.

Melalui Deposito, Anda bisa menyimpan dana darurat secara rutin tiap bulannya. Dari segi keamanan juga sangat bagus, asalkan Anda memilih bank yang tepat untuk menyimpan Deposito tersebut.

Ini bisa jadi pilihan terbaik jika Anda tidak mau ribet mengurusi investasi untuk dana darurat. Cukup dengan memiliki Deposito, Anda sudah punya tabungan yang memadai saat ada situasi darurat terjadi.

Perhatikan ketika Mengumpulkan Dana Darurat Lewat Investasi

Berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan dana darurat tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berinvestasi untuk keperluan dana darurat:

●     Pilihan Instrumen Investasi

Pertama-tama Anda tentu saja harus memperhatikan jenis instrumen investasi yang akan dipakai. Tadi sudah disebutkan beberapa rekomendasi investasi yang cocok untuk dipakai sebagai simpanan dana darurat.

Namun perlu diketahui bahwa tiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Target finansial mereka juga mungkin tidak sama jadi pilihan instrumen investasinya juga bisa saja bervariasi.

Pastikan Anda memilih bentuk investasi yang tepat dan memang aman sesuai profil risiko sendiri. Selain itu pastikan Anda memahami dengan baik bentuk instrumen investasi yang akan dipakai.

Misalnya, Anda ingin menggunakan instrumen investasi Reksadana. Pelajari dulu apa itu investasi Reksadana, apa saja jenisnya, seperti apa risikonya, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan instrumen tersebut.

●     Dana yang Harus Dikeluarkan

Selanjutnya Anda harus tahu berapa dana yang perlu dikeluarkan tiap bulan untuk keperluan investasi dana darurat ini. Tentu Anda harus menentukan nominal dananya supaya bisa lebih konsisten.

Dana darurat sebenarnya sangat penting, namun seringkali dilupakan karena dianggap bukan kebutuhan utama. Jadi Anda harus benar-benar punya niat yang kuat dan konsisten mengumpulkan dana tersebut.

Langsung tentukan berapa banyak uang yang ingin diinvestasikan secara rutin sebagai dana darurat. Pastikan nominal dana ini memang sesuai dengan kebutuhan dan target Anda selama mempersiapkan dana darurat tersebut.

Sebenarnya tidak ada acuan pasti berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk dana darurat. Kembali lagi pada keputusan pribadi Anda dalam menginvestasikan dana tersebut.

●     Kemudahan Pencairan Dana

Tentu saja Anda juga harus memperhatikan kemudahan pencairan dana dari hasil investasi tadi. Bagaimanapun juga investasi ini akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan dana darurat, jadi sebaiknya likuiditasnya cukup tinggi.

Gunakan instrumen investasi yang mudah dan fleksibel untuk dicairkan. Namanya saja dana darurat berarti dipakai saat ada kebutuhan darurat. Kebutuhan darurat ini bisa muncul kapan saja tanpa Anda tahu kapan waktu pastinya.

Bagaimana jika Anda menggunakan instrumen investasi yang likuiditasnya tidak begitu bagus? Tentu akan sulit untuk mendapatkan uang tersebut saat ada kebutuhan darurat yang sifatnya mendadak.

Cari tahu juga seperti apa prosedur pencairan dana investasi saat dibutuhkan. Dari sini Anda bisa menilai mana bentuk investasi yang dirasa paling pas untuk dimanfaatkan sebagai simpanan dana darurat.

●     Nilai Profit yang Bisa Didapatkan

Bagaimanapun juga salah satu tujuan investasi adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan sehingga modal Anda bisa bertumbuh. Jadi pertimbangkan juga faktor nilai profit yang bisa diperoleh.

Semakin besar nilai profitnya maka akan semakin bagus dan layak untuk dipilih. Artinya, Anda bisa mengumpulkan dana darurat dengan lebih mudah dan nominalnya juga bisa jadi lebih besar.

Namun terlebih dahulu perlu dipahami bahwa semakin besar potensi profit yang diberikan maka akan semakin besar juga risikonya. Jadi Anda harus mempersiapkan diri dengan segala jenis risiko yang ada.

Jika memang bisa mendapatkan profit yang cukup besar dari hasil investasi ini, maka manfaatkanlah secara bijak. Lebih bagus lagi jika profitnya diputar kembali sebagai modal investasi lain sehingga dana darurat Anda tersimpan lebih banyak.

Semakin besar dana darurat yang Anda miliki maka akan semakin menguntungkan. Anda bisa merasa jauh lebih tenang karena punya simpanan dana lebih dari cukup untuk menghadapi berbagai situasi penting.

Dana darurat ini juga bisa dimanfaatkan di masa tua, seandainya tidak ada hal-hal darurat yang terjadi kepada Anda. Jadi tidak ada ruginya jika Anda bisa memiliki lebih banyak dana darurat dari hasil berinvestasi.

Investasikan Dana Anda di Instrumen Reksadana Lebih Mudah

Lakukan investasi Reksadana untuk mengumpulkan target dana darurat Anda bersama DBS Treasures. Di sini Anda bisa merasakan berbagai kemudahan investasi. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan untuk Anda:

●     Ada Dukungan Manajer Investasi Profesional

Modal investasi yang Anda keluarkan akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi yang profesional. Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures siap untuk mengelola dana hingga memberi profit yang optimal.

●     Mendapat Wawasan Investasi dan Tim Ahli Finansial

Ada tim ahli finansial yang berperan mendukung wawasan investasi Anda. Mereka akan memberi informasi kondisi pasar terbaru dan terlengkap sebagai bahan analisis.

●     Diversifikasi Jauh Lebih Mudah

Saat berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan dana darurat, Anda pasti butuh diversifikasi. Melalui DBS Treasures, diversifikasi ini akan jadi lebih mudah untuk dilakukan.

●     Transaksi dengan Satu Aplikasi

Anda bisa memakai Aplikasi digibank by DBS untuk menyelesaikan berbagai jenis transaksi investasi. Mulai dari registrasi SID (Single Investor Identification) hingga jual, beli, maupun switch Reksadana.

Aplikasi ini juga akan menghubungkan Anda dengan berbagai jenis Reksadana. Baik dari Manajer Investasi maupun Reksadana sesuai kategorinya masing-masing.

Anda berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya, serta mendapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Bersama DBS Treasures, investasi Reksadana Pasar Uang maupun Reksadana lainnya akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Langsung saja klik di sini untuk informasi selengkapnya.