profil risiko
03 Oct 2022

Memahami penilaian profil risiko Anda

Keuangan pribadi berkaitan dengan emosi, dan hal ini harus dikelola sebelum berinvestasi. Penting untuk memahami selera risiko Anda – seberapa besar risiko yang rela Anda ambil, seberapa siap Anda kehilangan sebagian atau seluruh modal, dan apakah Anda mampu memanfaatkan kerugian yang telah dialami

Mengapa selera risiko itu penting?

Selera risiko adalah ukuran besar risiko yang rela Anda ambil demi mendapatkan potensi keuntungan. Beberapa orang memiliki selera risiko tinggi dan rela kehilangan sebagian besar atau semua modal yang telah mereka investasikan. Ada juga orang yang tidak ingin mengambil risiko satu rupiah pun untuk investasi. Mereka lebih memilih untuk melindungi kekayaan mereka daripada mengembangkannya.

Ada beberapa alasan mengapa memilih investasi yang sesuai dengan selera risiko Anda itu penting:

  • Anda harus berinvestasi dengan cara yang membuat Anda tetap tenang di malam hari karena risikonya berada dalam batasan yang dapat Anda terima
  • Selain ketenangan psikologis, investasi juga harus sesuai dengan kapa sitas Anda menerima kerugian. Besar risiko yang dapat Anda terima bergantung pada berbagai faktor, seperti jangka waktu investasi Anda.
  • Faktor lain yang dapat memengaruhi selera risiko Anda adalah jangka waktu Jika ingin berinvestasi untuk jangka waktu yang lama, Anda akan memiliki waktu untuk menutup kerugian apa pun. Namun, jika Anda sudah hampir pensiun dan merupakan investor dengan jangka waktu investasi pendek, Anda sebaiknya tidak berinvestasi dalam produk-produk yang berisiko tinggi.

Cara menyeimbangkan risiko investasi dan keuntungan Anda

 

Langkah #1: Pahami selera risiko Anda

Kuesioner profil risiko dapat membantu memahami selera risiko Anda. Penilaian tersebut biasanya didasarkan pada:

  • Pengalaman investasi Anda
  • Jangka waktu investasi ideal Anda
  • Kerugian modal yang dapat Anda terima
  • Situasi keuangan Anda dalam 12 bulan ke depan

Hasil ini akan mengidentifikasi selera risiko Anda yang sesuai dengan target keuntungan.

 

Langkah #2: Sesuaikan profil risiko Anda dengan produk yang tepat

Setiap produk memiliki rating risiko produk (PRR) yang mengukur risiko dari suatu produk. Rating ini dimulai dari skala 1 hingga 5, dengan 1 adalah level risiko terendah dan 5 adalah level risiko tertinggi.

Rating Risiko Produk DBS

Setelah mengidentifikasi profil risiko Anda dan rating risiko produk, Anda dapat menggunakan filter produk di aplikasi digibank by DBS untuk mencari produk yang cocok untuk Anda.

Jika ingin berinvestasi dalam produk yang memiliki skor PRR lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk profil risiko Anda, Anda akan diminta untuk menyatakan bahwa Anda telah mengetahui sepenuhnya risiko-risiko yang terlibat dan masih ingin melanjutkan pembelian.

Temukan investasi yang sesuai dengan profil Anda

Semua orang memiliki toleransi risiko yang berbeda. Cari tahu toleransi risiko Anda sebelum memulai perjalanan investasi Anda.

dengan kami untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures

untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7