jenis Obligasi
07 Oct 2022

Peringkat Obligasi: Pengertian, Jenis Obligasi dan Contohnya

Bagi Anda yang ingin berinvestasi menggunakan instrumen investasi Obligasi tentunya perlu mengetahui informasi mengenai pengertian hingga jenis Obligasi. Sehingga Anda bisa menentukan pilihan dengan mudah pada jenis produk Obligasi yang tersedia setelah mengetahui informasi yang tersedia.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui peringkat Obligasi untuk membantu memudahkan proses pemilihan produk Obligasi. Bahkan, peringkat Obligasi tersebut juga dapat membantu investor institusional maupun individu untuk menentukan kebijakan investasi.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami secara lengkap dan jelas informasi terkait Obligasi, mulai dari pengertian, jenis, contoh, serta peringkat Obligasi. Agar Anda bisa menjalankan instrumen investasi Obligasi dengan baik dan benar.

Pengertian Obligasi

Obligasi merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak digunakan para investor. Instrumen yang satu ini menggunakan dana investasi milik investor untuk surat utang yang diberikan pada suatu lembaga hingga mencapai masa jatuh tempo.

Selama masa investasi berlangsung, lembaga yang meminjam dana investasi akan menawarkan sejumlah kupon atau bunga secara berkala. Sehingga investor bisa mendapatkan imbal hasil dari investasi Obligasi melalui kupon Obligasi yang diberikan secara berkala dalam jumlah tertentu.

 

Definisi Peringkat Obligasi, Jenis, serta Contohnya

Setelah mengetahui pengertian singkat dari investasi Obligasi, Anda juga perlu mengetahui beberapa informasi lain terkait Obligasi. Mulai dari definisi peringkat Obligasi, jenis, serta contoh produk Obligasi seperti pada ulasan berikut.

  1. Definisi Peringkat Obligasi

Peringkat Obligasi merupakan opini terkait kelayakan kredit penerbit Obligasi. Biasanya, peringkat Obligasi berdasarkan faktor-faktor terkait risiko yang relevan dengan jenis produk Obligasi.

Opini mengenai peringkat Obligasi diberikan untuk berfokus pada kapasitas penerbit Obligasi dalam pemenuhan kewajiban yang dilakukan secara tepat waktu. Sehingga peringkat yang diberikan dapat menjadi pertimbangan untuk menjual, membeli, ataupun mempertahankan suatu instrumen Obligasi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan beberapa pemeringkat efek dari investasi Obligasi yang diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pemeringkat efek tersebut bertugas sebagai penasihat investasi yang berbentuk perseroan terbatas. Sehingga pemeringkat efek tersebut akan melakukan pemeringkatan dan memberikan peringkat.

Namun, tidak semua perseroan terbatas bisa memberikan peringkat terhadap suatu instrumen investasi. Tentunya pemeringkat efek wajib mendapatkan izin dari pihak OJK. Sehingga dapat melakukan proses pemeringkatan Obligasi secara independen, objektif, terbebas dari pengaruh manapun, dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Jenis Peringkat Obligasi

Setelah membahas tentang definisi peringkat Obligasi, Anda juga perlu mengetahui jenis Obligasi berdasarkan peringkat yang diberikan. Pada umumnya, jenis peringkat Obligasi dibagi menjadi dua, yaitu peringkat Obligasi yang layak investasi (investment grade) dan peringkat yang menunjukkan non-investasi (non-investment grade).

Jenis peringkat Obligasi yang layak investasi atau investment grade menunjukkan jika Obligasi tersebut merupakan surat utang yang memiliki risiko gagal bayar yang relatif rendah. Sehingga penerbit Obligasi yang mendapatkan peringkat ini akan mendapatkan kepercayaan dalam jangka panjang dan berkelanjutan bagi investor.

Perusahaan ataupun lembaga yang mendapatkan peringkat layak investasi atau investment grade biasanya memiliki kondisi keuangan yang kuat. Bahkan, lembaga ini juga memiliki laba atau tingkat profitabilitas yang lumayan tinggi sehingga dapat membuat investor merasa lebih aman untuk berinvestasi di lembaga tersebut.

Walaupun demikian, investasi Obligasi dengan peringkat investment grade memberikan penawaran imbal hasil yang relatif lebih rendah daripada Obligasi non-investment grade. Sehingga investor bisa menyesuaikan pilihan penerbit investasi dengan profil risiko yang dimiliki.

Selain mengetahui peringkat Obligasi dengan peringkat layak investasi, Anda juga perlu mengetahui peringkat Obligasi non-investment grade. Non-investment grade merupakan Obligasi yang memiliki nilai spekulatif (investasi spekulatif).

Hal tersebut menunjukkan jika Obligasi jenis ini memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dengan adanya masalah likuiditas. Sehingga kemungkinan untuk terjadinya gagal bayar lebih besar daripada peringkat layak investasi. Namun banyak investor yang memilih Obligasi non-investment grade untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih optimal.

  1. Contoh Jenis Obligasi Indonesia dalam Pemeringkat Efek

Terakhir, Anda juga perlu mengetahui contoh peringkat Obligasi yang diberikan oleh suatu instansi untuk Obligasi di Indonesia. Seperti halnya pemeringkat efek Fitch Rating dengan izin OJK mempertahankan peringkat Obligasi Indonesia pada posisi BBB.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Obligasi di Indonesia cukup aman untuk digunakan sebagai instrumen investasi. Walaupun demikian, kondisi Obligasi Indonesia dapat memburuk jika kondisi perekonomian menurun. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pembayaran kewajiban penerbit dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, peringkat Obligasi Indonesia yang diberikan oleh pihak Fitch Rating juga dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian Indonesia setelah masa pandemi. Bahkan Fitch Rating juga memperkirakan jika perekonomian Indonesia akan mengalami peningkatan hingga sekitar 6%di 2022 melihat penanganan pandemi Covid-19 yang makin optimal dan pelaksanaan implementasi Undang-Undang Cipta Kerja yang bertujuan mengurangi hambatan investasi yang turut mendorong pertumbuhan (dikutip dari indonesia.go.id).

Manfaat Peringkat Obligasi bagi Investor

Selain memahami informasi di atas, Anda juga perlu mengetahui manfaat peringkat Obligasi bagi investor. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan oleh investor dari adanya peringkat Obligasi yang diberikan pemeringkat efek.

1. Mengetahui Sistem Informasi yang Terbuka dan Transparan

Investor tentunya membutuhkan informasi yang bersifat terbuka dan transparan. Sehingga dalam melakukan investasi, investor sudah menyiapkan strategi yang tepat untuk menyikapi tingkat risiko dan kondisi investasi Obligasi yang dipilih.

Selain itu, transparansi kondisi pasar Obligasi juga membuat investor tertarik untuk mempertahankan produk Obligasi. Bahkan, kondisi pasar Obligasi akan jauh lebih sehat dengan sistem yang terbuka dan transparan.

Tidak hanya itu, informasi yang terbuka dan transparan juga dapat menunjukkan kemampuan pihak penerbit Obligasi dalam membayar utang setelah masa jatuh tempo. Sehingga investor bisa dengan mudah mengidentifikasi tingkat risiko gagal bayar surat utang yang akan dipilih.

2. Mengetahui Jumlah Kupon yang Akan Didapatkan

Selanjutnya, investor juga bisa mengetahui jumlah kupon yang akan didapatkan dengan adanya peringkat Obligasi. Semakin tinggi atau bagus peringkat Obligasi, maka semakin kecil jumlah kupon yang ditawarkan.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, semakin rendah peringkat Obligasi suatu produk maka semakin tinggi kupon (bunga) yang ditawarkan. Karena peringkat Obligasi yang rendah memiliki tingkat risiko gagal bayar yang lebih tinggi pada saat jatuh masa tempo.

Oleh karena itu, investor bisa menyesuaikan profil risiko diri dengan pilihan produk Obligasi peringkat tinggi atau rendah. Karena bagi investor dengan profil risiko agresif, peringkat Obligasi rendah merupakan instrumen investasi yang menggiurkan dengan tingginya kupon yang ditawarkan.

3. Efisiensi Biaya oleh Emiten dan Penggambaran Kondisi Pasar

Terakhir, peringkat Obligasi juga dapat menginformasikan efisiensi biaya yang dilakukan oleh emiten dan penggambaran kondisi pasar. Biasanya, pihak emiten atau penerbit Obligasi yang mendapatkan peringkat bagus akan terbebas dari persyaratan keuangan yang cukup memberatkan, seperti jaminan aset dan menyediakan sinking fund.

Selain itu, peringkat Obligasi juga bisa menggambarkan kondisi pasar terkini. Sehingga Anda bisa mengambil sikap yang cukup selektif jika kondisi pasar sedang berada dalam keadaan yang tidak stabil.

 

 DBS Treasures: Investasi Obligasi dengan Ragam Keunggulan

Setelah mengetahui beberapa informasi penting terkait Obligasi, Anda juga tentunya perlu mengetahui perbankan prioritas untuk berinvestasi Obligasi. Berikut ini keunggulan DBS Treasures sebagai perbankan prioritas yang menyediakan investasi Obligasi.

  1. Instrumen Investasi yang Diterbitkan oleh Pemerintah

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi Obligasi di DBS Treasures adalah Obligasi yang tersedia termasuk dalam instrumen yang diterbitkan langsung oleh pemerintah. Terutama bagi Anda yang memilih Obligasi pemerintah di DBS Treasures untuk berinvestasi jangka panjang.

Instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah juga memiliki tingkat risiko yang relatif rendah. Sehingga kemungkinan untuk gagal bayar dapat diminimalisir dan dana investasi Anda tetap aman.

  1. Menyediakan Beragam Pilihan Jangka Waktu dan Mata Uang

Keunggulan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi Obligasi pemerintah di pasar sekunder melalui DBS Treasures. Pilihan Obligasi pasar sekundernya beragam, mulai dari pilihan jangka waktu investasi sampai dengan mata uang yang akan digunakan. Beberapa jenis mata uang yang bisa Anda gunakan yaitu mata uang IDR, USD dan EUR.

  1. Imbal Hasil Obligasi melalui Kupon Reguler

Tidak hanya itu, dengan berinvestasi Obligasi pemerintah di DBS Treasures Anda juga bisa mendapatkan imbal hasil melalui kupon reguler. Kupon atau bunga yang diberikan secara berkala akan dibayarkan oleh penerbit Obligasi selama masa investasi berlangsung dan langsung masuk ke rekening Anda.

  1. Potensi Keuntungan atau Capital Gain

Selain keuntungan yang bisa didapatkan dari kupon yang diberikan secara berkala, Anda juga bisa mendapatkan potensi keuntungan atau capital gain dari investasi Obligasi di DBS Treasures. Hal tersebut bisa dilakukan karena Obligasi yang diperjualbelikan di pasar sekunder dapat Anda jual kembali sebelum masa jatuh tempo dan saat harga Obligasi mengalami kenaikan.

  1. Tersedia Penawaran Tingkat Kupon yang Kompetitif

Kemudian, Anda juga bisa menemukan penawaran tingkat kupon yang kompetitif dengan investasi Obligasi pemerintah di DBS Treasures. Bahkan tidak jarang kupon kompetitif tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi daripada rata-rata bunga Deposito berjangka.

  1. Tidak Adanya Biaya Tambahan dalam Investasi Obligasi

Selanjutnya, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat berinvestasi Obligasi pemerintah di DBS Treasures. Hanya terdapat spread atau selisih harga antara harga jual (bid) dan harga jual (offer).

  1. Transaksi Investasi Selama 24/7

Terakhir, Anda juga bisa melakukan transaksi investasi selama 24/7 dengan bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Hal tersebut terjadi karena DBS Treasures memiliki Aplikasi digibank by DBS.

Anda bisa melakukan berbagai jenis transaksi yang berhubungan dengan investasi menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari transaksi jual beli sampai dengan proses pendaftaran SID (Single Investor Identification).

Bagaimana, menarik bukan informasi mengenai investasi Obligasi? Demikian ulasan singkat mengenai pengertian Obligasi, peringkat dan jenis Obligasi beserta contohnya. Kini Anda dapat yakin berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures.