Solusi keuangan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pensiun dan warisan Anda secara bersamaan
16 Jan 2023

Nikmati pensiun dan kembangkan warisan dengan asuransi jiwa

Saat membagi dana untuk masa pensiun dan warisan Anda, sekilas Anda perlu memilih antara masa pensiun yang lebih nyaman atau warisan yang lebih besar. Padahal belum tentu seperti itu. Anda dapat memiliki keduanya dengan menggunakan produk pendapatan pensiun dan asuransi jiwa. Solusi keuangan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pensiun dan warisan Anda secara bersamaan. Asuransi jiwa menawarkan jaminan pembayaran sekaligus yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekayaan untuk masa pensiun Anda, dan menambah aset yang dapat Anda bagikan.

Sama seperti berolahraga agar tetap bugar dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda, asuransi jiwa dapat menambah perencanaan pensiun dan warisan Anda.

Persaingan kebutuhan pensiun dan perencanaan warisan

Meski setiap keluarga menghadapi keadaan yang berbeda, masalah umum berikut sering muncul: Ketika kekayaan diwariskan dari generasi ke generasi, biasanya kekayaan yang tersisa untuk generasi berikutnya lebih sedikit. Meskipun lebih mudah untuk pensiun dengan uang yang lebih sedikit dan mewariskan lebih banyak, ada cara lebih baik untuk mengatasi kebutuhan yang bersaing ini. Salah satu strategi kuncinya adalah memanfaatkan berbagai jenis asuransi jiwa.

Menambah warisan untuk generasi berikutnya

Misalnya, Bapak Agus memiliki aset Rp100 miliar dan berencana menggunakan setengahnya untuk masa pensiunnya, dan setengahnya lagi untuk warisannya. Jika anaknya melakukan hal yang sama, maka cucunya akan memiliki sisa Rp 10,25 miliar setelah dua penerusan warisan kekayaan antar generasi.

Pembelian polis asuransi jiwa dengan premi tunggal dapat menjadi solusi untuk menjaga kekayaan generasional. Dengan membayar premi Rp25 miliar untuk polis asuransi jiwa dengan tanggungan akhir Rp100 miliar, misalnya, Bapak Agus akan memiliki dana pensiun lebih banyak, sekaligus meninggalkan warisan yang lebih besar untuk keturunannya. Mengikuti strategi ini di setiap generasi dapat menjaga kekayaan keluarga.

Meningkatkan dana untuk pensiun dan warisan kekayaan

Solusi lain adalah menggabungkan perencanaan warisan dengan produk pendapatan pensiun. Dengan strategi ini, kebutuhan pensiun Anda ditanggung pembayaran polis pendapatan pensiun bulanan, dan warisan Anda terjaga oleh polis jiwa universal.

Bapak Harto misalnya, memiliki uang tunai dan investasi Rp100 miliar. Sebelum mengadopsi strategi ini, beliau akan memiliki Rp50 miliar untuk pensiun, menyisakan Rp50 miliar untuk putranya Bapak Arif. Dengan menggabungkan produk perencanaan warisan dan aliran pendapatan, Bapak Harto mampu meningkatkan dana pensiunnya menjadi Rp75 miliar (dana pensiun + potensi pendapatan dari polis pensiun), dan mewariskan kekayaan sebesar Rp121 miliar ke Bapak Arif (manfaat kematian dari polis pendapatan pensiun + manfaat kematian dari polis jiwa universal).

Asuransi jiwa juga membantu ketika aset tidak dapat didistribusikan secara merata

Masalah umum lainnya muncul dari sifat aset tidak likuid yang dihadapi oleh banyak individu dengan penghasilan tinggi, terlepas dari kekayaan mereka. Misalnya, aset seperti properti, barang antik, dan perhiasan pusaka yang tidak dapat dipecah dengan mudah.

Alih-alih dipaksa untuk menjual aset tidak likuid ini untuk membaginya secara adil, pembayaran asuransi jiwa memungkinkan Anda untuk mendistribusikan satu aset ke penerima manfaat dan aset bernilai sama ke yang lain.

Jenis asuransi jiwa yang digunakan untuk perencanaan warisan

Asuransi berjangka

Asuransi berjangka melindungi tertanggung untuk jangka waktu tertentu, seperti 10 tahun, 22 tahun, atau sampai mereka mencapai usia tertentu. Polis membayar uang pertanggungan sebagai pembayaran sekaligus kepada penerima manfaat jika tertanggung meninggal dunia selama jangka waktu polis.

Karena asuransi berjangka adalah produk perlindungan murni tanpa elemen tabungan, ini adalah alat yang paling terjangkau untuk memberikan pertanggungan asuransi.

Asuransi seumur hidup

Asuransi seumur hidup memberikan pemegang polis perlindungan seumur hidup. Selain pertanggungan perlindungan, sebagian dari premi diinvestasikan dalam fund yang dikelola oleh perusahaan asuransi.

 

Memulai perencanaan warisan Anda

Memulai perencanaan lebih awal adalah suatu ide yang bagus. Putuskan apa yang ingin disisihkan untuk masa pensiun Anda sendiri, dan perencanaan warisan Anda akan terbentuk secara bersamaan. Solusi keuangan seperti polis asuransi jiwa dan pendapatan pensiun dapat meningkatkan warisan dan dana pensiun, sehingga Anda dapat tenang dan pensiun dengan nyaman.


Pelajari dari ahlinya

Dapatkan ketenangan pikiran dengan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun dan Manfaat Meninggal Dunia hingga 100% Uang Pertanggungan, Manfaat Pembayaran Tunai 20% Uang Pertanggungan di usia 70 tahun, dan Premi Dasar bernilai tetap selama masa pembayaran.

Be future ready

Agar yakin dan selalu terdepan mempersiapkan masa depan.

Di setiap tahap kehidupan dengan solusi komprehensif.