Investasi reksadana
14 Nov 2022

Minimalkan Risiko Investasi Melalui Reksadana Pasar Uang

Tahukah Anda bahwa investasi sebenarnya memiliki risiko yang cukup besar? Tapi tenang, risiko tersebut bisa diminimalkan dengan adanya langkah diversifikasi.  

Reksadana Pasar Uang atau RDPU menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang sangat cocok dijadikan sebagai diversifikasi. Tentunya RDPU ini juga punya karakteristik sendiri yang membuatnya layak dijadikan pilihan.  

Dalam berinvestasi, Anda memang harus menyusun strategi yang tepat. Tidak hanya fokus pada keuntungan, namun penting juga untuk memperhatikan potensi risiko yang bisa terjadi.  

Tujuannya supaya Anda bisa lebih awal mengambil langkah diversifikasi agar risiko tersebut bisa diminimalkan.  

Konsep RDPU 

Sebenarnya apa itu Reksadana Pasar Uang? Sebelum memilih RDPU ini sebagai instrumen diversifikasi mari pahami dulu seperti apa konsepnya. RDPU itu sendiri adalah jenis Reksadana yang dana investasinya akan dialokasikan ke pasar uang. Pasar uang itu sendiri sangat beragam mulai dari deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), SUN (Sertifikat Utang Negara), obligasi, sukuk, dan lain-lain.  

Sama halnya dengan jenis Reksadana lainnya, RDPU ini menggunakan Manajer Investasi. Jadi dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh pihak yang dikenal sebagai Manajer Investasi.  

Tentunya pihak ini sudah memiliki pengalaman dan wawasan yang luas terkait aset investasi ini. Itulah mengapa mereka bisa mengoptimalkan kinerja dari instrumen RDPU yang sudah Anda pilih.  

Jadi konsepnya mudah saja untuk dipahami, Anda akan menyetorkan dana investasi lalu dana tersebut akan dikelola oleh Manajer Investasi. Ke mana dana akan dialokasikan?  

Dana akan dialokasikan ke aset-aset yang sudah disebutkan tadi. Porsinya tergantung keputusan dari Manajer Investasi.  

Kelebihan RDPU 

Jenis Reksadana yang satu ini ternyata punya banyak kelebihan. Anda bisa memilihnya sebagai instrumen diversifikasi investasi karena beragam kelebihan tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihan dari RDPU: 

  • Risiko Rendah 

Kelebihan pertama, RDPU ini merupakan jenis instrumen investasi yang risikonya terbilang rendah. Dibandingkan aset Reksadana lainnya, RDPU merupakan instrumen dengan risiko paling rendah jadi cocok untuk investor yang konservatif. 

Tentu saja dengan risiko yang rendah ini, potensi profit yang didapatkan juga relatif lebih rendah apalagi jika dibandingkan dengan instrumen yang risikonya lebih tinggi.  

Salah satu cara memilih instrumen untuk diversifikasi investasi adalah dengan melihat risikonya. Lebih disarankan untuk memakai aset yang risikonya rendah karena sebenarnya diversifikasi dilakukan untuk meminimalkan risiko.  

Jadi jangan sampai memilih instrumen dengan risiko yang tinggi karena justru akan memperbesar potensi kerugian yang harus ditanggung.  

Pada dasarnya diversifikasi ini memang bebas saja bagi semua investor. Bebas memilih mana instrumen yang akan dipakai. RDPU ini hanya salah satu instrumen yang disarankan.  

Alasannya karena punya risiko rendah, jadi jika ada instrumen lain yang mengalami penurunan, maka bisa mengandalkan perkembangan RDPU.  

  • Likuiditas Tinggi 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh RDPU adalah likuiditasnya terbilang tinggi. Ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para investor yang memegang aset RDPU.  

Likuiditas tinggi artinya dana tersebut mudah untuk dicairkan. Jadi, saat sewaktu-waktu dana tersebut dibutuhkan maka investor bisa mencairkannya dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengulur waktu lebih lama.  

Perlu diketahui bahwa penarikan dana investasi RDPU ini juga tidak memiliki potongan apapun. Jadi tidak ada biaya penalti yang akan diberlakukan kepada investor.  

Hal ini membuat Anda bisa dengan mudah mengambil dana, apalagi ketika instrumen investasi lainnya tidak bekerja sesuai harapan. Itulah mengapa RDPU dinilai cocok sebagai aset diversifikasi.  

  • Potensi Profit Lebih Tinggi dari Deposito 

RDPU juga menjadi instrumen yang potensi profitnya terbilang menarik. Jika dibandingkan dengan Deposito, RDPU punya potensi nilai keuntungan yang jauh lebih besar.  

Jadi memang tidak ada salahnya untuk menjadikan instrumen ini sebagai produk diversifikasi. Selain aman, keuntungannya juga bisa diandalkan dan bahkan berpotensi lebih tinggi dari beberapa instrumen investasi lainnya.  

Memang benar bahwa RDPU merupakan instrumen yang potensi profitnya paling rendah dibandingkan Reksadana lainnya. Namun jika dibandingkan dengan Deposito, RDPU ini punya potensi profit jauh lebih besar. Jadi dibandingkan diversifikasi dengan Deposito, lebih baik menggunakan RDPU saja.  

  • Aman 

Perlu diketahui bahwa instrumen RDPU ini sangat aman untuk dijadikan aset diversifikasi. Reksadana itu sendiri merupakan instrumen investasi yang sudah diawasi langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.  

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika menyimpan uang dalam bentuk instrumen satu ini. Sudah jelas legal dan sangat aman untuk diinvestasikan.  

Selain risiko rendah, ditambah aman karena diawasi oleh OJK, maka instrumen ini memang layak untuk diandalkan. Sifat-sifat ini sangat memenuhi kriteria instrumen yang cocok untuk dijadikan sebagai diversifikasi dalam investasi.  

Karena tingkat keamanannya yang tinggi inilah RDPU bisa jadi pegangan saat instrumen lain tidak bekerja dengan baik.  

  • Bebas Pajak 

Reksadana itu sendiri adalah jenis instrumen investasi yang bebas dari pajak. Ini menjadi salah satu alasan banyak investor memilih untuk berinvestasi di aset tersebut. Tidak ada potongan apapun yang diberlakukan karena memang tidak ada pajak yang harus dibayar oleh investor.  

Lain halnya dengan bunga Deposito yang masih harus dipotong pajak dan nominal potongannya bisa cukup besar.  

RDPU ini tidak memiliki potongan pajak apapun. Jadi profit yang Anda terima utuh dan hal ini tentu saja akan memberi keuntungan tersendiri. Hanya saja Anda perlu membayar biaya jasa atau fee Manajer Investasi sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya.  

Namun secara umum besarnya fee ini tidak terlalu besar dan tidak akan merugikan Anda sebagai investor.  

Tips Minimalisir Risiko Investasi Melalui RDPU 

Risiko investasi memang akan selalu ada. Sebagai investor, Anda harus siap dengan segala risiko yang ada. Bahkan Anda mungkin akan kehilangan dana yang sudah diinvestasikan.  

Tapi semua ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki strategi yang tepat untuk meminimalisir risiko tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risiko investasi lewat RDPU: 

  • Pahami Konsep Kerjanya 

Tips pertama, Anda harus memahami dulu konsep kerja dari RDPU itu sendiri. Tadi sudah dibahas apa itu Reksadana Pasar Uang atau RDPU dan bagaimana cara kerjanya. Ini sebaiknya dipahami baik-baik supaya Anda bisa berinvestasi dengan lancar dan minim risiko.  

Jika dilandasi dengan wawasan yang kuat, maka investasi ini sudah pasti akan berjalan dengan baik dan menguntungkan.  

Saat ini ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk belajar mengenai investasi. Termasuk untuk belajar mengenai instrumen RDPU ini. Jangan lupa, ilmu tersebut juga harus diperbarui secara berkala karena bagaimanapun juga dunia investasi akan terus berkembang. 

Nantinya ilmu ini bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mengambil langkah atau keputusan investasi.  

  • Pilih Platform yang Tepat 

Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah pilih platform investasi yang tepat dan memang bisa diandalkan dengan baik. Ini juga sangat penting karena tidak semua platform investasi punya fasilitas dan fitur yang memadai.  

Mungkin saja performa instrumen investasi Anda tidak bisa optimal karena platform yang digunakan salah dan tidak bisa memfasilitasi investornya dengan baik.  

Hal ini juga berhubungan dengan Manajer Investasi yang nantinya akan mengelola dana investasi Anda. Pastikan bahwa Manajer Investasi tersebut memang memiliki pengalaman dan benar-benar kompeten di dunia investasi.  

Hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dan meminimalkan risiko investasi lewat diversifikasi RDPU.  

  • Mulai dengan Konsistensi 

Jika Anda sudah yakin untuk melakukan diversifikasi investasi melalui aset RDPU maka cobalah untuk memulai dengan niat yang kuat. Selanjutnya Anda bisa lebih konsisten lagi dalam berinvestasi.  

Apalagi ini adalah Reksadana yang memang membutuhkan konsistensi dari investornya. Mudah saja, Anda cukup menyetorkan dana secara rutin demi mendapat keuntungan optimal.  

Konsistensi dalam investasi ini sebenarnya perlu ditegaskan. Jika tidak ada ketegasan, maka sulit untuk bisa menyetorkan dana secara konsisten sesuai jumlah yang sudah disetujui sebelumnya.  

Apalagi jika kebutuhan Anda semakin banyak, biasanya dana investasi akan teralihkan. Anda bisa memanfaatkan fitur auto debet agar mau tidak mau tetap konsisten menyetorkan dana investasi.  

  • Miliki Tujuan Investasi 

Penting sekali untuk memiliki tujuan investasi. Dalam hal ini Anda sudah yakin memakai RDPU sebagai diversifikasi investasi. Artinya, ada beberapa instrumen investasi lain yang sudah Anda gunakan.  

Di sini Anda perlu punya tujuan investasi terlebih dahulu sehingga motivasinya jauh lebih besar. Selain itu Anda juga tahu kapan harus menarik dana investasi untuk memenuhi tujuan tersebut.  

Tujuan investasi setiap orang pasti berbeda-beda karena prioritas aspirasinya juga tidak sama. Ada yang ingin berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, dan lain sebagainya.  

Tujuan inilah yang harus Anda miliki. Jadi manajemen finansial juga bisa lebih terarah dan investasi yang Anda lakukan punya manfaat yang jelas. 

Bagaimanapun juga diversifikasi itu sendiri harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Sebenarnya langkah yang dilakukan hampir sama ketika memulai investasi untuk pertama kali.  

Banyak pertimbangan yang harus dianalisis dengan matang supaya aset yang dipilih bisa mendatangkan keuntungan optimal. Termasuk pemilihan RDPU ini sebagai diversifikasi investasi untuk Anda.  

Mulai Investasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures 

Anda bisa menggunakan instrumen Reksadana ini untuk meminimalkan risiko investasi lewat diversifikasi. Pilihlah perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan untuk berinvestasi dalam aset Reksadana. Ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi di sini.  

Keuntungan pertama, Anda akan bertemu Manajer Investasi yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. Dana tersebut akan dioptimalkan supaya bisa menghasilkan potensi profit yang besar. Anda juga bisa mendapat tambahan wawasan investasi dari tim ahli finansial yang siap menghadirkan informasi analisis pasar terbaru.  

DBS Treasures adalah mitra manajemen kekayaan yang akan memberi kemudahan bagi Anda dalam melakukan diversifikasi investasi. Ada banyak pilihan produk yang bisa diinvestasikan demi meminimalkan kerugian dan menambah potensi profit.  

Anda juga bisa merasakan kemudahan investasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Transaksi sangat mudah mulai dari jual, beli, dan switching aset Reksadana setelah  mendaftarkan Single Investor Identification (SID). Anda juga akan terhubung dengan produk-produk Reksadana baik dari Manajer Investasi atau sesuai kategorinya.  

Segera mulai langkah investasi Reksadana Pasar Uang dengan yakin bersama DBS Treasures. Anda akan merasakan banyak keuntungan dan instrumen ini bisa diandalkan sebagai diversifikasi investasi. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.