investasi reksadana
12 Jul 2023

Rencanakan Pendidikan Anak dengan Reksadana Pendapatan Tetap

Pendidikan anak adalah pondasi yang kuat untuk membantu mendukung masa depan ke arah yang lebih baik. Untuk itu, Anda harus tahu daftar sekolah unggulan yang dapat dijadikan pilihan. Soal biaya tidak perlu khawatir karena Anda dapat mempersiapkannya dari jauh-jauh hari melalui Reksadana Pendapatan Tetap.

RDPT tak hanya cocok dijadikan instrumen investasi untuk kebutuhan renovasi ataupun untuk membeli kendaraan. Untuk persiapan dana pendidikan anak pun RDPT bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.


Daftar Sekolah Unggulan Terbaik

Jika berencana menyekolahkan anak pada sekolah unggulan, ada baiknya untuk melakukan riset daftar sekolah jenjang menengah atas terbaik lebih dulu. Berikut ini adalah beberapa nama sekolah unggulan terbaik yang dirilis tahun 2022 lalu oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

●       SMA Katolik St.Louis 1

Menurut data versi LTMPT, SMA Katolik St.Louis 1 menempati urutan kedua nasional dan peringkat pertama provinsi sebagai sekolah terbaik di tanah air. Jurusan peminatan di sekolah ini terdiri atas jurusan IPA dan IPS.

Sesuai sejarah, sekolah ini memang masih berkaitan erat dengan perkembangan gereja di Surabaya. Bahkan, sekolahnya pun masih dalam satu kelompok bangunan dengan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus dan Soverdi.

  • SMA Pradita Dirgantara

Jika mencari sekolah yang berbasis asrama, maka silahkan menjatuhkan pilihan pada SMA Pradita Dirgantara. Sekolah ini sangat cocok untuk orang tua yang mencari sekolah dengan sistem kedisiplinan dan kemandirian yang cukup tinggi. Sehingga, anak pun akan terlatih menjadi pribadi yang lebih mandiri sejak dini.

Sesuai namanya, sekolah ini memang berbasis kedirgantaraan. SMA Pradita Dirgantara juga berada di Komplek Bandara Adi Soemarno Solo. Berdasarkan riset dari LTMPT, sekolah ini berada di urutan ketiga nasional.

Melihat skor rata-rata UTBK tahun 2022 untuk bagian Soshum, SMA Pradita Dirgantara mendapatkan skor tertinggi di seluruh Indonesia. Adapun, untuk skor rata-rata kategori Saintek, meraih peringkat 4 terbaik tingkat nasional.

●       SMAN 8 Jakarta

SMA 8 Jakarta menjadi salah satu sekolah favorit di Jakarta, bahkan mungkin di seluruh Indonesia. Pasalnya, hampir semua lulusan sekolah ini lolos masuk ke dalam perguruan tinggi terbaik di tanah air. Data dari LTMPT menempatkan SMAN 8 Jakarta di peringkat kelima terbaik nasional dan peringkat pertama terbaik di provinsi.

Tak hanya itu, sekolah ini juga populer karena alumninya juga banyak yang berasal dari kalangan artis. Sebut saja artis Sheila Dara, Indra Herlambang, Nicholas Saputra dan masih banyak lagi.

Selain karena kepopulerannya mencetak banyak artis ternama tanah air, prestasi yang dilahirkan dari sekolah ini juga tak perlu diragukan lagi. Berbagai award dari dalam maupun dari luar negeri sudah sangat sering mampir ke SMAN 8 Jakarta.

Sebut saja medali perunggu yang berhasil didapatkan pada kompetisi International Olympiad of Metropolises di tahun 2020 silam.

●       SMA Labschool Kebayoran

Rekomendasi sekolah unggulan selanjutnya juga datang dari wilayah Jakarta Selatan. SMA Labschool Kebayoran berada di peringkat keenam nasional dan peringkat kedua provinsi sebagai sekolah terbaik di Indonesia.

Menurut sejarahnya, SMA Labschool Kebayoran merupakan Laboratorium IKIP Jakarta. Namun, seiring perkembangannya, IKIP pun telah berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Kemudian, di tahun 1999, berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK, SLTP, hingga SMU IKIP pun berubah nama menjadi TK, SMP dan SMA Labschool Kebayoran.

  • SMAS Kanisius Jakarta

SMAS Kanisius Jakarta merupakan SMA swasta Katolik Jakarta. Sekolah ini berhasil mendapatkan peringkat ketujuh nasional dan peringkat ketiga provinsi versi LTMPT. Sekolah yang sudah ada sejak tahun 1926 silam ini mempunyai enam kelas program IPA dan dua kelas program IPS.

Dalam mempercepat proses belajar dan mengajar, SMA Kanisius Jakarta menghadirkan 24 rombongan belajar yang telah dilengkapi oleh glass board dan smart board.

Berbagai fasilitas lain yang tersedia di sekolah ini di antaranya ialah lapangan sepak bola, panjat tebing, aula olahraga hingga sarana pendukung pembelajaran lainnya.

Kehadiran fasilitas-fasilitas tersebut tentu akan sangat membantu setiap anak dalam menemukan dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Persiapan untuk Masuk Sekolah Unggulan

Dibandingkan sekolah umum lainnya, proses pendaftaran dan penerimaan siswa sekolah unggulan memiliki rangkaian prosedur yang cukup panjang dan terbilang rumit.

Bukan hanya masalah nilai, Anda pun perlu menyiapkan budget besar untuk menyekolahkan anak Anda pada sekolah unggulan. Maka tak salah jika banyak orang tua yang melakukan investasi Reksadana sedini mungkin sebagai bekal persiapan dana pendidikan anak.

Proses penerimaan siswa pada sekolah unggulan memang dikenal dengan sistemnya yang agak kompleks. Pasalnya, siswa akan melewati tahapan seleksi administratif hingga berbagai jenis tes. Adapun jenis-jenis tes yang harus dipersiapkan di antaranya ialah tes kemampuan akademis, wawancara, keterampilan hingga tes psikologi.

Oleh sebab itu, anak dan orang tua harus mempersiapkan berbagai hal sejak jauh-jauh hari demi mendapatkan nilai yang baik saat tes nanti. Beberapa tips berikut mungkin akan membantu Anda dan anak Anda untuk bisa lolos masuk ke sekolah unggulan.

  • Pertama, silahkan memilih sekolah unggulan yang diinginkan. Setelah itu, Anda bisa mencari berbagai persyaratan dan ketentuan mendaftar di sekolah tersebut.

Umumnya, sekolah-sekolah unggulan sudah memiliki akun sosial media yang menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan. Jika butuh informasi lengkap, maka tak ada salahnya untuk datang langsung ke sekolah tersebut.

  • Perkirakan nilai akademis yang dimiliki anak Anda, apakah memenuhi persyaratan administratif atau tidak. Anda bisa mengecek berapa nilai rata-rata minimal yang diminta oleh sekolah tersebut.
  • Jika nilai rapor sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftar, selanjutnya bersiaplah untuk mengikuti berbagai tahapan tes masuk pada sekolah unggulan yang dipilih.

Karena jumlah siswa yang ingin masuk ke sekolah unggulan sudah dipastikan banyak, maka anak pun harus siap berkompetisi dengan nilai akademis hingga nilai tes yang akan dilalui nantinya. Oleh sebab itu, tetap dukung anak Anda untuk terus belajar meskipun ujian nasional telah berakhir.

Dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik, anak pun akan terbiasa untuk menggunakan waktunya dengan hal-hal produktif saat masuk ke sekolah unggulan.

Investasi RDPT untuk Penunjang Pendidikan Anak

Tidak bisa dipungkiri jika biaya pendidikan anak memang semakin melambung tinggi setiap tahunnya. Tak hanya biaya masuk ke bangku perkuliahan, biaya pendidikan di jenjang sekolah menengah atas pun juga mulai semakin mahal. Terlebih jika Anda memilih sekolah unggulan yang menawarkan berbagai fasilitas terbaik dan terlengkap yang akan menunjang pendidikan anak.

Investasi Reksadana  banyak dipilih oleh para orang tua sebagai salah satu cara mempersiapkan bekal biaya pendidikan anak. Di antara jenis Reksadana, berinvestasi lewat instrumen RDPT bisa menjadi pilihan yang bijak untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan.

Dengan memiliki bekal sejak dini, maka sebagai orang tua, Anda pun akan lebih nyaman dan aman di kemudian hari. Jadi, selain menabung dengan bentuk investasi lainnya, Anda pun bisa mengalokasikan sebagian dana yang dimiliki dengan investasi di RDPT.

Menaruh dana pendidikan lewat Reksadana jenis Pendapatan Tetap juga memberikan keuntungan kepada para investor. Perlu Anda tahu, jenis aset yang paling banyak dikelola oleh Manajer Investasi di dalam RDPT ialah surat utang atau obligasi.  Dari segi faktor resiko, Reksadana jenis ini memiliki resiko yang relatif rendah jika dibandingkan berinvestasi pada instrumen Reksadana Saham.

Karena minim risiko, RDPT sangat cocok dijadikan sebagai pilihan investasi pendidikan anak untuk jangka pendek hingga menengah. Oleh sebab itu, menaruh aset untuk biaya sekolah anak bisa Anda lakukan lewat investasi di instrumen Reksadana jenis Pendapatan Tetap. Apalagi, likuiditas instrumen ini terbilang tinggi dan bisa langsung dicairkan ketika tujuan investasi telah tercapai.

Kemudian, kelebihan lain dari instrumen RDPT dapat dilihat dari segi pajak di mana RDPT termasuk ke dalam instrumen investasi yang tak dikenai pajak. Para investor tentu tak perlu khawatir dengan adanya potongan pajak saat berinvestasi. Semua profit yang didapatkan akan tetap utuh tanpa dipotong pajak sama sekali.

Dari segi keamanan, Anda juga tak perlu ragu dan khawatir. Pasalnya, RDPT telah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan. Manajer Investasi pada instrumen RDPT juga berperan penting terhadap dana yang dikelolanya. Kinerja Reksadana akan tercermin dari performa Manajer Investasi.

Poin ini juga yang menjadi kelebihan Reksadana dibandingkan instrumen investasi lainnya di mana investor tak perlu pusing untuk memikirkan cara mengelola uangnya. Semua dana yang diinvestasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan berpengalaman.

Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Berinvestasi yang Mudah

Biaya pendidikan yang semakin mahal membuat banyak orang tua perlu mengatur ulang strategi keuangan mereka. Salah satunya ialah dengan melakukan investasi pada instrumen Reksadana Pendapatan Tetap.

Selain memiliki resiko yang lebih rendah di antara jenis instrumen investasi yang lain, return yang diberikan juga terbilang lebih tinggi dibandingkan menaruh aset pada deposito ataupun Reksadana Pasar Uang.

Agar investasi semakin mudah dan praktis maka silahkan berinvestasi RDPT bersama DBS Treasures. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kemudahan yang diberikan kepada para investor.

●       Pengelolaan Investasi oleh Profesional

Apapun pilihan investasinya akan dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka sehingga kinerja produk Reksadana yang dipilih lebih optimal.

●       Dapatkan Wawasan untuk Memandu Anda Berinvestasi

Terdapat tim ahli finansial yang andal dan proaktif menyampaikan analisis pasar dan peluang terkini.

●       Mengurangi Resiko Melalui Diversifikasi

Diversifikasikan penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset investasi untuk mengurangi resiko.

●       Preferensi Akurat

Kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli dalam urusan finansial. Dapatkan peluang terkini yang sesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

DBS Treasures bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari panduan untuk memulai investasi Reksadana Pendapatan Tetap.

Tak perlu ragu karena DBS Treasures telah diawasi langsung oleh OJK, sehingga Anda pun akan lebih aman dan nyaman selama berinvestasi menyiapkan dana pendidikan terbaik untuk anak.

Syarat dan ketentuan untuk berinvestasi Reksadana bersama DBS Treasures bisa Anda cek di sini, dan temukan informasi lebih detailnya.